Pengertian Atmosfer

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Sebelumnya sudah membahas tentang lapisan litosfer. Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang pengertian atmosfer, sifat atmosfer, dan lapisaan atmosfer beserta manfaatnya bagi kehidupan manusia. Untuk itu mari lah simak ulasan yang ada dibawah berikut.

√ Atmosfer : Pengertian, Sifat, Lapisan & Manfaatnya Lengkap


Pengertian Atmosfer

Kata Atmosfer berasal dari bahasa Yunani yaitu Atmos yang artinya uap air atau gas serta Sphaira yang artinya selimut. Jadi Atmosfer tersebut bisa diartikan ialah sebagai sebuah lapisan gas yang menyelimuti suatu planet, termasuk juga bumi, dari permukaan planet sampai jauh di luar angkasa dengan suatu ketebalan yaitu kurang lebih 1.000 km dari permukaan bumi dan bermassa 59 x 1014 ton . Di bumi, atmosfer tersebut terdapat dari ketinggian 0 km dari permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan pada bumi.


Sifat-Sifat Atmosfer

  • Tidak mempunyai warna, tidak berbau, dan tidak bisa dirasakan terkecuali dalam bentuk gas
  • Sifatnya Dinamis dan elastis yang sehingga bisa mengembang, mengerut, bergerak, dan berpindah
  • Sifatnya transparan terhadap beberapa suatu bentuk radiasi
  • Mempunyai massa/berat, yang sehingga bisa menimbulkan tekanan.

Lapisan-Lapisan Atmosfer

1. Troposfer

Traposfer yaitu suatu lapisan atmosfer yang paling bawah. Ketinggian troposfer ini yaitu 0 km – 10 km. Namun pada daerah khatulistiwa, mempunyai ketinggian troposfer yang lebih tinggi yakniyaitu 16 km. Setiap detik manusia akan bernapas, pada saat kita bernafas kita akan mengambil oksigen dari lapisan troposfer. yang artinya lapisan udara yang di sekeliling kita ini merupakan troposfer.


2. Stratosfer

Stratosfer ialah suatu lapisan di atas troposfer atau lapisan kedua. Lapisan Stratosfer ini berada pada ketinggian 10 km sampai dengan 40 km. Kondisi angin pada lapisan stratosfer ini sangat kencang. Lapisan atmosfer ini biasanya digunakan oleh lalu lintas pesawat terbang. Semakin tinggi yang mencapai 40 km dari permukaan bumi, suhunya akan semakin dingin yang dapat mencapai 18 derajat celcius.


3. Mesosfer

Mesosfer ialah suatu Lapisan ketiga dari atmosfer yang berada pada ketinggian 40 hingga 70 km. Dalam materi gas pada lapisan mesosfer ini sudah mulai berkurang. Fungsi dari lapisan mesosfer ini ialah untuk melindungi bumi dari jatuhnya meteor. Meteor yang jatuh melalui atmosfer ini akan terbakar sampai habis dan tidak akan tersisa. Jika meteornya yang berukuran besar, maka masih ada yang jatuh ke bumi.


4. Termosfer.

Termosfer mempunyai Nama lain yaitu ionosfer. Termosfer yang berada pada ketinggian 70 km sampai dengan 400 km. Lapisan ini juga mempunyai fungsi sebagai pelindung bumi dari jatuhnya suatu meteor. Meteor yang sampai ke bumi ini disebut dengan meteorit. Di kutub utara sering ada Aurora. Nah aurora ini terdapat pada suatu lapisan ini.


5. Eksosfer.

Eksosfer ini Lapisan atmosfer yang tertinggi bumi ialah suatu eksosfer yang berada pada suatu ketinggian 400 km dari sebuah permukaan bumi kita. Suhu pada lapisan ini sangat dingin. Materi-materi gas juga sudah sangat sedikit karena berbatasan dengan suatu luar angkasa yang tidak ada udara. Sebutan lain dara eksosfer ialah sebuah ruang antar planet karena yang letaknya yang berseberangan dengan sebuah luar angkasa. Fungsi dari lapisan ini yaitu untuk pengorbitan satelit dan untuk melindungi bumi dari meteor.


Manfaat Atmosfer Bagi Kehidupan

  • Untuk melindungi makhluk hidup termasuk manusia, hewan, dan tumbuhan dari suatu radiasi sinar matahari. Sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet yang bisa menyebabkan kanker kulit jika intensitasnya yang sangat tinggi.
  • Untuk menjaga dalam kestabilan suhu pada waktu siang dan malam hari yang sehingga dalam perbedaan suhunya tidak terlalu berbeda jauh.
  • Untuk melindungi bumi dari meteor yang jatuh menuju ke bumi. Meteor akan terbakar saat memasuki atmosfer.
  • Untuk digunakan sebagai media komunikasi. Tanpa adanya atmosfer kita tidak bisa menggunakan televisi, hape, dan radio.
  • Untuk Sebagai penyedia karbondioksida dan oksigen untuk makhluk hidup dalam bernafas
  • Untuk menyebarkan air hujan ke seluruh penjuru bumi.

Atmosfer mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan dibumi karena atmosfer melindungi radiasi sinar matahari. Itulah ulasan tentang √ Atmosfer : Pengertian, Sifat, Lapisan & Manfaatnya [ TERLENGKAP ]. Semoga ilmu yang diulas diatas bermanfaat bagi yang membaca. sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :