√ Rotasi Bumi : Pengertian, Kecepatan & Akibat Serta Gambarnya Secara Lengkap

Diposting pada
√ Rotasi Bumi : Pengertian, Kecepatan & Akibat Serta Gambarnya Secara Lengkap
5 (99.61%) 51 votes

√ Rotasi Bumi : Pengertian, Kecepatan & Akibat Serta Gambarnya Secara Lengkap

 

Anda setiap hari dapat menyaksikan matahari bergerak dari timur ke barat. Benarkah demikian? Sebenar nya bukan matahari yang bergerak, tetapi bumi yang bergerak, yaitu berputar pada porosnya. Kita yang berada di Bumi seolah-olah merasakan Matahari yang bergerak.

√ Rotasi Bumi : Pengertian, Kecepatan & Akibat Serta Gambarnya Secara Lengkap

 

Pengertian Rotasi Bumi

Rotasi Bumi adalah perputaran bumi yang berputar ke arah timur pada porosnya. Apabila dilihat dari utara, gerakan bumi berlawanan dengan arah jarum jam. Kita yang berada di Bumi sebenarnya berputar dengan kecepatan 1.670 km/jam, tetapi tidak merasakan putaran tersebut karena pengaruh gravitasi Bumi dan benda-benda disekeliling kita juga ikut berputar bersama-sama. Rotasi bumi mengakibatkan panjang siang dan malam berbeda-beda. Masa rotasi bumi pada sumbernya dalam kaitannya dengan bintang adalah 23 jam, 56 menit dan 4.091 detik. Masa rotasi dalam kaitannya dengan matahari adalah 24 jam. akan tetapi, perputaran ini perlahan terus melambat karena pengaruh gravitasi bulan. Hal ini bisa dilihat dari melambat nya satu hari pada masa kini sebesar 1,7 milidetik dibanding se abad yang lalu.

 

 

Kecepatan Rotasi Bumi

Bumi berotasi pada sumbunya,akibat pergerakan pada sumbunya, setiap daerah di bumi mengalami siang dan malam, walaupun dengan panjang siang dan malam yang bisa berbeda-beda.

Walau tidak kita sadari,Bumi berputar pada porosnya dengan kecepatan 1.770 km/jam dan menyelesaikan 1 putaran sekitar 23 jam, 56 menit dan 4.091 detik.

 

 

Akibat Dari Rotasi Bumi

Ada beberapa akibat yang ditimbulkan dari proses rotasi Bumi ini. Berikut adalah beberapa dampak rotasi Bumi beserta penjelasan lengkapnya.

1. Peredaran Semu Harian Benda-Benda Langit

Benda-benda langit yang terlihat setiap hari, terutama malam hari, seolah-olah melintas dari timur ke barat. Pergerakan ini selanjutnya disebut pergerakan semu harian benda langit. Pergerakan semu ini terjadi karena ada nya rotasi bumi pada porosnya.

 

2. Peristiwa Siang dan Malam

Rotasi bumi menyebabkan bagian Bumi yang berhadapan langsung dengan Matahari akan mendapat sinar, sedangkan bagian disebaliknya tidak mendapatkan sinar. Bagian Bumi yang mendapat sinar Matahari mengalami siang, sebaliknya bagian yang tidak mendapat sinar matahari mengalami malam. Perubahan siang menjadi malam, atau malam menjadi siang berlangsung perlahan. Daerah yang berada diposisi sebelah timur dari daerah lain akan mengalami siang lebih dahulu. Waktu siang hari dimanfaatkan banyak penduduk untuk melakukan kegiatan. Sementara waktu malam hari dimanfaatkan banyak penduduk untuk beristirahat.

 

3. Pembelokan Arah Angin

Angin bertiup dari daerah bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah. Akan tetapi, arah angin tidak sama persis dengan arah gradien tekanan. Angin dari arah utara dibelahan bumi utara berbelok ke kanan sesampai didaerah ekuator. Sebalik nya angin dari arah selatan dibelahan bumi selatan akan berbelok kekiri sampai didaerah ekuator. Gejala ini disebabkan pengaruh gaya Coriolis. Gaya coriolis adalah gaya semu yang timbul akibat efek gerak rotasi bumi dan gerak benda relatif terhadap bumi. Pembelokan arah angin berdampak pada penyimpangan arah penerbangan sehingga pesawat perlu dipantau agar jalur nya sesuai tujuan.

 

4.Pembelokan Arus Laut

Arus laut digerakan oleh angin yang bertiup dipermukaan laut. Seperti arah angin, arah arus laut juga menyimpang karena rotasi bumi. Arus laut dipaksa membelok ketika sampai dibelahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan. Pembelokan arus laut berdampak pada penyimpangan arah pelayaran kapal-kapal yang melintasi samudra luas sehingga kapal perlu mengatur arah jalur tujuan.

 

5. Perbedaan Percepatan Gravitasi Bumi

Benda yang berotasi bumi menimbulkan gaya sentrifugal. Gaya sentrifugal mengakibatkan Bumi tepat dibagian kutub. Gari tengah bumi dibagian kutub lebih kecil dibanding dibagian ekuator. Perbedaan garis tengah ini mengakibatkan percepatan gravitasi bumi berbeda. Sesuai hukum Newton, gravitasi di daerah kutub lebih besar dibanding didaerah ekuator, Gravitasi bumi berdampak pada penentuan kecepatan dan tinggi terbang satelit.

 

6. Pembagian Zona Waktu

Adanya perbedaan waktu di berbagai belahan Bumi juga diakibatkan oleh adanya rotasi Bumi. Terdapat 24 zona waktu yang ada di bumi dari barat sampai timur. Pusat waktu berada di kota Greenwich, Inggris yang terletak pada bujur 0⁰. Setiap selisih bujur 15⁰ akan mengalami sebuah perbedaan waktu dengan selisih satu jam.

Bagian bumi di sebelah timur Greenwich akan mengalami waktu yang lebih cepat dari Greenwich. Sebaliknya, bagian bumi di sebelah barat Greenwich akan mengalami zona waktu yang lebih lambat.

Misalnya saja di Indonesia, dibagi menjadi tiga zona waktu yakni wilayah Indonesia bagian barat (WIB), wilayah Indonesia bagian tengah (WITA) serta wilayah Indonesia bagian timur (WIT).

 

7. Perbedaan Batas Penanggalan Internasional

Masih berhubungan dengan waktu dan sistem jam, adanya sebuah rotasi Bumi juga mengakibatkan adanya perbedaan batas penanggalan internasional. Hal ini dikarenakan dampak lanjutan dari adanya perbedaan zona waktu yang menyebabkan adanya selisih hari batas penanggalan internasional.

Batas penanggalan internasional atau International Date Line ini ditetapkan pada garis bujur 180 derajat. Sehingga bila di Bumi belahan barat masuk tanggal 1, maka di Bumi belahan timur sudah masuk tnggal 2. Terdapat selisih 1 hari antara dua belahan Bumi tersebut.

 

8. Perbedaan Ketebalan Atmosfer

Akibat adanya sebuah rotasi Bumi juga berpengaruh pada terjadinya perbedaan ketebalan atmosfer. Seperti yang diketahui bila lapisan atmosfer terdiri dari troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, ionosfer dan eksosfer. Terdapat perbedaan ketebalan di tiap-tiap lapisan atmosfer tersebut.

Perbedaan ketebalan atmosfer tersebut ternyata diakibatkan oleh adanya rotasi Bumi. Hal ini juga menjadi penyebab perbedaan kondisi cuaca antara zona kutub dan khatulistiwa sehingga membuat adanya sebuah perbedaan jarak ketebalan atmosfer di daerah kutub dan khatulistiwa.

 

9. Bentuk Bumi Menjadi Spheroid

kebanyakan orang mengetahui kalo Bentuk bumi adalah bulat tetapi yang perlu anda tahu bumi tidaklah bulat sempurna seperti bola, melainkan seperti spheroid. Ternyata ini merupakan salah satu akibat dari rotasi Bumi. Bentuk bumi merupakan spheroid yakni mengembang pada bagian tengahnya dan pepat pada bagian kutubnya.

Bentuk Bumi secara kasar berupa bola yang sedikit pepat di arah sumbunya yang mengakibatkan karena rotasi bumi dan revolusi bumi juga. Dalam kartografi, Bumi sering dianggap sebagai sferoid pepat, bukan berbentuk bola bulat sempurna.

 

10. Satelit Buatan Dapat Berfungsi

Adanya sebuah rotasi Bumi juga membuat satelit buatan dapat berfungsi. Satelit buatan dibuat dengan tujuan memudahkan komunikasi dan akses informasi bagi manusia. Ada banyak satelit buatan yang sudah dibuat oleh manusia yang mempunyai fungsi dan tujuan masing-masing.

Saat bumi berputar atau berotasi, maka daerah yang dijangkau satelit buatan tersebut dapat berganti-ganti. Hasilnya satelit bisa menyampaikan informasi pada berbagai daerah. Semakin dekat ke bumi, maka makin besar kecepatan orbital yang diperlukan satelit tersebut.

 

11. Terjadi Efek Foucault atau Perubahan Arah Bandul

Rotasi Bumi juga berdampak pada perubahan arah bandul atau yang dikenal sebagai efek faucault. Bandul adalah alat yang berguna untuk menunjukkan arah rotasi Bumi. Dari eksperimen yang dilakukan oleh Leon Foucault membuktikan bahwa bumi berotasi.

Ia membuat eksperimen dengan mengayunkan bandul yang kemudian bergerak dan membuat putaran dengan arah yang sama dengan arah gerak jarum jam. Hal tersebut menandakan bahwa bumi yang terletak di bawah bandul berputar dengan arah yang berlawanan dengan arah jarum jam.

 

12. Efek Jetlag Saat Naik Pesawat

sudahkah anda naik pesawat? sudahkah kamu mengalami efek jetlag sesudah naik pesawat? Efek jet lag adalah suatu kondisi psikologis diakibatkan perubahan ritme circadian yang diakibatkan karena perjalanan melewati meridian dan panjangnya hari yang berubah.

Misalnya ketika orang melakukan sebuah perjalanan dari Amerika ke Indonesia dengan selisih waktu yang signifikan, tentu akan membuat orang tersebut akan mengalami efek jet lag. Secara tidak langsung keadaan ini juga diakibatkan oleh adanya rotasi Bumi.

 

13. Terjadinya Gaya Coriolis

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bila gaya coriolis juga terjadi akibat dari pengaruh rotasi Bumi. Pengertian gaya coriolis ialah gaya semu yang muncul akibat pengaruh gerakan rotasi bumi dan gerakan udara nisbi terhadap permukaan bumi.

Adanya gaya coriolis ini berdampak pada beberapa fenomena, seperti adanya pembelokan arah angin atau arus laut.Angin menjadi tidak searah dengan gaya gradien tekanan dan tidak tegak lurus isobar. Gaya ini juga di akibatkan adanya aliran gyre yang searah jarum jam pada belahan bumi utara dan berlawanan dengan arah jarum jam di belahan bumi selatan.

 

 

Manfaat Rotasi Bumi

Berbagai macam aktivitas benda- benda langit yang terjadi menimbulkan banyak sekali dampak. Tidak hanya revolusi bumi saja namun juga rotasi bumi. Seperti yang kita telah ketahui sebelumnya, bahwa rotasi bumi menimbulkan banyak sekali dampak yang dapat dirasakan oleh manusia di bumi. Dengan mengetahui dampak- dampak yang telah disebutkan tersebut, maka kita dapat mengetahui apa saja manfaat dari rotasi bumi. Manfaat berarti sesuatu yang bernilai posotif, maka dari itulah manfaat rotasi bumi adalah sama saja dengan akibat positof dari bumi. Beberapa manfaat yang bisa kita rasakan dari adanya rotasi bumi antara lain adalah sebagai berikut:

 

1. Adanya pergantian siang dan malam

Dari dampak- dampak atau akibat dari rotasi bumi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kita melihat salah satu manfaat dari rotasi bumi ialah adanya pergantian siang dan malam. Kita semua mengetahui bahwa manusia adalah makhluk yang terstruktur dengan akalnya yang sempurna dibandingkan dengan makhluk yang lainnya. Maka dari itulah manusia selalu memiliki cara untuk menghabiskan waktu mereka. Dalam melakukan berbagai aktivitas yang bertujuan memanfaatkan waktu, manusia mengenal yang namanya yaitu manajemen waktu. Dalam manajemen waktu, yang paling dasar ialah pembagian waktu untuk bekerja dan beristirahat.

Waktu siang hari adalah waktu yang sangat tepat untuk melakukan berbagai aktivitas. Selain karena kita tidak memerlukan pencahayaan buatan, udara di siang hari cukup bagis untuk manusia dalam beraktivitas. sesudah beraktivitas, manusia memerlukan waktu untuk beristirahat sesudah selesai melakukan berbagai kegiatan, dan malam hari adalah pilihan yang tepat. Hal ini selain karena ketika malam hari penglihatan kita tidak dapat maksimal, udara juga tidak terlalu mendukung. Dengan adanya malam dan siang hari maka manusia dapat melakukan berbagai macam kegiatan dan beristirahat dengan porsi yang sangat cukup.

 

2. Adanya perbedaan waktu

selanjutnya yaitu terjadinya perbedaan waktu antara satu tempat dengan tempat yang lain. Mengapa perbedaan waktu disebut sebagai manfaat? Ya, karena hal ini secara tidak langsung berakibat pada berbagai hal. Hal- hal yang disebutkan, misalnya yaitu sistem komunikasi dan transportasi. Sistem komunikasi dunia memakai teknologi serba canggih. Sistem komunikasi tersebut akan bisa dipakai dengan maksimal dan kualitas bagus ketika penggunaannya bergiliran. jika tidak ada perbedaan waktu, maka semua wilayah di bumi mengalami siang hari dan malam hari bersamaan. Siang hari merupakan waktunya orang bekerja.

Ketika seluruh dunia memanfaatkan sistem informasi tersebut di jam sibuknya dalam waku bersamaan, semua pasti dapat membayangkan apa yang terjadi. Mungkin akan sering terjadi trouble karena over dalam pemakaian. Demikian halnya dengan transportasi. Bila semua wilayah siang hari, maka apa yang terjadi dengan jadwal penerbangan internasional? Hal ini benar- benar dapat membuat penjadwalan menjadi kacau balau.

 

3. Terjadinya gerak semu harian matahari

Manfaat yang selanjutnya yaitu adanya gerak semu harian matahari. Mengapa adanya gerak semu harian matahari dikatakan sebagai manfaat? Ya, tentu saja karena hal ini dapat dijadikan patokan dalam penentuan waktu harian. Sebelum adanya jam, penentuan waktu memakai posisi matahari dan juga bayangan benda. Bila bayangan benda lebih panjang, maka hal ini menandakan bahwa malam akan segera tiba. salah satu yang paling membutuhkan kejelasan waktu ialah orang Islam. Hal ini karena muslim melakukan kegiatan ibadah lima kali sehari dalam waktu- waktu yang sudah ditentukan.

Jika seorang muslim tidak mengetahui tentang waktu, bagaimana ia akan menjalankan ibadahnya. Dia tentu saja akan sangat kesulitan dalam menentukan apakah sudah masuk waktu sholat atau sudah berakhirkah waktu sholat tersebut. Peggunaan posisi matahari dan bayangan benda dalam menentukan waktu sholat sudah dilakukan sejak zaman Rasulullah Muhammad SAW. Nabi Muhammad lah yang mengajarkan tentang waktu- waktu sholat dan cara membacanya melalui sinar matahari dan bayangan benda.

 

Itulah ulasan tentang √ Rotasi Bumi : Pengertian, Kecepatan & Akibat Serta Gambarnya Secara Lengkap, Semoga apa yang diulas diatas ilmu nya bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terimakasih.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya  :

Baca Juga :  √ Akibat Revolusi Bumi : Pengertian, Proses & Manfaatnya Lengkap
Baca Juga :  √ Satelit : Pengertian, Macam, Fungsi, Cara Kerja & Contohnya Lengkap
Baca Juga :  √ Matahari : Pengertian, manfaat & Struktur Lapisannya Lengkap
Baca Juga :  Teori Pembentukan Bumi Menurut Para Ahli
Baca Juga :  Pengertian, Jenis, dan Dampak Gempa Bumi Lengkap