√ Internet : Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Dampak Terlengkap

Diposting pada
√ Internet : Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Dampak Terlengkap
Rate this post

√ Internet : Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Dampak Terlengkap Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan Internet? Jika kamu sering mengakses suatu data pasti memerlukan internet. Atau kamu ingin mencari-cari suatu informasi dari kalangan yang jauh atau informasi apapun pasti kamu menggunakan yang namanya internet. Jika kamu mengetahui apa itu internet, simak juga penjelasan terlengkap dari internet itu. Mulai dari sejarah,pengertian,fungsi hingga dampak yang ditimbulkan oleh internet.

 

√ Internet : Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Dampak Terlengkap

 

Pengertian Internet

Internet adalah suatu jaringan komunikasi global yang menghubungkan milyaran suatu jaringan komputer secara terbuka dengan menggunakan sistem standar global transmission control protocol atau internet protocol suite (TCP/ IP).

Ada juga yang menjelaskan bahwa definisi internet adalah International Network, yang dimana semua tipe dan jenis komputer di seluruh dunia dapat terhubung dengan memakai tipe komunikasi seperti telepon, satelit, dan lainnya.

Internet merupakan singkatan dari Interconnection Networking dimana setiap komputer yang terhubung pada jaringan internet memiliki identitas unik yang disebut juga dengan alamat IP (Internet Protocol Address).

Alamat IP setiap komputer pasti unik dimana yang berbentuk kombinasi angka yang menunjukkan identitas sebuah komputer pada jaringan internet.

 

Pengertian Intranet

Intranet bisa didefinisikan juga sebagai sebuah jaringan yang sifatnya privat, hanya menghubungkan komputer-komputer tertentu dalam satu jaringan dengan menggunakan protokol – protokol TCP/IP. Intranet biasanya digunakan untuk suatu kepentingan satu organisasi atau satu perusahaan.

Bisa juga dibilang kalau internet itu versi publik, maka intranet adalah versi privat. Ia hanya menghubungkan suatu jaringan dengan sifat yang terbatas. Hanya komputer-komputer tertentu saja yang bisa mengakses suatu jaringan intranet. Penggunaan protokol pada intranet ini sebagai sarana untuk pengalamatan, dan juga untuk routing paket data antar pengguna.

Intranet biasanya digunakan oleh suatu organisasi tertentu untuk urusan tertentu juga. Misalnya saja untuk dapat memudahkan pertukaran data dan informasi antar pengguna. Intranet ini mulai banyak diperkenalkan ke publik pada tahun 1995.

 

Perbedaan Internet dan Intranet

Tetapi keduanya pun saling bertolak belakang soal cara kerjanya.

Berikut perbedaan antara internet dan intranet yaitu sebagai berikut :

 

1. Internet bersifat Terbuka dan Intranet bersifat lebih Tertutup

Perbedaan yang pertama antara intranet dan internet terletak pada sifatnya. Internet memiliki sifat yang terbuka, siapapun bisa langsung terhubung ke internet dimana saja dan kapan saja tanpa memerlukan ijin akses dari server.

Sementara pada intranet sifatnya yang lebih tertutup. Antar komputer yang bisa mengakses hanya yang diberikan ijin oleh suatu server. Antar komputer atau pengguna ini bisa mensetting siapa saja yang bisa mengakses data dan mentransfer data. Jadi tingkat keamanan intranet juga lebih terjaga.

 

2. Internet Punya Jangkauan Tak Terbatas dan Intranet Luas namun Terbatas.

Internet juga punya jangkauan jaringan yang sangat luas atau bahkan tak terbatas, sehingga internet bisa diakses dari manapun tak terbatas negara dan dunia. Sementara intranet juga punya jaringan yang luas namun terbatas pada lingkup tertentu saja. Misalnya dalam lingkup suatu perusahaan, lingkungan dan sebagainya.

 

3. Internet Komputer Servernya Tidak Hanya Satu dan Intranet Biasanya Servernya Hanya Satu

Karena kemampuan internet banyak komputer dalam jaringan yang tidak terbatas, maka internet tidak hanya memiliki satu server saja, melainkan ada banyak. Sedang intranet ini biasanya hanya membutuhkan satu komputer server saja.

 

 

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

 

1. Onno W. Purbo

Internet ialah sebuah media yang digunakan untuk nisa mengefisiensikan sebuah proses komunikasi yang disambungkan dengan berbagai aplikasi seperti VoIP, Web dan E-mail.

 

2. Allan

Inetrnet ialah sekumpulan jaringan kompuetr yang saling terhubung satu sama lain dengan fisik dan juga memiliki suatu kemampuan untuk membaca dan menguraikan berbagai protokol komunikasi tertentu yang biasa kita kenal juga dengan istilah IP atau Internet Protocol dan TCP atau Transmission Control Protocol. Protokol sendiri ialah sebuah spesifikasi yang sederhana mengenai bagaimana dua atau lebih komputer dapat saling bertukar informasi.

 

3. Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003)

Internet ialah keseluruhan jaringan komputer yang dapat saling berhubungan satu sama lain, beberapa komputer ini saling terhubung dalam jaringan ini menyimpan dan memiliki beberapa file yang dapat diakses dan digunakan, contohnya seperti halaman web dan data lainnya yang dapat juga digunakan dan diakses oleh berbagai komputer yang saling berhubungan dengan internet.

 

4. Oetomo (2002)

Internet ialah singkatan dari International Network yang didefinisikan sebagai suatu jaringan komputer yang amat besar, yang mana jaringan komputer itu sendiri terdiri dari beberapa jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain. Lanjutnya ia menjelaskan juga bawha suatu jaringan komputer yang amat besar ini dapat mencakup jaringan seluruh dunia.

 

5. Randall dan Latulipe

Internet sebagai suatu jaringan global yang terdapat dalam suatu jaringan komputer, jadi tak lain ialah sebuah jaringan global yang terdiri atas beberapa jaringan komputer yang dapat diakses dimana saja.

 

6. Mori, Kayo dan Takono (1996)

Internet ialah jaringan yang memiliki tiga keistimewaan yaitu :

  • Internet merupakan kebebasan internet. Internet ini bisa memberikan penggunanya semacam kuasa untuk saling memberi dan menerima informasi dengan bebas.
  • Internet lebih dinamik dan dinilai sangat untuk mengikuti perkembangan waktu, mayoritas informasi dalam internet yang biasa diakses adalah suatu informasi yang paling baru jika dibandingkan informasi dari media cetak.
  • Internet ialah sebuah jaringan yang bersifat interaktif, ini karena dengan sebuah internet setiap pengguna dimungkinkan untuk dapat berinteraksi dengan pengguna lain di dunia kapan saja, setiap saat.

 

7. Supriyanto (2006)

Internet ialah suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dan dengan jaringan di dunia yang mempunyai sebuah sistem operasi dan aplikasi yang walaupun berbeda, dimana hubungan itu dimanfaatkan suatu kemajuan perangkat komunikasi seperti satelit dan telepon yang menggunakan protokol standar dalam melakukan suatu hubungan komunikasi yakni protokol IP / TCP.

 

8. Harjono (2009)

Internet ialah suatu  kumpulan dari beberapa komputer yang dpat mencpai jutaan komputer di seluruh dunia yang bisa saling berhubungan dan saling terkoneksi satu sama lain. Supaya komputer dapat saling terkoneksi maka diperlukan sebuah media untuk saling berhubungan antar komputer, media ini bisa menggunakan kabel optik, sambungan telepon atau satelit.

 

9. O’Brien (2003)

Internet ialah sebuah jaringan komputer yang sekarang sudah berkembang pesat dari berbagai msamkepentingan bisnis, pendidikan sampai dalam jaringan pemerintahan dapat saling behubungan satu sama lain, dan jumlah penggunanya dapat berkembang lebih dari 200 negara.

 

10. Ramdhani (2003)

Internet ialah sebuah sebutan unutk sekumpulan jaringan komputer yang dapat menghubungkan berbagai situs akademik, komersial, pemerintahan, suatu organisasi dan perorangan.

Internet ini dapat menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan berbagai sumber informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia.

Internet sendiri mempunyai banyak layanan, seperti komunikasi secara langsung contohnya saja Chating dan E-mail, Usenet News dan millis, dan juga suatu sumber daya informasi yang terdistribusi seperti WWW dan Groper, remote login serta pada lintas file seperti Telnet dan FTP dan juga layanan lainnya.

 

11. Tim Penelitian dan Pengembangan Wahana Komputer (2005)

Internet ialah sebuah metode untuk menghubungkan berbagai macam komputer ke dalam satu jaringan global yang sangat luas. Setiap masing – masing komputer ini dapat terhubung dengan jaringan global yang luas melalui sebuah protokol yang disebut TCP atau IP.

 

12. Drew Heywood (1996)

Internet ini tidak lepas dari sejarahnya, ini berawal pada akhir dekade 60-an saat DoD atau United States Departement of Defense sangat memerlukan sebuah standar baru dalam melakukan komunikasi internetworking.

Standar tersebut yang harus mampu menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas, jaringannya harus kuat, aman, tahan kerusakan sehingga mampu beroperasi dalam kondisi minimum karena perang atau bencana.

 

13. Green Law dan Heep (2002)

Internet ialah sebuah sistem informasi global yang sudah terhubung dengan logika oleh address atau alamat yang unik yang berbasis pada IP dan mempunyai dukungan komunikasi TCP, ini dapat menyebabkan internet dpat digunakan, diubah dan diakses diseluruh dunia dengan langsung baik denga umum ataupun dengan khusus.

 

14. Turban, Rainer dan Potter (2005)

Internet ialah suatu jaringan besar yang dapat menghubungkan jaringan komputer, baik dari suatu organisasi dan bisnis, sekolah – sekolah, suatu organisasi pemerintah diseluruh dunia dengan langusng dan tidak langsung dan berlangsung dengan cepat.

 

15. Lutfi SY

Internet ialah suatu jaringan komputer yang saling berhubungan secara global, yang dapat memungkinkan penggunanya saling bertukar informasi atau data dengan jaringan tersebut. Lanjutnya Ia menjelaskan bahwa Internet ialah suatu sistem komunikasi data yang berskala pada global yang disusun atas sebuah infrastruktur yang terdiri dari softwere dan hardwere yang dapat menghubungkan komputer dalam jaringan.

 

16. Engineers Garage

Internet ini tidak membatasi diri untuk difinisi tertentu. Akan tetapi jika diartikan secara umum, Internet didefinasikan sebagai sejumlah jaringan kabel atau nirkabel yang saling berkomunikasi dengan tujuan untuk dapat mengirimkan informasi.

 

17. Sibero

Internet ialah sebuah jaringan komputer yang dapat menghubungkan antar komputer secara global. Internet ini dapat disebut sebagai jaringan alam yakni suatu jaringan yang luas.

Internet juga dapat melakukan kerja sama seperti jaringan komputer pada umumnya, sama seperti jaringan komputer lokal maupu jaringan luas. Internet juga menggunakan protokol komunikasi yang sama yakni IP atau TCP.

 

18. Lani Sidharta (1996)

Internet ialah suatu bentuk interkoneksi dari sebuah jaringan komputer dimana bisa memberikan suatu bentuk layanan informasi dengan lengkap. Ia juga menjelaskan lebih lanjut bahwa internet juga terbukti sebagai rekan maya atau virtual yang sangat ampuh, biasa digunakan dalam media politik, bisnis dan untuk hiburan.

Walau secara fisik Internet ialah suatu bentuk interkoneksi antar jaringan kompuetr akan tetapi secara umum Internet harus dapat dipandang dan dapat dipahami sebagai sebuah sumber daya informasi. Ia juga menyebutkan bahwa isi internet ialah suatu informasi, dimana hampir semua aspek kehidupan manusia dapat diakses jika ditemukan dan bentuk virtual internet.

 

19. Ned Snell

Internet ialah sebuah koridor bagi bermacam – macam sumber daya yang ada padanya dan setiap sumber daya itu dapat diakses melalui piranti yang berbeda.

 

20. Sarwono (2012)

Internet ialah sebuah kumpulam jaringan yang mempunyai skala global, tidak ada satupun orang yang dapat bertanggung jawab untuk menjalankan Internet itu sendiri. Awalnya Internet ini hanya digunakan untuk kebutuhan militer akan tetapi sekarang Internet merambah pada keperluan masyarakat sipil dan untuk hiburan.

 

21. Berners Lee

Ia menciptakan suatu konsep WWW yang meyebutkan bahwa internet ialah sebuah jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Ini jelas merujuk pada suatu konsep dimana suatu jaringan komputer tertentu atau lokal dapat terhubung dalam suatu jaringan lainnya.

 

22. Kamus Oxford

Internet ialah suatu jaringan komputer global yang menyediakan berbagai fasilitas informasi dan komunikasi yang terdiri dari jaringan interkoneksi menggunakan protokol komunikasy yang standar.

 

23. Federal Networking Council

Internet menunjuk pada suatu sistem informasi secara global, yang secara logis dapat dihubungkan dengan satu alamat yang unik yang didasari pada IP. TCP atau IP lain yang kompitible dan dapat memudahkan publik dan individu melakukan akses komunikasi tingkat tinggi dan berkaitan dengan infrastruktur.

 

24. Wikipedia

Internet ini merupakan singkatan dari Interconnection Networking yang merupakan keseluruhan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. supaya saling terhubung internet dapat menggunakan sebuah sistem standar yakni IP atau TCP untuk melayani pertukaran paket dalam jaringan tersebut keseluruh dunia.

 

 

Sejarah Internet

  • Sejarah internet ini dimulai pada Agustus 1962 dan penciptaan internet pertama kali dikemukakan oleh J.C.R Licklider dari MIT Massachutts Institute of Technology. Konsep awal nya dinamakan “Galactic Network”. Ia juga mengemukakan tentang jaringan global yang memungkinkan orang dapat mengakses data dan program dari mana saja. Pada Oktober 1962 beliau mengepalai program penelitian komputer di ARPA yang merupakan bagian dari Departmenet Pertahanan Amerika Serikat.
  • Pada tahun 1965 peneliti dari MIT bernama Lawrence G. Roberts sering juga disebut Larry Roberts dan Thomas Merill melakukan suatu koneksi komputer TX-2 di MIT dengan komputer Q-32 di California menggunakan jalur telpon berkecepatan rendah untuk menciptakan jaringan berskala luas untuk pertama kalinya.
  • Pada tahun 1966 Larry Roberts ini mengembangkan konsep jaringan komputer. Kemudian beliau merencanakan suatu jaringan yang disebut ARPANET yang dipublikasikan pada tahun 1967. Pada tahun 1969 ARPANET telah melibatkan empat buah komputer yang bisa terkoneksi. Komputer yang pertama berada di university of California Los Angelos, komputer ke dua berada di Stanford Research Institute, komputer yang ketiga berada di University of California Barbara dan komputer yang keempat berada di University Utah.
  • Pada tahun 1971 jumlah komputer yang terhubung ke ARPANET bisa mencapai 14 buah. Pada tahun ini pulalah sebuah protokol Telnet dan FTP berhasil dibangun. Pada tahun 1972 larry Roberts dan Bob Kahn mengenalkan ARPANET pada suatu konferensi ICCC yang diselenggarakan di Washignton.
  • Pada tahun 1972 Ray Tomliinson juga menulis program yang memungkinkan surat elektronik dikirimkan ke jaringan ARPNET. Beliaulah yang sudah merancang konversi “[email protected]” Pada tahun ini pula ARPANET menggunakan NCP untuk dapat menstransfer data. Pada tahun yang sama ARPA ini berubah nama menjadi DARPA. Tambahan huruf D ini berasal dari kata Defense. Pada tahun ini ARPANET melakukan suatu koneksi international yang pertama dengan University College of London dan Royal Establishment di Norwegia.
  • Pada tahun 1978 Unix to Copy Protocol ditemukan pada Labolatorium Bell. Program ini berguna untuk dapat melakukan file transfer.
  • Pada tahun 1979 news group yang diberi nama USENET yang beroperasi dengan dasar UUCP. Penciptanya adalah Tom Truscott dan Jim Ellis (kedua mahasiswa di Duke University) serta Steven Bellovin (dari Universitas North Carolina). Pemakai dari seluruh dunia bergabung ke grup diskusi ini bisa membicarakan masalah jaringan, politik, agama dan berbagai topik lainnya. Pada tahun 1982 DCA atau Defense Communication Agency dan DARPA juga membentuk protokol yang disebut TCP/IP untuk ARPANET.
  • Selanjutnya, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyatakan suatu TCP/IP sebagai sebuah standar. Saat itulah internet ini didefinisikan sebagai sekumpulan jaringan yang terhubung yang menggunakan TCP/IP sebagai protokol.
  • Pada tahun 1983 John Postel dan Paul Mockapetris dan Craig Partidge juga mengembangkan Domain Name System (DNS) dan mengusulkan suatu sistem pengamatan berbentuk [email protected] Pada tahun 1984 DNS diperkenalkan di internet dengan menyebutkan beberapa nama-nama jenis domain seperti . gov, .mil,.org, .net dan .com.
  • Pada tahun 1986 TCP/IP ini mulai tersedia pada workstaiton dan PC. Tahun ini pula National Science Foundation yang mendanai NSFNET sebagai tulang punggung internet berkapasitas 56 kbps dan mengatur internet hanya ditujukan untuk kepentingan riset dan pemerintah yang bersifat tidak komersial.
  • Pada tahun 1988 Internet Relay Chat disingkat IRC dibuat oleh Jarkko Oikarinen yang berguna untuk dapat malakukan chatting secara online melalui komputer.
  • Pada tahun 1989 Australia, Jerman, Israel, Italia, Jepang, Mexico, Belanda, Selandia Baru dan Inggris telah bergabung ke internet. Jaringan yang bernama JUNET di Jepang mulai berhubungan dengan NSFnet.
  • Pada tahun 1989, TIM Berners_lee periset dari inggris yang bekerja di CERN, Swiss, mengajukan sebuah konsep yang disebut sistem hypertext. Sistem ini mungkinkan untuk melihat dikument secara melompat-lompat dan bisa berjalan dalam sistem operasi yang berbeda-beda. Konsep inilah yang disebut World Wide Web atau dikenal juga dengan nama Web.
  • Pada tahun 1990 Departemen Pertahanan Amerika ini membubarkan ARPANET. Saat itu jaringan tersebut yang berkembang dari 4 buah host menjadi 300.000 host. Saat itu Singapura membangun suatu jaringan TECHNET dan ikut bergabung di internet. Pada tahun ini pula beberapa perangkat lunak seperti Archie, Gopher dan WAIS mulai dapat dipakai.
  • Pada tahun 1990 World Wide Web (WWW) ini diluncurkan oleh CERN di Jenewa, Swis. Tim Berner Lee menciptakan Hypertext Markup Laungage atau yang disingkat html yang menggunakan URL untuk pengalamatan Web. HTML adalah suatu bahasa yang digunakan untuk menyusun tampilan suatu WEB.
  • Pada tahun 1991 tulang punggung NSFNET ini diperbaharui dengan kecepatan 44Mbps. Koneksi yang mencakup 100 negara dan melibatkan lebih dari 600.000 host dan kira-kira 5.000 jaringan. Namun, pada tahun ini NSF sebagai pendananya mencabut sebuah larangan komersial untuk internet sehingga membuka peluang perdagangan elektronis.
  • Pada tahun 1992 jumlah jaringan ini sudah melampaui 7.500 buah dan jumlah komputer yang terkoneksi sebanyak 1.000.000. Saat itu, audio dan video juga mulai ada di internet. Pada tahun itu pula, Veronica, sebuah perangkat pencarian teks, yang dikeluarkan di Universitas Nevada dan Mozaic lahir. Mozaic adalah browser yang pertama kali diciptakan. Software ini memadukan sebuah texts dan gambar. Penciptanya adalah Marc Andresen dan Eric Bina. Salin itu, tercatat bahwa perusahaan Delphi di Amerika Serikat ini mulai membuka layanan internet kepada para pelanggannya.
  • Pada tahun 1994 Yahoo! yang kepanjangannya adalah Yet Another Hierarchical Officious Oracle ini didirikan oleh dua orang mahasiswa Universitas Stanford yaitu Jerry Yanf dan David Filo. Yahoo! terkenal sebagai portal yang menyediakan suatu email gratis dan mesin pencari informasi. Pada tahun ini pula Amazon.com didirikan oleh seorang yang bernama Jeff Bezos.
  • Pada tahun 1996 sebuah perusahaan komputer Dell mulai menjual komputer melalui internet. Pembeli bisa juga memilih komputer dan perangkat keras yang sesuai dengan keinginan mereka sendiri.
  • Mesin pencari yang terkenal yang lain adalah Google. Mesin pencari ini juga diluncurkan pada tahun 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin. Saat itu mereka berdua adalah seorang mahasiswa Universitas Stanford.

 

Fungsi Internet

Fungsi lain internet ialah sebagai berikut :

  • Sebagai suatu media komunikasi.
  • Sebagai salah satu tempat untuk akses suatu informasi.
  • Berbagi sumber daya atau suatu data.
  • Untuk dapat menyiarkan dan mengakses secara langsung baik itu berita dan bertukar data di seluruh dunia.

 

 

Manfaat Internet Bagi Manusia

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan internet yaitu sebagai berikut :

 

1. Komunikasi Lebih Cepat

Komunikasi antar individu di lokasi yang berbeda menjadi jauh lebih mudah sejak adanya internet. Selain itu, biaya untuk suatu proses komunikasi tersebut juga sangat murah ketika menggunakan internet.

Beberapa cara komunikasi yang sering dilakukan dengan dapat memanfaatkan internet adalah chatting, kirim email, media sosial, dan lain-lain.

 

2. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Tidak ada lagi alasan kesulitan dalam mengakses suatu ilmu pengetahuan karena hal itu dapat dilakukan dengan bantuan internet. Keberadaan berbagai situs yang telah menyajikan berbagai ilmu pengetahuan secara langsung akan menambah wawasan bagi para pengguna internet.

 

3. Kemudahan Dalam Berbelanja

Konsumen online di Indonesia juga tumbuh begitu cepat. Ini adalah sebuah bukti bahwa internet memberikan kemudahan dalam hal berbelanja apapun secara cepat dan murah.

 

4. Kemudahan Dalam Pemasaran Bisnis

Ada beberapa kelebihan internet marketing dibandingkan pemasaran konvensional, diantaranya ialah :

  • Biaya pemasaran cenderung lebih murah
  • Dapat membidik target market tertentu
  • Dapat menjangkau lebih banyak orang
  • Membangun brand lebih cepat

 

5. Sarana Hiburan

Internet juga merupakan suatu media yang sangat digemari sebagai wahana hiburan, terutama generasi milenia. Beberapa situs internet yang juga sering dijadikan sebagai tempat hiburan adalah YouTube.com, Facebook.com, Instagram.com, dan lain-lain. Berbagai konten di internet juga dapat menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat.

 

6. Kemudahan Dalam Mencari Informasi

Kemudahan dalam mencari berbagai informasi di internet juga menjadi suatu manfaat yang sangat dirasakan masyarakat sekarang ini.

 

 

Dampak Positif dan Negatif Internet

1. Dampak Positif

  • Mempercepat dan memudahkan arus informasi dan suatu data.
  • Membantu pelajar dalam mengerjakan berbagai tugas.
  • Membangun self learning seseorang, dengan dapat melihat dan membaca berbagai tutorial di Internet.
  • Menambah ilmu pengetahuan dan juga wawasan.
  • Memudahkan suatu kegiatan kampanye atau promosi hal-hal positif.
  • Kemudahan mendapat suatu hiburan dan pengisi waktu luang.
  • Mempererat suatu relasi dan juga pertemanan melalui media sosial.
  • Membantu untuk menggerakkan roda bisnis dan juga ekonomi melalui e-commerce.
  • Memudahkan suatu proses pekerjaan manusia.
  • Menciptakan banyak lapangan pekerjaan dan sebuah peluang usaha yang baru.

 

2. Dampak Negatif

  • Adanya sebuah potensi kecanduan internet.
  • Penggunaan waktu yang tidak sangat produktif.
  • Potensi tindak kejahatan melalui internet atau cyber crime, seperti penipuan.
  • Adanya konten yang tidak pantas dan berbahaya bagi anak – anak di bawah umur.
  • Mudahnya muncul suatu informasi dan berita bohong (hoax).
  • Meningkatnya risiko suatu provokasi antar golongan.
  • Meningkatnya isu-isu SARA yang dapat menyebabkan perpecahan masyarakat.
  • Maraknya suatu aksi cyber bullying.
  • Tergerusnya budaya asli lokal karena suatu proses globalisasi melalui internet.

 

 

Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

 

1. Bandwidth

Hal pertama yang dapat menentukan cepat tidaknya akses internet kamu terletak pada Bandwidth (lebar pita). Bandwidth adalah suatu besaran untuk memperlihatkan seberapa banyak data yang dapat ditangkap koneksi melalui sebuah network dalam waktu tertentu. Bisa juga didefinisikan sebagai lebar saluran data (pita) yang dapat dilewati oleh suatu data-data yang di transfer dalam jaringan internet.

 

2. Server Proxy

Proxy server atau komputer server atau suatu program komputer yang bertugas menyimpan sementara (cache) file html server lain, ia bertugas untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet. Proxy server juga bertugas untuk menyimpan alamat-alamat pelanggan. Keberadaan server proxy membuat pelanggan dapat mengakses konten internet jadi lebih cepat.

 

3. Backbone

Hal berikutnya yang dapat mempengaruhi kecepatan akses internet terletak pada Backbone atau saluran yang menghubungkan jaringan ISP dengan internet. Biasanya para penyedia jasa ISP menyewa suatu backbone dari perusahan lain dan menggunakannya bersama dnegan ISP lain. Hal ini karena untuk membuat suatu Backbone membutuhkan dana yang besar.

 

4. Jenis Koneksi Internet yang Digunakan

Faktor berikutnya adalah suatu jenis koneksi yang anda gunakan. Apakah dalam mengakses internet, anda menggunakan jaringan GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, atau 4G LTE, dan bahkan menggunakan jaringan Wi-Fi. Biasanya jenis koneksi internet yang memiliki kecepatan cukup baik dan stabil ini adalah 4G. Lebih baik lagi Wi-Fi, karena umumnya ini memiliki akses yang lebih cepat dan juga juga stabil.

 

5. Platform yang Digunakan

Berikutnya terletak pada platform yang anda gunakan untuk dapat mengakses jaringan internet. Dalam sebuah perangkat, entah itu smartphone, laptop atau komputer, pasti terdapat processor, RAM, harddisk dan lainya yang berperan sangat penting dalam menentukan kinerja perangkat.

 

6. Banyaknya Pengguna pada Saat Bersamaan

Sederhananya begini, bayangkan saja untuk bisa masuk ke sebuah perangkat, internet ini membutuhkan sebuah jalan masuk. Bagaimana bila jalan tersebut ada banyak pengguna yang dapat menggunakan? Sudah pasti jalan akan menjadi lambat. Begitulah juga kira-kira internet. Makin banyak pengguna yang menggunakan, akan makin lambat pula aksesnya. Dan sebaliknya.

 

7. Lokasi

Faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan internet berikutnya terletak pada lokasi dan posisi. Hal ini juga terkait dengan jaringan signal yang dipasang oleh pihak penyedia layanan internet. Makin banyak titik-tik signal internet, akan makin cepat pula akses internet. Dan sebaliknya.

 

 

Fasilitas Dan Layanan Yang Terdapat Pada Internet

1. Word Wide Web (www)

Layanan dan fasilitas ini yang hampir pasti kamu gunakan setiap kali kamu akses internet. Tetapi belum tentu kamu menyadari bahwa kamu telah menggunakan layanan ini. WWW merupakan sebuah fasilitas dalam internet yang berisi database terdistribusi. Layanan internet ini paling banyak digunakan dan paling cepat perkembangan teknologinya, tetapi terkadang tidak kita disadari keberadaanya. Terutama untuk mereka yang tidak terlalu memperhatikan suatu internet.

Www juga menggunakan sejumlah link hypertext (hyperlink) yang berguna untuk merujuk dan mengambil halaman web tertentu dari server. Halaman web ini bisa saja berisi suara, animasi, text, gambar, dan program perangkat lunak lainya.

 

2. E-mail

Email atau Electronic Mail adalah suatu layanan dan fasilitas dalam internet yang sangat mempengaruhi perkembangan internet. Ia juga bertugas mengirim dan menerima pesan dari komputer ke komputer lain dalam jaringan internet. Dengan layanan email ini, kita bisa mengirim segala jenis file. Penyedia layanan email juga ada beragam, ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

 

3. Mailing list

Internet juga punya Mailing list, yaitu sebuah forum diskusi yang dapat menghubungkan antar pengguna e-mail di internet. Materi diskusi ini biasanya dikirim ke email masing-masing untuk kemudian saling memberikan respon. Salah satu mailing list yang sangat populer adalah Yahoo Groups.

 

4. FTP (File Transfer Protokol)

Layanan internet berikutnya adalah FTP (File Transfer Protocol) yaitu suatu layanan yang memungkinkan pengguna internet menghubungkan komputer ke komputer server FTP. Pengguna komputer ini dapat mengambil data dari komputer server dengan cara mendownload file-file yang disediakan komputer FTP server.

Untuk dapat mengambil data dari komputer FTP server, komputer pengguna (komputer client) juga harus mengetahui alamatnya. Alamat FTP yang di awali dengan FTP sama seperti alamat web yang diawali dengan HTTP. Untuk dapat mendownload file, komputer FTP server ini harus terdapat program aplikasi FTP server, sedang komputer client harus menggunakan program aplikasi FTP client.

 

5. E-Commerce

Salah satu layanan dan fasilitas di Internet yang mengalami perkembangan pesat belakangan ini. Padahal cikal bakal lahirnya e-commerce ini telah ada sejak tahun 90-an. E-Commerce adalah suatu layanan internet yang bisa digunakan untuk kegiatan dan kepentingan ekonomi.

Melalui e-commerce atau yang lebih akrab disebut toko online siapa saja bisa berjualan dan membeli apapun yang dengan melalui smartphone saja. Dengan adanya e-commerce, kita tidak perlu lagi pergi ke toko hanya untuk berbelanja, kita tinggal membuka situs e-commerce untuk dapat membeli barang secara online.

 

6. E-Banking, E-Learning, dan E-Goverment dan seterusnya

E-Banking ini menjadi layanan dan fasilitas internet yang terus mengalami perkembangan dengan baik. Melalui fasilitas dan layanan internet ini, kita bisa melakukan sebuah proses transfer uang hanya dengan memanfaatkan jaringan internet. Transfer juga bisa dilakukan secepat kilat tanpa harus ke luar rumah.

Jika E-Banking dapat dimanfaatkan untuk layanan bank, maka E-Learning digunakan untuk proses pendidikan, dan E-Goverment digunakan untuk layanan pemerintakan.

 

7. VOIP (Voice Over Internet Protocol)

VOIP adalah suatu layanan yang perkembanganya semakin pesat akhir-akhir ini. terutama untuk ponsel smartphone, VOIP menjadi fasilitas internet paling diunggulkan. Dengan VOIP ini, kita bisa berbicara dengan pengguna lain melalui telepon secara gratis.

VOIP hanya membutuhkan suatu koneksi internet, sehingga tak lagi dibutuhkan pulsa untuk melakukan aktivitas telpon. Bahkan seiring perkembangannya, selain dalam bentuk suara, kita juga bisa telfon dalam bentuk suatu video.

 

8. Search engine (mesin pencari)

Search engine atau mesin pencari adalah suatu layanan internet yang memungkinkan pengguna mencari situs, foto, aryikelm gambar dan lainya dnegan cepat. Beberapa search engine yang populer saat ini adalah Google, Yahoo, FAST search, Altavista, Excite, dan sebagainya.

 

 

Istilah – Istilah Internet dan Fungsinya

  • Archie yaitu sebuah alat yang yang digunakan oleh FTP untuk pengindeks-an arsip, dengan archive anda bisa melakukan pencarian yang spesifik. Penggunaan pada alat ini pertama kali dilakukan  oleh Alan Emtage dan J. Peter Deutsch pada tahun 1990.
  • BITNET yaitu suatu jaringan yang berfungsi untuk point-to-point “menyimpan dan meneruskan”. Sederhananya, ia yang akan mengolah pesan email dari masuk hingga di kirim ke komputer tujuan.
  • Browser yaitu suatu program aplikasi yang biasa kita gunakan untuk mengakses, menampilkan dan menjelajahi berbagai hal yang ada di internet, khususnya informasi.
  • Cache yaitu cara yang digunakan oleh suatu jaringan untuk mempercepat transfer data dengan jalan menyimpan data yang telah diakses sebelumnya oleh pengguna. Karena pernah di akses, maka suatu proses pengambilan data yang sama akan lebih cepat.
  • Client yaitu suatu komputer yang memiliki tugas untuk menerima data dan informasi yang diolah oleh Server user.
  • Client biasanya digunakan oleh sebuah user.
  • Download adalah suatu proses pengambilan data dari internet (komputer server) melalui alamat tertentu untuk kemudian disimpan ke komputer.
  • Domain Name yaitu suatu identitas atau nama yang menjadi sebuah alamat web di internet.
  • FAQ atau Frequently Asked Question adalah suatu bentuk informasi yang menyajikan pertanyaan beserta jawabanya. FAQ ini ditujukkan untuk mempermudah pengguna menguasai permasalahan yang dihadapi di internet.
  • Freeware yaitu suatu program di internet yang dibagikan secara gratis, dimana setiap orang diperbolehkan untuk mengambil program tersebut.
  • Gateway yaitu suatu perangkat baik berupa komputer, router atau program lainya yang bisa bertindak sebagai sistem perantara ke jaringan lainnya.
  • Hacker yaitu orang yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan internet, dan keahlian tersebut digunakan untuk menembus, merusak, atau menyalahgunakan suatu jaringan komputer (termasuk internet).
  • Host yaitu suatu komputer yang biasanya menggunakan sistem operasi multi user dimana pemakainya memiliki kemampuan berkomunikasi dengan host lain yang berada dalam satu jaringan.
  • Homepage adalah suatu halaman utama atau halaman depan yang ditampilkan sebuah website.
  • HTML atau Hyper Text Markup Language adalah suatu bahasa yang digunakan untuk membuat tampilan.
  • ISP (Internet Service Provider) adalah sebuah penyedia jasa layanan koneksi internet.
  • Plugin adalah suatu program khusus yang biasanya ditambahkan pada webbrowser untuk membantu webbrowser menampilkan animasi, 3D object, program interaksi, tertentu dengan baik.
  • POP atau Post Office Protocol yaitu suatu protokol yang berguna untuk mengambil e-mail yang tersimpan pada server di internet atau ISP.
  • Protokol adalah sejumlah aturan yang dapat mengatur layanan tertentu.
  • Script adalah suatu kumpulan perintah yang disusun menggunakan bahasa komputer tertentu misalnya saja bahasa Java, CGI/Perl, VisualBasic, dan seterusnya. Tujuanya untuk dapat melakukan program interaktif dalam sebuah webpage.
  • Server adalah suatu komputer yang memiliki tugas melayani pembagian dan pengolahan informasi yang dibutuhkan oleh Client. Server ini dikendalikan oleh admin.
  • Shareware adalah suatu program komputer yang terdapat di internet dan dapat di download secara gratis. Kita juga bisa menggunakan program ini dalam jangka waktu terntentu secara gratis dan untuk berikutnya harus membayar.
  • Spam atau sampah yaitu sebuah pesan masuk ke email yang tidak diinginkan oleh pemilik email, entah itu berupa iklan, pesan berantai dan sebagainya.
  • Upload adalah suatu proses pengunggahan data dari komputer atau platform yang digunakan user ke internet.
  • User adalah seorang pengguna komputer (termasuk juga internet).
  • Virus adalah suatu program yang berbahaya bila masuk ke komputer, ia dapat merusak program lain di dalam komputer. Virus ini jenisnya ada beragam.
  • Voice-mail adalah suatu pesan yang dikirim dalam bentuk suara.
  • Web browser adalah suatu program aplikasi dalam komputer yang memiliki fungsi untuk berselancar di dunia internet.
  • Webmaster seseorang yang bertanggungjawab untuk memelihara dan membuat situs tertentu.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap menganai √ Internet : Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Dampak Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan yang sangat luas bagi para pembaca. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Topologi Jaringan : Pengertian, Jenis, dan Gambarnya Terlengkap

Baca Juga :  √ 21 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli Lengkap

Baca Juga :  10 Pengertian, Macam-Macam, Tujuan, dan Manfaat Jaringan Komputer Menurut Para Ahli Terlengkap

Baca Juga :  Macam-Macam Perangkat Keras Komputer Beserta Pengertian dan Fungsinya Menurut Para Ahli Terlengkap