√ 21 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada
√ 21 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli Lengkap
5 (100%) 51 votes

√ 21 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli Lengkap

 

 

SeputarIlmu.Com – Jika anda daftar kuliah di fakultas komputer, pasti anda akan menemukan jurusan sistem informasi, karna sistem informasi merupakan salah satu jurusan dari fakultas komputer, Jika anda masih bingung apa itu sistem informasi ?? Disini akan menjelaskan tentang pengertian sistem informasi menurut para ahli. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

sistem informasi

Pengertian Sistem Infromasi Secara Umum

Sistem Informasi (SI) merupakan gabungan dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, sistem informasi ini sering dipakai untuk merujuk pada interaksi antar orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam penjelasan ini, istilah yang dipakai untuk merujuk tidak hanya untuk penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk orang berinteraksi dengan teknologi dalam mendukung proses bisnis.

Secara luas Sistem Informasi bisa dijelaskan sebagai suatu sistem didalam sebuah organisasi yang merupakan pencampuran dari beberapa orang, teknologi, fasilitas, media prosedur & pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, melakukan proses tipe transaksi rutin, memberikan sinyal kepada suatu manajemen terhadap segala peristiwa yang bersifat eksternal maupun internal dan memberikan suatu informasi yang nantinya dijadikan sebagai pengambilan sebuah keputusan. Ada beberapa menurut para ahli yang mendefinisikan Sistem Informasi sebagai berikut :

 


18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

1. Erwan Arbie

Menurut Erwin Arbie Sistem informasi merupakan suatu sistem dari dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, bantuan dan dukungan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu memfasilitasi penyediaan laporan yang diperlukan.

 

2. Tafri D. Muhyuzir

Menurut Tafri D. Muhyuzir Sistem informasi ialah data yang dikumpulkan, diklasifikasikan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah informasi entitas terkait tunggal dan mendukung satu sama lain sehingga menjadi informasi berharga bagi mereka yang menerimanya.

 

3. O’Brien

Menurut O’Brien Sistem informasi ialah kombinasi dari setiap unit dikelola orang (orang), hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), jaringan komputer dan jaringan komunikasi data (komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang yang bentuk organisasi.

 

4. Leitch Rosses

Menurut Leitch Rosses Sistem informasi express ialah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolah transaksi harian, mendukung kegiatan operasi, manajerial dan strategis dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

 

5. Lani Sidharta

Menurut Lani Sidharta Sistem informasi ialah suatu sistem buatan manusia yang berisi serangkaian terpadu komponen – komponen dan manual bagian “ komponen terkomputerisasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data, mengolah data, dan menghasilkan informasi bagi pengguna.

 

6. Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis

Menurut Robert A. Leitch dan Roscoe Davis Sistem informasi ialah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, kegiatan manajerial dan strategis dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

 

7. Gordon B. Davis (1991: 91)

Menurut Gordon B. Davis Sistem informasi ialah suatu sistem yang menerima input data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.

 

8. John F. Nash (1995: 8)

Menurut John F. Nash Sistem informasi ialah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mengatur jaringan komunikasi yang penting, proses transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.

 

9. Kertahadi (2007)

Menurut Kertahadi Sistem informasi ialah alat untuk menyajikan informasi sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya. Tujuannya ialah untuk memberikan informasi dalam perencanaan, memulai, pengorganisasian, operasional sebuah perusahaan yang melayani sinergi organisasi dalam proses mengendalikan pengambilan keputusan.

 

10. Rommey (1997: 16)

Menurut Rommey Sistem informasi ialah sistem informasi yang diselenggarakan cara untuk mengumpulkan, memasukkan, mengolah, dan menyimpan data dan terorganisir cara untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan dan melaporkan informasi dengan cara yang suatu organisasi dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

 

11. Alter

menurut Alter Sistem informasi adalah sebuah sistem yang aktivitasnya dimaksudkan untuk pengolah data (Transmisi, menangkap, menyimpan, memanipulasi, mengambil dan menampilkan informasi)

 

12. Sutabri

Menurut  Sutabri Sistem informasi ialah sebuah sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung suatu fungsi operasi organisasi yang sifatnya manajerial dengan aktivitas strategi dari suatu organisasi untuk bisa menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

 

13. Wikipedia

Menurut Wikipedia Sistem Informasi (SI) merupakan sebuah kombinasi dari teknologi informasi dan kegiatan orang yang memakai teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.

 

14. Laudon (2012:16)

Menurut Laudon sistem informasi ialah sebuah komponen-komponen yang saling berkaitan yang bekerja bersama-sama untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menampilkan sebuah informasi untuk mendukung pengambilan keputusan, koordinasi, pengaturan, analisa, dan visualisasi pada sebuah organisasi.

 

15. Whitten, Bentley, dan Ditman (2009:10)

Menurut whiten, Bentley, dan Ditman sistem informasi ialah sebuah pengaturan orang, data, proses, dan informasi (TI) atau teknologi informasi yang berinteraksi untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyediakan sebagai output informasi yang diperlukan untuk mendukung suatu intansi atau organisasi.

 

16. Hanif Al-Fatta (2009:9)

Menurut Hanif Al-Fatta Sistem informasi ialah suatu perkumpulan data yang terorganisasi beserta tatacara penggunaanya yang mencangkup lebih jauh dari pada sekedar penyajian. Istilah tersebut menyiratkan suatu maksud yang ingin dicapai dengan jalan memilih dan mengatur data serta menyusun tatacara penggunaanya.

 

17.Mc Leod

Menurut Mc leod, Sistem Informasi ialah sebuah sistem yang mempunyai suatu kemampuan untuk mengumpulkan dan mengelompokkan berbagai informasi dari semua sumber dan memakai berbagai media untuk menampilkan sebuah informasi.

 

18.Tata Sutabri, S.Kom. MM

Menurut Tata Sutabri, S.Kom. MM. Sistem Informasi adalah suatu sistem yang berada didalam sebuah organisasi yang mempertemukan berbagai kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi organisasi yang sifatnya manajerial didalam aktivitasnya strategi dari sebuah organisasi supaya dapat menyediakan kepda pihak-pihak tertentu diluar dengan bermacam-macam laporang yang dibutuhkan.

 

19. Hanny Lucas

Menurut Hanny Lucas juga turut menuturkan mengenai sistem informasi yang merupakan sebuah kegiatan yang diorganisasikan oleh banyak produser kemudian menghasilkan sebuah perintah untuk menyediakan dan menampilkan informasi guna menjadi pendukung interaksi maupun dalam membuat sebuah keputusan yang mampu mengendalikan organisasi tersebut.

 

20. Riyadi

Dari sebuah buku karyanya, menurut Riyadi juga turut menyatakan mengenai pengertian sistem informasi yang lebih ke arah penyediaan sebuah informasi yang memiliki nilai bagi para penggunanya dari sebuah sistem pengumpulan, pengolahan data informasi yang masing-masing memiliki keterkaitan antar sistem degan terintegrasi antara manusia dan mesin sebagai penyedia dan pengolahnya.

 

21. John Nash & Robert (1988)

Menurut John Nash & Robert (1988) Dalam sebuah buku karangan Sudaya, dua tokoh yakni Nash dan Robert lebih menganggap sistem informasi sebagai kombinasi dari user (pengguna), teknologi, media, prosedur, dan juga pengendalian, yang memiliki tujuan tertentu. Tujuan tersebut adalah untuk mendapatkan atau memperoleh jalur komunikasi, memproses tipe transaksi, dan memberi sinyal kepada manajemen terhadap kejadian internal di dalam suatu organisasi.

 

Itulah ulasan tentang √ 21 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli Lengkap . semoga bermanfaat bagi pembaca, sekian dan terima kasih 🙂

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Baca Juga :  Pengertian Para Ahli, Tugas Dan Komponen Beserta Manfaat Sistem Informasi Geografis Di Berbagai Bidang
Baca Juga :  √ Informasi : Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Manfaat & Contohnya Lengkap
Baca Juga :  √ Data : Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat & Contohnya Lengkap
Baca Juga :  √ Komputer : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Komponen Terlengkap
Baca Juga :  √ 22 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli Terlengkap