√ Akuntansi Keuangan : Pengertian, Fungsi & Tujuannya Lengkap

Diposting pada

√ Akuntansi Keuangan : Pengertian, Fungsi & Tujuannya Lengkap

 

 

SeputarIlmu.Com – Akuntansi keuangan, akuntansi keuangan sangat dibutuhkan pada perusahaan. Akuntansi keuangan memiliki peran yang sangat penting yaitu untuk memberikan informasi keuangan untuk pendukung pengambilan keputusan. Untuk lebih jelas nya lagi mari simak ulasan yang dibawah berikut.

 

Akuntansi Keuangan : Pengertian, Fungsi & Tujuannya [ TERLENGKAP ]

 

Pengertian Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan merupakan suatu sistem yang memberikan informasi keuangan, dan menyusun laporan, menyiapkan laporan tentang pencatatan transaksi-transaksi keuangan bagi perusahaan. Dilihat dari segi fokus informasi, Akuntansi Keuangan berfokus pada suatu informasi masa lalu (historical). Akuntansi Keuangan mencerminkan suatu bentuk pertanggungjawaban dana yang sebelumnya dipercayakan oleh para penyedia dana dari pihak luar perusahaan kepada suatu manajemen perusahaan.

 


Pengertian Akuntansi Keuangan Menurut Para Ahli

1. Kieso & Weygant [Intermediate Accounting, 2000:6]

Akuntansi keuangan adalah serangkaian proses yang berujung pada penyusunan laporan keuangan yang berkaitan dengan perusahaan secara keseluruhan untuk digunakan oleh pengguna laporan keuangan baik pihak internal maupun eksternal perusahaan.

 

2. Jogianto, 1997:54

Akuntansi keuangan merupakan penyediaan informasi yang relevan berupa laporan-laporan periodik, seperti balance sheet, income statement, retained earning, laporan perubahan modal yang digunakan baik oleh pihak internal maupun eksternal perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

 

3. Sugiarto [Pengantar Akuntansi : 2002]

Akuntansi keuangan merupakan bidang dalam akuntansi yang berfokus pada penyiapan laporan keuangan suatu perusahaan secara berkala. Laporan ini berguna sebagai bentuk pertanggungjawaban pihak manajemen terhadap para pemegang saham. Persamaan akuntansi yang digunakan adalah Aset = Liabilitas + Ekuitas. Hal ini mengacu pada Standar Akuntansi Keuangan (SAK).

 


Fungsi Akuntansi Keuangan

  • Fungsi yang pertama Untuk mengetahui dan menghitung suatu laba maupun rugi yang sudah didapat oleh suatu perusahaan.
  • Fungsi yang kedua untuk memberikan suatu informasi yang dapat berguna untuk manajemen perusahaan.
  • Fungsi yang ketiga dapat membantu untuk menetapkan hak bagi masing-masing suatu pihak yang mempunyai suatu kepentingan dalam perusahaan, yaitu baik itu pihak si internal ataupun si eksternal.
  • Fungsi yang ke empat untuk mengawasi dan mengendalikan semua macam kegiatan yang terjadi pada suatu perusahaan.
  • Dan fungsi yang terakhir untuk membantu suatu perusahaan dalam mencapai suatu targetnya yang sebelumnya sudah ditentukan.

 


Tujuan Akuntansi Keuangan

  • Untuk memberikan informasi yg dapat dipercaya mengenai suatu perubahan sumber ekonomi netto suatu perusahaan yg muncul dari suatu kegiatan dalam rangka mendapatkan laba.
  • Untuk memberikan suatu informasi yg terpercaya mengenai Aktiva, Kewajiban dan yang terakhir Modal.
  • Untuk membantu para pemakai dalam memperkirakan suatu potensi perusahaan untuk menghasilkan laba.
  • Untuk Memberikan informasi penting lainnya yang mengenai suatu perubahan sumber-sumber ekonomi & kewajiban yang seperti informasi mengenai aktivitas belanja.
  • Mengungkapkan suatu informasi lain yg berkaitan dengan suatu laporan keuangan yg relevan untuk suatu kebutuhan pemakai laporan keuangan.

 


Tahapan Dalam Pembelajaran Akuntansi Keuangan

  • Pengantar Akuntansi Dasar, Pemahaman tentang Persamaan Dasar-Dasar Akuntansi, Siklus Akuntansi, Penyusunan Kode Akun (Chart of Account), Pencatatan Transaksi dan Perkiraan, Jurnal Umum (General Ledger), Pembuatan Kertas Kerja (Worksheets) Laporan Keuangan.
  • Akuntansi Keuangan Menengah, Akuntansi Biaya, Penyusunan Laporan Keuangan (Contoh Laporan Akuntansi Keuangan), Pemahaman tentang Prosedur Akuntansi dan Keuangan, meliputi
  • Kebijakan dan Prosedur : Kas dan Setara Kas, Persediaan, Piutang, Aktiva Tetap, Hutang, dan Pajak.
  • Akuntansi Keuangan Lanjutan, Mempelajari tentang Pembentukan Persekutuan atau Penggabungan Usaha (Merger), Integritas
  • Penyajian Laporan Keuangan, Analisa Laporan Keuangan, Penyusunan Laporan Keuangan Konsolidasi, Perubahan Kepemilikan Saham, Penjualan Konsinyasi, Likuidasi Penjualan Angsuran, dan Investasi saham.

 

Itulah penjelasan tentang √ Akuntansi Keuangan : Pengertian, Fungsi & Tujuannya [ TERLENGKAP ]. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

 

Baca Juga Artikel lainnya :

Baca Juga :  √ Akuntansi Biaya : Pengertian, Tujuan, Fungsi & Siklusnya Lengkap
Baca Juga :  √ Siklus Akuntansi : Pengertian, Macam & Tahapannya Lengkap
Baca Juga :  √ Lembaga Keuangan : Pengertian, Macam, Fungsi, Tujuan & Manfaatnya Lengkap
Baca Juga :  Pengertian, Tujuan, Fungsi-Fungsi Akuntansi Manajemen Secara Lengkap