√ Kampanye : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Jenis – Jenis Terlengkap

Diposting pada

√ Kampanye : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Jenis – Jenis Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa lagi dalam artikel seputarilmu.com yang akan membahas mengenai Kampanye dan jenis-jenisnya secara lengkap. Apa yang kamu ketahu mengenai Kampanye ?

Jika kamu ingin mengetahuinya lebih dalam lagi mengenai Kampanye dikehidupan sehari-hari kamu, mari simak penjelasannya secara lengkap dibawah ini.

 

√ Kampanye : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Jenis - Jenis Terlengkap
√ Kampanye : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Jenis – Jenis Terlengkap

 

Pengertian Kampanye

 

Secara etimologi kata kampanye ini berasal dari bahasa Perancis, yaitu “Campaign” yang artinya lapangan atau  operasi militer. Istilah kampanye ini juga banyak digunakan untuk berbagai hal kegiatan, baik itu dalam pemasaran bisnis, pemilihan pemimpin (PILPRES, PILKADA)dan  kegiatan sosial serta berbagai kegiatan lainnya.

Kampanye pada prinsipnya juga merupakan suatu proses dari kegiatan komunikasi individu atau kelompok yang dilakukan secara terlembaga dan bertujuan untuk dapat menciptakan suatu efek atau dampak tertentu.

Kampanye adalah serangkaian usaha dan suatu tindakan komunikasi yang terencana untuk mendapatkan suatu dukungan dari sejumlah besar khalayak yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang secara terorganisir dalam suatu proses pengambilan keputusan dan dapat dilakukan secara berkelanjutan dalam kurun waktu tertentu.

 

 

Unsur – Unsur Kampanye

 

  • Kegiatan kampanye bertujuan untuk dapat menciptakan dampak atau efek tertentu.
  • Sasaran kampanye adalah khalayak atau sekelompok orang dalam jumlah yang besar.
  • Kegiatan kampanye juga umumnya fokus dalam waktu tertentu.
  • Kampanye juga dilakukan melalui serangkaian tindakan komunikasi yang terorganisir.

 

 

Pengertian Kampanye Menurut Para Ahli

 

1. WWF (The World Wide Fund for Nature)

Kampanye adalah serangkaian alat untuk menyebarkan informasi dan meningkatkan kesadaran, untuk meningkatkan kepedulian dan perubahan perilaku dari target audiens.

Kampanye juga dapat dilihat sebagai alat advokasi kebijakan untuk dapat menciptakan tekanan public pada actor-aktor kunci, misalnya peneliti, ilmuwan, media massa dan pembuat kebijakan.

 

2. Rogers dan Storey (1987)

Kampanye yaitu  sebagai rangkaian tindakan komunikasi yang terencana dengan tujuan untuk menciptakan efek tertentu pada sejumlah besar khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan pada kurun waktu tertentu.

 

3. Antar Venus

  • Tindakan kampanye yang ditujukan untuk dapat menciptakan efek atau dampak tertentu.
  • Jumlah khalayak adalah sasaran yang besar.
  • Dipusatkan atau ditentukan dalam kurun waktu tertentu.
  • Melalui serangkaian tindakan komunikasi yang sudah terorganisasi.

 

4. Rajasundarman

Kampanye adalah pemanfaatan suatu metode komunikasi kepada khalayk umum agar terkoordinasi dalam waktu tertentu. Kampanye harus ditujukan untuk dapat mengarahkan kepada masyarakat mengenai permasalahan dan pemecahan masalah.

 

5. Undang-Undang (UU)

Menurut UU pasal 1 ayat 26 No. 10 tahun 2008 pengertian kampanye adalah suatu atau serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh peserta pemilu untuk meyakinkan para pemilih dengan menawarkan visi, misi dan program yang ditawarkan oleh calon peserta Pemilu.

 

6. Kotler dan Roberto

Kampanye adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh seseorang atau berkelompok untuk menamankan ide, sikap, prilaku yang dinginkan pelaku kampanye.

 

7. Cangara (2011)

Kampanye adalah suatu kegiatan atau aktivitas komunikasi yang dipergunakan untuk memengaruhi masyarakat agar mengusai dan memiliki wawasan terhadap perilaku yang menjadi keinginan pemberi informasi.

 

8. Rachmadi (1993)

Kampanye adalah suatu kegiatan yang telah terorganisir secara sistematis untuk dapat mendorong masyarakat melakukan sesuatu yang diangginkan.

 

9. Pfau dan Parrot (1993)

Kampanye yakni salah satu proses yang disusun secara sistematis, sadar, bertahap ,dan berkelanjutan yang dilakukan pada jagka waktu tertentu.

 

10. Leslie B. Snyder (Dalam Gudykunst dan Mody, 2002)

Kampanye adalah suatu bentuk dari tindakan komunikasi yang sudah terorganisasi secara sistemati dengan diarahkan kepada pihak tertentu guna tercapainya tujuan tertentu.

 

11. Imawan (2011)

Kampanye adalah suatu upaya persuasif yang dilakukan seseorang kepada orang lain agar sepaham terhadap idea tau gagasan yang ditawarkan.

 

12. Ruslan (2007)

Kampanye dapat diartikan sebagai sebuah pemanfaatan berbagai metode komunikasi yang berbeda secara terkoordinasi dalam periode waktu tertentu yang ditujukan untuk mengarahkan khalayak pada masalah tertentu berikut pemecahannya.

 

13. Nimmo (2011)

Kampanye adalah sebuah bentuk persuasi massa dimana seorang komunikator politik memberikan suatu himbauan kepada massa baik melalui hubungan tatap muka ataupun melalui jenis media berperantara yaitu media elektronik, media cetak, atau poster.

 

 

Fungsi Kampanye

 

Secara umum, fungsi kampanye yaitu sebagai informasi supaya masyarakat lebih tanggap terhadap suatu pesan yang disampaikan dalam kampanye.

Menurut Drs. Antar Venus, MA, fungsi kegiatan kampanye yaitu sebagai berikut :

  • Sebagai suatu sarana informasi yang dapat mengubah pola pikir masyarakat.
  • Sebagai upaya dalam pelaksana kampanye untuk mencapai tujuan dengan menggugah kesadara dan pendapat masyarakat terhadap isu tertentu.
  • Pengembangan suatu usaha dengan membujuk khalayak untuk membeli produk yang dipasarkan.
  • Untuk bisa membangun citra positif peserta kampanye.

 

 

Media Kampanye

 

Berikut ini terdapat beberapa media dalam kampanye yakni sebagai berikut ini :

  • Media Elektronik contohnya saja ialah televisi dan radio.
  • Media Cetak contohnya saja ialah koran, tabloid dan majalah.
  • Media Komunikasi Kelompok contohnya saja ialah pameran, seminar dan diskusi panel.
  • Media Luar Ruangan contohnya saja ialah poster, banner, billboard dan papan nama.
  • Media Digital contohnya seperti website dan sosial media.

 

 

Tujuan Kampanye

 

1. Ajakan

Tujuan dari kampanye yaitu untuk dapat mengajak para masyarakat untuk memberikan suara terhadap calon pemimpin yang sedang dikenalkan terhadap masyarakat banyak. Sejatinya kampanye berisi suatu ajakan untuk menghasur masyarakat agar mendapatkan suara terbanyak.

 

2. Anjuran

Kampanye juga berisi tentang sebuah anjuran. Anjuran yang digunakan dalam kampanye ini biasanya penganjuran yang baik seperti seorang atlit menganjurkan makan makanan yang bergizi kepada masyarakat agar senantiasa hidup sehat.

 

3. Sosialisasi

Pengertian sosialiasi merupakan suatu tujuan kampanye yang terakhir. Bentuk sosialisasi ini memiliki tujuan untuk dapat memberikan pengertian kepada masyarakat tentang pentingnya melakukan sesuatu. Sebagai contoh pemberian sosialisasi pada masyarakat supaya senantiasa dapat membuang sampah pada tempatnya supaya tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

 

 

Perbedaan Kampanye dan Propaganda

 

Pengertian Propaganda menurut para ahli yaitu sebagai berikut :

 

1. Harold D. Lasswell

Propaganda adalah suatu penggunaan simbol-simbol untuk mempengaruhi perilaku atau manipulasi perasaan manusia.

 

2. Qualter

Propaganda adalah suatu upaya secara sengaja oleh beberapa individu atau kelompok untuk dapat membentuk, mengontrol, atau mengubah sikap kelompok lain dengan menggunakan instrumen komunikasi demi mencapai tujuan.

 

Jadi, perbedaan antara kampanye dan propaganda ialah sebagai berikut :

  • Propaganda in tidak ada waktu.
  • Propaganda menginginkan suatu perubahan cepat.
  • Kampanye ini tidak dibatasi waktu.
  • Kampanye juga memiliki pola-pola tertentu.

 

 

Perbedaan Kampanye Dan Iklan

 

Kampanye :

  • Kampanye sama saja dengan program kerja, butuh proses yang dapat melibatkan jangka waktu yang panjang, kontinuitas dan konsistensi. Yang menjadi tujuan utama dari kempanye adalah sebuah pencitraan.
  • Kampanye ini merupakan salah satu kegiatan peserta dari pemilu dengan tujuan untuk meyakinkan para pemilih dengan menawarkan visi, misi dan program peserta pemilu ( Pasal 1 angka 26 UU Nomor 10 tahun 2008).
  • Kampanye adalah sebuah istilah yang dapat digunakan pada saat pemilu dan menonjolkan kelebihan program peserta pemilu.

 

Iklan :

  • Iklan juga berguna untuk dapat mengkomunikasikan gagasan-gagasan dan produk-produk politik melalui media massa tertentu oleh kontestan tertentu. Bertujuan untuk bisa menyampaikan informasi, meningkatkan ketanggapan seseorang pada suatu kandidat dan mempersuasi publik.
  • Iklan merupakan suatu sarana atau media yang dipakai atau digunakan kampanye untuk mempublikasikan visi,misi dan program peserta pemilu.
  • Iklan mementingkan suatu komersial.
  • Iklan juga muncul sebagai suatu media publikasi perta-tama ditujukan untuk mendukung suatu kegiatan komersial produsen, biasanya berupa pengenalan produk, informasidan menarik calon konsumen untuk dapat membeli produknya.
  • Iklan tersebut mencakup seluruh produk yang dapat dipublikasikan tanpa terkecuali.

 

 

Jenis – Jenis Kampanye

 

Jenis Kampanye Berdasarkan Orientasinya

 

1. Product Oriented Campaigns

Ini merupakan salah satu kampanye yang berorientasi pada produk. Jenis kampanye ini umumnya dilakukan dalam lingkungkan bisnis komersil. Kampanye ini bertujuan untuk dapat membangun citra positif terhadap produk yang diperkenalkan ke masyarakat.

 

2. Candidate Oriented Campaigns

Ini merupakan salah satu kampanye yang berorientasi pada kandidat. Kampanye ini biasanya memiliki latar belakang hasrat untuk kepentingan politik saja. Misalnya yaitu kampanye PEMILU, kampanye PILKADA.

 

3. Ideologically or Cause Oriented Campaigns

Kampanye ini sangat berorientasi pada tujuan-tujuan khusus yang sifatnya sosial. Seperti yang pernah dijelaskan oleh Kotler, kampanye perubahan sosial bertujuan untuk dapat menangani berbagai masalah sosial dengan perubahan pandangan, sikap, dan perilaku masyarakat.

Contohnya yaitu kampanye imunisasi, kampanye ASI, kampanye Donor Darah, kampanye Keluarga Berencana (KB).

 

Jenis Kampanye Berdasarkan Isi

 

1. Kampanye Positif (Positive Campaign)

Ialah salah satu jenis kampanye yang mengandung identifikasi produk ataupun individu yang dikampanyekan. Pada biasanya suatu informasi yang disampaikan tentang kondisi-kondisi yang baik saja.

 

2. Kampanye Negatif (Negative Campaign)

Ialah salah satu jenis kampanye umumnya kampanye negatif dirangkaikan oleh pesaing dimana isi kampanyenya memberitahukan tentang kelemahan produk ataupun individu. Pada biasanya kampanye negatif tersebut menurut suatu informasi dan keterangan yang telah berlangsung sebelumnya.

 

3. Kampanye Hitam (Black Campaign)

Ialah suatu jenis kampanye yang bermaksud untuk melenyapkan perilaku individu atau ataupun yang merupakan pesaing kampanyenya. Namun, suatu informasi yang diterangkan dalam kampanye hitam (black campaign) tersebut umumnya berbentuk hinaan, kebohongan (dusat) dan berita palsu (hoax).

 

Demikianlah pembahasan terlengkap mengenai  √ Kampanye : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Jenis – Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Reformasi : Pengertian, Tujuan, Faktor Pendorong dan Latar Belakang Terlengkap

Baca Juga :  40+ Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli : Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Jenisnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Pengertian Politik, Tujuan, Macam-Macam dan Perilakunya Terlengkap

Baca Juga :  √ Bhinneka Tunggal Ika : Pengertian, Sejarah, Peran dan Konsep Terlengkap