Karbohidrat Adalah

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Pada dasarnya karbohidrat sangat dibutuhkan dalam tubuh dan mempunyai peran yang sangat penting dalam kesehatan. Selain itu anda juga harus bisa memilih sumber karbohidrat baik yang bisa menguntungkan bagi tubuh kita untuk kesehatan. Semua bagian tubuh akan memerlukan sebuah karbohidrat yang sesuai dengan fungsi. Untuk lebih jelasnya lagi tentang karbohidrat mari simak penjelasan yang ada dibawah berikut.

√ Karbohidrat : Pengertian, Sifat, Fungsi, Jenis & Manfaat [ LENGKAP ]


Pengertian Karbohidrat

Kata Karbohidrat atau yang serung disebut dengan hidrat arang ialah suatu zat penghasil kalori dengan angka kalori 4. Karbohidrat ialah suatu zat makanan yang mengandung unsur C (Karbon), H (Hidrogen), dan O (Oksigen).

Karbohidrat dipecah menjadi suatu molekul gula yang lebih sederhana seperti glukosa, fruktosa, dan galaktosa pada suatu sistem pencernaan. Molekul gula inilah yang diserap oleh tubuh. Kelebihan karbohidrat akan disimpan di dalam organ hati atau otot dalam membentuk glikogen dan di daerah perut, sekeliling ginjal, atau di bawah kulit dalam bentuk lemak. Makanan yang sebagai sumber energi karbohidrat yaitu nasi, gandum, jagung, singkong, sagu, kentang, roti, dan ubi-ubian.


Jenis-Jenis Karbohidrat

1. Monosakarida atau Monosakrosa

Kata Monosakarida berasal dari bahasa Yunani yaitu mono = satu dan sakchron = gula. Monosakarida juga sering disebut dengan gula sederhana, Monosakarida ini senyawa yang mempuyai sebuah gugus aldehid atau keton bebas. Monosakarida ialah gula sederhana dan tidak dapat dihidrolisis. Rumus umumnya ialah Cn (H2O) n atau CnH2nOn. Monosakarida dibagi menjadi yaitu tirosa, tertrosa, pentosa, heksosa, heptosa dll, dan juga sebagai aldosa atau ketosa tergantung pada apakah mengandung aldehida atau gugus keton.

Contoh monosakarida ialah Fruktosa, Erithrulosa, ribulosa.


2. Oligosakarida atau Oligosakarosa

Kata Oligosakarida berasal dari bahasa Yunani, yaitu Oligo yang berarti sedikit. Oligosakarida ialah gula senyawa yang menghasilkan 2 sampai 10 molekul monosakarida yang sama atau berbeda pada suatu hidrolisis. Oligosakarida menghasilkan 2 molekul monosakarida pada hidrolisis yang dikenal sebagai disakarida, dan yang menghasilkan 3 atau 4 monosakarida masing-masing yang dikenal sebagai trisakarida dan tetrasakarida dan sebagainya. Rumus umum disakarida ialah Cn(H2O) n–1 dan trisakarida ialah Cn(H2O) n-2 dan seterusnya.

Contoh disakarida ialah sukrosa, laktosa, maltosa dll


3. Polisakarida atau Polisakarosa

Kata Polisakarida berasal dari bahasa Yunani, yaitu poly yang berarti banyak. Polisakarida ialah suatu gula kompleks dan menghasilkan lebih dari 10 molekul monosakarida pada hidrolisis. dan diklasifikasikan tergantung pada suatu jenis molekul yang diproduksi sebagai hasil hidrolisis. monosakarida dari jenis yang sama atau heteropolisakarida yaitu, suatu monosakarida dari berbagai jenis. Rumus umum (C6H10O5) x.

Contoh homopolisakarida ialah pati, glikogen, selulosa, pektin.


Fungsi Karbohidrat

1. Sebagai sumber Energi utama tubuh

Karbohidrat merupakan sebagai sumber energi utama tubuh dan memiliki Fungsi yang utama yang berperan sebagai pasokan energi tubuh, setiap gram Karbohidrat mengandung 4 kalori.


2. Cadangan Energi dalam otot dan hati

Fungsi yang kedua yaitu keberadaan karbohidrat didalam tubuh manusia, sebagian terdapat dalam darah sebagai glukosa untuk energi tubuh, karbohidrat terdapat pada Hati dan jaringan otot yang diubah menjadi suatu Glikogen, dan sebagian kabohidrat Diubah menjadi lemak dan disimpan didalam suatu jaringan otot yang memiliki fungsi sebagai cadangan energi tubuh.


3. Untuk memperlancar pencernaan

Fungsi yang ketiga Karbohidrat juga memiliki fungsi untuk memperlancar peristaltik usus dan memudahkan pembuangan feses, dan karbohidrat yang tidak bisa dicerna seperti serat bisa memberikan rasa kenyang.


4. Sebagai pemanis alami

dan fungsi yang terakhir Karbohidrat ialah sebagai pemberi rasa manis alami pada sebuah makanan khususnya Disakarida dan jenis karbohidrat Monosakarida


Manfaat Karbohidrat

  • Untuk Sumber Energi Tubuh
  • Untuk mengendalikan suatu Berat Badan
  • Untuk mencegah suatu Penyakit yang akan masuk dalam tubuh
  • Untuk memelihara Kesehatan Jantung, agar jantung tetap terlihat sehat
  • Untuk mendukung suatu fungsi Pencernaan dalam tubuh
  • Untuk meningkatkan Penyerapan suatu Nutrisi dalam tubuh
  • Untuk mencegah kerusakan pada jaringan otot
  • Untuk mengatur suatu kenaikan kadar gula dalam darah
  • Untuk mencukupi suatu kebutuhan fitonutrien
  • Untuk mendukung suatu fungsi otak
  • Untuk mengatasi kecemasan

Sifat Karbohidrat

1. Sifat umum karbohidrat

Karbohidrat bertindak untuk sebagai cadangan energi, menyimpan bahan bakar, dan zat antara metabolisme. Ribosa dan guladeoksiribosa untuk membentuk suatu kerangka struktural dari materi genetik, RNA dan DNA. Polisakarida seperti selulosa ialah suatu elemen struktural dalam dinding sel bakteri dan tumbuhan Karbohidrat terkait dengan protein dan lipid yang memainkan suatu peran penting dalam interaksi sel.Karbohidrat ialah senyawa organik, mereka ialah suatu aldehidaatauketon dengan banyak gugus hidroksil.


2. Sifat fisik Karbohidrat

Steroisomerism- rumus yaitu struktur senyawa yang sama tetapi mereka berbeda dalam konfigurasi spasial. Contoh: Glukosa mempunyai dua isomer yang terkait dengan suatu atom karbon kedua dari belakang. Mereka ialah D-glukosa dan L-glukosa.
aktivitas Optik- Ini ialah suatu rotasi cahaya terpolarisasi yang membentuk glukosa (+)danglukosa (-).
Diastereoisomer- Ini suatu perubahan konfigurasi yang berkaitan dengan glukosa C2, C3, C4 atau. Contoh:Manosa, galaktosa.
Anomerik-Ini ialah suatu konfigurasi spasial sehubungan dengan suatu atom karbon pertama pada aldosa dan atom karbon kedua pada ketosa.


3. Sifat Kimia Karbohidrat

  • Untuk pembentukan osazon dengan fenilhidrazin.
  • Untuk Tes Benedicts.
  • Untuk Oksidasi reduksi untuk alkohol

Didalam tubuh, manusia membutuhkan yang namanya karbohidrat sebagai sumber energi tubuh agar tubuh tidak mudah terkena penyakit. Itulah penjelasan tentang √ Karbohidrat : Pengertian, Sifat, Fungsi, Manfaat, Jenis & Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :