√ Musik : Pengertian, Fungsi, Unsur, Jenis & Manfaatnya Lengkap

Diposting pada
√ Musik : Pengertian, Fungsi, Unsur, Jenis & Manfaatnya Lengkap
Rate this post

√ Musik : Pengertian, Fungsi, Unsur, Jenis & Manfaatnya Lengkap – Dalam Kehidupan sehari-hari kita sering mendengar musik, seperti dirumah, sekolah, mall, tempat-tempat rekreasi, dan lain-lain. musik , seperi hal nya cabang seni lain, sangat sarat dengan makna-makna tertentu yang berhubungan erat dengan nilai tertentu dalam kehiudpan masyarkat pendukungnya.

Musik : Pengertian, Fungsi, Unsur, Jenis & Manfaatnya Lengkap

Pengertian Seni Musik

Kata seni musik berasal dari 2 kata yaitu seni dan musik. Kata seni merupakan hasil cipta, rasa, dan karsa manusia yang di wujudkan dalam berbagai sarana. sedangkan musik berarti hasil pengoahan suara, melodi, harmoni, ritme, vokal, dan tempo. Jadi secara umum seni musik adalah hasil cipta, rasa dan krasa manusia yang di wujudkan dalam olahan suara, melodi, harmoni, ritme, tempot dan vokal.

Seni musik adalah salah satu cabang seni yang menggunakan olah vokal, melodi, harmoni, ritme, dan tempo yang teratur sebagai sarana untuk mengekspresikan perasaan ataupun emosi penciptanya.

 

Fungsi-Fungsi Musik

 

1. Fungsi Musik Sebagai Ungkapan Emosional

Jadi musik sendiri sebagai sarana ungkapan emosi. sebut saja seorang musisi yang mengadakan konser tunggal, tujuan musisi mengadakan konser tunggal untuk meluapkan rasa emosi yang ada dihati dan memberikan yang terbaik buat pennton agar penonton merasakan rasa emosi di setiap musik yang didengarkan.

 

2. Fungsi Musik Sebagai Penghayatan Estetis

Musik ialah sebuah karya seni, sebagai karya seni harus mempunyai nilai estetis atau keindahan di dalamnya. dari melalui musik ini pendengar bisa merasakan keindahan dari suara yang telah dihasilkan oleh musik tersebut.

 

3. Fungsi Musik Sebagai Hiburan

Setiap orang suka mendengarkan musik, saat sedang merasakan sedih suka mendengar alunan musik yang menyenangkan bukan? agar kita terhibur oleh alunan musik ataupun supaya menghilangkan rasa bosan.

 

4. Fungsi Musik Sebagai Komunikasi

Di setiap daerah, musik memiliki sebuah arti disetiap daerah nya masing-masing dan hanya bisa dimengerti oleh warga daerah tersebut, ini bisa dilihat dari teks atau pun di setiap melodinya.

 

5. Fungsi Musik Sebagai Perlambangan

Musik bisa melambangkan suatu hal, contoh nya ada musik yang memakai temponya lambat dan rata-rata musik yang menggunakan tempo yang lambat mempunyai syair lagu yang sedih sehingga musik itu melambangkan perasaan tentang kesedihan.

 

6. Fungsi Musik Sebagai Reaksi Jasmani

Musik juga memiliki manfaat bagi tubuh kita agar bisa merangsang otot kita untuk bergerak agar tidak kaku, contoh nya musik sebagi alat untuk senam irama.

 

7. Fungsi Musik Dalam Norma Sosial

Musik juga memiliki manfaat untuk mengajarkan dan meneruskan norma-norma yang sudah ada karena syair lagu nya mempunyai arti kandungan aturan-aturan sosial.

 

8. Fungsi Musik Dalam Pengesahan Lembaga Sosial

Musik bisa juga digunakan untuk pengesahan sakral pada suatu lembaga sosial, tapi bukan untuk sebagai pengiring.

 

9. Fungsi Musik Dalam Kesinambungan Budaya

fungsi musik ini tidak jauh dari fungsi normal sosial, didalam ajaran budaya juga diajarkan sebuah sistem budaya agar dari genarasi ke generasi selanjutnya melalui musik ini.

 

10. Fungsi Pengintegrasian Masyarakat

fungsi musik satu ini Sebuah musik saat dimainkan secara bersama-bersama, dan secara tidak sadar sudah menimbulkan rasa kebersamaan diantara pemain musik ataupun penikmat musik itu sendiri.

 

Unsur – Unsur Musik

Berikut ini unsur-unsur musik yang membentuk sebuah lagu.

 

1. Melodi

Melodi adalah suatu kesatuan frase yang tersusun dari nada-nada dengan urutan, interval, dan tinggi rendah yang teratur. Melodi itu sendiri menjadi daya tarik dari sebuah musik.

 

2. Irama

Irama adalah sebuah pergantian panjang pendek, tinggi rendah, dan keras lembut nada atau bunyi dalam suatu rangkaian musik. Irama yaitu penentu ketukan dalam sebuah musik.

 

3. Birama

Birama adalah sebuah unsur seni yang berupa ketukan atau ayunan berulang-ulang yang hadir secara dengan teratur di waktu yang bersamaan. Birama yang nilai penyebut nya genap disebut dengan birama bainar, sedangkan birama yang penyebut nya ganjil disebut dengan birama tenair.

 

4. Harmoni

Harmoni adalah sebuah sekumpulan nada yang jika dimainkan bersama-sama akan menghadirkan suatu bunyi yang enak dinikmati (didengar). Selain itu, harmoni dapat juga diartikan dengan suatu rangkaian akor-akor yang disusun selaras dan dimainkan sebagai iringan musik.

 

5. Tangga Nada

Tangga nada adalah sebuah deret nada yang disusun bertingkat, ada 2 jenis tangga nada yakni tangga nada diatonis dan pentatonis. Tangga nada diatonis yang tersusun dari 7 buah nada dengan 2 jarak (1/2 dan 1), sedangkan jenis tangga pentatonis tersusun dari 5 buah nada dengan jarak tertentu.

 

6. Tempo

Tempo adalah sebuah ukuran kecepatan birama lagu. Semakin cepat sebuah lagu dimainkan, semakin besar juga nilai tempo dari lagu tersebut. Ada 8 kategori tempo yakni sebagai berikut :

  • Largo (Lambat Sekali)
  • Lento (Lebih Lambat)
  • Adagio (Lambat)
  • Andante (Sedang)
  • Moderato (Sedang Agak Cepat)
  • Allegro (Cepat)
  • Vivace (Lebih Cepat)
  • Presto (Cepat Sekali).

 

7. Dinamika

Dinamika adalah sebuah tanda untuk memainkan nada dengan volume lembut atau keras. Dinamika penting karena bisa menunjukan nuansa sebuah lagu (sedih, senang, riang, agresif, datar, dan lain lain)

 

8. Timbre

Timbre adalah suatu kualitas atau warna bunyi. Keberadaan timbre sangat dipengaruhi oleh sumber bunyi dan cara bergetar nya. Timbre yang dihasilkan alat musik tiup akan berbeda dengan alat musik petik, walaupun dimainkan di nada yang sama.

 

9. Ekspresi

Ekspresi adalah sebuah ungkapan perasaan dari dalam hati dapat ditunjukkan melalui ekspresi, apakah gembira, sedih, romantis, dan lainnya. Karena itu penyanyi harus bernyanyi dengan secara total supaya pendengar terbawa suasana.

 

Jenis-Jenis Musik

1. Blues

Blues merupakan genre musik yang berasal dari masyarakat Afrika dan Amerika, dan lahir di sekitar akhir abad ke-19. Ciri-ciri musik blues yaitu lirik awalnya yang terdiri dari satu baris yang diulang empat kali. Walauipun ciri-ciri tersebut hanya ada pada dekade pertama abad ke-20. Pola musik blues di zaman sekarang disebut pola AAB. Musik yang satu ini berkaitan dengan musik keagamaan masyarkat Afrika-Amerika yang rata-rata merupakan rohaniawan. Sebelum abad ke-20 an, musik Blues rata-rata hanya populer di kalangan orang Amerika berkulit hitam.

 

2. Country

Musik country merupakan genre musik yang populer di Amerika yang berasal dari Amerika Serikat selatan tepatnya di Atlanta dan Georgia pada tahun 1920. Ciri khas musik country merupakan rata-rata menggunakan instrumen string seperti banjo, gitar akustik, gitar listrik, biola, dan harmonika. Istilah country baru populer pada tahun 1940-an. Musik ini juga identik dengan koboi. Musik ini enak didengar saat melakukan perjalanan jauh dan mengawali hari.

 

3. Electronic

Musik electronic merupakan musik yang secara keseluruhan menggunakan alat musik elektronik dan teknologi musik elektronik. Contoh nya yaitu alat musik elektronik yaitu gitar listrik, organ hammond, dan telharmonium. memainkan musik electronic dilakukan dengan memakai perangkat seperti synthesizer, theremin, dan komputer. Jenis Musik ini sering dimainkan di diskotik ataupun saat berpesta.

 

4. Hip Hop

Musik hip hop merupakan genre musik yang terdiri dari musik berirama dan bergaya yang biasanya terdapat rap dan vokal ritmis. Vokalis biasanya membaca lirik lagu seperti membaca biasa namun dengan ritme tertentu. Hip-hop biasanya dikaitkan dengan break dance, beat box, dan grafiti. Budaya musik hip hop dimulai pada tahun 1970-an.

 

5. Jazz

Jazz merupakan aliran musik yang berasal dari masyarakat Afrika-Amerika pada akhir abad ke-19. Musik ini dikenal mempunyai alunan yang merdu. Musik ini mendapatkan pengaruh besar dari budaya Eropa dan Afrika Barat.

 

6. Pop

Musik pop ini memiliki Istilah pop yaitu berasal dari populer yaitu bentuk modern dari rock and roll. Musik pop terbentuk pada tahun 1950-an. Musik ini memiliki melodi lebih lembut dari rock and roll. Jenis musik ini menjadi jenis musik yang paling populer di dunia.

 

7. R & B

R & B (atau RnB) atau singkatan dari rhythm & blues merupakan jenis musik yang cukup populer yang berasal dari musik negara Afrika-Amerika disekitar tahun 1940-an. Satu band RnB biasanya terdiri dari yaitu, pianis, satu atau dua gitaris, vokalis, bass, drum, dan saxophone. Syair lagu ini sangat fokus pada tema-tema kemenangan dan kegagalan dalam hal hubungan, kebebasan, ekonomi, aspirasi, dan seksual.

 

8. Rock

Musik rock merupakan genre musik populer yang berasal dari musik rock and roll di Amerika serikat pada tahun 1950-an. Musik ini mendapat pengaruh dari blues, jazz, klasik, dll. Musik rock fokus pada gitar listrik. Satu grup musik rock terdiri dari gitar bass, gitar listrik, dan drum. Liriknya sering menekankan tentang cinta romantis atau politik dalam tekanan.

 

9. Klasik

Musik klasik merupakan seni musik yang berakar pada tradisi musik Barat. Genre musik ini sudah ada sejak abad ke-11. Tokoh musik klasik yang terkenal seperti Johann Sebastian Bach dan Beethoven.

 

10. Reggae

Musik reggae merupakan genre musik yang berasal dari Jamaika pada akhir tahun 1960-an. Musik ini dipengaruhi oleh jazz Amerika dan RnB. Gaya musik reggae menggabungkan beberapa unsur musik RnB, jazz, mento, calypso, musik Amerika Latin, dan musik Afrika. Salah satu elemen yang paling mudah dikenali dari musik reggae adalah ritme offbeat yang berasal dari gitar atau piano meskipun gitar bass sering berperan dominan dalam reggae.

 

Manfaat Musik

Ada beberapa manfaat musik yang berkaitan dengan keseharian dan penggunaannya sebagai terapi yaitu sebagai berikut :

  • Pertama, musik bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh karena musik ternyata sifatnya terapeutik dan bersifat menyembuhkan.
  • Kedua, musik bisa meningkatkan intelegensi karena rangsangan ritmis dapat meningkatkan fungsi kerja otak. Ritme internal yang dihasilkan musik membuat saraf-saraf otak bekerja, rasa nyaman dan tenang yang distimulasi musik membuat yang berfungsi untuk kerja otak bekerja optimal.
  • Ketiga, musik dapat memunculkan reaksi psikologis yang bisa mengubah suasana hati dan kondisi emosi, sehingga musik bermanfaat sebagai relaksasi yang bisa menghilangkan stress, mengatasi kecemasan, memperbaiki mood dan menumbuhkan kesadaran spiritual.
  • Keempat, musik bermanfaat sebagai alat dan media komunikasi antar manusia karena musik adalah bahasa universal yang dapat memadukan perbedaan, menciptakan perdamaian dan solidaritas kemanusian.

 

Itulah ulasan tentang √ Musik : Pengertian, Fungsi, Unsur, Jenis & Manfaatnya Lengkap. semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca, sekian dan terimakasih.

 

Baca juga :

Baca Juga :  √ Seni Tari : Pengertian, Jenis, Unsur, & Fungsi Serta Contohnya Lengkap
Baca Juga :  √ Seni Teater : Pengertian, Ciri, Unsur, Fungsi , Jenis & Contohnya Lengkap
Baca Juga :  √ Seni Rupa : Pengertian, Fungsi, Unsur & Jenis Serta Contohnya Lengkap
Baca Juga :  √ Seni : Pengertian, Macam & Fungsinya Secara Lengkap
Baca Juga :  √ Seni Sastra : Pengertian, Unsur, Ciri & Jenis Serta Fungsinya Lengkap