√ Informasi : Pengertian, Tujuan, Jenis, Manfaat & Contohnya Lengkap

Diposting pada
√ Informasi : Pengertian, Tujuan, Jenis, Manfaat & Contohnya Lengkap
5 (99.67%) 60 votes

√ Informasi : Pengertian, Tujuan, Jenis, Manfaat & Contohnya Lengkap – Semua manusia pasti membutuhkan sebuah informasi agar mengetahui keadaan-keadaan dilingkungan masyarakat. Untuk Lebih jelasnya lagi tentang Informasi. Disni akan mengulas tentang Informasi secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Informasi : Pengertian, Tujuan, Jenis, Manfaat & Contohnya Lengkap

Pengertian Informasi

Informasi yaitu suatu pesan ucapan kata dari orang lain melalui komunikasi langsung maupun tidak langsung yang mempunyai makna dan manfaat ,yang di kumpulkan melalui beberapa serangkaian suatu proses yang tidak terlalu panjang yang sehingga cepat di sebarkan dari orang yang satu ke orang yang lain.

 

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

 

1.Jogianto

Menurut Jogianto menyatakan bahwa Informasi ialah sebuah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berarti dan berguna bagi sih penerimanya untuk mengambil suatu keputusan masa kini maupun masa yang akan datang.

 

2.Joner Hasugian

Menurut Joner Hasugian menyatakan bahwa Informasi ialah suatu konsep yang universal dalam jumlah muatan yang besar, yang meliputi banyak hal dalam suatu ruang lingkupnya masing-masing dan terekam pada sejumlah media.

 

3.Azhar Susanto

Menurut Azhar Susanto menyatakan bahwa informasi ialah suatu hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat tertentu.

 

4.Kenneth C. Laudon

Menurut Kenneth C. Laudon menyatakan bahwa Informasi yaitu suatu data yang sudah dibentuk ke dalam sebuah formulir bentuk yang bermanfaat dan bisa digunakan untuk manusia.

 

5. Lani Sidharta

Menurut Lani Sidharta menyatakan bahwa informasi ialah sebagai data yang diberikan dalam suatu bentuk yang lebih berguna untuk membuat sebuah keputusan.

 

6. Anton M Meliono

Menurut Anton M Meliono menyatakan bahwa informasi ialah sebuah data yang sudah diproses untuk suatu tujuan tertentu. Yang dimana tujuannya yaitu agar menghasilkan suatu keputusan.

 

7. Tata Sutabri

Menurut Tata Sutabri menyatakan bahwa informasi ialah sebuah data yang diolah / diinterpretasikan untuk mengambil suatu keputusan.

 

8. Abdul Kadir, MC Fadden DKK

Menurut Abdul Kadir, MC Fadden DKK menyatakan bahwa informasi ialah sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa yang sehingga mampu meningkatkan sebuah pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.

 

9. Brurch & Strater

Menurut Brurch & Strater menyatakan bahwa informasi ialah suatu proses pengumpulan atau pengolahan data untuk memberikan suatu pengetahuan atau keterangan.

 

10. George R Terry

Menurut George R Terry menyatakan bahwa informasi ialah sebagai data yang terpenting untuk memberikan suatu pengetahuan yang bermanfaat.

 

 

Jenis-Jenis Informasi

 

1. Informasi berdasarkan fungsi

Jenis informasi yang satu ini ialah informasi yang berdasarkan materi dan kegunaan informasi. Informasi jenis ini antara lain yaitu suatu informasi yang menambah suatu pengetahuan dan informasi yang mengajari sih pembaca (Informasi edukatif). informasi yang menambah suatu pengetahuan, misalnya, dalam peristiwa-peristiwa bencana alam, pembangunan daerah, kegiatan selebritis, dan lain sebagainya. Informasi edukatif contohnya yaitu tips menjadi analis yang handal, tips mebersihkan karbo motor, tips berbicara di depan umum, cara jitu menjadi programmer komputer yang handal, dan lain sebagainya.

 

2. Informasi berdasarkan format penyajian

Jenis informasi yang satu ini ialah sebuah informasi yang berdasarkan bentuk penyajian informasi. Informasi jenis ini, antara lain yaitu berupa foto, karikatur, lukisan abstrak, dan tulisan teks.

 

3. Informasi berdasarkan lokasi peristiwa

Jenis informasi yang satu ini ialah sebuah informasi yang berdasarkan lokasi peristiwa berlangsung, yaitu sebuah informasi dari dalam negeri dan informasi dari luar negeri.

 

4. Informasi berdasarkan bidang kehidupan

Jenis informasi yang satu ini ialah sebuah informasi yang berdasarkan bidang-bidang kehidupan yang ada, misalnya pada pendidikan, olahraga, musik, sastra, budaya, dan iptek.

 

 

Tujuan Informasi

  • Untuk menyediakan sebuah berita yang akan di pakai dalam sebuah pengambilan keputusan.
  • Untuk membuat situasi menjadi tenang setelah mendengar kabar tersebut atau malah menjadi sebaliknya.
  • Untuk memberikan berita kepada orang yang mulanya tidak tahu yang sehingga orang tersebut mengerti atau memahaminya.
  • Untuk membantu seseorang dalam melaksanakan suatu kegiatan atau tugasnya dari hari ke hari.

 

 

Manfaat Informasi

  • Dapat menjadi pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan
  • Dapat mengetahui keadaan atau situasi dilingkungan sekitar karna ada nya informasi dari orang lain atau media informasi
  • Dapat mengetahui disaat kita tidak tahu, karna ada nya sebuah informasi.

 

 

Contoh Informasi

  • Seorang guru memberitahu salah satu murid nya bahwa guru akan mengadakan rapat, dan semua murid boleh pulang cepat. kemudian murid itu memberitahukan infromasi tersebut ke semua murid yang ada disekolah bahwa guru akan mengadakan rapat dan dibolehkan pulang cepat.
  • Ayah memberitahu ibu bahwa keluarga akan berlibur ke paris ketika anak anak libur sekolah, kemudian ibu memberikan infromasi tersebut ke anak anak bahwa libur sekolah akan berlibur ke paris.

 

Sebuah informasi sangat penting bagi kehidupan manusia, karna tanpa ada nya sebuah informasi tidak akan tahu informasi yang ada disebuah lingkungan sekitar atau linkungan yang lainnya.

 

Itulah ulasan tentang √ Informasi : Pengertian, Tujuan, Jenis, Manfaat & Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Baca Juga :  √ Resensi : Pengertian, Jenis, Tujuan, Unsur, Manfaat & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Cerpen : Pengertian, Ciri, Unsur & Strukturnya Lengkap

Baca Juga :  11 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli, dan Macam-Macam, Tujuan, Unsur, dan Fungsi Komunikasi Secara Lengkap

Baca Juga :  Pengertian, Jenis-Jenis, Unsur, dan 5 Fungsi Paragraf Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Secara Lengkap

Baca Juga :  Pengertian, Jenis-Jenis, Pola dan 5 Unsur Kalimat Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap