20+ Contoh Pamflet

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan Pamflet ? Jika kamu tidak mengetahuinya, kali ini dalam pembahasan yang satu ini kami akan mengulas lebih dalam lagi mengenai pamflet. Berikut adalah penjelasan terlengkapnya.


Pengertian Pamflet

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pamflet ini berarti surat selebaran. Pamflet adalah selebaran kertas yang berukuran tidak tebal yang di dalamnya berisi tentang suatu tulisan. Di dalam pamflet ini biasanya juga memuat gambar untuk menarik minat orang lain.

Pamflet juga berfungsi atau bertujuan sebagai alat menyampaikan suatu pesan atau informasi kepada pembaca mengenai sesuatu hal, misalnya menawarkan produk, sosialisasi kegiatan, pengumuman keagamaan, dan lain- lain.

Pamflet ini biasanya dibagikan oleh pihak pembuat pamflet atau ditempel di dinding, di pohon- pohon atau tempat umum lainnya yang menjadi pusat keramaian.

Penggunaan pamflet ini dinilai sangat efisien untuk melakukan suatu kegiatan promosi. Hal tersebut disebabkan karena dapat menghemat suatu anggaran pengeluaran dan mudah untuk dibuat. Menarik atau tidak suatu pamflet ini dapat bergantung dari keterampilan berbahasa yang dimiliki penulis atau pembuat pamflet.

Oleh sebab itu, pamflet harus dibuat semenarik mungkin suapaya dapat menarik minat pembaca.


Tujuan Pamflet

Adapun tujuan dari pamflet sendiri itu berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, tergantung pamflet jenis apa yang dibuat.

Misalnya pada pamflet tentang promosi, maka memiliki tujuan untuk memberikan informasi mengenai produk, berbeda dengan pamflet tentang agama, biasanya berisi tentang ilmu-ilmu agama.


Ciri – Ciri Pamflet

  • Menggunakan bahasa yang singkat, artinya suatu tulisan dalam pamflet memuat bahasa yang tidak bertele-tele atau mudah untuk dipahami pembaca.
  • Menggunakan bahasa persuasif, artinya suatu tulisan dalam pamflet bertujuan untuk memengaruhi pembaca agar mau melakukan hal seperti yang dimuat dalam pamflet, seperti membeli produk yang ditawarkan dalam pamflet.
  • Informasi yang ditulis di dalam suatu pamflet biasanya adalah informasi yang aktual atau berkaitan dengan hal yang baru (kekinian).
  • Muatan isi gambar dan pamflet jelas agar memudahkan pembaca untuk memahami maksud isi pamflet.

Ukuran Pamflet

  • Tempat : indoor,outdoor
  • Bahan : Art paper 120 gram
  • Warna : Full colour
  • Teknik penggarapan : Digital ptinting
  • Format : Vertikal
  • Ukuran : 14 x 21 cm

Cara Membuat Pamflet

  • Mulailah Cari Inspirasi.
  • Pilihlah Skema Warna.
  • Memahami Pesan.
  • Mengatur Layout dan Komposisi ukuran yang tepat.
  • Menentukan Fokus Utama.
  • Tulisan bisa dibaca.
  • Berikan Ruang Kosong.
  • Jangan Lupakan Tipografi.
  • Buat versi mini untuk Sosmed.

Jenis Pamflet

Pamflet terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya ialah sebagai berikut ini :

  1. Pamflet Politik yakni suatu pamflet yang berisi tentang suatu kegaiatan politik, misalnya pada kampanye yang bertujuan untuk mengajak pembaca memilih calon dalam suatu partai politi, seperti presiden, kepala daerah, DPR, lurah, dan sebagainya.
  2. Pamflet Niaga yakni suatu pamflet yang dibuat sebagai sarana perdagangan. Di dalamnya memuat produk- produk yang ditawarkan, yang biasanya disertai dengan iming-iming seperti diskon yang besar atau bonus- bonus menarik lainnya sehingga pembeli akan tertarik membeli produk yang ditawarkan dalam pamflet.
  3. Pamflet Pendidikan yakni suatu pamflet yang dibuat untuk memberikan informasi-informasi yang berkaitan tentang pendidikan, seperti pada seminar pendidikan, lomba pendidikan yang bisa diikuti siswa atau guru, dan lain- lain.
  4. Pamflet Kegiatan yakni suatu pamflet yang dibuat untuk menyampaikan informasi tentang suatu kegiatan yang ditujukan pembaca agar bersedia ikut serta dalam suatu kegiatan tersebut. Contoh kegiatan tersebut adalah suatu kegiatan keagamaan atau kegiatan seminar lainnya.

Contoh Pamflet

1. Contoh Pamflet Politik

contoh pamflet Politik

contoh pamflet Politik

Contoh Pamflet politik

contoh pamflet Politik

contoh pamflet Politik


2. Contoh Pamflet Niaga

Contoh Pamflet Niaga

Contoh Pamflet Niaga

Contoh Pamflet Niaga

Contoh Pamflet Niaga

Contoh Pamflet Niaga


3. Contoh Pamflet Pendidikan

Contoh Pamflet Pendidikan

Contoh Pamflet Pendidikan

Contoh Pamflet Pendidikan

Contoh Pamflet Pendidikan

Contoh Pamflet Pendidikan


4. Contoh Pamflet Kegiatan

Contoh Pamflet Kegiatan

Contoh Pamflet Kegiatan

Contoh Pamflet Kegiatan

Contoh Pamflet Kegiatan

Contoh Pamflet Kegiatan

Contoh Pamflet Kegiatan


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai 20+ Contoh Pamflet : Pengertian,Tujuan, Ciri, Jenis & Gambarnya Lengkap. Semoga bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan lebih dalam lagi untuk para pembaca. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :