√ Tindakan Ekonomi : Pengertian, Tujuan, Pelaku, Ciri, Macam & Contohnya Lengkap

Diposting pada

√ Tindakan Ekonomi : Pengertian, Tujuan, Pelaku, Ciri, Macam & Contohnya Lengkap

 

 

SeputarIlmu.Com – Ekonomi ialah ilmu yang menjelaskan tentang hubungan antar sesama manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap suatu barang dan jasa. Istilah ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos yang artinya keluarga, rumah tangga dan kata nomos yang artinya peraturan, aturan, hukum. Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga. Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom yaitu orang yang menggunakan konsep ekonomi, dan data dalam bekerja.

 

√ Tindakan Ekonomi : Pengertian, Tujuan, Pelaku, Ciri, Macam & Contohnya [ LENGKAP ]

 


Pengertian Tindakan Ekonomi

tindakan ekonomi ialah suatu tindakan manusia yang didorong oleh usaha memenuhi suatu kebutuhan fisik untuk mencapai suatu kemakmuran. Dikatakan sebagai tindakan ekonomi jika tindakan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan antara pengorbanan dan hasil serta bisa melakukan pilihan yang tepat dalam memenuhi sebuah kebutuhan mana yang harus didahulukan dan yang sesuai dengan kemampuannya.

 


Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

1. J.S

Menurut J.S menyatakan bahwa ekonomi ialah salah satu jenis sains praktikal tentang pengeluaran dan penagihan.

 

2. Adam Smith

menurut Adam Smith menyatakan bahwa ekonomi sebuah penyelidikan yang berhubungan dengan suatu keadaan dan sebab adanya sebuah kekayaan negara.

 

3. Abraham Maslow

Menurut Abraham Maslow menyatakan bahwa salah satu bidang ilmu yang mencoba untuk menyelesaikan suatu permasalahan kebutuhan manusia melalui penggembelengan semua sumber ekonomi yang ada dengan atas dasar pada teori dan prinsip dalam sebuah sistem ekonomi yang dianggap efisien dan efektif.

 

4. Hermawan Kartajaya

Menurut Hermawan Kartajaya menyatakan bahwa ekonomi ialah suatu platform yang dimana sektor industri berada diatasnya

 

5. Prof. Paul Anthony Samuelson

Menurut Prof. Paul Anthony Samuelson menyatakan bahwa ekonomi ialah suatu studi mengenai manusia dalam suatu aktivitas hidup mereka dalam sehari-hari untuk memperoleh dan menikmati sebuah kehidupan itu.

 

6. Case dan Fair

Menurut Case dan Fair menyatakan bahwa sebuah studi mengenai bagaimana masyarakat dan individu itu mengambil suatu pilihan dalam menggunakan segala sumber daya yang langka pada apa yang telah disediakan oleh suatu alam dan generasi yang sudah ada sebulumnya.

 

7. Alfred Marshall

Menurut Alfred Marshall menyatakan bahwa suatu ilmu yang mempelajari tentang segala kehidupan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

 

8. Von Neumann dan Mogenstern

Menurut Von Neumann dan Mogenstern menyatakan bahwa suatu disiplin ilmu yang sayang sekali jika tidak diperlakukan secara tidak ilmiah karena seluruh tokohnya telah sibuk untuk mengurusi berbagai solusi agar bisa menghadapi segala masalah yang mendesak pada zaman itu.

 

9. M. Manullang

Menurut M. Manullang menyatakan bahwa suatu studi yang mempelajari suatu aktivitas masyarakat dalam berupaya untuk mencapai segala kemakmuran yang dimana kemakmuran itu suatu kondisi dimana manusia bisa memenuhi suatu kebutuhannya, baik yang berupa jasa maupun barang.

 

10. Lipsey

Menurut Lipsey menyatakan bahwa ekonomi ialah suatu studi yang mengenai pemanfaatan segala sumber daya yang langka dalam untuk memenuhi setiap kebutuhan manusia yang tidak pernah ujungnya atau tidak terbatas.

 


Tujuan Tindakan ekonomi

Untuk memenuhi suatu kebutuhan hidup harus mempunyai tindakan ekonomi agar bertujuan yaitu sebagai berikut :

  • Dapat menentukan barang atau jasa sebagai alat pemenuh kebutuhan
  • Dapat memebedakan kualitas barang atau jasa
  • Dapat memnentukan barang atau jasa yang harus dipenuhi terlebih dahulu
  • Dapat memperkirakan untung dan rugi.

 


Pelaku Tindakan Ekonomi

Pelaku tindakan ekonomi dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu :

  • Tindakan Dalam Ekonomi Perorangan yaitu sebuah tindakan ekonomi yang dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi sebuah kebutuhan sebagai mahluk ekonomi tanpa lupa bahwa ia mahluk sosial.
  • Tindakan Dalam Ekonomi Lembaga Masyarakat yaitu sebuah tindakan ekonomi yang dilakukan oleh berbagai bentuk organisasi kemasyarakatan baik itu perkumpulan, perusahaan, yayasan ataupun yang lainnya.
  • Tindakan Dalam Ekonomi Pemerintah yaitu sebuah tindakan ekonomi yang dilakukan oleh lembaga pemerintah atau lembaga negara guna memenuhi kebutuhan negara dan juga rakyat.
  • Tindakan Dalam Ekonomi Antarnegara yaitu sebuah tindakan ekonomi yang dilakukan antar 2 negara atau lebih dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan warga negara dan bangsa yang bersangkutan.

 


Macam – Macam Tindakan Ekonomi

1. Tindakan Ekonomi Rasional

Tindakan ekonomi rasional ialah setiap suatu tindakan manusia yang dilandasi atas dasar suatu pilihan yang paling baik dan paling menguntungkan. Dengan demikian manusia bisa meningkatkan kehidupan ekonominya.

Kata rasional memiliki arti pikiran atau pertimbangan yang logis atau masuk akal. Tindakan yang rasional diperlukan oleh manusia baik dalam suatu kehidupan sehari-hari ataupun dalam melakukan usaha. Berdasarkan pertimbangan untung rugi, manusia bisa meningkatkan kehidupan ekonominya. Pertimbangan yang rasional dimulai dari suatu hal yang kecil sampai hal yang besar.

Ciri-ciri tindakan ekonomi yang rasional adalah sebagai berikut.

  • Untuk memperoleh suatu kepuasan maksimal dengan pengorbanan yang minimal. Hal itu dalam sebuah ilmu ekonomi dinamakan suatu prinsip ekonomi.
  • Tindakan ekonomi harus didorong oleh suatu kepentingan. Dorongan semacam itu dalam suatu ilmu ekonomi dinamakan dengan motif ekonomi.

Contohnya :

Ari harus membeli pakain seragam sekolah dan baju baru, tetapi ari hanya mempunyai uang yang cukup hanya untuk membeli satu pakaian. Melalui pertimbangan yang sangat matang, akhirnya Ari memutuskan untuk membeli seragam sekolah karena prioritasnya yang lebih penting daripada untuk membeli baju baru yang masih bisa diganti dengan baju yang lama.

 

2. Tindakan Ekonomi Irasional

Tindakan ekonomi irasional yaitu setiap tindakan manusia yang dimana menurut perkiraan akan lebih menguntungkan tetapi dalam kenyatan nya justru merugikan. Seseorang yang bertindak irasional biasanya tidak mempertimbangkan factor biaya, waktu, dan tenaga yang dikeluarkan.

Contohnya :

ibu membeli beras dipasar yang jaraknya lebih jauh dengan alasan harga berasnya lebih murah, padahal jika dihitung total ongkos yang dikeluarkan adalah sama atau bahkan lebih mahal.

 

Itulah ulasan tentang √ Tindakan Ekonomi : Pengertian, Tujuan, Pelaku, Ciri, Macam & Contohnya [ LENGKAP ]. Semoga apa yang diulas diatas bermnafaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Baca Juga :  √ Prinsip Ekonomi : Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Contohnya Lengkap
Baca Juga :  √ Motif Ekonomi : Pengertian, Tujuan, Macam & Contohnya Lengkap
Baca Juga :  √ Lembaga Ekonomi : Pengertian, Ciri, Unsur, Fungsi, Tujuan & Contohnya Lengkap
Baca Juga :  √ Sistem Ekonomi : Pengertian, Fungsi, Macam, Ciri, Dampak & Contohnya Lengkap
Baca Juga :  √ Pasar : Pengertian, Ciri, Struktur, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap