√ 14 Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli & Proses Terbentuknya Lengkap

Diposting pada
√ 14 Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli & Proses Terbentuknya Lengkap
5 (99%) 20 votes

√ 14 Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli & Proses Terbentuknya Lengkap – Lembaga sosial ?? lembaga yang mengatur tingkah laku masyarakat atau kelompok dalam bermasyarakat. Untuk lebih jelas nya lagi tentang lembaga sosila mari simak definisi-definisi menurut para ahli didunia.

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli & Proses Terbentuknya Lengkap

 

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli di Dunia

1. Alvin L. Bertrand

Menurut Alvin L. Bertrand Lembaga sosial pada hakikat nya adalah sekumpulan dari norma-norma sosial (struktur-strukur sosial) yang sudah diciptakan agar dapat melaksanakan fungsi masyarakat. Lembaga-lembaga tersebut meliputi sekumpulan norma dan bukan norma yang berdiri sendiri.

 

2. Robert Mac Iver dan CH. Page

Menurut Robert Mac Iver dan CH. Page Lembaga Sosial merupakan kondisi-kondisi atau bentuk-bentuk prosedur yang mapan, yang menjadi karakteristik bagi aktivitas kelompok. kelompok yang melaksanakan patokan-patokan tersebut disebut asosiasi.

 

3. Summer

Menurut Summer Lembga sosial dilihat dari sudut kebudayaan diartikan sebagai cita-cita, perbuatan, sikap dan perlengkapan-perlengkapan kebudayaan, yang memiliki sifat kekal serta yang bertujuan untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat. Yang terpenting adalh agar ada keteraturan dan integrasi dalam masyrakat.

 

4. Roucek dan Warren

Menurut Roucek dan Warren lembaga sosial adalah bermacam pola yang sudah memiliki kedudukan pasti atau tetap untuk mempersatukan beragam kebutuhan manusia yang timbul dari kebiasaan-kebiasaan dengan mendapatkan persetujuan dengan cara-cara yang sudah tidak terelakan lagi, untuk memenuhi konsep kesejahteraan masyarakat dan menghasilkan suatu struktur.

 

5. Mayor Polak

Menurut Mayor Polak lembaga sosial adalah suatu kompleks atau sistem berbagai peraturan dan adat istiadat yang mempertahankan nilai-nilai yang terpenting.

 

6. Leopold Von Wilsen dan Becker

Menurut Leopold Von Wilsen dan Becker lembaga sosial adalah sebagi suatu jaringan proses-proses hubungan antar kelompok sosial dan antar manusia yang mempunyai fungsi untuk memelihara hubungan-hubungan itu serta pola-pola yang sesuai dengan minat dan kepentingan manusia dan kelompoknya.

 

7. Fitcher

Menurut Fitcher lembaga sosial adalah suatu sistem hubungan-hubungan sosial yang mengandung nilai-nilai dan prosedur-prosedur tertentu dalam usaha memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

 

8. Selo Soemardajan dan Soelaeman Soemardi

Menurut Selo Soemardajan dan Soelaeman Soemardi Lembaga sosial adalah semua norma-norma dari segala tingkat yang berkisar pada suatu keperluan pokok dalam kehidupan masyarakat merupakan suatu kelompok yang diberi nama lembaga kemasyarakatan.

 

9. Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto Lembaga sosial adalah himpunan dari norma-norma dari segala tindakan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok didalam kehidupan masyarakat.

 

10. Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat lembaga sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dalam hubungan yang berpusat kepada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi kompleks-kompleks kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat.

 

11. Wikipedia

Wikipedia mendefinisikan lembaga sosial merupakan suatu norma khusus yang menata serangkaian tindakan yang berpola untuk keperluan khusus manusia dalam kehidupan bermasyarkat.

 

12. Horton dan Hunt

Horton dan Hunt menyatakan bahwa lembaga sosial ialah sistem norma sosial dan hubungan yang terorganisasi.

 

13. Hamilton

Hamilton menyatakan bahwa lembaga sosial ialah tata cara yang digunakan dalam kehidupan berkelompok melalui berbagai sanksi atau hukuman apabila dilanggar.

 

14. Bruce J. Cohen

Bruce J. Cohen mendefinisikan lembaga sosial adalah sistem pola sosial yang tertata rapi dan bersifat permanen, mengandung perilaku tertentu yang solid dan terpadu agar dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia dalam kehidupan.

 

 

Proses Terbentuknya Lembaga Sosial

Pada awalnya lembaga sosiai terbentuk dari segenap norma sosial yang dianggap penting oleh segenap masyarakat, oleh karenannya terbentuknya lembaga sosial ini diharapakan mampu mendorong terciptanya kehidupan yang lebih baik lagi.

Menurut H.M. Johnson, agar dapat berproses menjadi lembaga sosial, norma harus memenuhi tiga syarat sebagal berikut.

  • Sebagian besar anggota masyarak atau sebuah Sistem sosial menerima norma tersebut.
  • Norma tersebut menjiwai seluruh warga dalam sebuah sistem Sosial masyarakat
  • Norma tersebut memiliki sanksi yang mengikat setiap anggota masyarakat

Jika dijelaskan, suatu proses pembentukan Iembaga diawali dan proses pengenalan nilai dan norma dalam masyarakat. Masyarakat dibiasakan mengenal sebuah nilai dan norma baru untuk diterapkan dan dijalankan bersama (habitualisasi) sesudah dikenal, diakui, dan dihargam norma sosial membentuk suatu kumpulan norma atau sistem norma yang mengatur praktik-praktik kehidupan yang sfiatnya khusus (institusionalisasi).

Sebagai contoh, dalam aktivitas jual beli terdapat sekumpulan norma sosial yang mengatur tata cara jual beli atau Iarangan-larangan yang tidak dapat dilanggar dalam proses jual beli. Dalam tahap institusionalisasi diharapkan masyarakat melakukan suatu proses internalisasi dalam diri Masyarakat bersedia menerima peraturan norma tersebut dan menjalankannya dengan penuh kesadaran.

Itulah penjelasan tentang √ 14 Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli & Proses Terbentuknya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

 

Baca Juga Artikel lainnya :

Baca Juga :  √ Lembaga Sosial : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap
Baca Juga :  √ Lembaga Agama : Pengertian, Ciri, Tujuan, Fungsi, Macam & Contohnya Lengkap
Baca Juga :  √ Lembaga Keluarga : Pengertian, Ciri, Macam, Fungsi, Tahapan & Contohnya Lengkap
Baca Juga :  √ Lembaga Pendidikan : Pengertian, Macam, Ciri, Tujuan, Fungsi & Contohnya Lengkap
Baca Juga :  √ Lembaga Politik : Pengertian, Ciri, Fungsi, Macam & Contohnya Lengkap