√ 51 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada
√ 51 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Terlengkap
5 (99.35%) 31 votes

√ 51 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Terlengkap

 

SeputarIlmu.Com – Manajemen berasal dari kata to manage yang artinya mengatur. Pengaturan dilakukan melalui proses dan diatur berdasarkan urutan dan fungsi-fungsi manajemen. Kesimpulan nya Manajemen merupakan suatu proses untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan.

 

51 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli [ TERLENGKAP ]

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

1. Andrew F. Sikula

Menurut Andrew menyatakan bahwa Manajemen pada umum nya dikaitkan dengan kegiatan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengendalaian, penempatan, pengarahan, pemotivasian, komunikasi, dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sehingga akan dihasilkan suatu produk atau jasa secara efisien.

 

2. G.R Terry

Menurut G. R Terry menyatakan bahwa Manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lain nya.

 

3. Harold Koontz dan Cyril O’Doonel

Menurut Harold Koontz dan Cyril O’Doonel menyatakan bahwa Manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan, dan pengendalian.

 

4. Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan

Menurut Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan menyatakan bahwa Manjemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lain nya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

 

5. Henry Fayol

Menurut Henry Fayol menyatakan bahwa Manajemen mengandung gagasan lima fungsi utama, yakni merancang, mengorganisasi, memerihtah, mengoordinasi, dan mengendalikan.

 

6. James A.F. Stoner (2006)

Menurut James A.F. Stoner (2006) menyatakan bahwa Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya

 

7. Gordon (1976)

Menurut Gordon (1976) menyatakan bahwa Manajemen adalah metode yang digunakan administrator untuk melakukan tugas-tugas tertentu atau mencapai tujuan tertentu.

 

8. Millet (1954)

Menurut Millet (1954) menyatakan bahwa Manajemen adalah proses memimpin dan melancarkan pekerjaan dari orang-orang yang terorganisir secara formal sebagai kelompok untuk memperoleh tujuan yang diinginkan.

 

9. Hani Handoko (2000:10)

Menurut T. Hani Handoko (2000:10) menyatakan bahwa Manajemen adalah bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan, fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisassian, penyusunan, personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan

 

10. Renville Siagian

Menurut Renville Siagian menyatakan bahwa Manajemen adalah salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.

 

11. Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A

Menurut Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A menyatakan bahwa Manajemen adalah ilmu perilaku yang terdiri dari aspek sosial eksak bukan dari tanggung jawab keselataman serta kesehatan kerja baik dari sisi perencanaanya.

 

12. Prof. Oie Liang Lee

Menurut Prof. Oie Liang Lee menyatakan bahwa Manajeman adalah ilmu dan seni mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

 

13. The Liang Gie (1982)

Menurut The Liang Gie (1982) menyatakan bahwa Manajemen adalah unsur yang merupakan rangkaian perbuatan menggerakkan karyawan-karyawan dan mengarahkan segenap faslilitas kerja agar tujuan organisasi yang bersangkutan benar-benar tercapai.

 

14. Plunket dkk

menurut Plunket dkk Mendefinisikan manajemen sebagai “One or more managers individually and collectively setting and achieving goals by exercising related functions (planning organizing staffing leading and controlling) and coordinating various resources (information materials money and people)”. Pendapat tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa manajemen merupakan satu atau lbh manajer yg secara individu maupun bersama-sama menyusun dan mencapai tujuan organisasi dgn melakukan fungsi-fungsi terkait (perencanaan pengorgnisasian penyusunan staf pengarahan dan pengawasan) dan mengkoordinasi berbagai sumber daya (informasi material uang dan orang).

 

15. Mary Parker Follet

Kata Manajemen diambil dari bahasa Prancis kuno yaitu “menagement“, yang mempunyai arti seni melaksanakan dan mengatur. Menurut seorang pakar Mary Parker Follet, manajemen berperan sebagai seni untuk menyelesaikan suatu pekerjaan lewat orang lain. Definisi tersebut menunjukkan bahwa seorang manajer mempunyai tugas mengarahkan dan mengatur seseorang untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

 

16. Ricky W. Griffin

Menurut Ricky W. Griffin menyatakan bahwa manajemen adalah sebuah proses pengorganisasian, pengkoordinasian, perencanaan, dan pengontrolan sumber daya agar dapat mencapai sasaran (goals) secara efisien dan efektif. Efisien ialah dimana sebuah tugas yang ada telah dilaksanakan secara terorganisir, benar dan sesuai dengan schedule, sementara efektif sendiri berarti bahwa sebuah tujuan mampu dicapai sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

 

17. Oxford

Menurut Oxford Manajemen menyatakan bahwa adalah the process of dealing with or controlling people or things (proses berurusan dengan atau mengendalikan orang atau benda)

 

18. Lawrence A. Appley

Menurut Lawrence A. Appley menyatakan bahwa Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.

 

19. Hilman

Menurut Hilman menyatakan bahwa Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.

 

20. Wikipedia

Menurut Wikipedia menyatakan bahwa Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

 

21. Ordway Tead yang disadur oleh Drs. He. Rosyidi

Menurut Ordway Tead yang disadur oleh Drs. He. Rosyidi dalam buku ORGANISASI DAN MANAGEMENT Manajemen adalah Proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan.

 

22. Drs. Oey

Menurut Drs. Oey menyatakan bahwa Manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengotrolan.

 

23. Dr. Sp. Siagian

Menurut Dr. Sp. Siagian menyatakan bahwa Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain.

 

24. Richard L. Daff (2002:8)

Menurut Richard L. Daff (2002:8) menyatakan bahwa Manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumber daya organisasi.

 

25. Lyndak F. Urwick

Menurut Lyndak F. Urwick menyatakan bahwa Manajemen adalah Forecasting (meramalkan), Planngi Organizing (perencanaan pengorganisasian, Commanding (memerintahkan), Coordinating (pengkoordinasian) dan Controlling (pengontrolan).

 

26. Ensiclopedia of The Social Siences

Menurut Ensiclopedia of The Social Siences menyatakan bahwa Manajemen adalah sebagai proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diarvasi.

 

27. Davis (1951)

Menurut Davis (1951) menyatakan bahwa Manajemen adalah fungsi dari setiap kepemimpinan eksekutif dimanapun.

 

28. Kimball dan Kimball (1951)

Menurut Kimball dan Kimball (1951) menyatakan bahwa Manajemen terdiri dari semua tugas dan fungsi yang meliputi penyusunan sebuah perusahaan, pembiayaan, penetapan garis-garis besar kebijaksanaan, penyediaan semua peralatan yang diperlukan dan penyusunan kerangka organisasi serta pemilihan para pejabat terasnya.

 

29. Peter Drucker

Menurut Peter Drucker menyatakan bahwa Manajemen adalah orang yang memiliki banyak tujuan untuk mengelola bisnis serta mengelola manajer dan juga mengelola pekerja dan bekerja.

 

30. Luther Gulick

Menurut Luther Gulick menyatakan bahwa manajemen adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang berupaya secara sistematis bertujuan untuk memahami bagaimana serta mengapa manusia bekerja sama dalam menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

 

31. Chaster Bernard

Menurut Chaster Bernard menyatakan bahwa manajemen adalah ilmu pengetahuan yang berisi ide-ide dengan lima fungsi utama, yaitu mendesain, mengatur, mengorganisir, mengendalikan, dan mengoordinasi.

 

32. Gibson, Donelly, and Ivancevich

Menurut mereka, menyatakan bahwa manajemen adalah proses yang dilakukan seorang atau beberapa orang untuk mengkoordinasikan aktifitas orang lain untuk mencapai hasil-hasil yang tidak dapat dicapai oleh orang itu sendiri.

 

33. Koontz dan Cyril O’donnel

Menurut Koontz dan Cyril O’donnel menyatakan bahwa Manajemen adalah usaha untuk mencapai/menggapai tujuan tertentu melalui kegiatan/usaha orang lain.

 

34. Megginson, Mosley Dan Pietri

Menurut Megginson, Mosley dan Pietri menyatakan bahwa manajemen memiliki arti “bekerja dengan memanfaatkan sumber daya manusia, keuangan dan fisik untuk mencapai tujuan organisasi dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengendalikan fungsi”.

 

35. Kreitner

Pengertian manajemen menurut Kreitner menyatakan bahwa “manajemen adalah proses pemecahan masalah untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif melalui penggunaan sumber daya secara efisien dalam lingkungan”.

 

36. R. Terry

Menurut R. Terry menyatakan bahwa Manajemen adalah suatu proses unik dan khas yang terdiri atas tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, serta penggerakkan dan pengendalian yang dilakukan guna menentukan arah serta mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya melalui pemanfaatan SDM srta sumber daya lain.

 

37. Thomas H. Nelson

Menurut Thomas H. Nelson, menyatakan bahwa manajemen adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan dan orang-orang unutk menghasilkan barang/jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan menguntungkan.

 

38. Ricky W. Griffin

Menurut Ricky W. Griffin menyatakan bahwa Manajemen adlaah sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efisien.

 

39. William H. Newman

Menurut William H. Newman menyatakan bahwa Manajemen adalah fungsi yang berhubungan dengan memperoleh hasil tertentu melalui orang lain.

 

40. Dr. Ahuja

Menurut Dr. Ahuja menyatakan bahwa Manajemen adalah pihak-pihak yang menawarkan/menyediakan jasa untuk bidang yang berhubungan dengan manajemen

 

41. Prof. Eiji Ogawa

Menurut Prof. Eiji Ogawa menyatakan bahwa Manajemen adalah perencanaan, pengimplementasian dan pengendalian kegiatan-kegiatan termasuk sistem pembuatan barang yang dilakuan orang organisasi usaha dengan terlebih dahulu telah menetapkan sasaran-sasaran untuk kerja yang dapat disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.

 

42. Federick Winslow Taylor

Menurut Federick Winslow Taylor menyatakan bahwa Manajemen adalah suatu percobaan yang sungguh-sungguh untuk menghadapi setiap persoalan yang timbul dalam pimpinan perusahaan (dan organisasi lain) atau setiap sistem kerjasama manusia dengan sikap dan jiwa seorang sarjana dan dengan menggunakan alat-alat perumusan.

 

43. Robbins and Coulter

Menurut Robbins and Coulter, menyatakan bahwa manajemen adalah proses pengkoordinasian dan pengintegrasian kegiatan-kegiatan kerja agar diselesaikan secara efektif dan efisien melalui orang lain.

 

44. Lewis dkk

Menurut Lewis dkk Mendefinisikan manajemen sebagai: “the process of administering and coordinating resources effectively and efficiently in an effort to achieve the goals of the organization.” Pendapat tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa manajemen merupakan proses mengelola dan mengkoordinasi sumber daya-sumber daya secara efektif dan efisien sebagai usaha utk mencapai tujuan organisasi.

 

45. Karnadi Wargasasmita

Menurut Karnadi Wargasasmita menyatakan bahwa manajemen adalah mengatur, mengurus, memimpin, dan mengawasi pekerjaan-pekerjaan ke arah tujuan usaha.

 

46. Prajudi Atmosudirdjo

Menurut Prajudi Atmosudirdjo menyatakan bahwa manajemen adalah menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakkan orang-orang, uang, mesin-mesin, dan alat-alat sesuai dengan kebutuhan.

 

47. Manullang

Menurut Manullang menyatakan bahwa manajemen adalah seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, pengawasan terhadap sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

 

48. Joseph Massie

Menurut Joseph Massie menyatakan bahwa manajemen adalah proses dimana kelompok yang saling bekerjasama mengarahkan tindakannya ke arah tujuan bersama.

 

49. Peterson dan Plowman

Menurut Peterson dan Plowman menyatakan bahwa manajemen adalah proses dimana cara tertentu digunakan untuk mencapai tujuan tertentu.

 

50. Wilson Bangun

Menurut Wilson Bangun menyatakan bahwa manajemen adalah serangkaian berbagai aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh tiap anggota organisasi untuk meraih tujuan organisasi tersebut.

 

51. Dr. Ahuja

Menurut Dr. Ahuja menyatakan bahwa manajemen adalah pihak pihak yang menawarkan/menyediakan jasa untuk bidang yang berhubungan dengan manajemen

 

Itulah ulasan tentang √ 51 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermnfaat bagi pembaca. Sekian dan terima kasih.

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Baca Juga :  10 Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli di Dunia
Baca Juga :  √ Manajemen Kinerja : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Syarat Terlengkap
Baca Juga :  √ Manajemen Logistik : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Tugasnya Terlengkap
Baca Juga :  √ Manajemen Sumber Daya Manusia : Pengertian, Tujuan, Fungsi & Contohnya Lengkap
Baca Juga :  Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan 7 Prinsip Manajemen Keuangan Beserta Ruang Lingkupnya Menurut Para Ahli Terlengkap