Materi Siklus Akuntansi

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Saat anda belajar tentang ilmu akuntansi, pasti anda akan menemukan tentang siklus akuntansi. Untuk memudahkan anda belajar tentang siklus akuntansi. Disini akan mengulas tentang siklus akuntansi. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut.

√ Siklus Akuntansi : Pengertian, Macam & Tahapannya [LENGKAP]


Pengertian Siklus Akuntansi

Siklus akuntansi ialah suatu proses penyusunan suatu laporan keuangan yang bisa dipertanggung jawabkan dan serta diterima secara umum pada prinsip-prinsip dan kaidah akuntansi, prosedur-prosedur, metode-metode, serta dalm teknik-teknik dari segala sesuatu yang dicakup dalam ruang lingkup akuntansi dalam suatu periode tertentu.


Pengertian Siklus Akuntansi Menurut Para Ahli

1. Indra Bastian (2007:76)

menurut Indra Bastian menyatakan bahwa siklus akuntansi ialah suatu sistematika pencatatan transaksi keuangan, peringkasannya dan pelaporan keuangan.


2. Abdul Halim (2007:43)

Menurut Abdul Halim menyatakan bahwa Siklus akuntansi ialah suatu tahapan yang ada dalam suatu sistem akuntansi.


3. Soemarso SR

Menurut Soemarso SR menyatakan bahwa Siklus akuntansi ialah suatu tahap-tahap kegiatan dalam suatu proses pencatatan dan pelaporan akuntansi mulai dari terjadinya suatu transaksi sampai dengan dibuatnya laporan keuangan.


4. Winwin Yadiati, Ilham Wahyudi

Menurut Winwin Yadiati, Ilham Wahyudi menyatakan bahwa Siklus akuntansi ialah suatu tahapan-tahapan dalam mencatat sebuah transaksi bisnis hingga menghasilkan sebuah laporan keuangan bagi suatu organisasi dalam periode tertentu.


5. Achmad Tjahyono

Siklus akuntansi menurut Achmad Tjahyono, Sulastiningsih menyatakan bahwa Siklus Akuntansi ialah suatu langkah-langkah dalam akuntansi formal dimulai dari sebuah analisis terhadap transaksi bisnis, mencatat dalam buku jurnal, dan diakhiri dengan suatu penyusunan daftar saldo setelah penutupan.


Macam-Macam Siklus Akuntansi

1. Siklus Pendapatan

Siklus pendapatan mencakup sebuah transaksi penjualan dan transaksi penerimaan tunai. Dalam sebuah transaksi penjualan, pesanan barang atau jasa daripelanggan menghasilkan faktur penjualan, yang kemudian pesanan dikirim kepada pelanggan. Dalam sebuah transaksi penerimaan tunai, uang atau cek diterima dari pelanggan. Jika penjualan dilakukan dengan secara kredit, nilai dalam penjualan dimasukkan ke dalam pos piutang, sampai dengan pembayaran diterima.


2. Siklus Pengeluaran

Siklus pengeluaran merupakan mencakup sebuah transaksi pembelian dan transaksi pngeluaran tunai. Siklus dalam pembelian meliputi dari pemerolehan suatu sumber daya atau jasa, yang seperti barang dagangan, komponen suku cadang, bahan pembantu, dan rekening telepon. Dalam sebuah transaksi pengeluaran tunai cek disiapkan dan dikirimkan kepada sebuah pemasok. Jika pembelian dilakukan dengan secara kredit, nilai pembelian dimasukkan ke dalam sebuah rekening hutang, sampai dengan pembayaran dilakukan.


3. Siklus Pelaporan Buku Besar dan Keuangan

Siklus Pelaporan Buku Besar dan Keuangan tidak hanya mempunyai untuk memproses suatu transaksi-transaksi secara individual, tetapi menerima arus dari berbagai sebuah sistem pemrosesan transaksi dan kemudian akan menghasilkan keluaran secara berkala. Namun, untuk menghasilkan suatu keluaran yang seharusnya atau yang benar menurut dalam kaidah akuntansi, maka pada setiap akhir periode perlu dilakukan suatu penyesuaian atas beberapa transaksi.


4. Siklus Manajemen Sumberdaya

Siklus Manajemen Sumberdaya ini meliputi suatu peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan pemanfaatan sumberdaya fisik oleh sebuah perusahaan, yaitu :

  • pemerolehan, investasi, dan pengeluaran dana.
  • pemerolehan, pemeliharaan, dan penjualan fasilitas atau aktiva tetap.
  • pemerolehan, penyimpanan, dan penjualan barang dagangan.
  • Dalam pemerolehan, pemeliharaan, dan pembayaran tenaga kerja (manajer, karyawan, dan jasa dari luar).

5. Siklus Penggajian

Siklus penggajian dan personalia meliputi penggunaan tenaga kerja dan pembayaran kesemua pegawai, tanpa memperhatikan sebuah klasifikasi atau metode penentuan kompensasi. Pegawai bisa berupa dari eksekutif dengan gaji tetap ditambah dengan bonus, pekerja kantor berdasarkan dari gaji bulanan dengan atau tanpa lembur, wiraniaga berdasarkan dari komisi, buruh pabrik dan pegawai serikat pekerja dibayar berdasarkan dari jam.Siklus penggajian dan pada penggajian personalia meliputi semua bentuk kompensasi yang diberikan kepada seluruh kegiatan tenaga kerja yang dipekerjakan oleh perusahaan. Rekening-rekening yang terbentuk dalam siklus ini antara lain, yaitu :

  • Dari Kompensasi pokok (yang meliputi gaji, upah, insentip, dan macam-macam tunjangan karyawan )
  • Dari suatu Pajak atas gaji/upah karyawan
  • Dari suatu Biaya tenaga kerja langsung (biaya overhead pabrik)
  • Dari suatu Biaya tenaga kerja langsung
  • Dari suatu Utang atas gaji/upah karyawan
  • Dari suatu Gaji dibayar dimuka (uang muka gaji

6. Siklus Produksi

Siklus Produksi ialah suatu rangkaian aktivitas bisnis dan sebuah operasi pemrosesan data terkait yang terus terjadi yang berkaitan dengan suatu pembuatan produk.

Aktivitas-Aktivitas Siklus Produksi

Dalam Informasi akuntansi biaya yang akurat dan tepat waktu ialah input yang paling penting dalam suatu keputusan mengenai hal-hal berikut ini :

  • Dalam Bauran produk
  • Dalam penetapan harga produk
  • Dalam alokasi dan perencanaan sumber daya (contoh apakah membuat atau membeli)
  • Dalam Manajemen Biaya

Tahapan Siklus Akuntansi

  • Tahap Pencatatan Bukti Transaksi Keuangan
  • Tahap Membuat Ikhtisar Laporan Keuangan
  • Tahap Membuat Laporan Keuangan atau Financial Statements

1. Tahap Pencatatan Bukti Transaksi Keuangan

Suatu proses dalam mengumpulkan dan mencatat bukti atas sebuah transaksi yang telah disetujui oleh sebuah perusahaan dan disusun ke dalam sebuah buku harian atau Jurnal Umum, yang memindah bukukan atau posting dari jurnal umum yang berdasarkan kelompok akun atau Chart of Account atau jenisnya ke dalam suatu akun Buku Besar dan Buku Pembantu (Sub Ledger).


2. Tahap Membuat Ikhtisar Laporan Keuangan

Dalam tahapan ini Penyusunan neraca saldonya (Trial Balance) berdasarkan dari sebuah data dari akun akun buku besar. Pembuatan pada ayat jurnal penyesuaian (Adjustment Entries). Penyusunan pada lembar kertas kerja (Work Sheets) atau dalam sebuah neraca lajur. Dan dalam pembuatan ayat Jurnal penutup (Closing Entries).


3. Tahap Membuat Laporan Keuangan atau Financial Statements

Laporan Keuangan perusahaan terdiri dari:

  • Laporan Neraca (Balance Sheets), ialah suatu ihtisar laporan keuangan yang menunjukkan sebuah posisi Aktiva atau Assets, Hutang atau Liabilities, dan Modal atau Equity
  • Laporan Rugi Laba (Income Statements), yaitu suatu laporan keuangan dari suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode tertentu yang terdiri dari semua pendapatan dan beban yang sehingga menghasilkan nilai laba atau rugi.
  • Laporan Perubahan Modal (Equity Statements), ialah suatu ihtisar dari laporan keuangan yang mencatat suatu informasi yang mengenai perubahan modal, yang terdiri dari jumlah Modal disetor awal (Capital Stock), tambahan modal disetor (Paid-in Capital), Saldo Laba Periode Berjalan (Current Earning), dan Saldo Laba Ditahan (Reatained Earning)
  • Laporan Arus Kas (Cash Flow Statements), ialah suatu bagian dari laporan keuangan pada perusahaan yang dihasilkan dari suatu periode akuntansi yang terdiri dari suatu aliran dana kas masuk dan keluar, yang biasanya dikelompokkan berdasarkan dari Arus Kas dari Aktivitas Operasi, Aktivitas Investasi, dan Aktivitas Pendanaan.
  • Catatan atas Laporan Keuangan. ialah suatu laporan tambahan catatan sebuah informasi yang lebih terperinci yang mengenai akun tertentu serta memberikan suatu penilaian yang lebih komprehensif dari kondisi laporan keuangan pada perusahaan.

Didalam sebuah perusahaan pasti akan membutuhkan yang namanya laporan keuangan. agar terjaga kestabilan keuangan perusahaan.


Itulah ulasan tentang √ Siklus Akuntansi : Pengertian, Macam & Tahapannya Lengkap, Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :