√ Akuntansi Biaya : Pengertian, Tujuan, Fungsi & Siklusnya Lengkap

Diposting pada
√ Akuntansi Biaya : Pengertian, Tujuan, Fungsi & Siklusnya Lengkap
5 (100%) 30 votes

√ Akuntansi Biaya : Pengertian, Tujuan, Fungsi & Siklusnya Lengkap

 

 

SeputarIlmu.Com – Sebelum mengulas tentang akuntansi biaya, ada baiknya kita simak dulu kata dari biaya. Biaya artinya ialah pengorbanan sumber ekonomis, yang diukur dalam satuan uang, yang sudah terjadi atau kemungkinan yang akan terjadi untuk mencapai target tertentu. Dalam arti sempit biaya ialah bagian dari harga pokok yang dikorbankan didalam usaha untuk mencapai suatu tujuan yaitu memperoleh penghasilan.

 

√ Akuntansi Biaya : Pengertian, Tujuan, Fungsi & Siklusnya [ TERLENGKAP ]

 


Pengertian Akuntansi Biaya

Akuntansi Biaya adalah proses, pencatatan, pelacakan, penggolongan, peringkasan, analisis, dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan jasa atau produk, dengan melakukan cara-cara tertentu serta penafsiran.

 


Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli

1. Horngren, Datar, dan Foster

Menurut Horngren, Datar, dan Foster menyatakan bahwa Akuntansi Biaya akan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Akuntansi biaya akan mengukur dan melaporkan setiap informasi keuangan dan non keuangan yang berhubungan dengan biaya peroleh atau pemanfaatan sumber daya salah satu organisasi.

 

2. Bastian dan Nurlela (2006)

Menurut Bastian dan Nurlela menyatakan bahwa Akuntansi biaya adalah suatu bidang dalam akuntansi yang mempelajari bagaimana cara mencatat, mengukur dan melaporkan tentang informasi biaya yang digunakan.

 

3. Kholmi dan Yuningsih (2009:1)

Menurut Kholmi dan Yuningsih menyatakan bahwa Akuntansi biaya adalah proses pelacakan, pencatatan, pengalokasian, pelaporan serta analisis terhadap bermacam-macam biaya yang berhubungan dengan aktivitas atau kegiatan dari suatu perusahaan atau organisasi untuk menghasilkan barang dan jasa.

 

4. Rayburn

Menurut Rayburn menyatakan bahwa Akuntansi biaya adalah ilmu mengidentifikasikan, mendefinisikan, mengukur, melaporkan serta melakukan analisis berbagai unsur biaya langsung dan tidak langsung yang berhubungan dengan produksi serta pemasaran barang dan jasa.

 

5. Armanto Witjaksono (2006:45)

Menurut Armanto Witjaksono menyatakan bahwa Akuntansi biaya akan melengkapi manajemen dengan perangkat akuntansi untuk meningkatkan perencanaan dan pengendalian.

 

6. Abdul Halim

Menurut Abdul Halim menyatakan bahwa Akuntansi biaya adalah ilmu akuntansi yang membicarakan tentang penentuan cost atau harga pokok dari suatu produk yang diproduksi atau yang akan dijual di pasar baik itu untuk memenuhi pesanan atau pemesan ataupun untuk dijadikan persediaan barang daganan yang akan dijual.

 


Tujuan Akuntansi Biaya

  • Penentuan HPP : mencatat, menggolongkan dan meringkas suatu biaya pembuatan produk
  • Menyediakan informasi biaya untuk kepentingan manajemen : biaya sebagai ukuran efisiensi
  • Alat Perencanaan : perencanaan bisnis pasti berkaitan dengan penghasilan dan biaya, Perencanaan biaya tidak akan mempersulit dalam pengendalian biaya.
  • Pengendalian biaya : membandingkan biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk memproduksi suatu produk dengan biaya yang sesungguhnya terjadi
  • Memperkenalkan berbagai metode : berbagai macam-macam cara dalam Akbi dapat disesuaikan dengan kepentingan yang diperlukan dengan hasil yang paling efisien dan efektif.
  • Pengambilan keputusan khusus : salah satu sebagai alat manajemen dalam mengawasi dan merekam transaksi biaya secara sistematis dan menyediakan informasi biaya dalam metode laporan biaya.

 


Fungsi-Fungsi Akuntansi Biaya

  • Melakukan perhitungan dan pelaporan biaya (harga) pokok suatu produk
  • Memperincikan biaya (harga) pokok produk pada segenap unsur nya.
  • Memberikan informasi dasar untuk membuat perencanaan biaya dan beban.
  • Memberikan informasi biaya bagi manajemen guna dipakai didalam pengendalian manajemen.
  • Memberikan data bagi proses penyusunan anggaran

Siklus Akuntansi Biaya

Siklus akuntansi biaya terdiri dari beberapa tahap, yaitu sebagai berikut :

  • Penentuan harga bahan pokok produksi. Biaya yang diperhitungkan pada tahap ini mencakup harga atau biaya dari bahan baku utama yang dibeli ditambah dengan biaya pembelian bahan yang dibutuhkan pada proses produksi.
  • Perhitungan biaya yang dikeluarkan untuk tenaga kerja langsung.
  • Perhitungan biaya overhead pabrik selama produksi berlangsung.
  • Menghitung harga jual produk atau jasa.

 

Itulah penjelasan tentang √ Akuntansi Biaya : Pengertian, Tujuan, Fungsi & Siklusnya Lengkap semoga bermanfaat bagi pembaca, sekian dan terima kasih.

 

 

Baca Juga Artikel lainnya :

Baca Juga :  √ Akuntansi Keuangan : Pengertian, Fungsi & Tujuannya Lengkap
Baca Juga :  Pengertian, Macam, dan 3 Tahapan Siklus Akuntansi Menurut Para Ahli Secara Lengkap
Baca Juga :  √ Lembaga Keuangan : Pengertian, Macam, Fungsi, Tujuan & Manfaatnya Lengkap
Baca Juga :  Pengertian, Tujuan, Fungsi-Fungsi Akuntansi Manajemen Secara Lengkap