25+ Pengertian Implementasi, Tujuan, Konsep Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

25+ Pengertian Implementasi, Tujuan, Konsep Menurut Para Ahli Terlengkap Apakah yang dimaksud dengan Implementasi? Apa tujuan dari Implementasi? Berikut ini adalah penjelasan terlengkap mengenai Implementasi.

 

+25 Pengertian Implementasi, Tujuan, Konsep Menurut Para Ahli Terlengkap
+25 Pengertian Implementasi, Tujuan, Konsep Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Implementasi

Kata Implementasi berasal dari bahasa Inggris yaitu “to Implement” yang mempunyai arti mengimplementasikan.

Implementasi adalah sebuah kegiatan terencana dan juga dijalankan dengan serius yang mempunyai acuan pada norma-norma tertentu untuk mencapai tujuan kegiatan.

Implementasi juga dapat diartikan sebagai penyedia sarana untuk menjalankan sesuatu yang mengakibatkan dampak terhadap sesuatu.

Sesuatu yang dijalankan tersebut supaya dapat memunculkan dampak dalam bentuk Undang-Undang peraturan pemerintah, keputusan peradilan dan juga kebijakan yang sudah dibuat oleh lembaga pemerintah dalam kehidupan bernegara.

 

 

Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli

 

1. Nurdin Usman

Implementasi adalah bermuara pada suatu kegiatan, aksi, tindakan, atau adanya mekanisme suatu sistem, implementasi tidak hanya sekedar aktivitas, tetapi suatu kegiatan yang terencana dan untuk mencapai tujuan kegiatan.

 

2. Guntur Setiawan

Implementasi adalah perluasa suatu kegiatan yang saling menyesuaikan proses interaksi antara tujuan dan tindakan untuk mencapainya serta memerlukan jaringan pelaksana, birokrasi yang efektif.

 

3. Budi Wirano

Implementasi adalah suatu tindakan yang harus dilakukan oleh sekelompok individu yang sudah ditunjuk dalam penyelesaian suatu tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

 

4. Solichin Abdul Wahab

Implementasi adalah berbagai kegiatan yang dijalankan oleh individu, pejabat, kelompok pemerintah, atau swasta yang diarahkan kepada tercapainya tujuan-tujuan yang sudah ditentukan dalam keputusan kebijakan.

 

5. Gordon (1994)

Implementasi adalah suatu proses kegiatan yang dikerjakan oleh perawat dalam membantu klien dari status kegiatan bermasalah menuju status lebih baik dengan menggambarkan kriteria hasil yang dikehendaki.

 

6. Uzey (2010)

Implementasi adalah untuk mewujudkan nilai moral yang terkandung dalam pancasila sebagai norma etik dalam kehiduapn bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

7. Cleaves

Implementasi mencakup suatu proses bergerak menuju tujuan kebijakan dengna cara langkah administratif dan politik.

 

8. Mazmanian dan Sebastiar

Implementasi adalah suatu pelaksanaan keputusan kebijakan dasar, biasanya dalam bentuk undang-undang, namun dapat juga dapat berbentuk perintah-perintah atua keputusan-keputusan eksekutif yang penting atau keputusan badan peradilan.

 

9. Van Meter dan Van Horn

Implementasi adalah suatu tindakan  yang dilakukan baik oleh individu atau pejabat atau kelompok-kelompok pemerintah atau swasta yang diarahkan pada tercapainya tujuan-tujuan yang sudah ditentukan pada keputusan kebijakan.

 

10. Browne dan Wildavsky

Implementasi dapat diartikan juga sebagai pelaksanaan atau penerapan.

 

11. Friedrich

Kebijakan adalah suatu tindakan yang mengacu pada tujuan yang diusulkan oleh seseorangan, kelompok atau pemerintah dalam suatu lingkungan tertentu sehubungan dengan adanya hambatan-hambatan tertentu secara mencari peluang-peluang untuk dapat mencapai tujuan atau mewujudkan sasaran yang diinginkan.

 

12. H.Tachjan (2006:25)

Implementasi sebagai kebijakan publik adalah suatu proses kegiatan administrasi yang di lakukan setelah kebijakan di tetapkan atasudah di setujui . suatu kegiatan ini terdapat di antara perumusan kebijakan dan implementasi. Kebijakan evaluasi yang mengandung logika yang top-down, yang berarti lebih rendah atau alternatif menginterprestasikan.

 

13. Daniel A. Mazmanian dan Paul Sabatier

Implementasi adalah suatu pemahaman yang akan terjadi setelah menetapkan suatu program yang menjadi fokus perhatian pemerintah yang merancang implementasi kebijakan. Di katakan juga bahwa implementasi merupakan suatu kejadian yang terjadi setelah di buat dan di sahkan pedoman kebijakan negara.

 

14. Harsono (2002:67)

Implementasi adalah suatu proses untuk dapat melaksanakan kebijakan menjadi tindakan kebijakan dari politik ke dalam administrasi. Pengembangan kebijakan ini dalam rangka penyempurnaan suatu progam.

 

15. Whitten, Bentle & Barlow (1993)

Implementasi sistem adalah sebuah proses untuk dapat menempatkan dan menerapkan informasi dalam operasi.

 

16. Pressman & Wildavsky (1873)

Implementasi adalah an accomplishing, fulfilling, carrying out, producing, and completing a policy yang artinya suatu hal untuk menyelesaikan, memenuhi, melaksanakan, memproduksi, serta menyelesaikan sebuah kebijakan.

 

17. Prana Wastra dkk

Implementasi adalah sebuah kegiatan yang dapat di kerjakan karena adanya kebijakan yang sudah di susun sebelumnya, meliputi suatu kebutuhan apa saja yang di perlukan, siapa pelaksana, kapan pelaksanaan, serta kapan akan di selesaikan target implementasi itu sendiri. Semua itu juga sudah di rencanakan pada awal waktu.

 

18. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Implementasi adalah suatu pelaksanaan atau sebuah penerapan.

 

19. Syakuni

Pelaksanaan suatu rangkaian kegiatan dengan angka memberi kebijakan public maka sari itu kebijaka bisa membawa hasil sesuai yang diharapkan. Mereka dalah serangkaian kegiatan persiapan yang utama maju untuk penetapan peraturan yaitu interpretasi dari kebijakan tertentu.

Mempersiapkan sumber daya untuk dapat mendorong pelaksaan kegiatan walaupun itu infrastruktur, sumber daya keuangan dan yang pasti menentukan siapa yang akan bertanggung jawab dalam pelaksanaan kebijakan tertentu. Yang terakhir bagaimana untuk mengantarkan kebijaksanaan konkret untuk umum.

Menurut pandangan ini diketahui jika proses pelaksanaan kekawtiran kebijakan yang benar hanya perilaku badan administrative memiliki suatu tanggung jawab untu pelaksanaan program dan menimbulkan kedisiplinan terhadap diri kelompok sasaran, tetapi menyangkut jaringan kekuatan poltik, ekonomi, sosial dan secara langsung atau tidak langsung yang mempengaruhi perilaki seua pihak yang terlibat untuk penetapan arah dan tujuan kebijakan public bisa terwujud untuk hasil dari 8 kegiatan pemerintah.

 

20. Syukur

Dalam implementasi ada tiga unsur penting yaitu terdapat suatu program atau kebijakan yang dilaksanakan , kelompok sasaran yaitu suatu kelompok masyarakat menjadi sasaran dan penetapan untuk manfaat dari program, perubahan atau perbaikan, penerapan elemen pelaksaan baik suatu organisasi atau individu yang membpunyai tanggung jawab untuk dapat memperoleh pelsanaan danpengawasan dalam proses implementasi.

 

21. Riant Nugroho

Menggambarkan suatu pelaksanaan atau implementasi adalah kebikan dalm konteks manajemen yang ada dalam kerangka organixing – leading – controllong.

Jadi kebijakan tersebut sudah dirancang, maka dari itu tugas selanjutnya mengorganisasikan, melaksanakan kepemimpinan untuk dapat memimpin pelaksanaan dan pengendalian tersebut dengan lengkap kegiatan dalam manajemen implementasi kebijakan yang bisa disusun seperti berikut ini :

  • Implementasi Srategi
  • Pengorganisasian
  • Penggerakan dan Kepemimpinan
  • Pengendalian

 

22. Purwanto dan Sulistyastuti

Implementasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mendistribusikan keluaran kebijakan (to deliver policy output) sebagai implementor kepada kelompok sasaran (target group) untuk mewujudkan kebijakan.

 

23. Agustion

Implementasi adalah suatu proses yang dilakukan secara dinamis yang pelaksanaan kebijakan melakukan aktifitas untuk mendapatkan suatu hasil yang sesuai dengan tujuan atau sasaran kebijakan.

 

24. Hanifah

Implementasi Kebijakan dan Politik yang disampaikannya berkenaan tentang politik, Hanifah juga berpendapat bahwa pengertian Implementasi adalah suatu proses untuk dapat melaksanakan kegiatan menjadi tindakan kebijakan dari politik kedalam administrasi.

 

25. Syaukani

Implementasi adalah suatu rangkaian kegiatan dalam rangka menghantarkan suatu kebijakan kepada masyarakat sehingga kebijakan tersebut dapat membawa hasil sebagaimana diharapkan.

Rangkaian kegiatan tersebut terdiri atas :

  • Persiapan seperangkat peraturan lanjutan yang merupakan suatu interpretasi dari kebijakan tersebut.
  • Menyiapkan sumber daya guna menggerakkan suatu kegiatan implementasi termasuk didalamnya sarana dan prasarana, sumber daya keuangan dan tentu saja penetapan siapa yang dapat bertanggung jawab melaksanakan kebijaksanaan tersebut.
  • Bagaimana mengahantarkan suatu kebijaksanaan secara kongkrit ke masyarakat.

 

 

Unsur – Unsur Implementasi

Dalam mengimplementasikan sesuatu kegiatan tersebut terdapat tiga unsur menurut Syukur (dalam Surmadi, 2005:79).

Menurut Syukur bahwa unsur penting suatu proses implementasi itu adalah sebagai berikut :

  • Terdapat suatu program atau kebijakan yang dilaksanakan.
  • Memiliki target group dalam hal ini yaitu suatu kelompok masyarakat yang menjadi sasaran dan ditetapkan akan menerima manfaat dari program, perubahan atau peningkatan.
  • Terdapat unsur pelaksana yang disebut implementor yang dilakukan baik dari suatu organisasi atau perseorangan yang dapat dan untuk bertanggung jawab dalam memperoleh pelaksanaan dan pengawasan dari proses implementasi tersebut.

 

 

Tujuan Implementasi Sistem

Apabila sistem ini dilakukan analisa dan dirancang, selanjutnya sistem siap untuk dijalankan atau di implementasikan. Implementasi adalah sebuah tahapan yang mana sistem informasi ini telah diaplikasikan oleh pengguna (sebelum benar-benar dapat digunakan dengan baik oleh suatu pengguna).

Sistem yang harus melalui tahap pengujian dengan tujuan supaya sistem terjamin bebas kendala yang serius yang dapat muncul pada saat pengguna menggunakan sistem itu.

Tujuan dari implementasi sistem yakni sebagai berikut :

  • Merancang suatu desain sistem selama menjalankan penelitian analisa.
  • Melakukan suatu pengujian dan juga pendokumentasian prosedur dan program yang diperlukan.
  • Menyelesaikan suatu desain sistem yang sudah disetujui.
  • Melakukan suatu penghitungan sistem yang telah dirancang sesuatu dengan keperluan pengguna.

 

 

Konsep Impelementasi Kebijakan Publik

Dalam suatu konsep implementasi dapat disebut sebagai suatu proses pengumpulan sumber daya dan juga disertai dengan menentukan suatu perbuatan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan kebijakan.

Serangkaian yang diambil adalah suatu transformasi rumusan yang telah diputuskan dalam suatu kebijakan menjadi berbagai jenis pola operasional ini yang akan memunculkan perubahan sebagaimana dipesankan pada kebijakan sebelumnya.

Pada dasarnya implementasi ini merupakan suatu pemahaman terhadap apa yang harus dijalankan sesudah diputuskannya suatu kebijakan. Pada tahapan ini juga akan menghubungkan semua stake holder yang ada.

Implementasi kebijakan mencakup tiga unsur yakni sebagai berikut :

  • Perbuatan yang diambil oleh suatu badan atau lembaga administratif.
  • Perbuatan yang merupakan suatu cerminan taanya suatu kelompok target dan juga jejaring sosial.
  • Ekonomi yang menjadi pengaruh suatu tindakan para pemimpin.

Dari ketiga unsur itu akan memunculkan suatu dampak baik sesuai dengan yang diinginkan atau dampak buruk yang tidak diharapkan.

Selanjutnya hasil dari implementasi suatu kebijakan akan terwujud dalam beberapa ciri yang hal itu adalah hasil keluaran yang dapat berwujud konkret seperti dalam dokumen, jalan, orang, lembaga, atau outcome yang berupa rumusan suatu target dan juga dampak yang diinginkan ataupun tidak diinginkan.

 

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai +25 Pengertian Implementasi, Tujuan, Konsep Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ 30 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli & Jenis, Fungsi, Dan Tujuan Lengkap

Baca Juga :  Pengertian, Tujuan, Fungsi-Fungsi Akuntansi Manajemen Secara Lengkap

Baca Juga :  Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Akuntansi Keuangan Secara Lengkap

Baca Juga :  Pengertian, Macam, dan 3 Tahapan Siklus Akuntansi Menurut Para Ahli Secara Lengkap