Komunitas Adalah

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Berbicara mengenai komunitas, hal pertama yang muncul di benak anda adalah kelompok ataupun perkumpulan tertentu. Pasti komunitas memang merupakan salah satu bentuk suatu kelompok yang sengaja dibentuk dengan tujuan tertentu.

Pada dasarnya, hampir semua orang di dunia ini tergabung ke dalam suatu komunitas tertentu. Akan tetapi, dari sekian banyak orang yang tergabung ke dalam suatu komunitas, ternyata masih banyak orang yang tidak memahami arti kata komunitas yang sebenarnya.

Kebanyakan orang-orang ini biasanya merupakan orang yang tidak aktif di dalam suatu komunitas yang mereka ikuti. Lantas apa yang dimaksud komunitas itu? Berikut adalah penjelasan terlengkapnya.


Pengertian Komunitas

Komunitas adalah suatu kelompok sosial di suatu masyarakat yang terdiri dari beberapa individu yang saling berinteraksi di lingkungan tertentu dan umumnya memiliki suatu ketertarikan dan habitat yang sama.

Ada juga yang menyebutkan bahwa arti komunitas adalah suatu kelompok di dalam masyarakat, dimana para anggotanya ini memiliki kesamaan kriteria sosial sebagai ciri khas. Misalnya pada kesamaan minat, kesamaan profesi, kesamaan agama, kesamaan tempat tinggal, dan lain-lain.

Suatu komunitas ini terbentuk karena adanya keinginan dari para anggotanya untuk mencapai tujuan tertentu yang telah disepakati bersama. Selain itu, suatu komunitas juga bertujuan untuk saling memberikan bantuan sesama anggotanya sehingga dapat berkembang bersama-sama.


Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu komunitas, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli sebagai berikut ini :

1. Hendro Puspito

Komunitas adalah suatu kelompok sosial atau suatu kumpulan nyata, teratur, dan tetap dari individu-individu yang melaksanakan peran-perannya secara berkaitan guna mencapai tujuan bersama.


2. Soenarno

Komunitas adalah suatu identifikasi dan interaksi sosial yang dibentuk dengan berbagai dimensi dalam kebutuhan fungsional.


3. Kertajaya Hermawan

Komunitas adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas ini terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values.


4. Etienne Wenger

Komunitas adalah suatu kelompok sosial yang memiliki habitat lingkungan dan ketertarikan yang sama dalam ruang lingkup kepercayaan ataupun ruang lingkup yang lainnya.


5. Paul B. Horton dan Chaster L. Hunt

Komunitas adalah suatu kelompok sosial atau sekumpulan manusia yang memiliki suatu kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi.


6. Christensson dan Robinson

Komunitas adalah orang-orang yang tinggal di suatu daerah yang terbatas secara geografis, mereka berkomunikasi dengan satu sama lain dan memiliki ikatan antara orang-orang yang tinggal di daerah tempat tinggalnya.


Jenis-Jenis Komunitas

Secara umum, komunitas ini dapat dikelompokkan ke dalam 3 jenis. Adapun beberapa jenis komunitas adalah sebagai berikut ini :

1. Komunitas Berdasarkan Minat

Ini adalah suatu jenis komunitas yang terbentuk karena adanya kesamaan minat atau ketertarikan para anggotanya. Biasanya komunitas yang terbentuk ini berdasarkan minat jumlahnya anggotanya akan besar karena komunitas tersebut dapat mendukung minat atau hobi mereka.


2. Komunitas Berdasarkan Lokasi

Ini adalah suatu jenis komunitas yang terbentuk karena adanya kesamaan lokasi atau tempat secara geografis. Pada umumnya komunitas yang berdasarkan lokasi ini terbentuk karena adanya keinginan untuk saling mengenal satu sama lain sehingga tercipta interaksi yang dapat membantu perkembangan lingkungannya.


3. Komunitas Berdasarkan Komuni

Ini adalah suatu komunitas yang terbentuk karena adanya suatu keinginan dan kepentingan bersama. Dengan kata lain, komunitas ini terbentuk atas dasar kepentingan di dalam suatu organisasi sosial dalam masyarakat.


Manfaat Komunitas

Pembentukan komunitas tentu memiliki beberapa manfaat bagi para anggotanya. Adapun beberapa manfaat komunitas adalah sebagai berikut ini :

  • Sarana Informasi yaitu penyebaran informasi tertentu dapat menyebar dengan cepat di suatu komunitas. Misalnya pada komunitas pecinta burung, segala informasi yang berhubungan dengan burung akan sangat cepat beredar di dalam komunitas ini.
  • Menjalin Hubungan yaitu manusia adalah mahluk sosial yang membutuhkan manusia lainnya dalam hidupnya. Dengan adanya komunitas ini maka antar sesama anggota dapat menjalin relasi yang lebih baik satu sama lainnya.
  • Salin Mendukung yaitu karena adanya minat atau ketertarikan pada bidang tertentu maka setiap anggota komunitas dapat saling memberikan dukungan. Selain untuk mendukung sesama anggotanya, suatu komunitas juga dapat membantu orang lain di luar komunitas tersebut.

Contoh Komunitas

Ada banyak sekali contoh komunitas di sekitar kita, baik itu suatu komunitas di dunia nyata maupun komunitas online. Adapun beberapa contoh komunitas adalah sebagai berikut ini :

1. Komunitas Blogger

Ini adalah suatu komunitas yang muncul karena adanya ketertarikan dan kebutuhan pada dunia blogging. Biasanya para anggotanya adalah orang yang aktif di dalam dunia maya dan saling memberikan dukungan satu sama lain, baik dalam hal teknis maupun non teknis di bidang blogging.


2. Komunitas Petani atau Peternak

Komunitas petani atau peternak ini muncul karena adanya ketertarikan dan kebutuhan pada dunia pertanian atau peternakan. Melalui komunitas tersebut, para petani atau peternak dapat saling berbagai informasi dan dukungan satu sama lain guna untuk meningkatkan hasil pertanian atau peternakan mereka.


3. Komunitas Seni

Komunitas seni ini terbentuk karena adanya ketertarikan di bidang seni, baik itu seni musik, tari, lukis, dan lainnya. Komunitas ini dapat digunakan untuk bisa menyalurkan bakat dan kemampuan di bidang seni.


4. Komunitas Photography

Komunitas photography ini terbentuk karena adanya ketertarikan para anggotanya pada bidang photography. Komunitas ini dapat dimanfaatkan sebagai suatu media untuk belajar, berbagi tips, dan saling bertukar informasi di bidang photography.


Demikianlah penjelasan mengenai √ Pengertian Komunitas : Manfaat, Jenis & Contohnya Terlengkap. Semoga bermanfaat dan dapat manambah ilmu pengetahuan lebih dalam lagi dengan lingkungan sekitar kita. Sekian dan Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :