√ Inovasi : Pengertian, Ciri, Tujuan, Manfaat, Jenis & Contohnya Lengkap

Diposting pada

√ Inovasi : Pengertian, Ciri, Tujuan, Manfaat, Jenis & Contohnya Lengkap – Sudahkah anda pernah membuat inovasi baru selama hidup kamu. Kalo anda sudah berarti anda orang-orang yang kreatif. Untuk lebih jauh memahami tentang inovasi. Disini akan mengulas tentang inovasi secara lengkap. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut.

√ Inovasi : Pengertian, Ciri, Tujuan, Manfaat, Jenis & Contohnya Lengkap

 

Pengertian Inovasi

Inovasi ialah suatu proses pembaharuan/pemanfaatan/pengembangan dengan menciptakan suatu hal baru yang berbeda dengan sebelumnya. Inovasi juga bisa diartikan penemuan baru dalam teknologi atau kemampuan dalam memperkenalkan sebuah temuan baru yang berbeda dari yang telah ada sebelumnya. Orang yang melakukan suatu inovasi disebut dengan inovator. Inovasi harus lah bermanfaat bagi sang inovator atau orang lain.

 

 

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

 

1. Stephen Robbins

Menurut Stephen Robbins menayatakan bahwa inovasi ialah sebagai sebuah gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbaiki suatu produk atau proses dan jasa.

 

2. Van de Ven, Andrew H

Menurut Van de Ven menyatakan bahwa Inovasi ialah suatu pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang yang dimana dalam jangka waktu tertentu melakukan suatu transaksi-transaksi dengan orang lain dalam sebuah tatanan organisasi.

 

3. Kuniyoshi Urabe

Menurut Kuniyoshi Urabe menyatakan bahwa Inovasi bukan merupakan suatu kegiatan satu kali pukul (one time phenomenon),melainkan sebuah proses yang panjang dan kumulatif yang meliputi banyak proses dalam pengambilan keputusan di dan oleh organisasi dari mulai dalam penemuan gagasan sampai implementasinya di pasar.

 

4. Everett M. Rogers (1983)

Menurut Everett menyatakan bahwa M. Rogers menyatakan bahwa inovasi ialah sebuah ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi.

 

5. Stephen Robbins (1994)

Menurut Stephen Robbins menyatakan bahwa inovasi ialah sebagai sebuah gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbaiki suatu produk atau proses dan jasa.

 

 

Jenis-Jenis Inovasi

 

1. Jika dilihat dari kecepatan perubahan dalam proses inovasi ada dua macam inovasi yaitu :

  • Inovasi radikal , yaitu dilakukan dengan skala besar yang dilakukan oleh para ahli dibidangnya dan biasanya dikelola oleh suatu departemen penelitian dan pengembangan. Inovasi radikal ini sering kali dilakukan di suatu bidang manufaktur dan lembaga jasa keuangan.
  • Inovasi inkremental yaitu suatu proses penyesuaian dan mengimplementasikan perbaikan yang berskala kecil.

 

2. Jenis inovasi berdasarkan fungsi, ada dua yaitu:

  • Inovasi teknologi bisa berupa suatu produk, pelayanan atau proses produksi dan inovasi administrasi bisa mempunyai sifat organisasional dan struktural.
  • Inovasi sosial (Brazeal & Herbert, 1997).

 

 

Ciri-Ciri Inovasi

  • Mempunyai sebuah kekhasan / khusus artinya suatu inovasi mempunyai ciri yang khas dalam arti ide, program, tatanan, sistem, termasuk kemungkinan pada hasil yang diharapkan.
  • Mempunyai ciri atau unsur kebaruan, dalam arti suatu inovasi harus mempunyai suatu karakteristik sebagai sebuah karya dan buah pemikiran yang mempunyai kadar Orsinalitas dan kebaruan.
  • Pada program inovasi dilaksanakan melalui program yang terencana, dalam arti bahwa sebuah inovasi dilakukan melalui suatu proses yang yang tidak terburu-buru, namun keg-inovasi dipersiapkan dengan secara matang dengan program yang jelas dan terencana terlebih dahulu.
  • Inovasi yang digulirkanmempunyai tujuan, program inovasi yang dilakukan harus mempunyai arah yang ingin dicapai, termasuk arah dan strategi untuk mencapai suatu tujuan tersebut.

 

 

Tujuan Inovasi

Inovasi muncul  karena ada ide  dan tujuan tertentu yang ingin dicapai oleh manusia. Adapun tujuan inovasi yaitu sebagai berikut;

1. Meningkatkan Kualitas

Secara umum, tujuan inovasi di berbagai bidang yaitu untuk meningkatkan kualitas dan juga nilai suatu hal yang sudah ada, baik itu produk ataupun layanan. Dengan adanya sebuah inovasi terbaru, diharapkan sebuah produk-produk tersebut mempunyai keunggulan dan manfaat yang lebih bernilai dari yang sebelumnya.

 

2. Mengurangi Biaya

Inovasi bertujuan untuk membantu mengurangi biaya, khususnya biaya tenaga kerja. Sebagai contohnya, sekarang ini banyak menciptakan mesin atau peralatan yang bisa menggantikan tenaga manusia dalam suatu proses produksi.

Dengan adanya mesin dan peralatan tersebut maka biaya tenaga kerja untuk produksi akan semakin berkurang. Selain itu, penggunaan mesin dan peralatan pada suatu proses produksi barang/ jasa tertentu akan menghasilkan kinerja yang lebih baik.

 

3. Menciptakan Pasar Baru

Dengan adanya sebuah produk yang lebih bernilai tinggi sebagai hasil dari inovasi yang telah dikeluarkan, maka hal ini akan menciptakan pasar baru di masyarakat.

 

4. Memperluas Jangkauan Produk

Sekarang ini banyak sekali pelaku e commerce. Para pengusaha memperluas jangkauan produk mereka dengan memanfaatkan internet yang bisa diakses lebih banyak calon konsumen potensial.

 

5. Mengganti Produk/ Layanan

Inovasi juga bertujuan untuk mengganti produk atau layanan yang dianggap kurang efektif/ efisien. Salah satunya bisa di lihat inovasi yang terjadi pada mesin sepeda motor yang sekarang lebih hemat bensin.

 

6. Mengurangi Konsumsi Energi

Manusia selalu ingin menghemat penggunaan energi, karena ada banyak sekali inovasi yang dilakukan manusia. Salah satunya yaitu adanya sumber energi terbaru yang memanfaatkan alam, misalnya tenaga surya, angin, dan air, sebagai sumber energi listrik.

 

 

Manfaat Inovasi

sesudah memahami beberapa poin di atas tentang inovasi, selanjutnya Anda perlu memahami manfaat inovasi itu sendiri. Pada dasarnya poin ini tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya. Manfaat inovasi secara umum yaitu kemudahan, kelebihan dan semacamnya. Jadi inovasi dilakukan untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik, lebih fungsional, lebih mudah dan semacamnya. Itulah manfaat adanya sebuah inovasi dan tujuan dari inovasi itu sendiri. Bila anda bisa melakukan inovasi untuk sebuah hal baru atau hal-hal yang sudah ada, maka besar kemungkinan Anda bisa bersaing untuk hal itu. Pada dasarnya manusia mempunyai kecendurungan dengan rasa kebosanan, bila anda mampu berinovasi, Anda bisa mengatasi hal itu. Bukan hanya untuk orang lain, orang-orang yang pandai berinovasi biasanya mampu melawan kejenuhan dengan berbagai cara.

 

 

Contoh Inovasi

Pembuatan produk PC Tablet Wakamini buatan negeri, Seolah tidak ingin ketinggalan dengan gadget baru seperti produk lain. Indonesia meluncurkan sebuah inovasi baru membuat produk PC Tablet Wakamini. Wakamini terbukti mampu bersaing dengan suatu produk-produk dari luar. Zyrex ialah sebagai produsen suatu peralatan komputer Indonesia yang memproduksi PC Tablet Wakamini MP 1291 series Multi Touch dan Wakatobi Mini 963 yang diklaim 100% buatan Indonesia dengan yang harga berkisar 3 juta rupiah.

 

Itulah ulasan tentang √ Inovasi : Pengertian, Ciri, Tujuan, Manfaat, Jenis & Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terima kasih.

 

Baca juga Artikel Lainnya :

Baca Juga :  10 Pengertian Motivasi Menurut Beberapa Para Ahli di Dunia Terlengkap
Baca Juga :  √ 21 Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli Secara Lengkap
Baca Juga :  √ 71 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli : Tujuan, Fungsi & Jenisnya Terlengkap
Baca Juga :  √ Globalisasi : Pengertian, Ciri, Macam, Contoh & Dampaknya Lengkap