√ Jaringan Komputer : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Topologi & Jenisnya Lengkap

Diposting pada

√ Jaringan Komputer : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Topologi & Jenisnya Lengkap

 

 

SeputarIlmu.Com – Jaringan komputer pada zaman sekarang sangat penting karena bagian dari kebutuhan manusia, jaringan komputer membantu kita untuk melakukan pekerjaan dan saling berkomunikasi walaupun dijangkaun yang luas sekalipun. Tanpa ada nya jaringan komputer kita tidak akan bisa mengakses internet oleh karena itu jaringan komputer sangat penting untuk kehidupan zaman sekarang. Untuk lebih jelas lagi mari simak ulasan yang ada dibawah berikut.

 

√ Jaringan Komputer : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Topologi & Jenisnya [LENGKAP]


Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling menukar data. Tujuan dari jaringan komputer yaitu supaya dapat mencapai tujuannya, pada bagian dari setiap jaringan komupter dapat memberikan serta meminta layanan (service). Pihak yang menerima/meninta layanan disebut dengan klien (client) serta yang melakukan pengiriman/yang memerikan layanan disebut dengan peladen (server). Desain tersebut bernama sistem client-server, serta dipakai pada hampir semua aplikasi jejaring komputer.

 


Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

1. Jafar Noor Yudianto (2007)

Menurut Jafar Noor Yudianto menyatakan bahwa Jaringan komputer ialah suatu sistem yang terdiri atas yaitu komputer-komputer yang didesain untuk bisa berbagi suatu sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan agar dapat mengakses informasi (peramban web).

 

2. Umi Proboyekti

Menurut Umi Proboyekti menyatakan bahwa Jaringan komputer ialah suatu sekumpulan komputer yang berjumlah banyak yang terbagi-bagi dan saling berhubungan dalam melakukan tugasnya. misalnya dua buah komputer bisa dikatakan terkoneksi bila keduanya bisa saling bertukar informasi.

 

3. Anonim

Menurut Anonim mendefinisikan bahwa suatu Jaringan Komputer ialah suatu kelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya yang memakai protokol komunikasi melalui suatu media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, informasi, program, penggunaan nya  bersamaan perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer juga bisa diartikan sebagai suatu kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan.

 

4. Abdul Kadil (2003)

Menurut Abdul Kadil (2003) menyatakan bahwa Jaringan Komputer ialah hubungan antara dua buah simpul (umumnya berupa komputer) atau lebih yang mempunyai tujuan utama yaitu untuk melakukan pertukaran data.

 

5. Tanaenbaum (2002)

Menurut Tanaenbaum Jaringan Komputer ialah suatu kumpulan dari perangkat keras dan lunak di dalam suatu sistem yang mempunyai aturan tertentu untuk mengatur semua anggotanya dalam mengerjakan kegiatan komunikasi. Satu komputer yang saling terhubung ke jaringan menjadi satu node dari jaringan tersebut. Sedangkan suatu  host secara umum yang diartikan sebagai suatu komputer yang saling terkoneksi ke jaringan yang dapat memberikan layanan jaringan (network service).

 

6. Izaas El Said

Menurut Izaas El Said Jaringan Komputer ialah suatu sistem dimana terdapat beberapa komputer yang saling terhubung, untuk saling dapat berbagi informasi dan juga sumber daya yang dipunyainya.

 

7. Madcoms

Menurut Madcoms menyatakan bahwa Jaringan komputer ialah suatu kumpulan dari beberapa suatu komputer dan peralatan penunjang lainnya, yang terhubung dalam satu kesatuan dan saling terkoneksi satu sama lainnya.

 

8. Techi Wire House

Menurut Techi Wira House menyatakan bahwa Jaringan komputer ialah suatu kumpulan dari dua atau lebih komputer yang saling terkoneksi satu sama lain, yang memiliki suatu koneksi tertentu

 

9. Kristanto (2003)

Menurut Kristanto (dalam Tiranda, 2014) menyatakan bahwa Jaringan komputer ialah suatu kelompok komputer otonom yang saling terhubung satu sama lain, dengan memakai satu protocol komunikasi sehingga semua komputer yang saling terhubung tersebut dapat berbagi suatu informasi, program, sumber daya dan juga dapat saling menggunakan perangkat keras lainnya secara bersamaan, yaitu printer, harddisk dan lain sebagainya.

 

9. Wikipedia

Menurut Wikipedia Indonesia mendefiniskan bahwa jaringan komputer ialah suatu sistem yang terdiri dari banyak komputer (lebih dari satu komputer) yang didesain untuk dapat saling berbagi sumber daya atau resources, saling berkomunikasi satu sama lain, dan juga dapat saling mengakses informasi satu sama lain.

 

10. Zymon Machajewski

Menurut  Zymon Machajewski menyatakan bahwa jaringan komputer ialah suatu perangkat komputer yang saling terhubung secara samaan satu sama lainnya yang bertujuan, yaitu untuk saling membagikan atau men-share resources alias sumberdaya. Salah satu sumberdaya yang paling banyak digunakan pada zaman ini yang banyak digunakan di sebuah jaringan komputer ialah sumber daya internet.

