√ Apresiasi : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Jenis dan Tujuan Terlengkap

Diposting pada

√ Apresiasi : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Jenis dan Tujuan Terlengkap Hallo para pencari ilmu,jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Apresiasi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Apresiasi? Oke, mari simak penjelasan secara lengkapnya dibawah ini ya.

 

√ Apresiasi : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Jenis dan Tujuan Terlengkap
√ Apresiasi : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Jenis dan Tujuan Terlengkap

 

Pengertian Apresiasi

 

Apresiasi Seni merupakan salah satu proses penghayatan suatu karya seni yang dapat dihormati serta penghargaan pada karya seni tersebut dan pembuatnya.

Secara umum apresiasi seni ini bisa diartikan sebagai suatu kesadaran menilai melalui cara menghayati suatu karya seni.

Apresiasi juga berasal dari Bahasa Latin “Appretiatius” yang artinya “penghargaan atau penilaian terhadap sesuatu”.

Kita juga dapat mengenal suatu “Appreciate” dalam Bahasa Inggris yang berarti “melihat, menentukan nilai, menikmati, dan menyadari keindahan, serta menghayati sesuatu.”

Seni ialah sesuatu yang memiliki nilai keindahan atau estetika dan dapat diciptakan oleh manusia yang biasanya disebut juga dengan karya seni. Seseorang yang sedang melakukan apresiasi ini biasanya disebut sebagai apresiator.

Secara etimologis, gagasan dalam apresiasi berasal dari bahasa lain “Apreciatio” yang memiliki arti “menghargai”.

Sedangkan rasa apresiasi dalam arti terminologi yakni sebuah proses dari penilaian atau apresiasi positif yang diberikan seseorang terhadap sesuatu.

Kegiatan apresiasi yaitu sebagai berikut :

  1. Melakukan pengamatan dan pemahaman.
  2. Penilaian atau evaluasi.
  3. Mengkritik.

 

Apresiasi merupakan suatu proses atau bentuk dari penghargaan dan penilaian terhadap suatu hal yang berhubungan dengan sebuah karya seni dan karya sastra.

Kegiatan Seni juga merupakan suatu kegiatan yang secara khusus dan sangat istimewa juga merupakan sebuah kegiatan yang memberikan suatu kesan mengenai dunia dan sekitarnya melalui sentuhan artistik dan keindahan ciptaan yang ada.

 

Terbentuk dari 2 kemungkinan yaitu sebagai berikut :

  1. Proses Apresiasi Afektif yakni terjadi karena sebuah pengamatan seni cepat mengalami empati dan rasa puas.
  2. Proses Apresiasi Kreatif yaitu terjadi karena seorang pengamat seni sadar dalam menghayati dan menilai untuk menggunakan aspek logika untuk bisa menentukan nilai suatu karya seni.

 

 

Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli

 

1. Verbeek

Apresiasi ialah adanya sebuah kesadaran dalam menilai sesuatu dengan menghayati suatu karya seni, dan dengan memberdayakan semua pribadi yang dapat melibatkan perasaan, pengalaman, keinginan, dan anggapan seseorang.

 

2. S.E Effendi

Apresiasi yaitu suatu kegiatan yang menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh. Sehingga dapat menimbulkan pengertian, penghargaan, dan kepekaan pada pikiran yang kritis dan suatu kepekaan pada perasaan yang baik pada suatu karya sastra.

 

3. Hornby

Apresiasi yakni suatu pengenalan dan pemahaman yang sangat tepat, pertimbangan, nilai, dan pernyataan yang dapat memberi suatu penilaian tertentu.

 

4. Prayogi

Apresiasi ialah segala kegiatan yang dapat memberi penghargaan yang dilakukan sebagai sebuah hasil dari penggunaan, peresapan, dan penilaian seseorang mengenai suatu karya sastra atau karya seni. Apresiasi juga bisa menjadi bentuk rasa kagum dari seseorang misalnya para penikmat suatu karya seni, atau suatu karya sastra.

 

5. Albert R Candler

Apresiasi merupakan suatu proses yang mengartikan dan menyadari sepenuhnya, mengenai seluk beluk dari karya seni, dan menjadi sensitif tentang suatu gejala estetis, dan artistik. Sehingga bisa menikmati dan juga menilai suatu karya sebagaimana mestinya.

 

6. Elliyati

Apresiasi yakni suatu kegiatan yang sangat akrab dengan suatu karya sastra yang dengan sungguh-sungguh, yang berhubungan dengan kesungguhan pada penikmat sastra untuk dapat mengenali, menghargai dan menghayati. Supaya bisa menemukan penjiwaan dengan lebih dalam.

 

7. Aminuddin

Apresiasi ialah sebuah pengakuan melalui perasaan atau kekepaan batin dan pengakuan yang akan unsur keindahan yang dapat diungkapkan oleh penulis.

 

8. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Apresiasi ialah setiap penilaian yang sangat baik, apresiasi misalnya terhadap suatu karya sastra atau juga karya seni.

 

9. Tirta Wiraya

Apresiasi yaitu sebuah kemampuan seseorang dalam menentukan dan mengetahui tinggi rendahnya dari sebuah mutu atau kualitas sebuah karya sastra.

 

10. Syoyan Zakaria

Apresiasi merupakan sebuah respon yang diberikan seseorang secara matang dan penuh dengan suatu intisari yang dihasilkan dari sebuah pemahaman yang kritis terhadap nilai yang tinggi yang dapat disebabkan oleh jiwa yang berkembang.

 

11. Alfred North Whitehead

Apresiasi yakni salah satu dari suatu proses pengapresiasian terhadap sebuah hal yang dapat dilakukan oleh seseorang dalam sebuah kegiatan guna mendapatkan suatu hal, dan juga berpartisipasi di dalamnya dengan penilaian secara keseluruhan.

 

12. John Dewey

Apresiasi yakni dapat menikmati sebuah kesenangan atau juga pengalaman terhadap sesuatu.

 

13. Jarret

Apresiasi merupakan sebuah perhatian seseorang terhadap sesuatu hal yang bisa berupa ketertarikan, kesenangan, dan pemanfaatan terhadap sesuatu tersebut.

 

14. G.H Hardy

Apresiasi ialah seseorang yang sangat appreciate terhadap sesuatu hal.

 

 

Manfaat Apresiasi

 

  1. Agar kita dapat memahami sebuah karya seni yang dapat dilihat dari berbagai sisi.
  2. Untuk dapat meningkatkan rasa cinta pada karya seni dan sesama manusia.
  3. Dapat menjadi sebuah sarana untuk bisa melakukan edukasi, hiburan, empati, dan lain sebagainya.
  4. Untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan karya seni menjadi sesuatu hal yang lebih baik di masa depan.

 

 

Tahapan Apresiasi

 

  • Pengamatan : Pengamatan terhadap suatu karya seni ini juga tidak dapat dilakukan dengan satu indera saja. Namun, dengan dapat memberdayakan seluruh pribadi. Maksudnya, apresiasi ini juga dapat dilakukan dengan ketajaman pengamatan seseorang serta pengetahuan ilmu seni.

 

  • Aktivitas Fisiologis : Aktivitas fisiologis ialah sebuah tindakan nyata dalam melakukan suatu pengamatan.

 

  • Aktivitas Psikologis : Aktivitas psikologis merupakan sebuah persepsi dengan suatu evaluasi yang kemudian dapat menimbulan suatu interpretas imajinatif sebagai suatu pendorong kreativitas.

 

  • Aktivitas Penghayatan : Aktivitas penghayatan juga dapat dilakukan dengan mengamati suatu objek karya seni secara mendalam.

 

  • Aktivitas Penghargaan : Aktivitas penghargaan merupakan sesuatu hal dari evaluasi terhadap suatu objek dengan dapat menyampaikan saran atau kritikan.

 

 

Fungsi Apresiasi

 

  1. Sebagai sarana untuk dapat meningkatkan cinta karya anak bangsa Indonesia, sekaligus merawat orang lain.
  2. Sarana untuk sebuah penilaian, kenikmatan, empati, hiburan dan pendidikan.
  3. Sebagai sarana untuk dapat mengembangkan kemampuan manusia dalam beberapa cara.
  4. Proses menghargai.

 

 

Tujuan Apresiasi

 

  • Mengevaluasi dan mengembangkan suatu nilai estetika yang terdapat dalam suatu karya seni.
  • Mengembangkan sebuah ide kreatif dan imajinasi.
  • Menyempurnakan suatu karya seni.

