Ruang Lingkup Geografi

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Di dalam mempelajari ilmu geografi kita harus memahami dasar dasar yang dipelajari dari ilmu geografi. salah satu dasar nya yaitu ruang lingkup geografi. oleh karena itu kita harus memahami apa saja ruang lingkup geografi. Untuk lebih jelasnya lagi simak ulasan dibawah berikut ini

√ Ruang Lingkup Geografi : Pengertian, Macam & Penjelasannya [ LENGKAP ]


Pengertian Ruang Lingkup Geografi

Ruang lingkup geografi meliputi seluruh fenomena geosfer. Dalam ruang lingkup geografi akan diketahui objek-objek kajian dan ilmu bantu serta cabang ilmu yang digunakan dalam study geografi. untuk mengetahui ruang lingkup geografi dibedakan menjadi 3, yaitu objek geografi, ilmu penunjang geografi, dan cabang ilmu geografi.

Menurut Rhoad Murphey ruang lingkup geografi sebagai berikut. (1) distribusi dan hubungan timbal balik antara manusia di permukaan bumi dengan aspek-aspek keruangan permukiman penduduk dan kegunaan dari bumi. (2) hubungan timbal balik antara masyarakat dengan lingkungan fisiknya sebagai bagian studi perbedaan area. (3) kerangka kerja regional dan analisis wilayah secara spesifik.


Macam – Macam Ruang Lingkup Geografi

untuk mengetahui ruang lingkup geografi dibedakan menjadi 3, yaitu objek geografi, ilmu penunjang geografi, dan cabang ilmu geografi. Simak ulasan dibawah berikut ini :

1. Objek Geografi

Objek geografi adalah bumi dengan segala isi dan aktivitas nya. jika dikaji lebih mendalam, objek geografi dibedakan sebagai berikut :

  • Objek matrial, adalah fenomena geosfer yang meliputi biosfer, atmosfer, litosfer, hidrosfer, dan antroposfer. dalam kajian ini manusia merupakan agen yang memiliki peran penting dalam menjaga kelangsungan kehidupan dilapisan biosfer.
  • Objek formal, yaitu cara pandang dan cara fikir terhadap gejala yang ada dimuka bumi. Cara pandang dan pikir tersebut dilihat segi keruangan, kelingkungan, kompleks wilayah, dan waktu. Tema paling mendasar dalam kajian objek formal adalah wilayah (region), yaitu kesatuan daerah yang menunjukan karakteristik tertentu atau ciri khas yang dapat dibedakan dengan daerah lain.

2. Ilmu Penunjang Geografi

Geografi sebagai salah satu disiplin ilmu tidak dapat dipisahkan dengan disiplin ilmu lain. Geografi dapat dikatakan sebagai jembatan ilmu pengetahuan karena menghubungkan ilmu-ilmu alam dan ilmu-ilmu sosial dan budaya. Ilmu geografi mempelajari hal-hal yang bersifat eksak, dan sosial, yaitu sebagai berikut :

  • Dilihat dari kajian secara eksak, yaitu banjir dan tanah longsor dipengaruhi oleh bentuk topografi suatu wilayah serta kondisi cuaca dan iklim nya.
  • Dilihat dari kajian sosial dan budaya, kegiatan pengolahan tanah oleh penduduk pada lahan miring tanpa terasering menyebabkan tanah mudah longsor, pada saat musim hujan.

3. Cabang Ilmu Geografi

Integrasi geografi dan ilmu penunjang nya mendasari pembagian geografi menjadi 3 cabang ilmu, yaitu sebagai berikut :

  • Geografi fisik mempelajari kenampakan fisik, yang meliputi atmosfer, litosfer, hidrosfer, dan biosfer dengan segala proses dan perubahannya. Cabang ilmu geografi sebagai berikut, geologi, geomorfologi, biogeografi, hidrologi, oseanografi, dan meteorlogi.
  • Geografi Manusia, mempelajari manusia dan aktivitas nya dalam suatu ruang. cabang ilmu geografi manusia adalah, geografi ekonomi, geografi politik, dan geografi penduduk.
  • Geografi teknik, mempelajari cara memvisualisasikan dan menganalisis informasi geografis dalam bentuk peta, diagram, dan citra pengindreaan jauh. Cabang ilmu geografi teknik sebagai berikut, Kartografi, pengindreaan jauh, dan sistem informasi geografis.

Itulah penjelasan tentang Ruang Lingkup Geografi . Semoga Apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :