Pendapatan Nasional

Diposting pada
SeputarIlmu.Com – Sebelum saya menjelaskan tentang pendapatan nasional, saya akan menjelaskan dikit tentang keberhasilan ekonomi negara. Keberhasilan ekonomi negara dapat diukur dari pendapatan nasionalnya meskipun pendapatn nasional bukan satu-satu nya tolak ukur keberhasilan ekonomi negara. tolak ukur lain keberhasilan ekonomi negara yaitu, tingkat kesempatan kerja, tingkat harga barang, dan posisi neraca pembayaran luar negeri. jika pendapatan nasional menunjukan hasil positif, keberhasilan ekonomi negara akan tercapai.  keberhasilan ekonomi negara dapat dilihat salah satu nya pendapatan nasional, untuk itu saya akan menjelaskan tentang pendapatan nasional.
 

Pendapatan nasional adalah jumlah seluruh pendapatan masyarakat pda suatu negara sebagai pemilik faktor produksi yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa selama satu tahun. pendapatan masyarakat dapat berupa upah/gaji yang diterima dari usaha nya, sebagai tenaga kerja, sewa sebagai balas jasa tanah, bunga sebagai balas jasa pemberi modal, dan laba sebagai jasa wirausaha. Besarnya pendapatan nasional sama dengan produk nasional yang dipengaruhi oleh beberapa faktor anatara lain, ketersediaan faktor produksi, ketrampilan dan keahlian tenaga kerja, kemajuan teknogi produksi, modal yang dialokasikan, serta stabilitas nasional.

Manfaat Pendaptan Nasional

Berikut adalah beberapa manfaat dari perhitungan pendapatan nasional:
  • Mengetahui tingkat kemakmuran suatu negara
  • Mengevaluasi kinerja perekonomian dalam skala tertentu
  • Mengukur perubahan perekonomian dari waktu ke waktu
  • Membandingkan kinerja ekonomi antar sektor
  • Sebagai indikator kualitas hidup suatu negara
  • Sebagai indikator perbandingan kinerja ekonomi antar negara
  • Sebagai indikator perbandingan kualitas standar hidup satu negara dengan negara lain
  • Sebagai ukuran dan perbandingan pertumbuhan ekonomi dari waktu ke waktu
  • Sebagai ukuran dan perbandingan pertumbuhan ekonomi dan kekayaan antar negara

Konsep-Konsep Pendapatan Nasional

1. Produk Domestik Bruto (GDP)

Produk domestik bruto adalah jumlah produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produksi dalam wilayah suatu negara (domestik) yang berlangsung selama satu tahun. Pada perhitungan PDB ini termasuk juga hasil produksi dan jasa yang diasilkan oleh perusahaan/orang asing yang berproduksi dinegara bersangkutan.

Rumus GDP

GDP = Pendapatan Masyarakat DN (dalam negeri) + Pendapatan Asing DN


2. Produk Nasional Bruto

Produk nasional bruto adalah nilai produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh masyarakat sautu negara (nasional) yang berlangsung selama setahun, termasuk hasil produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh masyarakat suatu negara yang berada diluar negeri, tetapi tidak temasuk hasil produksi perusahaan asing yang beroperasi diwilayah negara tersebut. GNP tidak menghitung hasil produksi penduduk atau pengusaha asing yang bekerja diindonesia.

Rumus GNP

GNP = Pendapatan WNI DN + Pendapatan WNI LN (luar negeri) – Pendapatan Asing DN


3. Produk Nasional Neto

Produk nasional neto adalah jumlah balas jasa yang dihasilakn oleh masyarakat suatu negara dalam priode 1 tahun (produksi nasional kotor/GNP dikurangi penyusutan barang modal (depresiasi).

Rumus

NNP = GNP – depresiasi (penyusutan barang modal)


4. Pendapatan Nasional Neto

Pendapatan nasional neto adalah pendapatan yang dihitung berdasarkan balas jasa yang diterima masyarakat sebagai pemilik faktor produksi. perhitungan nasional neto adalah produksi nasional neto dikurangi pajak tidak langsung dan ditambah subsidi. Pajak tidak langsung merupakan pajak yang dapat dialihkan kepada pihak lain., misalnya pajak penjualan, pajak hadiah, PPN, serta bea masuk dan cukai.

Rumus

NNI = NNP – Pajak Tidak Langsung


5. Pendapatan perorangan

Pendapatan perorangan adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh setiap orang dalam masyarakat, termasuk pendapatan yang diperoleh tanpa melakukan pekerjaan. Perhitungan pendapatan perorangan dilakukan dengan cara menambahkan transfer payment, yaitu penerimaan-penerimaan yang bukan merupakan balas jasa produksi pada tahun yang sedang berlangsung, melainkan diambil dari sebagian pendapatan nasional tahun lalu.

Rumus

PI = NNI – Pajak Perusahaan – Iuran – Laba Ditahan + Transfer Payment


6. Pendpatan Yang Siap di Belanjakan

pendapatan yang siap dibelanjakan adalah pendapatan yang siap untuk dimanfaatkan guna membeli barang dan jasa konsumsi dan selebih nya menjadi tabungan yang disalurkan menjadi investasi. Pendaptan ini akan mempengaruhi permintaan barang dan jasa.

Rumus

DI = PI – Pajak Langsung


7. Pendapatan Nasional Harga Berlaku

Pendapatan nasional harga berlaku adalah nilai barang yang dihasilkan negara dalam satu tahun berdasarkan harga yang berlaku pada tahun tersebut.


8. Pendapatan Nasional Harga Konstan

Pendapatan nasional harga konstan adalah harga yang berlaku pada tahun tertentu disuatu negara yang digunakan secara berkelanjutan atau sebagai tolak ukur menilai barang dan jasa yang diahasilkan  pada tahun-tahun yang lain.


9. Pendapatan Perkapita

Pendapatan perkapita adalah besarnya pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara yang diperoleh dari hasil pembagian pendapatan nasional suatu negara pada jumlah penduduk negara tersebut.


10. Produk Domestik Regional Bruto

Produk domestik regional bruto adalah total nilai produksi barang dan jasa yang diproduksi oleh wilayah (regional) tertentu dalam kurun waktu tertentu (satu tahun).


Itulah Penjelasan dari saya tentang Pendapatan Nasional : Pengertian, Manfaat, Konsep & Rumusnya Lengkap. Sekian dan terimakasih 🙂