√ Daftar Pustaka : Pengertian, Fungsi, Unsur, Syarat & Contohnya Lengkap

Diposting pada

√ Daftar Pustaka : Pengertian, Fungsi, Unsur, Syarat & Contohnya Lengkap

 

 

­SeputarIlmu.Com – Pada kali ini kita akan membahas mengenai suatu daftar pustaka. Tentu saja kita sering mendengar tentang daftar pustaka. Karena daftar pustaka ini digunakan ketika menyusun skripsi dan membuat karya ilmiah maupun karya tulis.

Untuk itu kita akan mulai pembahasan mengenai daftar pustaka supaya dapat membantu para pembaca yang ingin membuat suatu daftar pustaka maupun yang hanya ingin menambah ilmu serta wawasan mengenai daftar pustaka. Untuk itu mari langsung saja kita mulai pembahasannya seperti dibawah ini.

 

√ Daftar Pustaka : Pengertian, Fungsi, Unsur, Syarat & Contohnya [LENGKAP]

 


Pengertian Daftar Pustaka

Daftar pustaka ialah hal yang berisikan tentang sumber-sumber dari bacaan yang digunakan sebagai bahan acuan untuk menulis karya ilmiah. Atau pengertian daftar pustaka yang lainnya adalah suatu daftar yang berisikan judul buku, artikel maupun suatu bahan tulisan yang memiliki kaitan dengan karya ilmiah yang dibuat.

Pencantuman dari sebuah judul buku pada daftar pustaka dan pada akhir karya ilmiah yang sangat berkaitan erat dengan pengutipan tulisan pada buku.

Jika kita mengutip suatu informasi maupun teori yang digunakan untuk pembuatan karya ilmiah sehingga kita harus mencantumkan judul buku itu pada daftar pustaka. Kutipan ini bisa merupakan suatu pinjaman kalimat maupun pendapat seseorang.

Daftar pustaka sendiri ini dapat kita temukan di suatu laporan hasil penelitian, skripsi, makalah, tesis dan masih banyak yang lainnya. Daftar pustaka ini memiliki peranan yang sangat penting bagi karya ilmiah, dikarenakan jika sebuah karya ilmiah yang tidak mempunyai daftar pustaka maka akan diragukan tentang kebenarannya.

Para pembaca yang tertarik oleh suatu materi yang dibahas dalam suatu karya ilmiah tentu bisa dengan mudah untuk mengecek dan juga mempelajari materinya lebih dalam jika kita mencantumkan daftar pustaka.

 


Fungsi Daftar Pustaka

Daftar pustaka ini mempunyai beberapa fungsi, untuk lebih jelasnya agar dapat mengetahui apa saja fungsi dari daftar pustaka mari kita lanjutkan kembali pembahasannya sebagai berikut :

  • Agar dapat menunjukan bahwa suatu tulisan dan informasi dalam karya ilmiah bukanlah hasil dari pemikiran penulis sendiri melainkan dari hasil pemikiran orang lain juga.
  • Agar bisa memberikan sumber informasi yang ditulisnya agar nantinya bisa ditelusuri oleh para pembaca jika ingin mengetahui informasi maupun teori tersebut dengan lebih lengkap.
  • Agar bisa menghargai maupun memberikan suatu penghargaan pada penulis sumber informasi, sehingga karya ilmiah tersebut bisa terselesaikan.

 


Unsur Daftar Pustaka

Di dalam daftar pustaka ini juga mempunyai beberapa unsur di dalamnya, agar bisa mengetahui apa saja unsur dari suatu daftar pustaka ialah sebagai berikut :

  • Adanya nama penulis ataupun pengarang.
  • Mempunyai judul buku serta judul artikelnya.
  • Data publikasi buku ini meliputi tahun terbit, penerbit, tempat diterbitkan dan juga edisinya jika ada.

 


Syarat Penulis Daftar Pustaka

Adapun beberapa ketentuan serta aturan cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar yaitu sebagai berikut :

  • Bagi penulis yang menggunakan suatu marga atau keluarga, nama marga atau keluarganya ditulis terlebih dahulu, sedangkan untuk penulis yang tidak menggunakan nama marga atau keluarga, diawali dengan penulisan nama akhir atau belakang kecuali nama Cina.
  • Gelar kesarjanaan penulis tidak perlu dicantumkan dalam suatu daftar pustaka.
  • Judul buku harus dicetak miring atau digaris bawahi pada setiap kata, jadi tidak dibuat garis bawah yang bersambung sepanjang judul.
  • Baris pertama diketik mulai pada ketukan pertama sedangkan baris kedua dan seterusnya diketik mulai ketukan ke-7.
  • Jarak antara baris yang satu dengan baris berikutnya satu spasi.
  • Jarak antara sumber yang satu dengan sumber berikutnya dua spasi.

 


Contoh Daftar Pustaka

1. Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Internet :

Hatta M.2004. Yang Terlarang dalam Berkarier. http://www.sdmlink.com/page/artikel/?act/detil/aid/42

 

2. Contoh Daftar Pustaka dari Buku :

  • Buku ditulis Satu Orang

Christensen R.2006. Roadmap to Strategic HR – Turning A Great Idea into A Business Reality. New York : Amacom

 

  • Buku ditulis Dua Orang

Newman WH and E. Kirby Warren.1977. The Process of Management, Concept, Behaviour and Practice. New Delhi : Prentice Hall of India Private Ltd.

 

  • Buku ditulis Lebih dari Dua Orang

Ghiselli E. et al 1981. Measurement Theory for The Behavioral Sciences. San Francisco : WH. Freeman and Company.

 

Daftar pustaka sendiri merupakan salah satu hal yang diperlukan dalam suatu pembuatan skripsi, karya ilmiah dan masih banyak yang lainnya. Karena dengan adanya daftar pustaka ini karya ilmiah maupun karya tulis dan juga skripsi yang telah diselesaikan tidak diragukan.

 

Itulah penjelasan tentang √ Daftar Pustaka : Pengertian, Fungsi, Unsur, Syarat & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan serta wawasan yang luas lagi untuk para pembaca. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Baca Juga :  √ Makalah : Pengertian, Struktur, Unsur, Ciri, Jenis, Fungsi & Manfaatnya Lengkap

Baca Juga :  √ Karya Tulis Ilmiah : Pengertian, Karakteristik, Jenis, Manfaat dan Fungsi Terlengkap
Baca Juga :  √ Teks Laporan Hasil Observasi : Pengertian, Tujuan, Ciri, Sifat, Fungsi, Kaidah dan Struktur Terlengkap
Baca Juga :  √ Surat Tugas : Pengertian, Fungsi, Ciri, Contoh dan Bagian Terlengkap
Baca Juga :  √ Surat Kuasa : Pengertian, Fungsi, Unsur, Bagian, Ciri, Jenis & Contohnya Lengkap