√ Administrasi : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Peran & Ruang Lingkupnya Lengkap

Diposting pada

√ Administrasi : Pengertian, Jenis, Ciri, Fungsi, Tujuan, Peran & Ruang Lingkupnya Lengkap

 

 

SeputarIlmu.Com – Saat anda mendaftar kuliah, anda pasti harus membayar biaya administrasi. Dalam membayar biaya administrasi pasti anda akan membayar dibagian administrasi. Untuk lebih lengkap mengenai tentang administrasi, disini akan mengulas secara lengkap tentang apa itu administrasi. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut.

 

Administrasi : Pengertian, Jenis, Ciri, Fungsi, Tujuan, Peran & Ruang Lingkupnya [LENGKAP]

 


Pengertian Administrasi

Administrasi ialah suatu proses kegiatan dengan bantuan berbagai sumber untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam pengertian administrasi secara sempit ialah yang berasal dari kata administratie (bahasa. Belanda ), yang meliputi suatu kegiatan yang seperti catat-mencatat, dalam pembukuan ringan, surat-menyurat , ketik-mengetik, agenda dan lain-lain, yang sifatnya teknis ketatausahaan (clerical work). Dengan demikian tata usaha yaitu sebagian kecil kegiatan dari Administrasi. Dengan demikian Administrasi secara sempit yaitu suatu penyusunan dan juga pencatatan data, juga informasi secara sistematis yang dimaksudkan untuk menyediakan suatu keterangan serta memudahkan untuk memperolehnya kembali secara keseluruhan dan dalam suatu hubungannya satu sama lain.

Dalam pengertian administrasi secara luas yaitu berasal dari bahasa Inggris yaitu kata administration sebenarnya istilah administrasi ini berkaitan dengan suatu kegiatan kerja sama yang dilakukan manusia ataupun sekelompok orang atau masyarakat sehingga tercapainya sebuah tujuan yang diinginkan.

 


Pengertian Adminstrasi Menurut Para Ahli

1. Soewarno Handayaningrat

Menurut Soewarno Handayaningrat menyatakan bahwa administrasi yaitu suatu kegiatan ketatausahaan yang terdiri dari berbagai kegiatan seperti dalam pembukuan baik penghitungan, pencatatan atau yang lainnya dengan tujuan untuk menyediakan suatu informasi yang dibutuhkan. Sedangkan dala arti yang sempit, menurutnya administrasi yaitu suatu kegiatan catat mencatat atau pembukuan, surat menyurat atau lainnya yang berkaitan dengan ketatausahaan.

 

2. W.H. Evans

Menurut W.H. Evans Administrasi yaitu suatu fungsi yang berkaitan dengan manajemen dan pengarahan segala tahap sebuah operasi perusahaan yang berkenaan dengan pengolahan keterangan, komunikasi dan juga ingatan organisasi.

 

3. Ulbert

Menurut Ulbert menyatakan bahwa administrasi ialah istilah lain dari kata tata usaha yang dimana sebagian penyusunan dan pencatatan data serta sebuah informasi yang secara sistematis baik internal atau eksternal dengan suatu tujuan menyediakan suatu keterangan dan untuk memudahkan dalam mendaptkan data baik sebagian maupun secara menyeluruh.

 

4. George Terry

Menurut George Terry mengungkapkan bahwa administrasi ialah suatu proses perencanaan, pengendalian, pengorganisasian, dan penggerakkan kepada orang-orang yang melaksanakannya untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.

 

5. William Leffingwell dan Edwin Robinson

Menurut Wiliam & Edwin menyatakan bahwa Administrasi ialah salah satu cabang ilmu manajemen yang mengenai suatu pelaksanaan pekerjaan kantoran secara efesien, yang dimana dan kapan pekerjaannya harus dilaksanakan.

 

6. Arthur Grager

Menurut Arthur Grager mengungkapkan bahwa Administrasi yaitu suatu fungsi dari tata penyelenggaraan pada komunikasi dan suatu pelayanan dalam sebuah organisasi.

 

7. Sondang Siagian

Menurut Sondang Siagian menyatakan bahwa Administrasi ialah keseluruhan rangkaian dari proses kerjasama antara beberapa orang yang didasarkan pada asas rasionalitas untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

 

8. The Liang Gie

Menurut The Liang Gie menyatakan bahwa Administrasi ialah suatu serangkaian kegiatan yang dilakukan suatu kelompok yang berkenaan dengan suatu hubungan kerjasama dalam mencapai suatu tujuan tertentu.

 


Ciri-Ciri Administrasi

  • Pada Adminstrasi yang terdiri dari 2 orang atau lebih
  • Dalam administrasi terdapat sebuah kerja sama
  • Terdapat suatu proses atau usaha
  • Terdapat bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan
  • Terdapat suatu tujuan.

 


Jenis – Jenis Administrasi

Adapun jenis-jenis dari administrasi adalah sebagai berikut :

  • Administrasi kependudukan
  • Administrasi keuangan
  • Administrasi lingkungan hidup
  • Administrasi negara
  • Administrasi niaga
  • Administrasi pembangunan
  • Administrasi pendidikan
  • Administrasi publik

 


Fungsi – Fungsi Administrasi

Fungsi dari administrasi yaitu sebagai berikut :

  • Planning (Perencanaan)
  • Organizing (Pengorganisasian)
  • Leading (Kepemimpinan)
  • Controlling (Pengendalian)

1. Planning (Perencanaan)

Perencanaan ialah suatu rincian yang merupakan suatu organisasi yang besar didalamnya yaitu suatu penyusunan dan perumusan rencana diserahkan kepada sekelompok staf perencana, tetapi penetapannya merupakan tugas dan tanggung jawab manajemen. (Daft, 2006:8)

2. Organizing (Pengorganisasian)

Pengorganisasian ialah suatu kegiatan yang menyangkut sebuah tipe-tipe struktur organisasi dan suatu prinsip-prinsipnya, sejarah organisasi, gaya manajerial yang tepat digunakan, sifat dan jenis dari berbagai bentuk suatu kegiatan yang harus dilaksanakan. (Daft, 2006:9).

3. Leading (Kepemimpinan)

Kepemimpinan yaitu sebuah fungsi manajemen yang melibatkan penggunaan pengaruh untuk memotivasi sebuah karyawan meraih sasaran dalam organisasi. (Daft, 2006:10)

4. Controlling (Pengendalian)

Pengendalian ialah sebuah fungsi keempat yang artinya untuk memantau aktifitas karyawan, menjaga organisasi agar tetap berjalan ke arah pencapaian sasaran, dan membuat sebuah koreksi bila diperlukan. (Daft, 2006:11)

 


Tujuan Administrasi

  • Agar seorang usaha bisa memonitoring suatu kegiatan administrasi perusahaannya
  • Agar pengelola usaha bisa mengevaluasi suatu kegiatan-kegiatan dalam pengorganisasian perusahaan
  • Agar seorang pengelola usaha bisa menyusun suatu program pengembangan usaha dan suatu kegiatan pengorganisasian
  • Agar seorang pengelola usaha bisa mengamankan suatu kegiatan-kegiatan usaha dan organisasi perusahaan.

 


Ruang Lingkup Tugas Administrasi

Ruang Lingkup tugas administrasi pada kantor ini bisa dikatakan tugas pelayanan disekitar keterangan-keterangan yang berwujud (Gie, 2007:16) yaitu :

  • Menghimpun Yaitu suatu kegiatan-kegiatan yang mencari dan mengusahakan tersedianya semua keterangan yang tadinya belum ada atau berserakan yang ada dimana-mana yang sehingga siap untuk dipergunakan bilamana diperlukan.
  • Mencatat Yaitu suatu kegiatan yang mebubuhkan dengan berbagai sebuah peralatan tulis suatu keterangan-keterangan yang diperlukan yang sehingga berwujud suatu tulisan yang bisa dibaca, dikirim dan disimpan
  • Mengelola Yaitu bermacam-macam suatu kagiatan yang mengerjakan keterangan-keterangan dengan maksud menyajikan dalam bentuk yang berguna.
  • Mengirim Yaitu suatu kegiatan yang menyimpan dengan berbagi cara dan alat dari satu pihak kepihak lain.
  • Menyimpan yaitu :suatu kegiatan menaruh dengan berbagai cara dan alat ditempat tertentu yang aman.

 


Peranan Administasi Secara Umum

Pada hakikatnya perkembangan berbagai suatu cabang ilmu pengetahuan terjadi sebagai suatu tanggapan terhadap dinamika manusia. Pemahaman yang tepat tentang suatu perkembangan sebuah ilmu pengetahuan dan tekhnologi dan membenarkan pendapat tersebut. Peranan utama pada sistem administrasi yaitu untuk membantu memudahkan suatu pelaksanaan tugas pekerjaan pokok lainnya.

Pada dasarnya sistem administrasi memiliki peranan yang sangat penting bagi suatu perusahaan, karena bisa membantu suatu perusahaan dalam memberikan sebuah data/informasi yang diperlukan oleh pimpinan perusahaan dan untuk memudahkan pimpinan dalam mengambil suatu keputusan dalam pelaksanaan tugas selanjutnya.

administrasi mempunyai tujuan untuk menentukan tujuan organisasi dan merumuskan kebijaksanaan umum, sedangkan manajemen sifatnya melaksanakan suatu kegitan yang perlu dilaksanakan dalam rangka pencapian tujuan dalam batas-batas kebijaksanaan yang dirumuskan.

 

Itulah ulasan tentang √ Administrasi : Pengertian, Jenis, Ciri, Fungsi, Tujuan, Peran & Ruang Lingkupnya [LENGKAP]. Semoga apa yang diuasl diatas bermanfaat bagi pembaca sekian dan terimakasih.

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Baca Juga :  √ Kepemimpinan : Pengertian, Fungsi, Unsur & Tujuannya Lengkap

Baca Juga :  √ Organisasi : Pengertian, Ciri, Unsur, Tujuan, Fungsi & Manfaatnya Lengkap
Baca Juga :  √ Manajemen Kinerja : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Syarat Terlengkap
Baca Juga :  √ Manajemen Operasional : Pengertian, Tujuan, Ciri, Fungsi & Ruang Lingkupnya Lengkap
Baca Juga :  √ Manajemen Sumber Daya Manusia : Pengertian, Tujuan, Fungsi & Contohnya Lengkap