√ Terlengkap Pemanasan Global : Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

√ Terlengkap Pemanasan Global : Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya Apakah yang dimaksud dengan Global Warming atau Pemanasan Global? Apa saja dampak yang akan dtimbulkan dari pemanasan global? Berikut ini adalah penjelasan terlengkap mengenai Pemanasan Global.

 

√ Terlengkap Pemanasan Global : Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya
√ Terlengkap Pemanasan Global : Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

 

 

Pengertian Pemanasan Global

Pemanasan global merupakan suatu proses peningkatan suhu rata-rata di bumi, baik itu pada lapisan atmosfer, daratan, dan lautan.

Pemanasan global sangat erat kaitannya dengan pencemaran udara yang ada di seluruh dunia. Meningkatnya jumlah karbon dioksida, efek rumah kaca, gas akibat pembakaran bahan bakar fosil, dan suatu kegiatan manusia lainnya, merupakan salah satu sumber utama terjadinya pemanasan global selama bertahun-tahun.

Berdasarkan hasil penelitian para ahli yang menyebutkan bahwa suhu bumi mengalami peningkatan drastis selama satu abad terakhir, yaitu mencapai 0,6°C. Mungkin terlihat kecil, namun dampak pemanasan global tersebut akan sangat besar bagi kehidupan di bumi.

 

 

Pengertian Pemanasan Global Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu global warming atau pemanasan global maka kita bisa merujuk kepada pendapat beberapa ahli berikut ini :

 

1. Agen Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat

Pemanasan Global adalah suatu peningkatan suhu rata-rata di permukaan bumi, baik yang telah berlalu maupun yang sedang terjadi saat ini. Efek rumah kaca merupakan salah satu penyebab pemanasan global yang paling besar sehingga menyebabkan perubahaan iklim.

 

2. Asosiasi Energi Matahari New Mexico, Amerika Serikat

Pemanasan Global adalah suatu peningkatan suhu atau temperatur rata-rata di permukaan bumi sebagai dampak dari efek rumah kaca.

Efek rumah kaca tersebut merupakan suatu peristiwa terperangkapnya panas di bumi karena terhalang oleh gas emisi seperti karbondioksida (asap kendaraan bermotor, asap pabrik-pabrik atau industri, kebakaran hutan) di atmosfir.

 

3. Natural Resources Defense Council (NRDC)

Global Warming adalah suatu proses peningkatan suhu udara karena terperangkapnya panas di atmosfir oleh gas karbondioksida yang bisa mengancam perubahan suatu iklim dan dapat menimbulkan bencana di permukaan bumi. NRDC juga mengatakan global warming merupakan krisis lingkungan dan kemanusiaan terbesar yang terjadi pada saat ini.

 

4. National Wildlife Federation

Global Warming adalah SUATU peningkatan suhu udara di bumi yang mengakibatkan terjadinya berbagai bencana alam, misalnya badai, kekeringan, banjir, dan sebagainya. Global warming juga dapat mengakibatkan perubahan landscape kehidupan di bumi dan membunuh banyak species.

 

 

Penyebab Pemanasan Global

Penyebab Pemanasan Global diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Efek Rumah Kaca : Efek rumah kaca adalah suatu proses atmosfer menghangatkan planet. Efek rumah kaca terjadi akibat panas yang dipantulkan ke permukaan bumi yang terperangkap oleh gas-gas di atmosfer, sehingga tidak dapat diteruskan ke luar angkasa, melainkan dapat dipantulkan kembali ke permukaan Bumi. Efek rumah kaca ini memiliki manfaat bagi makhluk hidup di Bumi, namun jika berlebihan berbahaya kehidupan di Bumi karena dapat mempengaruhi dan mengganggu iklim.

 

  • Meningkatnya Gas Rumah Kaca : Gas-gas yang memiliki sifat yang memerangkap panas, sehingga panas yang terpantul dari suatu permukaan bumi tidak dapat diteruskan ke cahaya akibat dari gas tersebut, gas-gas tersebut adalah sebuah gas rumah kaca. Gas yang paling berperan yaitu karbon dioksida (CO2). Penyebab meningkatnya karbon dioksida adalah suatu pembakaran bahan bakar batu bara, pembakaran minyak bumi, pembakaran gas alam.

 

  • Penggunaan CFC yang Tidak Terkontrol : CFC atau Cloro Flour Carbon adalah salah satu bahan kimia yang digabungkan menjadi sebuah bahan untuk memproduksi peralatan, terkhusus pada peralatan rumah tangga. CFC terdapat pada kulkas dan AC.

 

  • Polusi Kendaraan Berbahan Bakar Bensin : Kendaraan yang memberikan penyebab terbesar dalam terjadi pemanasan global. Polusi yang dapat dihasilkan kendaraan berbahan bakar bensin seperti motor, mobil dan kendaraan lainnya dimana dari hasil suatu pembuangannya menghasilkan gas karbon dioksida yang berlebihan. Gas karbon dioksida ini merupakan penyebab utama terjadinya pemanasan global karena karbon dioksida adalah sebuah gas yang memerangkap panas sehingga tidak dapat keluar ke angkasa.

 

  • Polusi Metana oleh Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan : Gas metana ini menempati urutan kedua sebagai faktor penyebab utama terjadinya pemanasan global. Gas metana dapat berasal dari bahan-bahan organik yang kekurangan oksigen dari hasil pemecahan bakteri seperti di persawahan, sedangkan pada peternakan, seperti pada usus hewan ternak, meningkatnya produksi hewan ternak maka meningkatnya pula gas metana yang dilepaskan ke permukaan bumi.

 

  • Pengrusakan Hutan : Hutan juga berfungsi dalam menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen, jika hutan rusak akibat dari penebangan dan pembakaran liar, maka yang terjadi adalah jumlah karbon dioksida yang diserap oleh hutan sangat sedikit, dan semakin banyak karbon yang berkumpul di atmosfer yang menyebabkan terjadinya pemanasan global.

 

  • Pemboroson Energi Listrik : Energi listrik sebagian besar kita gunakan adalah hasil suatu pembakaran dari pembakaran minyak bumi dan batu bara, dimana hasil pembakaran tersebut dapat menghasilkan karbon dioksida

 

  • Populasi Kendaraan yang Terus Meningkat : Meningkatnya jumlah kendaraan maka karbon dioksida pun yang dihasilkan dari suatu kendaraan tersebut akan bertambah banyak dan tentu saja menimbulkan pemanasan global.

 

  • Pembakaran Sampah Secara Berlebihan : Pembakaran sampah berlebihan yang dilakukan secara massal tersebut akan menyebabkan terjadinya pemanasan global karena dari hasil pembakaran sampah tersebut adalah gas metana, yang dapat memerangkap panas.

 

 

Dampak Pemanasan Global (Global Warming)

Dampak pemanasan global diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Gunung-gunung es akan menjadi mencair.
  • Curah hujan akan meningkat dan suatu badai akan sering terjadi.
  • Air tanah juga cepat menguap yang akan menyebabkan kekeringan.
  • Angin akan bertiup lebih kencang dengan pola yang sangat berbeda-beda yang dapat membentuk angin puting beliung.
  • Cuaca akan menjadi sulit diprediksi dan lebih ekstrem, baik itu hujan ekstrem atau kekeringan ekstrem.
  • Kenaikan suatu permukaan laut yang sangat banyak akan dapat menyebabkan Tsunami, banjir dan pulau-pulau akan tenggelam.
  • Menyebabkan kekeringan di suatu wilayah pertanian sehingga tanaman akan rusak.
  • Dapat mengakibatkan gagal panen akibat dari cuaca yang sangat ekstrem dengan terjadi banjir yang mengakibatkan tanaman pertanian akan terendam.
  • Meningkatnya hama pangan akibat dari suatu perubahan iklim.
  • Populasi hewan dan tumbuhan juga akan menurun.
  • Meluasnya berbagai penyakit yang dapat menyerang manusia seperti DBD dan malaria.
  • Meningkatnya kasus orang meninggal akibat dari cuaca yang sangat panas seperti jantung, stroke, dehidrasi, dan stress.

 

 

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Mengacu pada pengertian pemanasan global di atas, berikut ini adalah beberapa upaya sederhana untuk mengatasinya yaitu :

 

1. Mengurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor juga sudah menjadi kebutuhan manusia saat ini sebagai alat transportasi. Namun, kita sering lupa bahwa asap kendaraan bermotor ini menyumbang CO2 yang mengakibatkan pemanasan global

Untuk mencegah global warming, kita bisa mengurangi penggunaan suatu kendaraan pribadi dan menggunakan angkutan massal. Dengan begitu, polusi udara ini akan menjadi berkurang dan dapat membantu mengatasi global warming.

 

2. Menjaga Kelestarian Alam

Eksploitasi hasil alam yang sangat berlebihan lebih banyak merugikan ketimbang menguntungkan untuk jangka panjang. Penebangan dan pembakaran hutan untuk dapat membuka lahan sudah seharusnya dikendalikan atau dihentikan.

Menanam kembali pohon di lahan yang dibakar atau ditebang merupakan langkah konkrit yang bisa dilakukan untuk mengatasi pemanasan global.

 

3. Mengontrol Pemakaian Listrik

Penggunaan listrik yang sangat berlebihan juga dapat menimbulkan pemanasan global. Hal ini terkesan sangat sepele namun dampaknya juga sangat besar.

Lampu-lampu dan peralatan listrik juga dapat mengeluarkan panas. Bayangkan berapa besar panas yang dikeluarkan bila seluruh manusia yang berada di bumi menggunakan listrik secara berlebihan. Selain dapat membantu mengatasi pemanasan global, dengan mengontrol pemakaian listrik maka kita akan lebih hemat energi dan hemat biaya.

 

4. Mengendalikan Limbah

Limbah juga dapat mengeluarkan gas berbahaya ke udara. Gas berbahaya ini selain dapat menimbulkan bau busuk, juga dapat menyebabkan efek rumah kaca yang menyebabkan panas matahari terperangkap di suatu permukaan bumi.

Dengan mengendalikan limbah, baik limbah rumah tangga maupun limbah industri, maka hal ini dapat membantu mengatasi suatu global warming.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Terlengkap Pemanasan Global : Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan yang lebih luas bagi para pembaca. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Baca Juga :  √ Iklim : Pengertian, Unsur, Sifat, Macam & Dampak Perubahannya Lengkap

Baca Juga :  √ Atmosfer : Pengertian, Sifat, Lapisan & Manfaatnya Lengkap

Baca Juga :  √ Planet : pengertian, Ciri, Macam & Gambarnya Terlengkap