√ Internet Marketing : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Jenis, Komponen & Keuntungannya Lengkap

Diposting pada

√ Internet Marketing : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Jenis, Komponen & Keuntungannya Lengkap


SeputarIlmu.ComHallo para pencari ilmu,jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Internet Marketing. Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Internet Marketing? Oke, mari simak penjelasan secara lengkapnya dibawah ini ya.

√ Internet Marketing : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Jenis Terlengkap


Pengertian Internet Marketing

Internet Marketing adalah salah satu teknik dari pemasaran menggunakan media online.

Internet marketing ini juga bisa diartikan sebagai salah satu bentuk dari teknik pemasaran online yang mengacu pada suatu iklan dan upaya pemasaran dengan menggunakan situs web dan email untuk dapat mendorong penjualan melalui perdagangan elektronik (e-commerce).

Bentuk internet marketing itu juga bisa kita bagi menjadi 2 bagian, yaitu sebagai Sumber Penghasilan, dan Cara Promosi. Pada dasarnya yang dilakukan dalam suatu pemasaran online ini sebenarnya hanya dua itu, namun type bisnisnya sangat banyak.

Istilah dari Internet marketing bisa juga disebut dengan e-marketing, atau online-marketing. Serta banyak juga istilah-istilah lain yang kita sering kita dengar yang berhubungan dengan internet marketing.


Pengertian Internet Marketing Menurut Para Ahli

1. Chaffey

Internet Marketing ini cenderung mengacu pada perspektif tentang bagaimana suatu internet dapat digunakan secara bersama-sama dengan media tradisional untuk mendapatkan dan juga memberikan layanan kepada pelanggan dengan dua cara, yaitu :

  • Meningkatkan suatu efisiensi dalam fungsi pemasaran tradisional.
  • Teknologi e-marketing yang banyak mengubah strategi pemasaran.

2. Mohammed, et al

Internet Marketing adalah sebuah proses untuk dapat membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan melalui kegiatan secara online sebagai suatu sarana untuk pertukaran pendapat, produk, dan jasa sehinga dapat mencapai tujuan bersama kedua kelompok.


3. Chen-Ling, & Lie

E-Marketing ialah suatu proses memasarkan produk dan layanan kepada pelanggan dengan menggunakan berbagai media web, Promosi, Iklan, Transaksi dan pembayaran dapat dilakukan melalui halaman web.

Pengguna internet marketing ini dapat dengan mudah mengakses suatu informasi dimana saja dengan komputer yang terhubung ke internet.


4. El-Gohary

E-Marketing yakni dapat juga dipandang sebagai sebuah filosofi baru dan praktek bisnis moderen yang terlibat dengan pemasaran barang, jasa, informasi dan ide melalui internet dan elektronik lainnya.


5. Kotler dan Amstrong

Internet Marketing yaitu suatu bentuk usaha dari suatu perusahaan atau organisasi dalam memasarkan produk atau jasanya dan juga membangun hubungan dengan pelanggan dengan perantara media internet.


6. Mulia

Pemasaran Internet adalah berbagai sarana atau wadah dalam pemasaran produk dan jasa melalui internet. Aplikasi ini adalah Internet marketing dan penerapan suatu teknologi internet dan teknologi digital yang berhubungan dengan tujuan meningkatkan pemasaran.


7. Muhammad, Fisher, & Jaworski

Internet Marketing adalah salah satu proses untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dengan pelanggan melalui nernagai kegiatan-kegiatan interaksi online untuk memfasilitasi pertukaran informasi, dan menjembatani ide-ide, suatu produk dan layanan yang dapat meningkatkan pelanggan kepuasan pelanggan atau juga penyedia produk dan layanan (memuaskan tujuan dari kedua belah pihak).


8. Concord dan Laudon

Internet Marketing yaitu suatu pemasaran menggunakan web, sama seperti saluran tradisional untuk membangun hubungan dalam jangka panjang yang positif dengan pelanggan (baik online dan offline) dan dengan demikian menciptakan sebuah persaingan yang superior kepada perusahaan dengan memungkinkan perusahaan untuk menetapkan harga yang lebih tinggi untuk suatu produk atau layanan dibandingkan ditentukan pesaing.


9. Shukla

Internet Marketing yakni sesuatu hal dalam pemasaran web, pemasaran online, atau pemasaran produk atau layanan melalui internet. Yang mana Internet marketing juga menawarkan informasi dan transaksi lebih efisien tetapi tidak selalu menghasilkan suatu keuntungan yang lebih kompetitif secara lestari.

Baca Juga :  √ VPN (Virtual Private Network) : Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap

Hal ini juga sangat penting untuk menekankan bahwa ini bukan hanya tentang pengguna internet tapi tentang pelanggan.


10. Keller & Produk Promosi

E-Pemasaran adalah sebuah upaya untuk bisa menginformasikan, berkomunikasi, mempromosikan dan menjual produk dan jasa melalui media internet.


11. Strauss et. Al

E-pemasaran yakni salah satu proses perencanaan dan menjalankan konsep, distribusi, harga, dan promosi dari ide-ide, barang dan jasa untuk dapat membuat pertukaran yang memuaskan individu dan saling organisasi.

Pemasaran rencana untuk bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dan organisasi pemasaran dan kemudian jalankan rencana.


Tujuan Internet Marketing

  1. Mampu menjangkau para calon konsumen dengan biaya yang lebih murah.
  2. Mampu melacak dan juga mengukur data respon konsumen terhadap aktivitas marketing yang dilakukan perusahaan.
  3. Mampu menjangkau suatu pasar global sebagai pangsa pasar baru.
  4. Menyajikan suatu promosi yang lebih menarik.
  5. Mempermudah sebuah proses pembelian dibandingkan dnegan sistem offline.
  6. Persinalisasi suatu pemasaran untuk tiap calon konsumen.
  7. One-on-one marketing juga.
  8. Twenty-four-hour marketing pula.

Manfaat Internet Marketing

  1. Waktu yang tidak terbatas atau 24 jam nonstop.
  2. Jangkauan pasar sangat luas. (Bukan cuma kabupaten, kota, provinsi, negara bahkan bisa menjangkau dunia)
  3. Hemat biaya juga. (Bisa menghemat hingga 80% biaya suatu pemasaran)
  4. Jalin hubungan langsung dengan ppara konsumen. (Bisa live chat, messenger atau juga email)
  5. Minim terhadap suatu resiko.
  6. Banyak saingan,dsb.

Keuntungan Internet Marketing

  1. Pemasaran online juga merupakan suatu alat yang bagus untuk membangun hubungan dengan konsumen.
  2. Perusahaan dapat berinterkasi dengan para konsumen untuk dapat mempelajari tentang kebutuhan dan keinginan konsumen yang lebih spesifik dan untuk membangun database konsumen.
  3. Pemasaran online juga dapat mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi. Online marketer dapat menghindari biaya-biaya untuk bisa mempertahankan tokonya dan biaya dari penyewaan, asuransi, dan peralatan lainnya.
  4. Pemasaran online juga menawarkan suatu fleksibilitas yang besar yang memungkinkan marketer untuk membuat penyesuaian terhadap penawaran dan program-programnya.
  5. Internet merupakan suatu medium global yang sangat memungkinkan pembeli dan penjual untuk mengklik dari satu tempat ke tempat lainnya dalam hitungan detik.

Lingkungan Pemasaran Internet

  1. Sosial media (facebook, twitter, google plus, dll)
  2. Mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, Yandex, dll)
  3. Marketplace (bukalapak, tokopedia, lazada, olx, dll)
  4. email marketing
  5. video marketing. (youtube, vidio.com, dll)
  6. Forum jual beli,dsb.

Jenis – Jenis Internet Marketing

  • Iklan (Advertising)
    Iklan ditampilkan di suatu situs oleh pihak ketiga atau blog untuk supaya lalu lintas mengarah pada situs web perusahaan. Dengan menjalankan pemasangan iklan ini secara langsung akan dapat membuat produksi perusahaan menjadi meningkat.

  • Search Engine Marketing (SEM)
    Jenis pemasaran ini merupakan suatu upaya mempromosikan website dengan meningkatkan visibilitas dalam halaman hasil mesin pencarian atau SERPs layaknya Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya.

  • Search Engine Optimization (SEO)
    SEO ialah sebuah proses menaikan visibilitas situs web atau halaman web pada mesin pencari.

  • Social Media Marketing
    Pemasaran jenis ini dijalankan dengan menggunakan sebuah sosial media dengan memanfatkan lalu lintasnya seperti memakai Facebook ataupun twitter dan juga media sosial lainnya.

  • Email Marketing
    Pemasaran dengan cara ini juga dijalankan dengan email dan melibatkan langsu pemasaran pesan dengan mengirimkan pesan melalui surat elektronik.

  • Blog Marketing
    Situs blog pada perusahaan yang digunakan untuk promosi.

  • Refferal Marketing
    Cara ini adalah untuk dapat mempromosikan produk atau layanan kepada konsumen baru melalui referensi, metode ini biasa terjadi dari mulut ke mulut.

  • Inbound Marketing
    Pemasaran inbound ini juga dengan memanfatkan pelanggan untuk membuat dan berbagi.

  • Viral Marketing
    Cara pemasaran yang prinsipnya sama saja dengan word of mouth dalam bentuk pesan elektronik yang disebarkan dari seseorang kepada orang-orang yang dikenalnya dengan berkelanjutan.

  • Dropship atau Reseller
    Pengertiannya ialah orang yang memperjualkan lagi sebuah produk ataupun jasa dari orang lain hanya dengan katalog atau gambar saja, tidak mempunyai barang yang dijual tersebut.
Baca Juga :  √ ISP (Internet Service Provider) : Pengertian, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap

  • Afiliasi
    Sebuah program pada sebuah perusahaan penyedia suatu jasa atau produk, dimana pembelian yang dilakukan para konsumen tidak langsung menuju di pihak utama, tetapi pada para pihak yang terdaftar sebagai afiliansi marketing.

Komponen Internet Marketing

  • Proses

Seperti halnya program suatu pemasaran tradisional, program pemasaran melalui Internet melibatkan sebuah proses. Pada tahap dari proses program pemasaran melalui internet adalah untuk dapat membentuk peluang pasar, menyusun strategi pemasaran, dan merancang pengalaman pelanggan.


  • Membangun Dan Mempertahankan Hubungan Dengan Pelanggan

Membangun dan mempertahankan suatu hubungan dengan pelanggan merupakan tujuan dari pemasaran. Tiga tahapan hubungan dengan pelanggan yaitu seperti awareness, exploration dan commitment.


  • Online

Sesuai dengan definisinya, Internet marketing ini adalah sebuah pemasaran yang dilakukan dalam dunia Internet, namun tetap terkait dengan suatu program pemasaran secara tradisional.


  • Pertukaran

Dampak dari program pemasaran online ini adalah pertukaran yang tidak hanya terjadi di dalam dunia Internet saha atau online, namun juga harus berdampak pada pertukaran di penjualan secara nyata.


  • Pemenuhan Kepuasan Kebutuhan Kedua Belah Pihak

Dengan adanya Internet marketing ini pemenuhan kepuasan akan kedua belah pihak dapat lebih cepat terpenuhi yaitu dari segi perusahaan yang menggunakan Internet marketing juga bisa mencapai tujuan perusahaan seperti meningkatnya suatu laba perusahaan, pangsa pasar yang semakin meluas dna lain-lain.


Cara Menjadi Internet Marketing

1. Bangun Relasi yang Baik

Tidak hanya di dunia nyata saja tetapi di dunia maya pun untuk bisa menjadi seorang internet marketer yang sukses, perlu dibangun relasi bisnis yang baik dengan banyak orang.

Cukup banyak media yang dapat dimanfaatkan untuk dapat membangun relasi yang baik, seperti media sosial (Facebook, Twitter, Instagram), Google Plus, LinkedIn, dan sebagainya.


2. Pahami Produk yang Akan Dipromosikan

Konsumen adalah raja, mereka juga berhak untuk mengetahui detail produk yang dipromosikan sebelum akhirnya memutuskan untuk membelinya.


3. Buat Target yang Tinggi

Jangan mudah merasa puas atas suatu pencapaian yang telah didapatkan dari internet marketing. Jika pada suatu target terasa sudah tidak lagi menantang, maka ada baiknya untuk dapat membuat target baru yang lebih tinggi untuk pengembangan diri sendiri.


4. Hargai Orang-Orang yang Pernah Bekerjasama

Membangun suatu relasi dengan orang-orang yang juga pernah bekerjasama juga merupakan sebuah poin yang penting untuk menjadi internet marketer sukses. Jika perlu, tampilkan semua testimoni para pelanggan yang sudah merasa puas bekerjasama dengan Anda atau perusahaan.

Tak hanya pelanggan saja yang akan merasa dihargai, orang lain yang berniat melakukan kerjasama di masa depan pun akan lebih yakin membuat keputusan.


Internet Marketing Untuk Sumber Penghasilan (Source of Income)

Pemasaran online sebagai sumber penghasilan bisa dilakukan dengan beberapa type bisnis, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. PPC (Pay Per Click)

Program PPC (Pay Per Click) banyak diikuti oleh pemiliki website atau blog untuk mendapatkan suatu penghasilan dari properti online mereka, misalnya saja Artikel Blog, channel YouTube, Forum Online, Portal Berita, dan lain-lain.

Penghasilan yang akan didapatkan dari sebuah program PPC ini adalah berasal dari kunjungan dan juga klik yang dilakukan oleh pengunjung pada sebuah iklan yang ada di sebuah situs.

Beberapa perusahaan yang menawarkan program PPC diantaranya sebagai berikut :

  • Google Adsense
  • Bidvertiser
  • Chitika
  • Infolinks
  • Kumpul Blogger
  • Sitti
  • ID Blog Network
  • AdsenseCamp
  • KlikSaya,dll.

2. PPS (Pay Per Sale)

Dari namanya saja kita sudah mungkin bisa mengerti tentang program ini. Kita akan dibayar setiap kali terjadi pembelian suatu produk yang berasal dari link affiliasi milik kita.

Besarnya penghasilan ini sangat tergantung pada banyaknya barang yang dijual, dan juga rate persentase komisi dari pemilik barang tersebut.

Perusahaan yang menawarkan program PPS diantaranya yakni :

  • Amazon.com
  • Clickbank.com,dsb.

3. PPL (Pay Per Lead)

Ini adalah salah satu program affiliasi dimana penjual atau vendor akan memberikan komisi setiap kali kita berhasil mengirimkan leads pada penjual atau vendor.

Misalnya saja kita mengarahkan pengguna internet untuk dapat mendaftar pada email newsletter, free trial, atau mengisi formulir, melalui link affiliasi milik kita. Salah satu perusahaan yang menawarkan program PPL yaitu perusahaan MaxBounty.com.

Baca Juga :  √ Pelayanan : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Karakteristik, Unsur dan Jenis Terlengkap

4. Menjual Produk Sendiri atau Produk Orang Lain

Sekarang ini, menjual sesuatu melalui internet bukanlah sesuatu yang luar biasa. Kita juga bisa menjual apapun lewat internet baik itu barang maupun jasa. Selain itu, pada bisnis offline kita bisa juga dipasarkan melalui internet.

Salah satu proses internet marketing dengan cara menjual suatu produk orang lain adalah dengan cara menjadi reseller atau dropshipper produk orang lain. Begitu juga dengan pada produk digital lainnya, kita bisa menjadi affiliate marketer untuk sebuah produk yang dijual orang lain.


5. Pelelangan (Online Auction)

Di internet juga ada tempat untuk dapat menjual sesuatu milik kita atau milik orang lain yang kita bantu jualkan, dengan cara lelang. Tentunya ini bisa juga menguntungkan karena kita bisa menjual barang kita tersebut pada orang yang menawar dengan harga tertinggi.

Perusahaan terkenal yang menyediakan fasilitas pelelangan online diantaranya :

  • eBay.com
  • Flippa.com,dll.

Internet Marketing Untuk Promosi Online (Traffic Generation)

Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis melalui media internet, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah salah satu bentuk promosi online yang sangat saya sukai karena gratis. Namun, SEO ini membutuhkan keahlian khusus, membutuhkan proses dengan waktu yang tidak hanya sebentar. Bahkan seringkali SEO justru juga membutuhkan biaya untuk melakukan optimasi.


2. SEM (Search Engine Marketing)

Berbeda dengan SEO, search engine marketing ini adalah jenis iklan PPC (pay per click) yang tayang di halaman hasil pencarian situs mesin pencari. Di Indonesia, Google adalah salah satu search engine yang paling sering digunakan di internet.

Untuk sebuah kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna internet, kita akan melihat iklan di bagian atas, samping kanan, dan bawah hasil pencarian sebuah kata kunci tersebut .


3. Email Marketing

Sesuai dengan namanya, email marketing adalah dimana suatu proses pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan email sebagai alat bantu. Email marketing ini juga ada bermacam-macam jenisnya, ada direct email, retention email, dan beriklan di email orang lain.


4. Mobile Advertising

Mobile advertising adalah sebuah layanan pengiklanan melalui aplikasi mobile. Beberapa model mobile ads atau iklan adalah melalui SMS, Banner Ads, Games, dan lain-lain.


5. Social Media Marketing

Sama halnya dengan SEO, promosi online dengan menggunakan social media ini dapat dilakukan dengan gratis. Tapi ini juga tidak semudah yang dibayangkan dari kebanyakan orang karena melibatkan banyak faktor, baik dari pengguna sosmed maupun dari sosmed nya sendiri.

Media sosial ini juga memiliki fitur periklanan yang sangat banyak digunakan oleh internet marketer untuk dapat mendulang trafik dan penjualan. Beberapa diantaranya yang populer saat ini adalah sebagai berikut :

  • Facebook Ads
  • Twitter Ads
  • Instagram Ads
  • YouTube Ads,dsb.

Demikianlah penjelasan mengenai √ Internet Marketing : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Jenis, Komponen & Keuntungannya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :