√ Gempa Bumi : Pengertian, Jenis, Alat Pengukur, Faktor Penyebab & Akibatnya Lengkap

Diposting pada

√ Gempa Bumi : Pengertian, Jenis, Alat Pengukur, Faktor Penyebab & Akibatnya Lengkap


SeputarIlmu.Com – Pernahkah anda merasakan gempa bumi ?? sebagian orang pastinya sudah pernah merasakan gempa bumi. Tapi apakah anda tahu pengeritan dari gempa bumi, jenis gempa bumi, faktor penyebab gempa bumi, alat pengukur gempa bumi dan akibat dari gempa bumi ??? Jika belum anda tepat sekali mengunjungi artikel ini, karena pada kesempatan kali ini akan membahas tentang gempa bumi secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

√ Gempa Bumi : Pengertian, Jenis, Alat Pengukur, Faktor Penyebab & Akibatnya [LENGKAP]


Pengertian Gempa Bumi

gempa bumi atau dalam dunia geografi dikenal dengan kata seisme, seisme adalah guncangan akibat pergerakan lapisan batuan bumi  atau lempeng bumi yang berasal dari permukaan bumi.

Gempa Bumi merupakan getaran atau guncangan dipermukaan bumi ang disebabkan oleh gelombang seismik dai pusast gempa. Gempa sering terjafi akibat tumpukan antar lempeng tektonik yang disebabkan akitvitas magma didalam bumi. Getaran ini bersumber dari dalam bumi, merambat dari permukaan bumi, dan menembus bumi sehingga makhluk hidup yang berada dipermukaan bumi bisa merasakan geetaran nya. Gerak Getaran gempa bumi sangat lah cepat sehingga sulit untuk memprediksi nya.


Jenis – Jenis Gempa Bumi

1. Gempa Tektonik

Baca Juga :  √ Apatis : Pengertian, Penyebab, Ciri, Dampak dan Contoh Terlengkap

Gempa tektonik ditimbulkan oleh pergerakan lempeng tektonik. Gempa ini dapat menyebabkan patahan atau retakan batuan kerak bumi. Gempa tektonik bis sangat kuat dan meliputi wilayah yang luas sehingga sering menimbukan kerusakan atau bencana alam hebat.


2. Gempa Vulkanik

Gempa Vulkanik, ditimbulkan oleh aktivitas gunung api, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Gempa vulkani kurang kuat dibanidingkan gempa tektonik dan hanya terasa didaerah sekitar gunung api.


3.Gempa Runtuhan

Gempa Runtuhan, Ditmbulkan oleh runtuhnya atap gua atau terowongantamabang didalam bumi. kekuatan gempa runtuhan relatif lemah dan hanya terasa disekitar runtuhan.

Berdasarkan episentrum gempa dibedakan menjadi 2 yaitu :

  • Gempa Sentral, Episentrum berbentuk titik. contoh nya, gempa vulaknk, dan gempa runtuhan.
  • Gempa Linear, Episentrum berbentuk garis. contoh nya gempa tektonik akibat patahan batuan.


Faktor Penyebab Gempa Bumi

1. Pergeseran Kulit Bumi

Salah satu penyebab terjadinya Gempa bumi yaitu disebabkan oleh dislokasi atau perpindahan akibat pergesaran lapisan bumi yang tiba-tiba terjadi pada struktur bumi, yakni adanya tarikan atau tekanan. Gempa bumi yang terjadi karena adanya pergeseran kulit bumi disebut dengan gempa tektonik atau gempa dislokasi. Pergeseran lapisan bumi ada 2 macam yaitu : vertical dan horizontal


2. Aktivitas Gunung Api

Salah satu Gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas gunung api atau letusan gunung api disebut dengan gempa bumi vulkanik. Pada saat dapur magma bergejolaik, ada energi yang mendesak lapisan bumi. Energi yang mendesak lapisan bumi ada yang mampu mengangkat lapis dan bumi sampai ke permukaan di sertai getaran. Gunung api yang akan meletus biasanya mengakibatkan gempa bumi.


3. Runtuhan

Gempa bumi yang di sebabkan runtuhnya atap gua atau terowongan tambang di bawah tanah bisa disebut dengan gempa bumi runtuhan(terban). Jika batuan pada atap rongga atau pada dinding rongga mengalami pelapukan, maka rongga bisa runtuh karna tidak mampu lagi menahan beban di atas rongga. runtuhnya gua dan terowongan yang besar bisa mengakibatkan getaran yang kuat

Baca Juga :  √ Bipolar : Pengertian, Gejala, Faktor, Penyebab dan Pengobatan Terlengkap


Alat Pengukur Gempa Bumi

Alat untuk mengukur gempa bumi yaitu seismograf. seismograf ada 2 jenis yaitu sebagai berikut :

seismogaf vertikal dan seismograf horizontal untuk mengukur gempa bumi di butuhkan satu seismograf vertikal dan dua seismograf horizontal.


Akibat Gempa Bumi

Gempa tidak hanya berakibat pada lingkungan fisik, tetapi juga pada kehidupan sosial masyarakat. Akibat gempa bumi yaitu sebagai berikut :

  • Bangunan Roboh
  • Kebakaran
  • Korban patah tulang dan meninggal dunia
  • Permukaan tanah retak-retak
  • Jembatan ambruk dan jalan terputus
  • Tanah longsor
  • Banjir akibat tanggul jebol
  • Tsunami, akibat gempa dengan kekuatan (>6 skala Ritcher) didasar laut dangkal.

Kesimpulanya gempa bumi adalah getaran atau guncangan dipermukaan bumi yang ditimbulkan gelombang seismik antar lempeng tektonik, gempa juga mempunyai jenis dan dampak dari gempa bumi.


Itulah penjelasan tentang √ Gempa Bumi : Pengertian, Jenis, Alat Pengukur, Faktor Penyebab & Akibatnya [LENGKAP], Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terimakasih 🙂


Baca Juga Artikel Lainnya :