√ Pengertian Biotik Adalah : Macam, Komponen & Contohnya Lengkap

Diposting pada

√ Pengertian Biotik Adalah : Macam, Komponen & Contohnya Lengkap


SeputarIlmu.Com – Makhluk hidup yang ada di sekitar kita dan sangat beraneka ragam itu disebut sebagai komponen biotik. Lalu, apa yang dimaksud dengan komponen biotik? dan apa saja yang termasuk ke dalam komponen biotik? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

√ Komponen Biotik : Pengertian Dan Contohnya Secara Lengkap

Pengertian Komponen Biotik

Komponen biotik adalah komponen yang meliputi semua makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan dan mikroorganisme. Pada pokoknya makhluk hidup dapat digolongkan berdasarkan jenis-jenis tertentu, misalnya golongan manusia, hewan dan tumbuhan. Makhluk hidup berdasarkan ukurannya digolongkan menjadi mikroorganisme dan makroorganisme. Manusia merupakan faktor biotik yang mempunyai pengaruh terkuat di bumi ini, baik dalam pengaruh memusnahkan dan melipatkan atau mempercepat penyebaran hewan dan tumbuhan. Setiap makhluk hidup hanya dapat hidup dan berkembang biak pada lingkungan yang cocok atau biasa disebut dengan habitat.


Komponen Biotik Berdasarkan peranannya

komponen biotik dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu, produsen (penghasil), konsumen (pemakai) dan dekomposer (pengurai).

1. Produsen (Penghasil)

Produsen (penghasil) dalam pengertian biologi adalah makhluk hidup yang mampu menghasilkan makanannya sendiri. Atau makhluk hidup yang mampu menghasilkan bahan organik dari bahan anorganik melalui proses fotosintesis. Contoh : tumbuhan.


2. Konsumen (Pemakai)

Konsumen (pemakai) adalah makhluk hidup yang tidak mampu membuat bahan organik dari bahan anorganik. Oleh karena itu, makanannya bergantung pada organisme lain. Organisme ini disebut juga organisme heterotrof. Komponen yang tergolong heterotrof adalah: manusia, hewan, jamur, dan mikroba. Organisme konsumen dibedakan berdasarkan atas jenis makanannya menjadi golongan herbivor (pemakan tumbuhan), karnivora (pemakan daging) dan omnivora (pemakan segala). Berdasarkan tingkatannya, konsumen dibagi menjadi:

  • Konsumen primer, yaitu pemakan langsung produsen. Contohnya adalah semua bangsa herbivora serta omnivora seperti : sapi, kambing, ulat, tikus dan lain sebagainya.
  • Konsumen sekunder, yaitu pemakan konsumen primer. Contohnya ialah sebagian karnivora dan omnivora seperti : ayam, katak, ular, trenggiling, harimau, cheetah dan lain sebagainya.
  • Konsumen tersier, yaitu pemakan konsumen sekunder. Contohnya ialah sebagian karnivora dan omnivora seperti : hiu, gurita, elang dan lain sebagainya.
Baca Juga :  √ Ekosistem : Pengertian, Komponen, Tipe, Macam & Contohnya Lengkap

3. Dekomposer (Pengurai)

Dekomposer (pengurai) adalah makhluk hidup yang menguraikan zat yang terdapat di dalam makhluk mati. Adanya perombak ini memungkinkan zat-zat organik terurai dan mengalami daur ulang kembali menjadi hara. Yang termasuk kelompok perombak adalah bakteri dan jamur.


Macam Komponen Biotik Berdasarkan Tingkat Trofik Dan Nutrisi

Komponen-komponen pada biotik terbagi berdasarkan tingkat trofik atau nutrisi yang dimiliki. Komponen biotik yang terjadi di dalam ekosistem terbagi menjadi 2 macam, yaitu :

1. Komponen Autotrof

Komponen autotrof atau organisme autotrof adalah merupakan organisme uniseluler dan organisme multiseluler yang mereka dapat berfotosintesis.

Contoh dari autotrof adalah fitoplankton, tumbuhan lumut, ganggang, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji. Ketika mereka berfotosintesis maka akan menghasilkan karbohidrat serta oksigen. Organisme yang masuk kedalam autotrof merupakan produsen yang paling utama di dalam ekosistem.


2. Komponen Heterotrof

Komponen Heterotrof atau organisme heterotrof adalah merupakan organisme yang memanfaatkan bahan-bahan organik yang telah di sediakan oleh organisme lain yang di gunakan sebagai bahan makanan. Heterototrof memiliki organisme yang terdiri:

  • Herbivora merupakan organisme yang memakan tumbuh-tumbuhan. Tingkatan tropik menduduki tingkat II dan tingkat I sebagai konsumen.
  • Karnivora merupakan organisme yang memakan daging makhluk hidup lain. Tingkatan tropik menduduki tingkat III dan tingkat II sebagai konsumen.
  • Omnivora merupakan organisme yang memakan segalanya seperti daging dan tumbuhan. Tingkatan tropik menduduki tingkat II atau ke II dan tingkat I atau ke II sebagai konsumen
  • Dekomposer merupakan micro organisme yang bertugas sebagai pengurai zat organik dari hasil sisa-sisa hewan atau tumbuhan. Seperti selulosa atau kitin, merubah zat menjadi lebih sederhana. Contoh dari dekomposer adalah bakteri dan fungi.
  • Parasit merupakan organisme yang hidup di luar dari tubuh inang. Contoh dari parasit adalah kutu yang ada dan hidup di kepala manusia.
  • Detritivor merupakan organisme hidup dengan cara memakan serpihan makhluk hidup yang telah mati. Contoh dari detrivor adalah rayap, cacing, dan kaki seribu.
Baca Juga :  √ RNA (Ribonucleic Acid) : Pengertian, Fungsi, Jenis, Ciri dan Struktur Terlengkap

Itulah ulasan mengenai √ Pengertian Biotik Adalah : Macam, Komponen & Contohnya Lengkap Semoga apa yang telah diulas dapat bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terima kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :