√ ISP (Internet Service Provider) : Pengertian, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap

Diposting pada

√ ISP (Internet Service Provider) : Pengertian, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap

 

 

SeputarIlmu.Com – Untuk melakukan akses internet kita harus memakai penyedia layanan internet yang disebut dengan ISP. salah satu penyedia layanan internet yaitu Telkomnet. Untuk lebih jelasnya lagi marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut.

 

√ ISP (Internet Service Provider) : Pengertian, Fungsi, Jenis & Contohnya [LENGKAP]

 


Pengertian ISP (Internet Service Provider)

ISP (Internet Service Provider) yaitu suatu perusahaan atau badan usaha yang menyediakan suatu layanan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan. ISP mempunyai infrastruktur telekomunikasi yang terkoneksi ke internet yang dimana ISP nantinya akan membagi suatu kapasitas koneksi internet yang dipunyai nya kepada para pelanggan yang membutuhkan sebuah jasa koneksi internet. Biasanya pada sistem langganan yang diterapkan oleh ISP yaitu suatu sistem langganan tiap bulan walaupun saat ini banyak sekali provider telekomunikasi yang menerapkan sebuah sistem berlangganan dengan sistem berbasis quota.

 


Fungsi ISP (Internet Service Provider)

Fungsi ISP  (Internet Service Provider) dalam pengaksesan jaringan internet yaitu sebagai berikut:

  • Menghubungkan suatu pengguna/konsumen ke gateway internet yang terdekat.
  • Untuk suatu media yang memberikan suatu pelayanan jasa untuk terhubung ke sebuah internet.
  • Untuk yang Menyediakan barang modem untuk dial-up.
  • Untuk sebagai yang menghubungkan sih user kepada suatu layanan informasi WWW (World Wide Web).
  • Memungkinkan sih user untuk memakai suatu layanan surat elektronik, yang sering disebut dengan E-mail.
  • Memungkinkan para user untuk melakukan sebuah percakapan suara melalui sambungan jaringan internet.
  • Untuk Memberikan tempat untuk homepage.
  • Internet Service Provider (ISP) melakukan suatu proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan suatu sistem antivirus untuk penggunanya.
  • Fungsi ISP (Internet Service Provider) yaitu sebagai suatu perusahaan yang menawarkan sebuah jasa pelayanan untuk berhubungan dengan sebuah jaringan internet. Untuk bisa mengaksesnya, kita cukup menghubungi saja jasa Internet Service Provider/ISP melalui perangkat komputer dan modem. Sesudah itu ISP akan mengurus semua yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet.


Jenis – Jenis Layanan ISP (Internet Service Provider)

1. Dial-Up Connection

Dial-UP Connection ialah suatu cara melalui modem atau kabel telpon yang pada umumnya digunakan untuk melakukan akses internet di rumah. Dial-Up ialah sebuah koneksi yang sifatnya sementara. Meskipun penggunaan akses dial-up ini seperti: personal diap-up; corporate dial-up; night server acces; LAN dial-up ISDN.

 

2. Dedicated Connection

Dedicated Connection yaitu salah satu jenis koneksi yang sifatnya tetap dalam 24 jam dan kebanyakan digunakan oleh perusahaan-perusahaan atau tempat-tempat yang banyak menggunakan suatu kebutuhan koneksi internet dan digunakan oleh banyak komputer.

 

3. Hotspot

Hotspot salah satu jenis layanan internet tanpa menggunakan suatu kabel seperti dial-up. Hotspot biasanya digunakan pada tempat-tempat tertentu misalnya seperti di cafe, kantin, bandara, tempat-tempat nongkrong, dan lain sebagainya.

 

4. Wireless

Wireless yaitu salah satu jenis layanan internet tanpa sebuah kabel. Layanan akses internet ini tidak dipungut biaya telepon, tapi hanya dikenakan tarif atau biaya sebuah pemakaian internetnya saja.

 

5. Mobile Access

Mobile Access yaitu Sebuah layanan untuk mengakses internet yang bisa dilakukan dengan mudah kapan saja dan dimana saja melalui perangkat Handphone atau telepon seluler. jenis Layanan ini sangat bermanfaat bagi pengguna telepon seluler yang mendukung suatu kecanggihan teknologi ini, baik GSM maupun CDMA.

 


Contoh ISP (Internet Service Provider)

1. Telkom Speedy

Telkom speedy yaitu jenis ISP produk dari PT Telkom Indonesia, dengan harga yang terjangkau di kantong orang yang mempunyai penghasilan menengah kebawah Telkom Speedy menawarkan sebuah koneksi internet yang stabil.

 

2. Astinet

Astinet yaitu salah satu jenis ISP produk dari PT Telkom Indonesia yang menawarkan suatu jasa sambungan internet untuk penggunaan yang skala besar. Astinet sendiri yaitu kependekan dari Access Service Dedicated To Internet

 

3. IM2

IM2 yaitu salah satu jenis layanan sambungan internet milik PT Indosat, selain itu IM2 juga bisa melayani jasa hosting dan sewa domain.

 

4. Centrin

Centrin yaitu salah satu jenis layanan ISP milik PT Centrin Online, yang menawarkan layanan jasa koneksi internet dengan suatu infrastruktur yang sangat canggih.

 

5. Provider Seluler lainnya

Pada saat ini hampir semua provider seluler ternama sudah menawarkan sebuah jasa layanan internet atau ISP, biasanya yang berbasis quota dan bisa diaktifkan dengan suatu paket-paket tertentu, ISP jenis ini yaitu suatu pilihan cocok bagi anda yang hanya membutuhkan sebuah koneksi internet secara isi dental saja.

 

Di zaman modern dan canggih ini ISP sangat dibutuhkan sekali karna dapat mengakses internet untuk mendaptkan sebuah informasi.Itulah ulasan tentang √ ISP (Internet Service Provider) : Pengertian, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Baca Juga :  √ Internet : Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Dampak Terlengkap
Baca Juga :  √ Jaringan Komputer : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Topologi & Jenisnya Lengkap
Baca Juga :  √ Topologi Jaringan : Pengertian, Jenis, Kelebihan & Kekurangannya Lengkap
Baca Juga :  √ Komputer : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Komponen Terlengkap
Baca Juga :  √ 55 Macam Perangkat Keras Komputer : Pengertian, Fungsi & Gambarnya Lengkap