√ Sepak Bola : Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Peraturan & Formasinya Lengkap

Diposting pada

√ Sepak Bola : Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan & Formasinya Lengkap

 

 

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu,jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Sepak Bola. Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Sepak Bola? Oke, mari simak penjelasan secara lengkapnya dibawah ini ya.

 

√ Sepak Bola : Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, dan Formasinya Terlengkap

 

Pengertian Sepak Bola

Sepak Bola ini berasal dari dua kata yaitu “Sepak” dan “Bola”. Sepak atau meyepak dapat di artikan untuk menendang (menggunakan kaki) sedangkan “bola” yaitu sebuah alat permainan yang berbentuk bulat berbahan karet, kulit atau sejenisnya.

Dalam permainan sepak bola, sebuah bola disepak atau tendang oleh para pemain kian kemari. Jadi secara singkat pengertian Sepak bola ini adalah suatu permainan yang dapat dilakukan dengan cara menendang bola kian kemari yang dilakukan oleh pemaian, dengan sasaran gawang dan bertujuan untuk memasukan bola ke gawang lawan.

Sepak Bola adalah suatu cabang dari olahraga yang menggunakan sebuah bola berbahan kulit atau karet dan dimainkan oleh dua tim, dimana masing-masing tim ini beranggotakan 11 pemain inti dan beberapa pemain pengganti.

Dalam bahasa Inggris, sepak bola disebut juga dengan Football, sedangkan di Amerika Serikat permainan ini disebut juga dengan Soccer.

Istilah “sepak bola” ini terdiri dari dua kata, yaitu sebagai berikut :

  • Sepak yang artinya menendang dengan menggunakan kaki.
  • Bola yang artinya suatu alat permainan yang bentuknya bulat dan juga terbuat dari bahan kulit atau karet.

 


Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

 

1. Soekatamsi

Sepak Bola adalah serangkaian permainan beregu yang diperlombakan masing-masing regu yang terdiri dari sebelas orang pemainan termasuk penjaga gawang.

Menurut Soekatamsi bahwa permainan sepakbola ini boleh dilakukan dengna seluruh anggota tubuh selain tangan keculi penjaga gawang yang dapat diperbolehkan menggunakan tangan.

 

2. Subagyo Irianto

Sepak Bola adalah salah satu permainan dengan cara menendang sebuah bola yang dapat diperebutkan oleh para pemain dari dua kesebelasan yang berbeda dengan maksud untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri jangan sampai kemasukkan bola.

 

3. Joko Purwanto

Sepak Bola ialah suatu bentuk permainan beregu yang menggunakan sebuah bola besar, dimainkan oleh 2 (dua) regu, dan tiap-tiap regu terdiri dari 11 pemain.

 

4. Herwin

Sepak Bola yaitu serangkaian permainan kelompok yang melibatkan banyak unsur, seperti fisik, teknik, taktik, dan mental.

 

5. Luxbacher

Sepak Bola yakni serangkaian pertandingan sepak bola itu dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Masing-masing tim ini mempertahankan gawan dan berusaha menjebol gawang lawan.

 

6. Agus Salim

Sepak Bola adalah sebuah cabang olahraga yang memainkan bola menggunakan kaki dengan tujuan untuk dapat memasukkan bola tersebut sebanyak mungkin ke gawang lawan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya, baik itu oleh suatu asosiasi sepak bola atau pihak lain yang berwenang.

 

7. Muhajir

Sepak Bola adalah suatu permainan yang harus dilakukan dengan cara menyepak atau menendang bola, dimana tujuannya adalah untuk bisa memasukkan bola ke gawang lawan dan bertahan agar gawang agar tidak kemasukan bola.

 

8. Remmy Muchtar

Sepak Bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara pengolahan bola maupun dalam pengelolahan gerak tubuh dalam permainan.

 

9. Rohim

Sepak Bola merupakan sebuah permainan yang menantang secara fisik dan mental, kita yang harus melakukan gerakan yang terampil di bawah suatu kondisi permainan yang waktunya terbatas, fisik dan mental yang lelah sambil menghadapi lawan.

Kita juga harus berlari beberapa mil dalam satu pertandingan, dalam permainan ini kita harus dapat memahami teknik permainan individu, kelompok dan beregu dalam menentukan penampilan kita di lapangan.

 

10. Alwi dalam KBBI

Sepak Bola ialah sebuah permainan beregu yang menggunakan bola sepak dari 2 (dua) kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain.

 

11. Sucipto Dkk

Sepak Bola yakni suatu permainan yang hampir seluruhnya dimainkan menggunakan kaki, kecuali seorang penjaga gawan yang dibolehkan menggunakan lengannya di daerah tendangan hukumannya.

 

12. Nurhasan

Sepak Bola merupakan suatu permainan sepak bola dilakukan dalam 2 (dua) babak, yang mana masing-masing dari babak pada umumnya berlangsung selama 45 menit. Permainan sepakbola ini dipimpin oleh seorang wasit dengan dibantu oleh dua hakim garis.

Para pemain juga menggunakan sepatu bola serta kostum yang berbeda dengan lawan mainnya, sedangkan untuk penjaga gawan harus mengenakan kostum khusus yang berbeda dengan para pemain lainnya.

 

13. Muhyi Faruq

Sepak Bola adalah suatu bentuk dari kegiatan fisik yang memberikan manfaat pada kebugaran tubuh dan mental serta sosial yakni prestasi. Pada kajian ini lebih menyoroti pada sebuah permainan dan olahraga sepak bola kaitanny dengan kebugaran tubuh.

Permainan ini sendiri masuk dalam suatu kegiatan gerak olahraga, karena bentuk aktifitas fisik yang terstruktur, terencara dan berkesinambungan dengan tujuan untuk kebugaran tubuh yang lebih baik.

 

14. Wikipedia

Sepak Bola ialah salah satu cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

 

15. Erick C. Batty

Sepak Bola yaitu salah satu permainan yang sederhana dan rahasia permainan sepakbola ialah melakukan hal-hal sederhana sebaik-baiknya. Walaupun sepakbola adalah sebuah permainan beregu namun setiap pemain harus menguasai teknik dasar baik itu dengan bola ataupu tanpa bola.

 


Sejarah Sepak Bola di Dunia

 

Sepak bola adalah salah satu olahraga yang paling dan sangat populer di dunia. Sepak bola ini memiliki sejarah yang hidup dan menarik di dunia olahraga. Bukti awal dari sepak bola yang dimainkan sebagai salah satu olahraga pertama kali ditemukan di China selama abad ke-2 dan ke-3 SM.

Di Cina, yaitu pada saat dinasti Han, orang-orang bermain sepak bola dengan cara menggiring bola yang terbuat dari kulit dan menendangnya ke dalam jaring kecil.

Fakta yang direkam juga mendukung sebuah fakta bahwa Roma dan Yunani dulunya bermain bola untuk bersenang-senang dan bermain-main. Beberapa fakta juga menunjukkan Kyoto, Jepang di mana menendang bola adalah olahraga yang populer.

Dikatakan bahwa suatu pertumbuhan awal sepak bola modern dimulai di Inggris. Beberapa fakta bahkan menyebutkan bahwa bola pertama yang digunakan adalah salah satu kepala dari beberapa perampok Denmark.

Dikatakan juga bahwa selama abad pertengahan, bentuk permainan sepak bola dulu digunakan untuk dapat memungkinkan banyak praktek manyakitkan seperti menendang, meninju, menggigit dan mencongkel. Tujuan utamanya adalah untuk bisa membawa bola ke tempat sasaran.

Orang-orang juga mulai sangat menyukai permainan tersebut. Mereka akan berbondong-bondang ke lapangan sepak bola sepanjang hari. Kadang-kadang juga kompetisi tumbuh sengit dan massa menjadi sangat liar yang ada insiden sering kekerasan selama pertandingan.

Hal ini juga mengatakan bahwa tentara sangat mengagumi sebuah permainan tersebut bahkan mereka rela bolos belajar memanah untuk menontonnya.

Raja Edward III melarang sepak bola di tahun 1365 karena tumbuhnya insiden kekerasan dan mengumbar militer dalam olahraga. Pada tahun 1424 Raja James I dari Skotlandia juga menyatakan dalam suatu Parlement “Na man play Fute-ball” (Tidak ada orang yang boleh bermain sepak bola)

Kapan dan di mana tepatnya awal sepak bola adalah suatu pertanyaan yang tidak memiliki jawaban yang tepat. Permainan sepak bola merupakan slah satu permainan populer yang telah dimainkan selama lebih dari tiga ribu tahun.

Kelahiran zaman sepak bola modern ini harus dikreditkan ke Inggris. Hal itu juga dikenal sebagai sepak bola, dengan Skotlandia dan Inggris menjadi salah satu pendiri dari permainan sistematis sepak bola.

Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besar telah terjadi yang membuat sepak bola populer di Universitas, Sekolah Tinggi dan Sekolah. Populer English School dan Eton College tampil dengan seperangkat aturan, yang dikenal juga sebagai Cambridge Rules.

Sepak bola ini juga dapat dipisahkan menjadi dua kelompok yaitu beberapa perguruan tinggi dan sekolah memilih untuk aturan Rugby yang memungkinkan dapat menyandung, menendang dan juga membawa bola. Aturan-aturan ini juga secara eksklusif dilarang sesuai aturan Cambridge.

Sejarah sepak bola modern ini didirikan pada tahun 1863. Pada bulan Oktober 1863, sebelas perwakilan dari klub-klub dan sekolah yang ada di London bertemu di Freemason Tavern untuk mengatur suatu aturan-aturan dasar umum untuk mengontrol pertandingan antara mereka sendiri.

Hasil dari pertemuan ini adalah pembentukan suatu Asosiasi Sepakbola. Pada bulan Desember 1863, sepak bola Rugby Football Association akhirnya juga memisahkan diri.

Tegas menetapkan suatu dasar sepak bola pada tahun 1869, Asosiasi Sepakbola melarang keras jenis memegang bola. Popularitas pada sepak bola ini menyebar dengan cepat selama 1800 sebagai perluasan Inggris, pedagang dan tentara memperkenalkan olahraga ke berbagai belahan dunia.

Italia, Austria dan Jerman menarik diri ke Eropa, sementara Argentina, Uruguay dan Brazil mengadopsi olahraga di Amerika Selatan. FIFA juga didirikan pada tahun 1904 dan oleh 1930-an, liga yang berbeda yang beroperasi dari berbagai negara.

FIFA dikreditkan dengan mengorganisir suatu Piala Dunia pertama kali di Uruguay. Sejarah sepak bola kaya dengan peristiwa, pengembangan dan tumbuh menggila di seluruh dunia ini.

 


Sejarah Sepak Bola di Indonesia

 

Indonesia ini juga memiliki sejarah tersendiri yang berhubungan dengan permainan sepak bola. Pada tahun 1930, Indonesia yang mendirikan PSSI atau Persatuan Sepak Bola Indonesia di Yogyakarta. Pada saat itu, PSSI diketuai oleh bapak Soeratin Sosrosoegondo.

Sejak berdirinya PSSI tersebut, maka permainan sepak bola yang ada di Indonesia semakin ramai dan dikenal oleh masyarakat luas. Kompetisi akan diadakan dan bahkan Paku Buwono X mendirikan Stadion Sriwedari.

Sayangnya, setelah Soeratin tidak lagi menjabat menjadi seorang ketua, kemunduran sepak bola pada masa itu sangat terlihat dengan jelas. Namun beberapa pemain pada era sebelum tahun 1970 justru terkenal di kancah dunia.

Setelahnya, PSSI bangkit dan mulai membentuk suatu babak baru dalam dunia sepak bola di Indonesia. Liga Super Indonesia terbentuk dan bahkan sepak bola wanita juga telah dikembangkan. Hingga saat ini, terdapat kelompok yang berdasarkan umur seperti pada U-17 dan U-21.

Dari sejarah yang ada, Indonesia juga menciptakan sebuah kenangan yang berharga. Yaitu tim nasional Indonesia merupakan suatu tim sepak bola pertama di Asia yang berhasil menembus Piala Dunia.

 


Teknik Dasar Sepak Bola

1. Teknik Menendang Bola

Teknik menendang bola merupakan salah satu faktor yang paling dominan dalam permainan sepak bola.

Adapun beberapa teknik menendang bola adalah sebagai berikut ini :

  • Menendang bola dengan kaki bagian dalam.
  • Menendang bola dengan kaki bagian punggung.
  • Menendang bola dengan kaki bagian luar.

 

2. Teknik Menghentikan Bola

Teknik menghentikan bola bertujuan untuk dapat menahan atau menghentikan laju bola.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghentikan bola sebagai berikut :

  • Menghentikan bola dengan kaki bagian luar
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian dalam
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian punggung
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian telapak
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian paha
  • Menghentikan bola dengan dada atau perut
  • Menghentikan bola dengan kepala

 

3. Teknik Menggiring Bola

Menggiring bola adalah salah satu upaya mendorong atau membawa bola ke arah tertentu sambil berlari sehingga bola bergulir di tanah dan tetap dikuasai oleh pemain.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menggiring bola adalah sebagai berikut :

  • Menggiring bola dengan kaki bagian dalam
  • Menggiring bola dengan kaki bagian luar
  • Menggiring bola dengan punggung kaki
  • Menggiring bola dengan kedua kaki secara bergantian

 

4. Teknik Menyundul Bola

Teknik menyundul bola adalah suatu gerakan mendorong bola dengan memakai kepala yang dilakukan ketika bola sedang melayang di udara. Tujuannya adalah untuk dapat mendonrong bola ke arah yang diinginkan pemain.

 


Tujuan Sepak Bola

Tujuan dari permainan olahraga sepak bola diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Mencegah gawang kemasukan gol melalui penyusunan suatu taktik dan pertahanan yang kuat.
  • Mencetak atau dapat menghasilkan gol sebanyak mungkin ke gawang lawan dengan mengkombinasikan teknik bermain sepak bola yang ada.
  • Saling menghormati antar sesama pemain agar tercipta fair play.
  • Meningkatkan suatu jalinan kerjasama antar tim agar terhindar dari kegagalan dan sifat egois.
  • Menjaga kesehatan karena dalam olahraga kita dituntut untuk terus bisa bergerak dan berlari demi mencapai tujuan yang ditetapkan. Dengan begitu, jantung, paru-paru, dan kekuatan otot tubuh akan bisa terlatih sehingga daya tahan tubuh dan sistem imun akan semakin meningkat.
  • Menjaga sportifitas yang artinya untuk bisa menjaga kejujuran dan saling menghormati antar satu pemain dengan pemain yang lainnya.

 


Manfaat Sepak Bola

  • Mencerdaskan Otak, Dalam olahraga ini, pemain tidak hanya untuk menggerakkan fisiknya saja, namun juga menggunakan otak mereka agar pada permainan yang dilakukan sesuai dengan tempo dan sesuai dengan taktik yang sudah disusun. Sepak bola dapat juga menguji kecepatan dan ketepatan dalam berpikir yang mengkombinasikan mata, pikiran, dengan anggota tubuh lainnya.
  • Memperkuat Mental, Mental dalam olahraga sepak bola ini diibaratkan sebagai suatu elemen fisik yang melekat dalam jiwa seseorang. Ada kalanya dalam bermain olahraga ini kita akan jatuh, namun juga tetap harus bangun kembali tanpa mengenal lelah dan menyerah.
  • Melatih Disiplin, Untuk bisa menjadi pesepak bola yang sangat handal, tentu dibutuhkan sebuah latihan yang rutin dan niat yang kuat. Dengan bermain sepak bola, anda akan belajar untuk dapat mempunyai komitemen dan dedikasi kuat serta terus menerus disiplin dalam berlatih agar dapat bermain bola dengan baik.
  • Meningkatkan Kesehatan Fisik, Hal ini juga dikarenakan saat bermain sepak bola, anda diharuskan dapat berjalan dan berlari secara terus menerus yang akan melatih organ-organ tubuh agar lebih kuat sehingga daya tahan tubuh ikut meningkat.
  • Sosialisasi dan Kerjasama Tim, Bermain sepak bola juga membutuhkan komunikasi, pengertian, dan juga kekompakan tim. Disini anda akan belajar untuk berkolaborasi dan bukan hanya sekedar berkompetisi.

 


Peraturan Sepak Bola

Berikut ini merupakan peraturan-peraturan sepak bola yang dibuat oleh FIFA antara lain sebagai berikut ini :

  • Peraturan Lapangan

Peraturan mengenai lapangan rumput hijau juga dengan ukuran panjang 90-120 M dan lebar 45-90 M.

 

  • Menggunakan Bola

Bola yang digunakan berbahan kulit dan bundar dengan ukuran yang berdiameter 28 inci.

 

  • Jumlah Pemain

Peraturan yang dikeluarkan oleh FIFA pada jumlah pemain dalam sepak bola ialah beranggota dengan jumlah 11 pemain, kurang lebih 8 pemain cadangan dan memiliki pelatih serta official tim.

 

  • Penggunakan Kostum

Kostum yang digunakan dalam sebuah pertandingan sepak bola ialah jersey full set, sepatu, penutup kaki kering dan kaos kaki untuk pemain, sedangkan buat kiper ditambah dengan sarung tangan.

 

  • Durasi

Dalam pertandingan sepak bola, FIFA juga memberikan durasi dalam pertandingan resmi sekitar 90 menit dalam 45 menit babak pertama dan 45 menit babak kedua. Jika pada babak final 90 menit masih seri, maka durasi akan ditambah 30 menit, dengan 15 menit perpanjangan waktu pertama dan 15 menit perpanjangan waktu kedua.

 

  • Kick Off

Kick off ialah waktu dimulai nya pertandingan dalam sepak bola.

 

  • Bola Keluar

Pada pertandingan pasti bola akan keluar, dimaksud bola keluar ialah sebuah bola yang ditendang ke luar melewati garis lapangan.

 

  • Offside

Terjadinya offside apabila salah satu pemain lawan melewati suatu wilayah tanpa pemain kecuali kiper.

 

  • Wasit

Wasit merupakan seorang pengukur waktu pertandingan resmi.

Tugas Dari wasit adalah sebagai berikut :

  1. Mengendalikan jalannya suatu pertandingan sepak bola.
  2. Memastikan bola yang dipakai dalam suatu pertandingan sudah sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.
  3. Memastikan bahwa kedua tim telah lengkap dengan jumlah 11 orang pemain.
  4. Memastikan bahwa kedua tim memakai jersey atau seragam dengan warna yang sama dan lengkap semua atribut untuk melakukan pertandingan.
  5. Mengatur waktu dan dapat mencatat semua proses pertandingan.
  6. Menunda, menghentikan, dan mengakhiri suatu pertandingan apabila dalam jalannya pertandingan terjadi gangguan dari pihak luar.
  7. Menunda, menghentikan, dan mengakhiri suatu pertandingan apabila pemain dari salah satu tim mengalami cidera yang parah.
  8. Menunda, menghentikan, dan mengakhiri suatu pertandingan apabila terjadi pelanggaran dalam pentandingan sepak bola.

 

  • Asisten Wasit

Seorang wasit dibantu oleh 2 orang yang disebut juga dengan asisten wasit, karena seorang wasit saja tidak mampu untuk mengontrol 22 orang dari kedua tim.

Asisten wasit atau yang biasa juga disebut hakim garis bertugas membawa bendera dan menandakan jika terjadi off side, bola keluar, atau tendangan sudut.

Penggunaan 4 hakim garis ini pernah dicoba dalam piala dunia 2010, dimana 2 diantaranya berada dibelakang gawang.

 

  • Peraturan Gol

Perhitungan gol dilakukan ketika bola masuk kedalam sebuah jaring dan melewati gawang serta tidak ada pemain yang dalam keadaan offside, pelanggaran, atau pun hands ball. Semua keputusan gol atau tidaknya ditentukan oleh para wasit sebagai pemimpin dalam pertandingan sepak bola.

 

  • Lemparan Kedalam (Throw in)

Lemparan kedalam ini dilakukan saat bola melewati garis lapangan. Pemain yang melakukan lemparan kedalam adalah salah satu tim yang tidak mengeluarkan bola dari lapangan. Dalam melakukan lemparan, pemain dilarang untuk bisa mengulur waktu dan juga mengangkat kakinya.

 

  • Tendangan Gawang

Tendangan gawang ini terjadi melewati garis gawang karena pemain lawan. Penjaga gawang atau pemain dalam satu tim boleh juga melakukan tendangan gawang asalkan tidak melewati batas garis penjaga gawang atau kiper.

 

  • Tendangan Sudut (Corner Kick)

Tendangan sudut ini dilakukan karena bola keluar melewati garis gawang yang disebabkan oleh pemain back dan tendangan akan dilakukan oleh pemain lawan. Letak tendangan sudut sesuai dengan keluarnya bola yang disebelah kanan atau kiri gawang.

 

  • Pergantian Pemain

Peraturan dalam FIFA menyebutkan bahwa pergantian para pemain hanya sebanyak 3 kali saja. Namun saat melakukan pertandingan persahabatan pergantian para pemain dapat dilakukan hingga 7 kali.

 

  • Pelanggaran dan Hukuman

Pelanggaran ini bisa terjadi karena terjadi tackle yang terlalu keras, hands ball, mendorong lawan main, menarik baju lawan, mengganggu pergerakan penjaga gawang, dan lain sebagainya.

Pelanggaran seperti ini dapat dikenakan kartu kuning. Namun apabila pemain melakukan suatu pelanggaran hingga mendapatkan kartu kuning dua kali maka otomatis pemain mendapat kartu merah dan harus keluar dari pertandingan.

Selain mendapat kartu kuning sebanyak dua kali, apabila anda melakukan suatu pelanggaran keras atau arogan anda bisa saja mendapatkan kartu merah.

Pemain yang mendapat kartu kuning sebanyak 3 kali maka tidak diperbolehkan untuk mengikuti pertandingan berikutnya di kompetisi yang sama.

 

  • Tendangan Bebas (Free Kick)

Tendangan bebas terjadi karena suatu pelanggaran yang sangat keras.

Ada dua jenis tendangan bebas, yaitu sebagai berikut :

  1. Tendangan Bebas Langsung adalah salah satu tendangan bebas yang dilakukan dengan menendang bola langsung menuju gawang.
  2. Tendangan Bebas Tidak Langsung adalah suatu tendangan bebas yang dilakukan menendang bola atau mengoper kepada teman satu tim terlebih dahulu.

 

  • Tendangan Pinalti

Tendangan pinalti ini dilakukan saat pemain dari tim lawan melakukan pelanggaran di dalam kotak pinalti, entah hands ball, menjatuhkan pemain lawan dengan sengaja dan pelanggaran lainnya.

Salah seorang pemain akan ditunjuk untuk bisa mengeksekusi bola menuju gawang. Tendangan ini dilakukan pada jarak 16,5 meter dari gawang.

 


Formasi Sepak Bola

  • 4-4-2 ( Taktik klasik, 4 pemain belakang, dan 2 Gelandang Sayap )
  • 4-4-1-1 ( 2 Gelandang Sayap, 1 Gelandang Serang, dan 1 Striker )
  • 4-2-4 ( dengan 2 Gelandang Sayap )
  • 4-3-2-1 ( 3 Gelandang Tengah, 2 Gelandang Serang, dan 1 Striker )
  • 4-3-1-2 ( 4 Back, 3 Gelandang Bertahan, 1 Penyerang, 2 Striker)
  • 4-5-1 ( 4 Back, 2 Penyerang Sayap, 3 Gelandang, 1 Striker )
  • 4-3-3 ( 4 Back , 3 Gelandang bertahan, 2 penyerang sayap, 1 Striker )
  • 4-2-3-1 ( 2 Back Tengah, 2 Back Sayap, 2 Wings, 1 Penyerang, 1 Striker )
  • 4-3-3 ( 2 Back Sayap, 2 Back Tengah, 2 Sayap, 1 Gelandang Bertahan, 3 Striker Tengah )
  • 4-1-4-1 ( 4 Back, 1 Gelandang Bertahan, 4 Gelandang, 1 Striker )
  • 3-4-3 ( dengan Winger )
  • 3-5-2 ( dengan Libero atau Sweeper )
  • 3-5-2 ( tanpa Libero atau Sweeper )

 


Istilah Dalam Permainan Sepak Bola

  1. Penyerang (Striker) : pemain depan yang bertugas untuk mencetak gol ke gawang lawan.
  2. Bek : pemain belakang yang bertugas untuk menjaga daerah pertahanan.
  3. Gelandang (Midfielder) : pemain tengah ini yang mempunyai tugas sebagai penyeimbang. Gelandang bertugas untuk menyambung bola dari bek ke penyerang.
  4. Gelandang Bertahan yakni pemain tengah yang punya tugas sebagai penyeimbang dan untuk membantu pertahanan. Gelandang bertahan bertugas untuk merebut bola dari kaki lawan, sebelum bek.
  5. Gelandang Serang adalah pemain tengah yang mempunyai tugas sebagai penyeimbang dan untuk membantu serangan. Gelandang serang bertugas untuk memberikan umpan kepada penyerang atau melakukan pergerakan untuk mengacaukan pertahanan lawan dan mencetak gol.
  6. Kiper : pemain yang bertugas untuk menjaga gawang. Kiper diperbolehkan untuk menggunakan tangan kecuali di luar kotak pinalti.
  7. Kickoff  : awal dimulainya sebuah pertandingan sepakbola.
  8. Pinalti : Tendangan pinalti ini dilakukan ketika terjadi pelanggaran di garis pinalti. Sementara adu pinalti ini biasanya juga dilakukan setelah pertandingan berakhir imbang dan telah melalui babak extra time, biasanya dilakukan oleh 5 orang penendang dari masing-masing tim atau regu.
  9. Goal Kick : tendangan ini dilakukan apabila bola melampaui pada garis gawang.
  10. Free Kick : tendangan bebas ini dilakukan dari luar garis lapangan.
  11. Corner Kick : atau bisa juga disebut sebagai tendangan pojok. Dilakukan di daerah sudut lapangan karena bola melewati suatu garis gawang setelah menyentuh pemain bertahan.
  12. Tendangan Gawang : tendangan yang dilakukan dari daerah gawang sebagai akibat keluarnya bola yang melewati garis gawang.
  13. Throw in : lemparan ke dalam setelah out di sebelah kanan atau kiri lapangan bola.
  14. Foul : istilah pelanggaran yang dilakukan oleh para pemain baik disengaja maupun tidak.
  15. Out : peristiwa bola keluar dari garis pembatas lapangan bola.
  16. Handsball : pelanggaran yang dilakukan oleh para pemain (selain kipper) yang menyentuh bola dengan tangan.
  17. Offside : pemain penyerang berada pada posisi yang lebih dekat ke gawang lawan daripada pemain bertahan lawan sebelum bola diumpan oleh teman satu tim-nya.
  18. Kartu Kuning : tanda peringatan yang diberikan wasit karena para pemain melakukan pelanggaran seperti perselisihan atau mencederai secara sengaja atau juga tidak sengaja terhadap pemain lain.
  19. Kartu Merah : tanda peringatan yang diberikan wasit kepada para pemain karena melakukan pelanggaran fatal. Kartu merah ini juga bisa diberikan setelah peman mendapt kartu kuning dua kali.
  20. Agregat : jumlah suatu skor setelah bertanding antar kandang dan tandang.
  21. Degradasi : penurunan kasta atau tingkatan bagi klub yang terendah di liga utama.
  22. Ball Possesion : penguasaan bola atau berapa lama waktu bola yang dikuasai oleh satu klub dalam pertandingan.
  23. Gol Bunuh Diri : gol yang dilakukan ke gawang sendiri.
  24. Counter Attack : serangan balik.
  25. Crossing : umpan silang atau umpan lambung.
  26. Diving : pemain yang sengaja menjatuhkan diri atau seolah-olah dilanggar oleh pemain lawan tapi pada kenyataannya hanya dirinya yang jatuh.
  27. Dribbling : teknik menggiring bola.
  28. Heading : menyundul bola.
  29. Intercept : cara untuk dapat memotong umpan lawan.
  30. Juggling : mengangkat bola berkali-kali.
  31. Passing : suatu proses memberikan atau mengumpan bola kepada teman satu tim.
  32. Ekstra Time : babak atau waktu tambahan yang diberikan apabila kedua tim bermain imbang karena dalam sebuah laga tersebut salah satu tim diwajibkan untuk menang.
  33. Full Time : akhir dari sebuah pertandingan atau waktu pertandingan sepakbola sudah habis.
  34. Half Time : pertengahan waktu pertandingan atau waktu jeda atau istirahat.
  35. Injury Time : waktu tambahan yang diberikan pada sebuah pertandingan sepakbola.

 

 

Demikianlah penjelasan mengenai √ Sepak Bola : Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Peraturan & Formasinya [ TERLENGKAP ]. Semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Baca Juga :  √ Bola Basket : Pengertian, Sejarah, Peraturan, Teknik Dasar, Sarana & Ukuran Lapangannya Lengkap
Baca Juga :  √ Bola Voli : Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, Sarana & Ukuran Lapangannya Lengkap
Baca Juga :  √ Senam : Pengertian, Sejarah, Jenis & Manfaatnya Terlengkap
Baca Juga :  √ Renang : Pengertian, Sejarah, Manfaat, Teknik Dasar & Macam Gayanya Lengkap
Baca Juga :  √ Bulu Tangkis : Pengertian, Sejarah, Peraturan, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan, Sarana & Prasarananya Lengkap