 

 

Jenis – Jenis Apresiasi

 

  1. Apresiasi Empatik – Jenis apresiasi yang menjadi sebuah kegiatan dalam menilai atau menghargai di dalam karya seni, yang bisa diterima dengan beberapa indera.
  2. Apresiasi Estetis – Adalah suatu kegiatan dalam menilai atau menghargai suatu karya seni, yang melibatkan sebuah pengamatan yang mendalam dan suatu penghayatan.
  3. Apresiasi Kritik – Merupakan suatu kegiatan dalam hal menilai dan menghargai karya seni yang dapat melibatkan sebuah tafsiran, analisis, dekripsi, klasifikasi, evaluasi dan juga penghargaan.

 

 

Konteks Utama Apresiasi

 

  1. Feeling (Perasaan) : Berkaitan dengan sebuah perasaan mengenai suatu keindahan.
  2. Valuing (Penilaian) : Sangat erat kaitannya dengan sebuah penilaian suatu karya seni.
  3. Emphatizing (Empati) : Berkaitan dengan suatu penghormatan atau penghargaian terhadap dunia seni dan profesi seperti pada pelukis, pepatung, pemahat, pegrafis, pedesain, pekria, dan lain-lain.

 

 

Tipe Apresiasi

 

  1. Apresiasi Pasif : pelaku dari apresiasi ini ialah orang yang masih awam terhadap sebuah seni, namun memiliki minat yang sangat baik terhadap suatu karya seni.
  2. Apresiasi Aktif : apresiasi yang dapat dilakukan muncul setelah seseorang itu untuk dapat menilai suatu karya seni.

 

 

Pendekatan Dalam Melakukan Apresiasi

 

1. Pendekatan Deskriptif

Pendekatan deskriptif merupakan salah satu jenis dari pendekatan yang dapat dilakukan dengan cara melakukan sebuah pengamatan lalu memberikan suatu komentar apa adanya atas karya seni tersebut.

Misalnya saja mengomentari objek gambar, warna yang dapat digunakan, komposisi warna, tema, judul gambar, media yang digunakan, ukuran, dan lain-lain.

 

2. Pendekatan Analitik

Pendekatan analitik merupakan sebuah jenis pendekatan yang dapat dilakukan dengan cara mengamati karya seni berdasarkan suatu aturan estetika yang baku.

Seperti saja mengamati suatu aspek tematik, teknik pengerjaan yang digunakan, serta mencari tahu apa makna yang terkandung dalam karya seni tersebut.

 

3. Pendekatan Interpretatif

Pendekatan ini dapat dilakukan dengan cara menginterprestasikan sebuah karya seni dari segi sudut pandang pengamat. Seperti adanya kesamaan pengalaman, unsur estetis, serta sebagai ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh si pengamat.

 

4. Pendekatan Penilaian

Pendekatan penilaian dapat dilakukan dengan cara melakukan suatu proses pengukuran secara objektif ataupun subjektif.

 

5. Pendekatan Interdisiplin

Pendekatan interdisiplin sedikit berbeda dengan suatu pendekatan apresiasi yang lain. Karena menurut pendekatan ini, suatu karya seni juga harus dipandang dari berbagai segi ilmu pengetahuan.

Misalnya saja dari segi ekonomi, filsafat, linguistik, ilmu antropologi psikologi, dan lain-lain.

 

 

Proses Mengapresiasi

 

Proses mengapresiasi itu merupakan hal untuk dapat melihat karya kemudian merasakan, berempati, kemudian muncul, pendapat pribadi untuk juga dapat menyebutkan kelebihan, kekurangan, setelah itu lalu menilai.

Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa tata cara dalam melakukan apresiasi yaitu sebagai berikut :

  1. Mengamati
  2. Menghayati
  3. Memahami
  4. Menanggapi
  5. Menilai
  6. Implementasi atau penerapan

 

Demikianlah penjelasan mengenai √ Apresiasi : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Jenis dan Tujuan Terlengkap. Semoga bermanfaat dan dapat juga menambah wawasan serta ilmu pengetahuan yang luas bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Seni : Pengertian, Macam, Cabang, Fungsi, Tujuan & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Seni Rupa : Pengertian, Fungsi, Unsur, Prinsip, Jenis & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ 10+ Contoh Seni Rupa Murni : Pengertian, Fungsi, Jenis & Gambarnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Seni Tari : Pengertian, Sejarah, Jenis, Unsur, Fungsi & Contohnya Lengkap