√ Tenaga Eksogen : Pengertian, Jenis & Contohnya Lengkap

Diposting pada

√ Tenaga Eksogen : Pengertian, Jenis & Contohnya Lengkap


SeputarIlmu.Com – Pantai yang sering kita kunjungi untuk rekreasi umumnya landai dan banyak pasir. Bentuk Pantai ada yang curam. Pantai yang landai dan curam terbentuk karena kekuatan Gelomang Laut. Gelombang laut mengikis tepi pantai sehingga terbentuk pantai curam. Sementara itu, gelombang laut yang megendapkan material hasil pengikisan membentuk pantai landai. Untuk lebih jelas nya mari simak ulasan dibawah berikut.

√ Tenaga Eksogen : Pengertian, Jenis & Contohnya [LENGKAP]


Pengertian Tenaga Eksogen

Tenaga eksogen merupakan berasal dari atmosfer air, dan organisme. Perombakan muka bumi oleh tenaga oksigen berupa pelapukan (weathering), pengikisan (erosian), dan pengendapan (sediementation).


Macam – Macam Tenaga Eksogen

1.Pelapukan

Pelapukan merupakan sebagi proses penghancuran batuan dari bentuk gumpalan menjadi butiran lebih kecil. Pelapukan batuan melalui proses penglupasan batuan oleh tenaga eksogen. Di daerah tropis suhu dan air sangat dominan mempengaruhi pelapukan batuan. Pelapukan dibedakan menjadi 3 yaitu :

  • Pelapukan Mekanis
  • Pelapukan Kimiawai
  • Pelapukan Biologis

2. Erosi

Erosi adalah proses pengikisan batuan oleh air, angin, dan gletser. Air hujan mampu mengikis tanah, air sungai yang mengalir dapat mengikis bagian tepi dan dasar sungai. Gelombang laut dapat mengikis tebing dan batu karang sedikit demi sedikit ditepi pantai. Pengikisan batuan oleh air laut disebut abrasi. Erosi dibedakan menjadi 2 yaitu :

  • Pengikisan oleh air
  • Pengikisan oleh gelombang

3. Sedimentasi

Baca Juga :  √ SEO : Pengertian, Jenis, Tujuan, Manfaat, Cara Kerja dan Indikator Terlengkap

Sedimentasi merupakan peristiwa-peristiwa pengendapan material batuan yang diangkut oleh tenaga air atau angin. Setelah batuan terkikis, hasil pengikisan terbawa aliran air sungai, danau, dan akhir nya sampai di laut. Pada saat kekuatan pengangkut berkurang atau melemah, material hasil pengikisan diendapkan. Pengendapan bisa berlangsung di sungai, danau, dan dilaut. Sedimentasi diebdakan menjadi 3 yatu :

  • Sediemen Fluvial
  • Sediemen Limnis
  • Sediemen Marin

Itulah ulasan dari √ Tenaga Eksogen : Pengertian, Jenis & Contohnya Lengkap, semoga bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terimakasih.