Ekonomi Mikro

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Sebelum menerangkan tentang ekonomi mikro, saya akan menjelaskan  dikit tentang ilmu ekonomi, kegiatan ekonomi manusia dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia memerlukan panduan yang digunakan untuk mengarahkan kegiatan ekonomi nya. Ilmu ekonomi digunakan manusia sebagai panduan dalam melakukan kegiatan ekonomi nya. ilmu ini memberikan gambaran perilaku manusia agar dapat mencapai kemakmuran. Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari gejala dan prilaku manusia dalam mencapai kemakmuran, dari permaslahan ekonomi salah satu nya ekonomi mikro, dan pembahasan yang akan saya terangkan tentang ekonomi mikro.

ekonomi mikro


Pengertian Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro merupakan salah satu ilmu ekonomi yang mempelajari bagian kecil dari kegiatan perekonomian. Kegiatan ekonomi mikro umumnya mengacu pada ruang lingkup yang lebih kecil, seperti rumah tangga.

Secara Umum, Ekonomi mikro membahas perilaku ekonomi dalam lingkup individu,  rumah tangga, perusahaan, dan pasar. pembahasannya meliputi pemanfaatan sumber daya ekonomi bagi kehidupan masyarakat serta prilaku produsen dan konsumen dalam melakukan interkasi dipasar. Dalam mempelajari ekonomi mikro terdapat beberapa komponen yang dibahas sebagai berikut.


Pengertian Ekonomi Mikro Menurut Para Ahli

1. David Ricardo

Menurut David Ricardo menyatakan bahwa Ekonomi mikro adalah suatu kondisi dimana para pelaku ekonomi telah memiliki informasi dalam seluk beluk pada pasar . Dengan begitu pada ekonomi makro merupakan sebuah faktor penentu oleh pasar ekonomi global.


2. N. G. Mankiw

Menurut Mankiw menyatakan bahwa Ekonomi mikro yaitu sebuah ilmu yang menjelaskan tentang peran individu-individu terhadap para pelaku ekonomi, bagaimana pada perusahaan membuat suatu keputusan, dan bagaimana mereka akan berinteraksi pada pasar tertentu

Baca Juga :  Jenis-Jenis Inflasi

3. Marshal dan Piqou

Menurut Marshal dan Piqou menyatakan bahwa Ekonomi mikro adalah suatu tingkat mobilitas tinggi dalam pasar yang akan membuat para pelaku ekonomi dapat langsung beradaptasi atau menyesuaikan perubahan-perubahan yang ada pada pasar tersebut.


4. Adam Smith

menurut Adam Smith menyatakan Ekonomi mikro adalah subjek ekonomi yang memiliki sifat ekonomis rasional. Hal ini memungkinkan para pelaku ekonomi harus dapat mempertimbangkan pada hal-hal rasional sebelum membuat sebuah keputusan.


Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

Ruang lingkup ekonomi mikro yaitu konsumen dan produsen. Pada ilmu ekonomi, produsen dan konsumen adalah individu-individu pada setiap rumah tangga, masyarakat, organisasi dan juga perusahaan. Berikut ini adalah ruang lingkup ekonomi mikro yaitu sebagai berikut :

  • Penawaran, permintaan dan keseimbangan pada harga pasar
  • Elastisitas penawaran dan permintaan.
  • Teori terhadap perilaku konsumen.
  • Teori produksi, biaya, penerimaan produsen, dan laba.
  • Pasar persaingan sempurna.
  • Pasar monopoli.
  • Pasar oligopoli.
  • Pasar persaingan monopolistik.
  • Permintaan akan input.
  • Mekanisme harga dan distribusi pendapatan.

Tujuan Ekonomi Mikro

Berikut ini adalah tujuan dari ekonomi mikro yaitu sebagai berikut :

  • bertujuan untuk menganalisis pada mekanisme pasar yang akan membentuk harga relatif terhadap produk barang dan jasa, serta alokasi oleh sumber terbatas di antara banyaknya penggunaan alternatif.
  • Bertujuan untuk menganalisis pada kegagalan pasar disaat memproduksi hasil yang efisien dan menjelaskan beberapa kondisi teoritis yang diperlukan pada suatu pasar dengan persaingan sempurna.

Komponen-Komponen Ekonomi Mikro

1. Interaksi Di Pasar Barang

Kegiatan tawar menawar barang dilakukan antara penjual dan pembeli atau produsen dan konsumen dipasar. kegiatan ini dilakukan untuk membentuk harga sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. pembentukan harga terjadi melalui proses interaksi permintaan dan penawaran antara penjual dan pembeli.kesepakatan harga akan akan mengahsilkan harga keseimbangan . Dengan mempelajari ilmu ekonomi mikro dapat diketahui permasalahan yang terjadi dalam interaksi dipasar.

Baca Juga :  Pengertian Kebijakan

2. Interkasi di Pasar Faktor Produksi

Pasar faktor produksi menyidakan faktor-faktor produksi yang dibutuhkan oleh rumah tangga produsen untuk melakukan kegiatan produksi. Faktor produksi meliputi sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, dan kewirausahaan. Faktor-faktor produksi tersebut disediakan oleh rumah tangga konsumen. Atas penyedian faktor-faktor produksi, rumah tangga konsumen akan memperoleh balas jasa.


3. Perilaku Produsen dan Konsumen

Kegiatan produsen dan konsumen dalam kegaiatan ekonomi didasari oleh tujuan masing-masing. Pada ekonomi mikro akan dibahas mengenai upaya konsumen dalam memenuhi kebutuhan nya dengan pendapatan yang terbatas, semetara itu, pada prilaku produsen akan dibahas mengenai upaya produsen dalam memperoleh keuntungan sebesar-besar nya. anggapan-anggapan ysng digunakan untuk menganalisa prilaku produsen dan konsumen dalam kegiatan ekonomi sebagai berikut :

  • Produsen dan konsumen melakukan kegiatan ekonomi secara rasional.
  • Konsumen berusaha untuk memperoleh kepuasan maksimal dengan dana yang terbatas.
  • Produsen berusaha untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dengan pengorbanan tertentu.

Contoh Ekonomi Mikro

Dibawah ini merupakan contoh dari ekonomi mikro :

  • Penawaran dan permintaan.
  • Monopoli pasar.
  • Perilaku konsumen dan produsen.
  • Pembangunan Infrastruktur.
  • Pasar.
  • Penetapan harga terendah dan tertinggi.
  • Penerimaan.
  • Biaya.


Perbedaan Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro

PerbedaanEkonomi mikroEkonomi makro
Ruang lingkupMencakup berbagai isu seperti permintaan, harga produk, faktor harga, produksi, konsumsi, kesejahteraan ekonomi.Melingkupi ragam isu: pendapatan nasional, tingkat harga secara umum, distribusi, pekerja, uang, dan lainnya.
MelibatkanVariabel ekonomi individu: perilaku konsumen, perilaku produsen, penawaran, permintaan, harga dll.Variabel ekonomi agregat: pendapatan suatu wilayah, inflasi, investasi, pertumbuhan ekonomi negara dll.
KebermenfaatanBermanfaat untuk menentukan harga suatu produk bersama dengan harga faktor produksi (tanah, tenaga kerja, modal, pengusahan dll).Menjaga stabilitas ditingkat harga umum dan menyelesaikan masalah utama ekonomi seperti: inflasi, deflasi, pengangguran, dan kemiskinan secara keseluruhan.
ArtiCabang ilmu yang mempelajari perilaku konsumen individual, perusahaan, dan rumah tangga.Cabang ilmu yang mempelajari perilaku ekonomi secara keseluruhan nasional dan internasional.
Aplikasi bisnisDiterapkan pada masalah operasional atau internal.Lingkungan dan masalah eksternal.
Baca Juga :  √ Industri : Pengertian, Syarat, Tujuan, Klasifikasi, Contoh & Persebarannya Lengkap

Itulah penjelasan tentang √ Ekonomi Mikro : Pengertian, Ruang Lingkup, Tujuan, Komponen, Contoh & Perbedaannya Lengkap. semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca, sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :