Vitamin Adalah

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Vitamin ?? vitamin sangat diperlukan manusia, karena vitamin mempunyai banyak manfaat untuk tubuh manusia. Pada kesempatan sebelumnya sudah membahas tentang protein, dan karbohidrat. Pada kesempatan kali ini akan mengulas tentang pengertian vitamin, macam-macam vitamin, dan beserta sumber vitamin. Untuk itu marilah simak ulasan dibawah berikut.

√ Vitamin : Pengertian, Jenis, Fungsi, Sumber & Akibat Kekurangannya Lengkap


Pengertian Vitamin

Vitamin adalah adalah sebuah zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia yang mempunyai fungsi untuk mambantu pengaturan atau suatu sebuah proses kegiatan tubuh. Tanpa vitamin, manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya tidak akan bisa melakukan suatu aktifitas hidup dan kekurangan vitamin bisa mengakibatkan memperbesar sebuah peluang terkena penyakit pada tubuh kita.

Vitamin didefinisikan sebagai suatu zat gizi yang dibutuhkan pada sebuah tubuh dalam jumlah kecil dan harus didatangkan dari luar, karena tidak bisa disintesa didalam tubuh. Vitamin ialah suatu zat organik yang harus diperoleh suatu organisme dari lingkungannya. Walaupun jumlah yang dibutuhkan sangat kecil, tapi vitamin sangat esensial bagi suatu proses metabolisme yang normal.


Jenis-Jenis Vitamin

Berdasarkan pelarutnya, vitamin dibagi menjadi dua macam yaitu: vitamin yang larut dalam air, dan vitamin yang larut dalam lemak yaitu sebagai berikut :

1. Vitamin Yang Larut Dalam Air

A. Vitamin B

Ada beberapa kelompok golongan didalam Vitamin B (B Komplek) dan secara umum manfaat vitamin B mempunyai peranan yang sangat penting dalam sebuah metabolisme tubuh, terutama dalam hal pelepasan sebuah energi saat kita melakukan suatu aktivitas. peranan Vitamin B di dalam tubuh sebagai suatu senyawa koenzim yang bisa meningkatkan sebuah laju reaksi metabolisme tubuh terhadap berbagai jenis sumber energi. Selain itu beberapa jenis-jenis vitamin B ini juga berperan dalam suatu pembentukan sel darah merah Sumber vitamin B yang berasal dari susu, gandum, ikan, dan sayur-sayuran hijau. Adapun jenis dan kelompok golongan Vitamin B ialah sebagai berikut

⇒. Vitamin B1
Nama lain Dari Vitamin B1 ialah Tiamin Hidroklorida –> salah satu jenis vitamin ini mempunyai peranan penting dalam menjaga suatu kesehatan kulit dan membantu suatu proses pembakaran karbohidrat menjadi energi, untuk membantu suatu proses metabolisme protein dan lemak dan masih banyak lagi fungsi Vitamin B1 lainnya.

Akibat kekurangan vitamin B1

  • Akibatnya berbagai gangguan pada kulit, misalnya kulit kering dan bersisik.
  • Akibatnya tubuh bisa mengalami penyakit beri-beri
  • Mengakibatkan sebuah gangguan fungsi saluran pencernaan, jantung, dan sistem saraf.

Sumber Vitamin B1
Jenis-jenis makanan yang banyak mengandung Vitamin B1 yaitu gandum, nasi, daging (hati), susu, telur, dan kacang-kacangan.

⇒. Vitamin B2
Nama lain dari Vitamin B2 ialah Riboflavin. Fungsi dari vitamin B2 di dalam tubuh yaitu mempunyai peranan penting dalam suatu metabolisme. vitamin B2 mempunyai peran sebagai komponen Koenzim Flavin Mononukleotida dan Flavin Adenine Dinukleotida. Pada kedua enzim ini mempunyai peranan penting dalam sebuah regenerasi energi bagi tubuh, dan oxsidasi asam lemak dan juga mempunyai peranan dalam suatu pembentukan sel darah merah serta untuk menyokong pertumbuhan berbagai organ tubuh, seperti kulit, rambut, dan kuku.

Sumber Vitamin B2
Jenis makanan yang dapat menjadi sumber vitamin B2 yaitu antara lain sayur-sayuran segar, kacang kedelai, kuning telur, dan susu.

Akibat Kekurangan vitamin B2

  • Mengakibatkan pada daya tahan tubuh menurun
  • Mengakibatkan kulit kering dan bersisik
  • Mengakibatkan mulut kering
  • Mengakibatkan bibir pecah-pecah.

⇒. Vitamin B3

Nama lain Vitamin B3 ialah Niasin. Vitamin B3 memiliki fungsi dan berperan penting dalam suatu metabolisme karbohidrat, lemak dan protein untuk menghasilkan suatu energi. vitamin B3 mempunyai peran besar dalam menjaga suatu kadar gula darah, tekanan darah tinggi dan penyembuhan migrain. selain itu jenis vitamin ini juga ikut terlibat dalam suatu mentralisir racun/ keracunan tubuh.

Sumber Vitamin B3

Jenis makanan yang mempunyai vitamin B3 yaitu antara lain daging hewani seperti hati, ginjal, ikan dan daging unggas. sumber vitamin lainnya dari jenis makanan yang lainnya antara lain pada gandum dan kentang manis.

Akibat Kekurangan Vitamin B3

  • Dampak dari kekurangan vitamin B3 bisa mengakibatkan kekejangan
  • Mengakibatkan keram otot pada tubuh
  • Mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan
  • Menyebabkan muntah-muntah dan mual

⇒. Vitamin B5

Nama lain Vitamin B5 ialah sebuah asam pantotenat. Fungsi vitamin B5 yaitu antara lain berperan dalam sebuah reaksi Enzim di dalam tubuh dan suatu reaksi pemecahan nutrisi makanan. selain itu fungsi lain dari vitamin ini ialah untuk sebagai neurotransmiter antara sebuah sistem saraf pusat dan otak serta untuk membantu memproduksi senyawa asam lemak dan hormon tubuh.

Sumber Vitamin B5

Jenis Makanan yang mempunyai vitamin B5 yaitu pada hewani, mulai dari daging, susu, ginjal, dan hati, dan pada makanan nabati, seperti sayuran hijau dan kacang hijau.

Akibat Kekurangan Vitamin B5

  • Akibanya menyebabkan penyakit radang kulit
  • Mengakibatkan menurunnya nafsu makan
  • Mengakibatkan terjadinya insomnia

⇒ Vitamin B6

Nama lain Vitamin B6 ialah Piridoksin. Vitamin B6 ialah sebuah vitamin yang esensial bagi suatu pertumbuhan tubuh, selain itu vitamin B6 memunyai fungsi lainnya yaitu sebagai sintesis energi dan juga mempunyai peran dalam sebuah metabolisme nutrisi serta untuk memproduksi antibodi sebagai sebuah sistem pertahanan tubuh (imun).

Sumber Vitamin B6

Jenis makanan yang menghasilkan vitamin B6 terdapat pada jenis makanan beras, jagung, kacang-kacangan, daging, dan ikan

Akibat Kekurangan Vitamin B6

Mengakibatkan terjadinya penyakit pelagra & sulit dalam buang air besar

⇒ Vitamin B12

Nama lain dari Vitamin B12 ialah Kobalamin –> Vitamin jenis yang satu ini Khusus hanya ada pada hewan dan tidak ditemukan pada tanaman atau tumbuh-tumbuhan. vitamin ini mempunyai fungsi dalam berperan dalam metabolisme energi tubuh, dan ikut menjaga dan memelihara kesehatan sebuah sel saraf, serta ikut berperan dalam sebuah pembentukan molekul DNA dan RNA.

Sumber Vitamin B12

Jenis makanan yang menghasilkan vitamin B12 terdapat pada Telur, hati, dan daging yang merupakan sumber makanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12.

Akibat Kekurangan vitamin B12

Dapat mengakibatkan suatu penyakit Anemia atau kekurangan darah, dan mengakibatkan iritasi pada kulit dan mudah lelah.


B. Vitamin C

Nama lain Vitamin C ialah asam askorbat. Manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh kita banyak sekali. salah satunya yaitu mempunyai peran sebagai senyawa pembentuk kolagen yang merupakan suatu protein penting penyusun jaringan kulit, sendi, tulang, dan jaringan penyokong organ lain. Selain itu Vitamin C adalah antioksidan alami yang dapat menangkal berbagai suatu radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita sehingga meminimalisir risiko terjadinya berbagai penyakit degenaratif, seperti kanker Servik, kanker payudara dan berbagai jenis penyakit degeneratif lainnya.

Selain itu, vitamin c juga mempunyai peran dalam menjaga kebugaran tubuh dan untuk mencegah penuaan diri,vitamin c juga sangat baik dan ber manfaat untuk kecantikan kulit dapat mencegah berbagai jenis penyakit dan infeksi.

Sumber Vitamin C

Jenis makanan yang mempunyai vitamin C terdapat pada buah-buahan yaitu seperti jeruk, tomat, semangka dan sayur-sayuran lainnya

  • Akibat Kekurangan vitamin C
  • Bisa mengakibatkan Gusi berdarah
  • Mengakibatkan nyeri pada persendian
  • Mengakibatkan kurangnya imunitas tubuh.

2. Vitamin Yang Larut Dalam Lemak

A. Vitamin A

Vitamin mempunyai fungsi untuk meningkatkan sebuah daya tahan tubuh terhadap penyakit dan pertumbuhan epitel serta untuk regenerasi rodopsin dalam retina.

Akibat Kekurangan vitamin A

Mengakibatkan rabun senja, kornea mata kering, kulit kaki bersisik, kulit pecah-pecah, pertumbuhan lambat dan pendarahan pada selaput lendir usus dan ginjal.

Sumber vitamin A

Jenis makanan yang mempunyai vitamin A berasal dari hati, minyak ikan, telur, susu, lemak hewani, dan sayuran berwarna kuning seperti wortel.


B. Vitamin D

Vitamin D ialah salah satu jenis vitamin yang paling mempengaruhi pada bagian tulang. Vitamin D mempunyai fungsi untuk mengatur suatu proses penulangan, mengatur kadar kapur dan fospor, absorpsi dan metabolisme kalsium. dan Juga berfungsi dalam memelihara otot dan kondisi saraf, menjaga fungsi hati, fertilisasi laki-laki, dan mencegah rusaknya darah merah.

Akibat Kekurangan vitamin D

  • Dapat mengakibatkan terjadinya suatu gangguan pada tulang, seperti penyakit rakitis (pembengkokan pada tulang kaki) dan tidak sempurna pada pertumbuhan pada tulangnya.
  • Dapat mengakibatkan gigi mudah mengalami kerusakan
  • Akan hilangnya unsur kalsium dan fosfor secara berlebihan di dalam tulang yang mengakibatkan rapuhnya suatu kekuatan tulang.

Sumber Vitamin D

Jenis makanan yang mempunyai vitamin D yaitu terdapat pada ikan, telur, susu, dan keju. sel kulit akan memproduksi Vitamin ini disaat terkena suatu cahaya matahari.


C. Vitamin E

Vitamin E mempunyai fungsi untuk sebagai anti oksidan alami dan untuk menjaga suatu kesehatan berbagai jaringan di dalam tubuh, mulai dari mata, sel darah merah, hati dan jaringan kulit, oleh karena itu Vitamin E bisa menghambat dan mencegah penuaan dini.

Sumber Vitamin E

Jenis makanan yang mengandung vitamin E yaitu terdapat pada ikan, ayam, kuning telur, ragi, dan minyak tumbuh-tumbuhan.

Akibat Kekurangan Vitamin E

Mengakibatkan gangguan kesehatan yang fatal bagi tubuh seperti kemandulan dan keguguran. Konsumsi vitamin E mempunyai peran yang sangat penting untuk tubuh,baik bagi pria maupun wanita, dan vitamin ini mempengaruhi suatu kehamilan


D. Vitamin K

Salah satu Jenis Vitamin yang larut dalam Lemak, Vitamin K mempunyai fungsi yaitu berperan dalam suatu pembekuan darah dan berpengaruh dalam terhadap penutupan luka.

Sumber Vitamin K

Jenis makanan yang mengandung vitamin K yaitu terdapat pada Sayur-sayuran hijau, brokoli, kol, hati, kacang polong dan buncis.

Akibat kekurangan Vitamin k

Akibatnya akan kesulitan pada suatu pembekuan darah saat terjadi luka atau pendarahan.


Vitamin mempunyai peranan yang sangat penting yang tidak kalah penting nya dengan organ didalam tubuh manusia, karena vitamin berfungsi untuk menjaga tubuh kita dari penyakit dan juga untuk menjaga tubuh kita agar selalu sehat. Itu lah penjelasan tentang √ Vitamin : Pengertian, Jenis, Fungsi, Sumber & Akibat Kekurangannya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca dan bagi yang membutuhkannya. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :