√ Surat Referensi Kerja : Pengertian, Fungsi, Isi, Macam & Contohnya Lengkap

Diposting pada

√ Surat Referensi Kerja : Pengertian, Fungsi, Isi, Macam & Contohnya Lengkap

 

 

SeputarIlmu.Com Taukah anda artinya surat referensi kerja ? Surat Keterangan kerja ini digunakan karyawan atau orang yang pernah punya ikatan kerja dengan sebuah organisasi bisnis. Manfaatnya jelas saja sebagai bukti tertulis kepada calon pemberi kerja, tentang calon karyawan mereka. Berikut adalah penjelasan terlengkap mengenai surat referensi kerja.

 

 


Pengertian Surat Referensi

Surat Referensi adalah suatu surat yang dibuat dan dikeluarkan apabila ada suatu lembaga atau perusahaan yang memerlukan informasi tentang keadaan seseorang. Misalnya seorang mantan siswa suatu sekolah atau mantan karyawan suatu kantor atau perusahaan atau nasabah sebuah bank, karena perusahaan tersebut ingin meminta keterangan tentang orang yang bersangkutan.

Jenis surat referensi ini bersifat rahasia, hanya diketahui oleh pihak yang meminta keterangan dan pihak yang memberi keterangan, sedangkan orang yang bersangkutan tersebut tidak mengetahui tentang isi referensi tersebut.

Oleh karena itu, surat referensi ini harus objektif. Pemberi informasi tidak ikut bertanggungjawab terhadap suatu keterangan yang diberikan jika seandainya di kemudian hari tidak lagi sesuai dengan keterangan-keterangan yang telah diberikan.

 


Fungsi Surat Referensi

Surat referensi ini berguna antara lain :

  • Sebagai bahan pertimbangan bagi suatu perusahaan yang akan menerima calon karyawan mengenai kepribadiannya.
  • Untuk meningkatkan suatu kepercayaan dari pihak perusahaan yang akan memberikan kredit kepada calon debitur.
  • Untuk dapat mengetahui keadaan keuangan dari calon debitur (nasabah dari suatu bank).

 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan surat referensi, yang membedakannya dengan jenis lainnya diantaranya :

  1. Objek yang diterangkan dalam suatu surat referensi adalah pihak ketiga (bukan yang meminta) yang merupakan pihak yang pernah menjadi anggota sebuah komunitas. Mungkin pada komunitas sekolah, badan usaha, lembaga, atau instansi yang dimintai surat referensi.
  2. Sifat keterangan dalam surat referensi adalah suatu rahasia karena surat tersebut diminta oleh pihak lain dan diberikan kepada yang meminta tanpa sepengetahuan pihak yang akan diterangkan. Karena sifatnya rahasia, maka penulis harus bisa menuliskan segala keadaannya secara sejujur-jujurnya.
  3. Isi keterangan tentang pribadi seseorang dalam suatu referensi bukan hanya hal-hal yang baik saja. Hal yang kurang baik mengenai suatu kelakuan, kecakapan, prestasi atau lainnya perlu diterangkan. Pembuat referensi ini bertanggung jawab moral kepada Tuhan akan kebenaran keterangannya.
  4. Pemberi keterangan ini tidak ikut bertanggung jawab jika di kemudian hari pihak yang diterangkan dalam referensi berkepribadian yang menyimpang dari suatu penjelasan dalam referensi. Perlu diketahui bahwa sifat dan kepribadian seseorang dapat juga dipengaruhi oleh keadaan dan dapat berubah-ubah sewaktu-waktu.

Isi Surat Referensi

Ada berbagai macam surat referensi yang sering kita dibuat, isi dan sasarannya pun berbeda-beda. Namun dalam garis besarnya, surat referensi ini berisi sebagai berikut :

  • Keterangan-keterangan yang menyangkut akan kelakuan pribadi seseorang selama ia sejauh diketahui atau dalam kaitannya dengan pemberi informasi.
  • Keterangan tentang suatu prestasi-prestasi yang pernah dicapai.
  • Kejujuran maupun ketidakjujuran seseorang dalam menepati sebuah janji terhadap kreditur dan pembayaran hutang.
  • Keadaan keuangan pada calon nasabah.

 


Macam – Macam Surat Referensi

Dilihat dari kepentingannya dan isinya, maka macam-macam surat referensi ini dibagi menjadi surat referensi dagang, surat referensi bank, dan surat referensi jabatan. Berikut penjelasannya :

  • Surat referensi dagang adalah suatu surat yang diberikan oleh sebuah perusahaan kepada perusahaan lain (yang akan menjadikreditur) tentang keadaan calon debitur orang yang pernah menjadi langganan atau relasi dari pemberi informasi.
  • Surat referensi bank adalah suatu surat yang dikeluarkan oleh bank, yang berisi keterangan perusahaan yang menjadi nasabahnya. Keterangan yang diberikan ini mengenai keuangan calon debitur yang menjadi nasabah bank tersebut, kejujuran pembayaran hutangnya kepada bank, dan lain-lain.
  • Surat referensi jabatan adalah suatu surat yang diberikan sekolah perusahaan mengenai seseorang yang pernah bersekolah atau bekerja di tempat pemberi informasi. Keterangan ini berisi kepribadian, kreativitas, dan sebagainya.

 


Bagian – bagian dan Penyusunan Surat Referensi Kerja

Bagian dan penyusunan surat referensi ini mirip dengan surat rekomendasi. Secara garis besar surat rekomendasi mempunyai tiga bagian pokok, yaitu sebagai berikut :

1. Kepala surat referensi, terdiri dari :

  • Kop surat yang pada umumnya, biasanya dibuat lengkap deserta alamatnya.
  • Kata petunjuk berupa kata ”SURAT REFERENSI” yang biasanya juga ditulis simetris dengan huruf kapital semua.
  • Nomor surat ini biasanya ditulis di bawah kata ”SURAT REFERENSI”.
  • Alamat tujuan juga ditulis di bawah nomor surat sebelah kanan atau sebelah kiri.

 

2. Tubuh atau isi surat referensi, terdiri dari :

  • Pendahuluan, untuk menjawab suatu surat permintaan referensi dan pernyataan kesungguhan pihak yang menerangkan.
  • Identitas pihak yang diterangkan dan penjelasan mengenai suatu kepribadian kelakuan, atau karakternya, dan hal-hal lain yang dianggap perlu.
  • Klausul penutup, yang berupa harapan dapat dimanfaatkannya surat tersebut, dan tidak ada jeleknya surat referensi ini diakhiri dengan kalimat ”Walaupun demikian, bila kelak terjadi hal-hal yang telah mengecewakan, kami tidak ikut bertanggung jawab, dan maafkanlah kami.”

 

3. Kaki surat referensi, terdiri dari :

  • Tempat dan tanggal saat dikeluarkannya surat.
  • Identitas pembuat referensi yang berupa : Jabatan penanggung jawab, tanda tangan dan nama terang, NIP, nomor anggota, atau sejenisnya, Cap atau stempel lembaga.

 


Contoh Surat Referensi

Contoh Pertama :

 

PT. Prima Sentosa Sejahtera
Jl. Pegangsaan No.3F
Samarinda
0411-2019191

SURAT KETERANGAN KERJA
No : 041/SK.PSS/VIV/2014

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Drs. Lussy Purnomo
Jabatan: Direktur
Alamat: Jl. Pengangsaan No.3F
Telp: 031-9789098

Menerangkan Bahwa:

Nama: Andi Malarenggang
Tempat. Tgl. Lahir: Tj. Unta, 11 Oktober 1982
Alamat: Jl. Santai Gg. Sepeda No.33

Adalah benar-benar karyawan perusahaan kami dengan jabatan sebagai Wirehouse Leader, terhitung semenjak 10 Januari 2005 sampai dengan saat ini.

Demikian surat keterangan ini kami perbuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Makassar, 22 April 2013

Direktur
PT. Prima Sentosa Sejahtera

Drs. Prima Adjisuprapto

 

Contoh ke 2 :

 

SMP TUNAS HARAPAN MANDIRI
Jalan Cempaka Raya Nomor 45, Kedaton Bandar Lampung
Telp. (0721) 987 098

Bandar Lampung, 20 Januari 2016

SURAT REFERENSI KERJA

Nomor : ………………………………….

Yang bertanda tangan di bawah ini, menerangkan bahwa:
Nama : Zian Sahara
Jabatan : Guru Matematika

Adalah benar karyawan dari SMP TUNAS HARAPAN MANDIRI terhitung sejak 2 Juli 2010 sampai dengan 20 Januari 2016.

Selama berkerja sama, yang bersangkutan telah menunjukkan dedikasinya dan loyalitas yang sangat baik untuk sekolah dan selama bekerja pun, yang bersangkutan tidak pernah merugikan sekolah dalam bentuk apapun.

Melalui surat ini kami memberikan penilaian yang baik kepada yang bersangkutan dan mengucapkan terima kasih. Selain itu, diharapkan surat ini dapat membantu yang bersangkutan untuk dapat lebih sukses dimasa depan.

Demikian surat referensi kerja ini dibuat agar digunakan dengan sebagaimana mestinya.

Bandar Lampung, 20 Januari 2016
Kepala Sekolah SMP Tunas Harapan Mandiri

Retno Yulianingsih, M.Pd.

 

Contoh ke 3 :

 

Bandar Lampung, 20 Januari 2016

SURAT REFERENSI KERJA
Nomor : ………………………………….

Yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama : Yuanita
Jabatan : Direktur PT. Jasa Swara
Alamat : Jalan Pemuda No. 65, Labuhan Ratu Bandar Lampung

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:
Nama : Zian Lestari
Jabatan : Editor
Alamat : Jalan Z.A. Pagar Alam No. 78 Bandar Lampung

Benar telah bekerja di perusahaan yang saya pimpin terhitung sejak 2 Januari 2013 sampai dengan 28 Desember 2015, dengan jabatan terakhir sebagai Editor Buku Anak di PT. Jasa Swara.

Selama masih bekerja sebagai editor buku anak, yang bersangkutan telah melakukan kewajibannya dengan baik dan memberikan kontribusi yang sangat besar kepada PT. Jasa Swara. Selain itu, yang bersangkutan tidak pernah melakukan hal-hal yang merugikan pihak perusahaan dan tidak pernah mencemarkan nam abaik perusahaan. Dalam hal ini, yang bersangkutan mengundurkan diri atas kemauannya sendiri tanpa paksaan dari pihak manapun.

Kami berterima kasih atas kontribusi yang selama ini diberikan dan kami berharap surat ini dapat membantu yang bersankutan meraih kesusksesan dimasa depan.

Demikian surat keterangan referensi kerja kami buat agar digunakan sebagaimana mestinya.

Bandar Lampung, 2 Januari 2016
Direktur Pt. Jasa swara

Jelita Dinasaskia

 

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Surat Referensi Kerja : Pengertian, Fungsi, Isi, Macam & Contohnya Lengkap. Semoga informasi ini berguna bagi anda dan dapat menambah ilmu pengetahuan lebih luas lagi. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Baca Juga :  √ Surat Lamaran Pekerjaan : Pengertian, Fungsi, Struktur, Cara, Ciri, Jenis, Sumber, Unsur & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Surat Tugas : Pengertian, Fungsi, Ciri, Contoh dan Bagian Terlengkap
Baca Juga :  √ Surat Pengunduran Diri : Pengertian, Cara Membuat, Format Penulisan & Contohnya Lengkap
Baca Juga :  √ Surat Pernyataan : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis - Jenis, dan Contohnya Terlengkap
Baca Juga :  √ Surat Edaran : Pengertian, Ciri, Fungsi dan Jenis Terlengkap
Baca Juga :  √ Surat Kuasa : Pengertian, Fungsi, Unsur, Bagian, Ciri, Jenis & Contohnya Lengkap