√ 55 Macam Perangkat Keras Komputer : Pengertian, Fungsi & Gambarnya Lengkap

Diposting pada
√ 55 Macam Perangkat Keras Komputer : Pengertian, Fungsi & Gambarnya Lengkap
5 (100%) 50 votes

√ 55 Macam Perangkat Keras Komputer : Pengertian, Fungsi & Gambarnya Lengkap

 

 

SeputarIlmu.Com – Agar mendapatkan sebuah perangkat komputer yang ideal harus mempunyai komponen-kompenan dalam komputer. Pada kesemptan kali ini akan mengulas tentang macam-macam perangkat keras komputer beserta pengertian dan fungsinya. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

 

√ 55 Macam Perangkat Keras Komputer : Pengertian, Fungsi & Gambarnya Lengkap

 

 

Pengertian Perangkat Keras Komputer (Hardware)

Perangkat keras komputer merupakan suatu komponen fisik pada komputer yang digunakan oleh sistem untuk menjalankan sebuah perintah yang sudah di programkan atau dalam arti singkatnya sebuah komponen pada komputer yang dapat disentuh, dilihat & diraba.

Tidak hanya bentuk fisiknya saja, perangkat keras secara fungsi akan saling terhubung satu sama lainnya. Seperti contohnya perangkat keras komputer yang paling penting yaitu RAM, HARDDISK, MOTHERBOARD dan CPU sebagai pengelola sistem dan penyimpanan pada komputer.

Dilihat dari kegunaannya, jenis perangkat keras dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu : perangkat keras keluaran(output), perangkat keras masukan(input), perangkat keras tambahan(peripheral), perangkat keras penyimpanan(storage) dan lainnya.
Perangkat keras sangat penting dalam komputer, Tanpa adanya sebuah perangkat keras, komputer tidak akan dapat digunakan dengan baik.

 

 

Macam & Fungsi Perangkat Keras Komputer & Gambarnya

1. Monitor

Monitor yaitu salah satu perangkat keras yang tergolong sebagai sebuah alat output yang mempunyai fungsi untuk menampilkan suatu hasil pengolahan data berupa grafis. Tiap merek monitor memiliki sebuah ukuran dan resolusi yang berbeda-beda. Pada Jenis-jenis monitor yang paling umum saat ini yaitu monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display).

Fungsinya : Untuk menampilkan suatu hasil pengolahan data berupa grafis.

 

2. Keyboard

Keyboard

 

Keyboard merupakan yaitu salah satu jenis perangkat keras komputer yang berbentuk papan kunci yang tergolong sebagai alat input. Keyboard ini terdiri dari deretan huruf dan angka. Keyboard mempunyai berbagai macam jenis, yaitu antara lain : keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard Maltron, keyboard alphabetik, dan keyboard Numeric.

Fungsinya : sebagai alat untuk menginputkan atau memasukan data yang berupa huruf, angka atau simbol, dan kemudian disampaikan ke CPU (Central Processing Unit) yang selanjutnya diubah menjadi sinyal-sinyal digital yang dipahami oleh Processor.

 

3. Mouse

Mouse

Seperti halnya keyboard, mouse juga tergolong sebagai sebuah alat input. Mouse ini mempunyai fungsi untuk menggerakkan kursor atau menunjuk sebuah aplikasi yang ingin dijalankan. Perangkat yang satu ini dinamakan mouse, karena bentuknya yang mirip dengan seekor tikus. Mouse ini mempunyai banyak jenis-jenis nya yaitu : mouse serial, mouse PS2, mouse USB dan mouse wireless

Fungsinya :

  • Untuk menggerakan kursos atau pointer
  • untuk melakukan scroll up or down
  • melakukan klik kiri dan klik kanan (membuka atau menutup aplikasi/program)
  • sebagai input device.

 

4. Processor

Processor

Processor yaitu sebuah IC yang mengontrol semua jalannya suatu sistem komputer. Processor atau CPU (Central Processing Unit) bisa dibilang sebagai otak pada suatu komputer, karena bertugas CPU ini mempunyai fungsi unutk melakukan perhitungan ataupun memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer.

Fungsinya :

  • menerima instruksi yang diberikan, mengolah instruksi, dan selanjutnya mengeksekusi instruksi tersebut.
  • Sinkronasi kinerja pada hardware dan software
  • Mendukung kebutuhan spesifik user seperti desain dan game

 

5. Motherboard

Motherboard

Motherboard yaitu sebuah papan sirkuit yang mempunyai fungsi sebagai tempat suatu komponen-komponen komputer seperti processor, harddisk, RAM dan lain-lain. Motherboard sendiri yaitu berupa papan utama yang berbentuk PCB dan mempunyai chip BIOS, jalur-jalur ataupun konektor yang fungsinya untuk menghubungkan masing-masing perangkat.

Fungsinya :

  • menyediakan akses untuk setiap komponen dalam melakukan komunikasi satu dengan yang lain
  • meningkatkan fleksibilitas dari komputer
  • menghubungkan beberapa perangkat tambahan.

 

6. Hard disk atau hard disk drive (HDD)

Hard disk atau hard disk drive (HDD)

HDD yaitu suatu perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk media penyimpanan. Dalam sebuah hard disk terdapat lebih dari satu piringan yang fungsinya unutk memperbesar kapasitas data yang bisa ditampung oleh hard disk tersebut.

Fungsinya: menyimpan data secara permanen. Hal itu berarti data akan tetap ada meski komputer mati (kecuali anda menghapus atau data/file terkena virus).

 

7. RAM atau Random Acces Memory

RAM atau Random Acces Memory

RAM yaitu suatu perangkat keras yang mempunyai fungsi untuk menyimpan data ataupun intruksi yang dilakukan oleh prosessor. Berbeda dengan hard disk, penyimpanan pada sebuah RAM yang sifatnya sementara. Jadi ketika komputer dimatikan, data maupun ataupun intruksi yang disimpan oleh RAM akan hilang/dikosongkan kecuali pada komputer tersebut dalam mode hibernate.

Fungsinya: menyimpan data dari instruksi oleh processor dengan catatan komputer masih dalam keadaan menyala.

 

8. Modem

Modem

Modem yaitu salah satu jenis perangkat keras komuter juga yang mempunyai kepanjangan Modulator Demodulator. Modem ini mempunyai fungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital ini di konversi oleh perangkat modem menjadi data yang berbentuk sinyal analog, ketika modem ini menerima data dari luar yang berbentuk sinyal analog, modem ini akan mengubahnya kembali menjadi sebuah data yang berbentuk digital agar bisa diolah oleh komputer.

Fungsinya: Untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal digital.

 

9. Speaker

Speaker

Speaker yaitu salah satu perangkat yang terbuat dari logam, membran, kumparan serta magnet. Speaker ini memiliki peranan yang penting dalam mengeluarkan suatu hasil pemrosesan berupa suara.

Fungsinya : Speaker ini bisa berfungsi sebagaimana mestinya jika di dukung oleh suatu perangkat yang bernama sound card.

 

10. PC cooler/ heatsink

PC cooler/ heatsink

PC cooler yaitu salah satu perangkat komputer yang mempunyai fungsi untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh suatu komputer. Mengingat panas pada sebuah komputer bisa merusak hardware lain di dalamnya, maka peranan PC cooler/ heatsink sangatlah penting sama dengan yang lainnya.

Fungsinya : untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh suatu komputer.

 

11. VGA atau Video Graphic Adapter

VGA atau Video Graphic Adapter

VGA yaitu salah satu suatu perangkat keras yang mempunyai fungsi untuk mengolah data grafik yang akan ditampilkan oleh sebuah monitor. VGA juga mempunyai processor yang biasa disebut dengan GPU (Graphic Processing Unit). Biasanya perangkat keras yang satu ini sangat dibutuhkan, khususnya bagi gamer ataupun designer.

Fungsinya :

  • mengubah sinyal digital menjadi sebuah tampilan grafik.
  • untuk membantu 3D design & design grafis.
  • tampilan layar akan menjadi labih jernih dan tajam.
  • grafik dalam bermain game menjadi lebih baik.
  • Dapat mengkoneksikan laptop atau PC ke layar TV dengan menggunakan HDMI sehingga menghasilkan kalitas gambar yang baik.
  • Cocok bagi user yang senang menonton film dengan detail yang sempurna.

 

12. SSD atau Solid State Drive

SSD atau Solid State Drive

SSD yaitu suatu inovasi terbaru dari pendahulunya yaitu sebuah hard disk. SSD yaitu suatu media penyimpanan yang menggunakan jenis memory solid state untuk dalam penyimpanan datanya. SSD juga mempunyai fungsi yang sama seperti hard disk, namun sedikit berbeda dengan suatu hard disk.

Data pada SSD disimpan pada sebuah chip-chip memori flash yang saling terhubung. Chip-chip tersebut mempunyai sebuah kecepatan dan reliabilitas yang lebih tinggi dari USB Thumb Drive (UFD). Dalam segi harga, SSD lebih mahal dibandingkan dengan HDD walaupun dengan kapasitas yang sama.

Fungsinya : Berfungsi untuk membuat komputer dan laptop akan bekerja secara maksimal dengan kecepatan akses yang tinggi.

 

13. Optical drive

Optical drive

Optical Drive yaitu salah atu perangkat keras yang mempunyai fungsi untuk membaca (read) ataupun menulis (write) data dari kepingan CD/ DVD. Perangkat ini erdapat beberapa jenis optical drive yang harus anda ketahui, misalnya seperti : CD ROM drive, CD RW drive, DVD ROM drive dan lain-lain.

Fungsinya : untuk membaca (read) ataupun menulis (write) data dari kepingan CD/ DVD.

 

14. Power Supply

Power Supply

Power Supply yaitu salah satu jenis perangkat keras yang mempunyai fungsi sebagai penyuplai daya ke suatu komponen-komponen yang lain seperti motherboard, processor, VGA, dll. Power supply ini bisa dibilang jantung komputer, jadi mustahil komputer bisa hidup tanpa adanya perangkat yang satu ini.

Fungsinya : mengubah tegangan arus AC menjadi DC.

 

15. Printer

Printer

Printer yaitu Sama halnya dengan monitor, printer ialah salah satu perangkat keras yang tergolong sebagai alat output. Printer ini mempunyai fungsi untuk mencetak hasil pengolahan data berupa teks/ gambar di atas kertas (hard copy). Berdasarkan pada teknologi yang digunakan saat ini, Printer ini mempunyai banyak jenis yang banyak ditemui yaitu printer Dotmatrix, printer Inkjet dan printer Laserjet.

Fungsinya : untuk menampilkan cetakan dokumen, menggandakan dokumen, memindai dokumen serta untuk mengirim data (fax).

 

16. Sound Card

Sound Card

Sound card yaitu salah satu perangkat keras yang mempunyai fungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara. Pada awalnya, sound card hanyalah sebuah pelengkap komputer, namun saat ini sound card ialah suatu perangkat yang harus dipunyai oleh pengguna komputer.

Fungsinya : menghasilkan suara dari dalam komputer sehingga dapat didengar melalui speaker atau headphone.

 

17. Scanner

Scanner

Scanner yaitu suatu perangkat keras yang memiliki cara kerja yang hampir sama seperti fotokopi. Berbeda dengan cara kerja fotokopi, scanner ini mempunyai fungsi untuk merubah hard file menjadi sebuah digital file yang dapat bisa diolah di komputer.

Fungsinya : mengubah data analog (kertas) menjadi data yang berwujud digital.

 

18. Proyektor LCD

Proyektor LCD yaitu salah satu perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk digunakan untuk menampilkan video ataupun gambar dari komputer pada suatu layar ataupun pada bidang yang mempunyai permukaan datar. Untuk menampilkan sebuah video/ gambar, proyektor LCD ini mengirimkan sebuah cahaya dari lampu halide logam lalu diteruskan ke dalam prisma yang dimana cahaya akan tersebar pada tiga panel polysilikon, yaitu pada komponen warna merah, hijau, dan biru pada sinyal video.

Fungsinya : menampilkan gambar diam (slide) ataupun gambar bergerak (video) pada layar besar bewarna putih atau dinding.

 

19. NIC atau Network Interface Card

NIC atau Network Interface Card

NIC yaitu sebuah kartu yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan komputer ke dalam sebuah jaringan internet. Saat ini terdapat dua jenis NIC yang diketahui, antaranya yaitu NIC sifatnya fisik (contoh : NIC Ethernet, Token Ring, dll ) dan NIC sifatnya logis (contoh : Loopback Adapter dan Dial-up Adapter).

Fungsinya : untuk menghubungkan komputer ke dalam sebuah jaringan internet

 

20. Webcam

Webcam

Webcam yaitu salah satu kamera digital yang dihubungkan ke komputer. Kebanyakan pada webcam saat ini menyatu dengan sebuah layar laptop. Webcam juga biasanya digunakan untuk mengambil sebuah gambar ataupun video melalui jaringan internet.

Fungsinya :

  • untuk melakukan video call, berfoto atau selfie.
  • memasukan hasil data rekaman menjadi format digital.

 

21. WLAN Card

WLAN Card

Pengertian: Wireless LAN Card atau biasa juga disebut seabgai WiFi Adapter merupakan perangkat komputer yang berkaitan dengan adanya jaringan.

Fungsinya : untuk menghubungkan komputer dengan akses jaringan tanpa menggunakan kabel (wireless).

 

22. Microphone

Microphone

Pengertian: perangkat keras output yang bisa menangkap gelombang suara dan merubahnya menjadi getaran listrik.

Fungsinya:

  • mengeluarkan suara dari dalam komputer.
  • menjadi media rekaman suara yang divisualkan lewat gelombang getaran suara.
  • mendukung proses komunikasi suara.

 

23. Flashdisk

Flashdisk

Pengertian: perangkat penyimpanan yang mudah untuk dibawa kemana-mana.

Fungsinya :

  • sebagai perangkat masukan untuk input data ke kompute.
  • menggantikan fungsi disket.

 

24. Hub/Switch

Hub/Switch

perangkat keras yang digunakan untuk memecah-mecah jaringan lokal atau LAN di dalam satu ruangan.

Fungsinya :

  • Memecah jaringan dari server ke komputer client atau user.
  • Mentransmisikan jaringan dari server.
  • Sebagai penguat sinyal transmisi paket data (pada smart hub).

 

25. Joystick

Joystick

perangkat keras yang berwujud mirip dengan tuas gigi mobil atau seperti stick konsol.

Fungsinya : untuk memasukan perintah untuk bermain game pada komputer.

 

26. Barcode Scanner

Barcode Scanner

Barcode Scanner merupakan alat yang berwujud gagangan & berisikan laser pada ujung yang lebar dengan warna merah untuk memindai barcode.

Fungsinya : untuk memindai barcode untuk mempermudah kasir dalam menghitung total belanjaan serta mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.

 

27. Magnetic Tape

Magnetic Tape

Magnetic Tape merupakan media penyimpanan untuk data yang besar.

Fungsinya : sebagai tempat media penyimpanan.

 

28. Headset

Headset

Headset merupakan perangkat yang terhubung dalam komputer atau telepon genggam.

Fungsinya : mendengar suara sekaligus berbicara dengan lawan bicara tanpa harus memegang perangkat penghubung yang digunakan.

 

29. Headphone

Headphone

Headphone merupakan perangkat keras untuk menghasilkan suara.

Fungsinya : untuk menghasilkan suara untuk didengar secara pribadi setelah dihubungkan pada speaker.

 

30. Repeater

Repeater

Repeater merupakan perangkat keras yang berkaitan dengan jaringan.

Fungsinya : meningkatkan jangkauan sinyal dari sebuah jaringan.

 

31. Digitizer

Digitizer

Digitizer merupakan perangkat keras masukan.

Fungsinya : untuk merubah perangkat ataupun data analog menjadi data digital.

 

32. VGA Cable

VGA Cable

VGA Cable merupakan perangkat keras yang berkaitan dengan konektor.

Fungsinya : menhubungkan konektor VGA pada monitor dengan VGA card pada komputer. Dengan begitu, kalian dapat melihat tampilan komputer pada display atau layar monitor.

Tak hanya itu, VGA Cable juga dapat digunakan untuk menyambungkan media lainnya, contohnya proyektor.

 

33. HDMI Cable

HDMI Cable

HDMI Cable merupakan teknologi kabel terbaru.

Fungsi:

  • fungsinya mirip seperti VGA Cable.
  • kabel HDMI telah mendukung kualitas HD atau High Definition, sekaligus mendukung suara.
  • lebih praktis & berguna daripada VGA Cable,sebab mempunyai output HD dan telah ditambah dengan output suara.

 

34. Power Cable

Power Cable

Fungsinya :

  • meneruskan arus listrik pada rumah menuju power supply komputer pada PC.
  • memperkecil arus voltase listrik yang masuk ke dalam laptop.
  • melakukan charging pada baterai laptop.
  • sebagai penyalur listrik saat komputer pertama kali digunakan.

 

35. Lightpen

Lightpen

Fungsinya : untuk memodifikasi dan mendesain gambar dengan menggunakan screen atau monitor.

 

36. AGP Card (Accelerated Graphics Port)

AGP Card (Accelerated Graphics Port)

AGP Card (Accelerated Graphics Port) merupakan perangkat keras yang bertugas untuk memaksimalkan resolusi gambar layar pada komputer.

Fungsinya : untuk memaksimalkan resolusi gambar layar pada komputer.

 

37. Network Card

Network Card

Network Card merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai media penghubung antara komputer server dengan komputer client.

Fungsinya : untuk sebagai media penghubung antara komputer server dengan komputer client.

 

38. UPS (Uninterruptible Power Supply)

UPS (Uninterruptible Power Supply)

UPS (Uninterruptible Power Supply) merupakan hardware yang berfungsi untuk memberikan suplai listrik saat tegangan listrik utama terhenti atau tidak berfungsi.

Dengan kata lain UPS merupakan cadangan listrik pada saat tegangan listrik utama padam.

Fungsinya : untuk memberikan suplai listrik saat tegangan listrik utama terhenti atau tidak berfungsi.

 

39. FDD (Floppy Disk Drive)

FDD (Floppy Disk Drive)

FDD (Floppy Disk Drive) merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk memutar piringan sekaligus menggerakan head baca tulis yang kemudian diterjemahkan ke dalam disket.

Fungsinya : untuk memutar piringan sekaligus menggerakan head baca tulis yang kemudian diterjemahkan ke dalam disket.

 

40. Heatsink (Kipas Pendingin)

Heatsink (Kipas Pendingin)

Heatsink (Kipas Pendingin) merupakan hardware yang memiliki fungsi sebagai pembantu proses pendinginan kepada processor supaya komputer berjalan lebih stabil.

Fungsinya : sebagai pembantu proses pendinginan kepada processor supaya komputer berjalan lebih stabil.

 

41. Card Reader

Card Reader

Card Reader merupakan perangkat tambahan komputer yang memiliki fungsi sebagai pembaca kartu memori pada handphone. Contoh: SD Card, Mini-SD, RS Card, MSD(Memory Stick Duo) Card dan yang lainnya.

Fungsinya : sebagai pembaca kartu memori pada handphone

 

42. Kabel Data

Kabel Data

Kabel Data merupakan perangkat keras tambahan yang ada di komputer yang berfungsi untuk menerima atau mengirimkan data dari komputer ke handphone.

Fungsinya : untuk menerima atau mengirimkan data dari komputer ke handphone.

 

43. Router

Router merupakan perangkat keras jaringan yang mempunyai fungsi sebagai penghubung komputer ke beberapa jaringan yang mempunyai akses jaringan sama maupun berbeda.

Fungsinya : sebagai penghubung komputer ke beberapa jaringan yang mempunyai akses jaringan sama maupun berbeda.

 

44. Tv Tuner Card

Tv Tuner Card

Tv Tuner Card merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menyiarkan tv pada komputer.

Fungsinya : untuk menyiarkan tv pada komputer.

 

45. ROM (Read Only Memory)

ROM (Read Only Memory)

ROM (Read Only Memory) merupakan media penyimpanan yang berfungsi hanya untuk membaca data saja dan bersifat permanen.

Berfungsi : hanya untuk membaca data saja dan bersifat permanen.

 

46. ZIP Drive

ZIP Drive

ZIP Drive merupakan perangkat keras yang memiliki fungsi sebagai media penyimpanan dalam bentuk disk. pada mulanya, zip drive memiliki kapasitas 100 MB, lalu ditingkatkan menjadi 250 MB dan terakhir menjadi 750 MB. Kepopulerannya telah tergeser dengan kemunculan CD-R dan DVD RW. Pada masa kejayaannya di tahun 1994, zip drive masuk ke dalam beberapa perusahaan komputer besar seperti Apple dan Dell . Bahkan, zip drive menjadi dirve internal untuk melengkapi perangkat komputer mereka.

Fungsinya : sebagai media penyimpanan dalam bentuk disk

 

47 . Floppy Disk (Disket)

Floppy Disk (Disket)

Floppy Disk (Disket) merupakan media penyimpanan data yang berbentuk kepingan kotak dengan kapasitas yang sangat kecil, hanya sekitar 1,44 mb. Dengan perkembanagn tekonologi yang pesat seperti sekatang, media penyimpanan ini sudah tidak dipakai lagi bagi file/data yang berukuran besar. Sebab telah terdapat harddisk atau flashdisk yang ukurannya cukup besar. Walaupun demikian, perangkat ini masih saja dipakai untuk keperluan penyimpanan data berukuran ringan.

 

48. UTP / Line Cable

UTP / Line Cable

UTP / Line Cable merupakan perangkat keras yang digunakan untuk membuat jaringan komputer serta dapat digunakan untuk membuat koneksi dual up melalui telepon.

Fungsinya : untuk membuat jaringan komputer serta dapat digunakan untuk membuat koneksi dual up melalui telepon.

 

49. Access Point

Access Point

Access Point merupakan perangkat keras jaringan komputer yang digunakan secara personal.

Fungsinya :

  • mampu membuat sebuah jaringan WLAN atau wireless LAN.
  • Sering disebut sebagai WiFi atu hotspot.

 

50. Touchpad

Touchpad

Touchpad merupakan suatu alat penunjuk untuk menampilkan sensor pada permukaan khusus yang bisa menterjemahkan gerakan jari-jari pengguna (user) ke posisi yang di inginkan dalam layar monitor. hanya terdapat di dalam laptop atau notebook.

Fungsinya : bisa menterjemahkan gerakan jari-jari pengguna (user) ke posisi yang di inginkan dalam layar monitor

 

51. Trackball

Trackball merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi sebagai alat penunjuk. Trackball berwujud sebuah bola yang mempunyai sensor untuk mendeteksi gerakan.

Fungsinya :  sebagai alat penunjuk.

 

52. Harddisk Eksternal

Harddisk Eksternal

Harddisk Eksternal merupakan hardisk yang berada di luar komputer sebagai media penyimpanan yang kapasitasnya sangat besar. Dengan menggunakan hdd ini, maka data dapat dibawa kemana saja.

Fungsinya : sebagai media penyimpanan yang kapasitasnya sangat besar. Dengan menggunakan hdd ini, maka data dapat dibawa kemana saja.

 

53. RJ45

RJ45 merupakan konektor kabel ethernet atau penghubung jaringan pada satu komputer ke komputer lainnya yang membentuk sebuah jaringan. Dan jaringan tersebut dikenal sebagai topologi.

 

54. Bluetooth USB Dongle

Bluetooth USB Dongle

Bluetooth USB Dongle merupakan perangkat keras berbentuk kecil yang menyajikan koneksi Bluetooth pada komputer. biasa diterapkan pada mouse wireless.

 

55. Firewire Card

Firewire Card

Firewire Card merupakan port data yang dirancang untuk transfer data dengan kecepatan tinggi. biasanya terdapat dalam device set Apple.

Fungsinya : untuk transfer data dengan kecepatan tinggi.

 

Sebuah perangkat keras mempunyai fungsi dan kegunaan nya masing-masing dan saling melengkapi satu sama lain. Itulah ulasan tentang √ 55 Macam Perangkat Keras Komputer : Pengertian, Fungsi & Gambarnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Baca Juga :  √ Komputer : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Komponen Terlengkap

Baca Juga :  10 Pengertian, Macam-Macam, Tujuan, dan Manfaat Jaringan Komputer Menurut Para Ahli Terlengkap

Baca Juga :  √ 22 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli Terlengkap

Baca Juga :  √ Data : Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ 21 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli Lengkap