11 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli, dan Macam-Macam, Tujuan, Unsur, dan Fungsi Komunikasi Secara Lengkap

Diposting pada
11 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli, dan Macam-Macam, Tujuan, Unsur, dan Fungsi Komunikasi Secara Lengkap – Didalam lingkungan masyarakat pasti memerlukan komunikasi terhadap anggota lingkungan sekitar agar terjalin harmonis didalam lingkungan masyarakat. Pada kesempatan kali ini seputarilmu.com akan membahas tentang Pengertian komunikasi menurut para ahli, macam-macam komunikasi, tujuan komunikasi, dan fungsi komunikasi beserta unsurnya. Oleh karena itu mari lah simak ulasn yan ada dibawah berikut.


Pengertian Komunikasi Secara Umum

Komunikasi ialah suatu proses pengiriman dan penerimaan suatu pesan atau informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga bisa dipahami dengan mudah. Dalam bahasa inggris Istilah komunikasi disebut dengan communication, kata komunikasi yang berasal dari kata communication atau communis yang mempunyai arti sama atau sama yang mempunyai makna pengertian bersama. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian komunikasi ialah suatu pengiriman dan penerimaan pesan atau berita dari dua orang atau lebih agar pesan tersebut dapat dipahami.


Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

1. William J. Seller
Menurut William J. Seller menyatakan bahwa komunikasi ialah suatu proses yang dimana simbol nonverbal dan verbal dikirimkan, diterima dan diberi makna.

2. Raymond Ross
Menurut Raymond Ross menyatakan bahwa komunikasi ialah suatu proses yang menyortir, memiliki dan mengirim sebuah simbol simbol yang sedemikian rupa sehingga bisa membantu pendengar dalam membangkitkan suatu daya respon atau pemaknaan dari sebuah pemikiran yang selaras dengan yang dimaksud oleh komunikator.
 
3. Carl I. Hovland 
Menurut Carl I. Hovland menyatakan bahwa komunikasi ialah suatu proses yang mungkin seseorang bisa menyampaikan suatu rangsangan atau dengan lambang verbal yang memiliki tujuan untuk mengubah pola tingkah laku orang lain.
 
4. Onong Uchjana Effendy
Menurut Onong Uchjana Effendy menyatakan bahwa komunikasiialah sebuah proses dalam menyampaikan pesan dari seseorang kepada orang lain dengan memiliki tujuan untuk memberitahu, mengeluarkan pendapat, mengubah suatu pola sikap atau suatu perilaku baik langsung maupun tidak langsung.
 
5. Colin Cherry
Menurut Colin Cherry menyatakan bahwa komunikasi ialah sebuah proses yang pihak-pihak saling menggunakan suatu informasi dalam mencapai suatu tujuan secara bersama dan mengaitkan sebuah hubungan antar penerus rangsangan dan pembangkitan balasannnya.
 
6. Forsdale
Menurut Forsdale menyatakan bahwa komunikasi ialah sebuah proses yang dalam sistem membentuk dan dipelihara serta diubah dengan memiliki tujuan agar sinyal-sinyal yang dikirimkan dan bisa diterima dengan dilakukan sesuai dengan sebuah aturan yang telah ditetapkan.
 
7. Everett M. Rogers
Menurut Everett M. Rogers menyatakan bahwa komunikasi ialah suatu proses yang dimana ide dialihkan dari satu sumber ke penerima lainnya dengan m untempunyai tujuan untuk mengubah suatu pola perilaku mereka.
 
8. Ruben dan Steward
Menurut Ruben dan Steward menyatakan bahwa komunikasi ialah sebuah proses yang mengaitkan individu yang satu dengan individu yang lainnya dalam sebuah komunitas, kelompok, organisasi dan masyarakat yang menciptakan dan merespon pesan dengan mempunyai tujuan untuk beradaptasi dengan suatu lingkungan yang satu dengan lainnya.
 
9. Deddy Mulyana
Menurut Deddy Mulyana mentakan bahwa komunikasi ialah terdiri atas tiga konseptual yaitu komunikasi sebagai suatu interaksi, komunikasi sebagai sebuah interaksi dan komunikasi sebagai suatu tindakan satu arah.
 
10. William I. Gorden
Menurut William I. Gorden mnyatakan bahwa  komunikasi dapat dikategorikan menjadi empat yaitu komunikasi instrumental, komunikasi ritual, komunikasi sosial, dan komunikasi ekspresif.
 
11. Ruben dan Stewar
Menurut Ruben dan Steward menyatakan bahwa dalam ilmu komunikasi, komunikasi ialah sebuah kegiatan kompleks, komunikasi ialah suatu bidang yang populer, komunikasi ialah suatu hal yang vital untuk suatu kedudukan atau posisi yang efektif, komunikasi merupakan sesuatu yang mendasar dalam suatu kehidupan dan komunikasi adalah suatu pendidik yang tinggi dan tidak menjadi suatu kompetensi komunikasi yang baik.

 

Macam-Macam Komunikasi

1. Komunikasi Lisan             
Komunikasi bisa terjadi baik apabila secara langsung maupun tak langsung yang dibatasi oleh suatu jarak dan waktu. Jarak dan waktu sangat mempengaruhi suatu efisiensi dan efektifitas komunikasi. Komunikasi lisan mempunyai tujuan agar suatu informasi yang disampaikan oleh si penyampai informasi (berita) bisa diterima dan dipahami oleh si penerima berita. Teknologi Komunikasi Lisan ialah berkomunikasi dengan menggunakan sebuah alat yang menghasilkan suara berbahasa lisan yang di antaranya telepon.  Komunikasi lisan langsung yang artinya komunikasi yang terjadi antara pemberi informasi langsung ke penerima informasi tanpa melalui perantara baik orang atau sebuah alat. Komunikasi langsung memiliki suatu kelebihan dan kekurangan.
 
2. Komuniasi Tulis            
Komunikasi tulis disampaikan dengan secara tak langsung, contoh yang paling sering kita pakai ialah surat kabar atau koran, majalah, artikel, dan lain-lain. Teknologi komunikasi tulis ialah berkomunikasi yang menggunakan sebuah tulisan, huruf, atau gambar. Melalui tulisan, sih pengguna bisa mengkomuikasikan ide, gagasan, pesan dan informasi lainnya, misalnya surat menyurat.
 
3. Komunikasi isyarat             
Komunikasi isyarat ialah suatu komunikasi dengan memakai kode-kode isyarat yang telah disepakati dan dimengerti oleh kedua belah pihak baik yang memberi maupun yang menerima informasi. Salah satu kode yang umum digunakan ialah kode Morse. Komunikasi bisa dilakukan melalui suatu media lambang, simbol atau gambar. Model komunikasi ini bisa kita temukan di pinggir jalan atau pada tempat-tempat tertentu yang sering kita lihat dengan istilah rambu-rambu. contohnya simbol/rambu. 

 

Fungsi Komunikasi Secara Umum

  • Sebagai Kendali : Fungsi komunikasi sebagai kendali mem punyai sebuah arti bahwa komunikasi bertindak untuk mengendalikan suatu perilaku orang lain atau anggota dalam beberapa cara yang harus dipatuhi.
  • Sebagai Motivasi : Komunikasi memberikan suatu perkembangan dalam memotivasi dengan memberikan suatu penjelasan dalam hal-hal dalam sebuah kehidupan kita. 
  • Sebagai Pengungkapan Emosional : Komunikasi mempunyai peranan dalam mengungkapkan sebuah perasaan-perasaan kepada orang lain, baik itu senang, gembira, kecewa, tidak suka. dan lain-lainnya. 
  • Sebagai Informasi : Komunikasi untuk memberikan suatu informasi yang diperlukan dari setiap individu dan kelompok dalam mengambil suatu keputusan dengan meneruskan data guna mengenai dan menilai pemilihan alternatif.

Tujuan Komunikasi

  • Agar yang disampaikan komunikator bisa dimengerti oleh sih komunikan. Agar bisa dimengerti oleh komunikan maka sih komunikator perlu menjelaskan sebuah pesan utama dengan sejelas-jelasnya dan sedetail mungkin.
  • Agar bisa memahami orang lain. Dengan melakukan komunikasi, setiap individu bisa memahami individu yang lain dengan sebuah kemampuan mendengar apa yang dibicarakan orang lain.  
  • Agar ingin mengungkapkan pendapat bisa diterima orang lain. Sebuah komunikasi dan pendekatan persuasif adalah salah satu cara agar gagasan kita diterima oleh orang lain. 
  • Untuk menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu. Komunikasi dan pendekatan persuasif  ini agar mampu membangun persamaan presepsi dengan orang kemudian menggerakkannya sesuai dengan keinginan kita.

Unsur Komunikasi 

  • Source (sumber) : Source ialah suatu dasar dalam penyampaian pesan dalam rangka untuk memperkuat pesan itu sendiri. Sumber komunikasi ialah orang, lembaga, buku dan lain-lain. 
  • Komunikator : komunikator ialah sebuah pelaku penyampain pesan yang berupa individu yang sedang berbicara atau penulis, bisa juga berupa kelompok orang, suatu organisasi komunikasi seperti televisi, radio, film, surat kabar, dan sebagainya.
  • Pesan : pesan ialah suatu keseluruhan yang disampaikan oleh sih komunikator. Pesan memiliki tema utama sebagai pengarah dalam usaha mengubah suatu sikap dan tingkah laku orang lain. 
  • Saluran (channel) : Saluran ialah suatu komunikator yang digunakan dalam menyampaikan sebuah pesan. Saluran komunkasi ini berupa saluran formal (resmi) dan saluran informal (tidak resmi). Saluran formal ialah sebuah saluran yang mengikuti sebuah garis wewenang dari suatu organisasi, seperti komunikasi antara pimpinan dan bawahannya, sedangkan pada saluran informal ialah suatu saluran yang berupa desas-desus, kabar burung dan kabar angin.
  • Komunikan : komunikan ialah suatu penerima pesan dalam komunikasi yang berupa individu, kelompok dan massa
  • Effect (hasil) : effek ialah suatu hasil akhir dari suatu komunikasi dengan bentuk terjadinya sebuah perubahan sikap dan perilaku komunikan. Perubahan itu dapat sesuai dengan keinginan atau tidak sesuai dengan keinginan komunikator. 
 Komunikasi mempunyai peranan penting didalam sebuah lingkungan masyarakat., karena tanpa adanya komunikasi tidak akan terjalin keharmonisan didalam anggota masyarakat. Itulah ulasan tentang 11 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli, dan Macam-Macam, Tujuan, Unsur, dan Fungsi Komunikasi Secara Lengkap. Semoga apa yang diulas di atas bermanfaat bagi pembaca dan yang membutuhkannya. Sekian dan terimkasih.

Baca Juga :  Menjelaskan Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen
Baca Juga :