 


Tujuan Jaringan Komputer

  • Untuk mendapatkan suatu informasi agar tetap tidak ketinggalan dan terbaru
  • Untuk mengefesienkan suatu manajemen sumber daya
  • Untuk membantu suatu perusahaan agar karyawannya dapat berkomunikasi dengan karyawan lainya dengan lebih efisien
  • Untuk membantu dalam melayani rekan kerja secara fektif
  • Untuk mempercepat suatu proses data sharing (berbagi data)

 


Manfaat Jaringan Komputer

  • Cepat dalam mengakses suatu informasi,
  • Dapat memberikan kemudahan dalam berkomunikasi
  • Memperluas dalam penggunaan sistem informasi,
  • Banyak aplikasi pendukung yang bisa dijalankan disemua komputer
  • Membuat suatu sistem komputer agar lebih fleksibel dan mudah untuk digunakan.

 


Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan komputer adalah desain dari jaringan komputer, yang menentukan bagaiamana paket data dan juga informasi ditransmisikan antar komputer di dalam jaringan tersebut. Untuk pembuatan jaringan local (LAN), maka ada beberapa topologi yang dapat diimplementasikan, yaitu sebagai berikut : Untuk Lebih Lengkapnya Buka Link Berikut ini : Topologi Jaringan

1. Topologi Ring

Topologi ring merupakan salah satu jenis topologi kuno, namun cukup efektif untuk menghandle pembuatan jaringan lokal dari komputer yang jumlahnya sedikit. Toplogi ring akan memungkinkan sebuah paket data atau informasi dapat diakses oleh komputer client dalam sebuah siklus ring tertentu. Jadi, suatu informasi baru bisa diakses oleh client nomor 4, setelah diakses oleh client nomor 1, 2, dan juga 3 terlebih dahulu.

 

2. Topologi Bus

Topologi Bus merupakan jenis topologi yang cukup murah, karena hanya menggunakan kebel dan juga konektor saja untuk membangun sebuah jaringan local. Topologi bus menggunakan konektor dan juga terminator untuk membuat sebuah jaringan local dapat bekerja.

 

3. Topologi Star

Topologi star merupakan jenis topologi yang banyak digunakan, pada jaringan local. Topologi star memungkinkan satu server dapat melayani lebih dari dua komputer client secara bersamaan, dengan bantuan perangkat keras jaringan, seperti switch dan juga hub.

 

4. Topologi Tree

Topologi tree memungkinkan beberapa jaringan local kecil di dalam satu gedung digabungkan sehingga menjadi satu kesatuan jaringan local yang besar. Selain topologi tree juga dapat memungkinkan tehubungnya komputer di dalam sebuah jaringan dengan tingkatan atau hierarki yang berbeda. Cocok untuk penggunaan jaringan LAN di dalam gedung bertingkat.

 

5. Topologi Mesh

Topologi mesh merupakan jenis topologi jaringan local yang memungkinkan setiap komputer bisa melakukan feedback satu sama lain. TIdak cocok digunakan pada jaringan LAN yang besar, karena akan menyulitkan pengawasan.

 


Jenis – Jenis Jaringan Komputer

1. LAN (Local Area Network)

Local area network yang disingkat LAN ialah suatu Jaringan ini mempunyai lokasi jangkauannya yang hanya lebih kurang 100 meter saja. Jaringan yang satu ini sering dipakai didalam suatu perusahaan, karena perusahaan menggunakan jaringan LAN di mana di dalam perusahaan yang menggunakan jaringan LAN untuk memanfaatkan fasilitas untuk berbagi data rahasia perusahaan.

 

2. MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network yang disingkat MAN merupakan Lebih besar jangkauannya daripada jaringan LAN, yaitu maksimal 10 s.d. 50 kilometer.Jaringan MAN ini digunakan oleh suatu perusahaan yang mempunyai cabang didalam satu kota saja.

 

3. WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network yang disingkat WAN yaitu suatu jaringan komputer yang mempunyai jangkauan antar benua, dengan melewati suatu batas geografis negara dan milik umum. WAN biasanya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih suatu jaringan lokal yang sehingga sih pengguna dapat berkomunikasi dengan si pengguna lain walaupun berada di lokasi berbeda.

 

4. Internet (Interconnected Network)

Interconnected Network yang disingkat Internet yaitu suatu jaringan komputer yang mempunyai jangkauan yang sangat luas sampai seluruh wilayah bumi. Internet ini Sering digunakan untuk berbagi suatu  informasi yang secara global meliputi tentang pendidikan, hiburan, teknologi, dan lain-lain.

 

5. Wireless

Wireless Jaringan yang satu ini merupakan yang paling sederhana dikarenakan tidak menggunakan kabel. Yang di mana di dalam pengoperasiannya hanya mengandalkan suatu teknologi radio (frekuensi). Yang sering disebut juga jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) atau  yang sering kita pakai Wi-Fi.

 

Dizaman sekarang suatu jaringan sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia, karena kegiatan manusia kebanyakan sangat membutuhkan jaringan. Itulah ulasan √ Jaringan Komputer : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Topologi & Jenisnya Lengkap. Semoga bermanfaat Bagi pembaca yang sedang membutuhkannya.

 

Baca Juga Artikel Lainnya Disini :

Baca Juga :  √ Topologi Jaringan : Pengertian, Jenis, Kelebihan & Kekurangannya Lengkap

Baca Juga :  √ Komputer : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Komponen Terlengkap
Baca Juga :  √ Router : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap
Baca Juga :  √ Internet : Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Dampak Terlengkap
Baca Juga :  √ Switch : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap