Pengertian Fisika Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Fisika berasal dari kata bahasa Yunani yang berarti alam. Fisika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat dan gejala pada benda-benda di alam. Gejala-gejala ini pada mulanya ialah apa yang dialami oleh panca indra kita, contohnya penglihatan melihat optika atau cahaya, pendengaran mendengar pelajaran tentang bunyi, dan indra peraba yang kegunaan nya dapat merasakan panas.

√ 16 Pengertian Fisika Menurut Para Ahli Lengkap


Pengertian Fisika Secara Umum

Fisika ialah salah satu ilmu pengetahuan alam dasar yang banyak digunakan sebagai dasar bagi ilmu-ilmu yang lain. Fisika Merupakan ilmu yang mempelajari gejala alam secara keseluruhan. Fisika mempelajari materi, energi, dan fenomena atau kejadian alam, baik yang bersifat makroskopis (berukuran besar, seperti gerak Bumi mengelilingi Matahari) maupun yang bersifat mikroskopis (berukuran kecil, seperti gerak elektron mengelilingi inti) yang berkaitan dengan perubahan zat atau energi.

Bidang fisika secara umum terbagi atas 2 kelompok, yaitu 1. fisika klasik dan 2. fisika modern. Fisika klasik bersumber pada gejala-gejala yang ditangkap oleh indra. Fisika klasik meliputi mekanika, listrik magnet, panas, bunyi, optika, dan gelombang yang menjadi perbatasan antara fisika klasik dan fisika modern. Fisika modern berkembang mulai abad ke-20, sejak penemuan teori relativitas Einstein dan radioaktivitas oleh keluarga Curie.


Pengertian Fisika Menurut Para Ahli

1. Bambang Ruwanto

Menurut Bambang Ruwanto Fisika adalah bagian dari ilmu dasar atau sains dan ialah salah satu ilmu yang fundamental.


2. Gerthsen (1958)

Menurut Gerthsen fisika merupakan sebagai suatu teori yang menerangkan gejala-gejala alam sesederhana mungkin dan berusaha menemukan hubungan antara kenyataan-kenyataannya. Permasalahan dasar untuk memecahkan persoalannya ialah mengamati gejala-gejala tersebut.


3. Young, Hough D

Menurut Young, Hough D fisika merupakan salah satu ilmu yang sangat dasar dari berbagai ilmu pengetahuan.


4.Dahmen (1977)

Menurut Dahman fisika merupakan sebagai suatu uraian tertutup tentang semua kejadian fisis yang didasarkan pada beberapa hukum dasar.


5. Mikrajudin

Menurut Mikrajudin fisika merupkan cabang paling utama dalam sains karena berbagai prinsipnya menjadi dasar bagi saetiap cabang sains lainnya.


6. Osa Pauliza

Menurut Osa Pauliza Fisika adalah sesuatu yang bisa diukur dan mempunyai nilai yang dinyatakan dalam bentuk satuan.


7. Ensiklopedia

Menurut Ensiklopedia Fisika adalah ilmu yang didalamnya mempelajari benda beserta gerakannya juga manfaatnya bagi manusia.


8. Efrizon Umar

Menurut Efrizon Umar Fisika merupakan salah satu ilmu yang didasarkan pada besaran-besaran ilmu fisika


9. Brockhaus (1972)

Menurut Brockhaus fisika merupakan sebagai pelajaran tentang kejadian alam yang memungkinkan penelitian, percobaan, pengukuran apa yang didapat, penyajian secara sistematis, dan berdasarkan peraturan-peraturan umum.


10. KBBI

Menurut KBBI Fisika merupakan ilmu tentang zat dan energi seperti panas, bunyi, cahaya dll.


11. Budikase dan Nyoman

menurut Budikase dan Nyoman menyatakan bahwa Fisika merupakan ilmu yang banyak memerlukan pemahaman dibandingkan penghafalan.


12. Drs. Supiyanto, M. Si.

Menurut Drs. Supiyanto, M. Si. menyatakakan Ilmu Fisika merupakan ilmu fundamental yang menjadi suatu tulang punggung perkembangan ilmu pengetahuan


13. Weizacher (1979)

Menurut Weizacher fisika merupakan sebagai teori peramaian alternatif-alternatif yang secara empiris dengan percobaan dapat dibeda-bedakan.


14. Deruxes (1986:12)

Menurut Deruxes fisika merupakan sebagai ilmu pengetahuan yang berusaha menguraikan serta menjelaskan hukum alam dan kejadian-kejadian dalam alam dengan gambaran menurut pemikiran manusia.


15. Kusuma (1992 : 24)

Menurut Kusuma fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala alam yang terjadi pada suatu materi atau energi yang menempati ruang dan memiliki massa. Fisika merupakan cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari gejala alam secara keseluruhan.


16. Wikipedia

Menurut Wikipedia Fisika (Yunani: φυσικός (fysikós), “alamiah” dan φύσις (fýsis), “alam”; Inggris: physics; Arab: الفيزياء) adalah sains atau ilmu alam yang mempelajari materi [1] beserta gerak dan perilakunya dalam lingkup ruang dan waktu, bersamaan dengan konsep yang berkaitan seperti energi dan gaya.[2] Salah satu ilmu sains paling dasar, tujuan utama fisika adalah memahami bagaimana alam semesta berkerja.


Itulah pembahasan tentang Pengertian Fisika Menurut Para Ahli Semoga bermanfaat bagi pembaca, sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :