Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmuCom – Manajemen pemasaran merupakan suatu kegiatan perencanaan dalam pemasaran untuk mencapai suatu tujuan perusahaan yaitu untuk kepuasan pelanggan. Agar lebih jauh apa itu pengertian manajemen pemasaran. Disini akan mengulas tentang definisi manajemen pemasaran menurut para ahli didunia.

√ 16 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli [LENGKAP]


Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli di Dunia

1. Philip Kotler/Armstrong (2002:14)

Menurut Philip Kotler/Armstrong (2002:14) menyatakan bahwa Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi.


2. Buchari Alma (2004:130)

Menurut Buchari Alma (2004:130) menyatakan bahwa Manajemen Pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dipemasaran.”


3. Ben M. Eniy (2007:130)

Menurut Ben M. Eniy menyatakan bahwa manajemen pemasaran adalah proses untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh individu atau perusahaan.


4. Lupiyo Adi (2006:6)

Menurut Lupiyo Adi (2006:6) menyatakan bahwa “Manajemen pemasaran ialah suatu analisis, perencana, pelaksanaan serta kontrol program-program yang telah direncanakan dalam hubungannya dengan pertukaran-pertukaran yang diinginkan terhadap konsumen yang dituju untuk memperoleh keuntungan pribadi maupun bersama”.


5. Philip William J. Shultz

Menurut Philip William J. Shultz menyatakan bahwa Manajemen Pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dari perusahaan.”


6. Buchori Dan Djaslim (2010:5)

Menurut Buchori Dan Djaslim menyatakan bahwa manajemen pemasaran merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi gagasan, barang, dan jasa, untuk menghasilkan pertukaran yang memuaskan individu dan memenuhi tujuan organisasi.


7. John W. Mullins

Menurut John W. Mullins menyatakan bahwa Manajemen pemasaran ialah proses menganalisis , menerapkan , mengkoordinasikan , dan mengendalikan program , yang melibatkan konsepsi , penetapan harga , promosi , dan distribusi produk , jasa dan ide yang dirancang untuk menciptakan dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar untuk tujuan mencapai tujuan organisasi.


8. Peter R. Dickson

Menurut Peter R. Dickson menyatakan bahwa Manajemen pemasaran ialah banyak dan variate kegiatan organisasi yang terlibat dalam memahami apa yang konsumen inginkan dan bagaimana mereka berperilaku .


9. Swastha (1995 : 5)

Menurut Swastha (1995 : 5) menyatakan bahwa Manajemen Pemasaran ialah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai suatu tujuan perusahaan.”


10. A Strategic Approach With A Global Orientation (Boyd, Walker, Larreche, 1998)

Menurut A Strategic Approach With A Global Orientation meyatakan bahwa manajemen pemasaran merupakan suatu proses analsis, perencanaan, implementasi, koordinasi serta pengendalian program pemasaran yang meliputi dari kebijakan produk, harga, promosi, serta distribusi dari produk, jasa, dan ide yang dapat ditawarkan untuk menciptakan serta meningkatkan pertukaran manfaat dengan pasar sasaran dalam upaya pencapaian tujaun organisasi.


11. Sofyan Assauri (2004)

Menurut Sofyan Assauri (2004) menyatakan bahwa Manajemen Pemasaran ialah kegiatan menganalisis, merencanakan, mengkoordinasikan dan mengendalikan semua kegiatan yang terkait dengan perancangan dan peluncuran produk, pengkomunikasian, promosi dan pendistribusian produk tersebut, rnenetapkan harga dan mentransaksikannya, dengan tujuan agar dapat memuaskan konsumennya dan sekaligus dapat mencapai suatu tujuan organisasi perusahaan jangka panjang.”


12. Winardi

Menurut Winardi menyatakan bahwa “manajemen pemasaran ialah proses pengambilan keputusan, perencanaan, pengawasan aspek-aspek pemasaran sesuatu perusahaan sehubungan dengan konsep pemasaran, di dalam suatu sistem pemasaran.”


13. William J. Stanton

Menurut William J. Stanton menyatakan bahwa Manajemen Pemasaran ialah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan pertukaran dengan pasar yang dituju, dengan maksud untuk mencapai suatu tujuan organisasi.”


14. American Marketing Association (1960)

Menurut American Marketing Association menyatakan bahwa manajemen pemasaran merupuakan hasil prestasi kerja kegiatan usaha yang berkaitan dengan mengalirnya barang dan jasa dari produsen sampai ke konsumen.


15. Dharmmesta Dan Handoko (1982)

Menurut Dharmmestta Dan Handoko menyatakan bahwa manajemen pemasaran merupakan salah satu kegiatan utama dari perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan perusahaannya, agar berkembang serta mendapatkan keuntungan dari kegiatan pertukaran.


16. Kotler 1980

menurut Kotler 1980 menyatakan bahwa Manajemen pemasaran merupakan penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan program-program yang tujuannya untuk menimbulkan pertukran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk menggapai tujuan perusahaan.


Itulah definisi tentang √ 16 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli [LENGKAP]. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :