√ Ekspresi : Pengertian, Manfaat, Jenis dan Acuan Terlengkap

Diposting pada
√ Ekspresi : Pengertian, Manfaat, Jenis dan Acuan Terlengkap
5 (100%) 17 votes

√ Ekspresi : Pengertian, Manfaat, Jenis dan Acuan Terlengkap Hallo para pencari ilmu,jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Ekspresi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Ekspresi? Oke, mari simak penjelasan secara lengkapnya dibawah ini ya.

 

√ Ekspresi : Pengertian, Manfaat, Jenis dan Acuan Terlengkap
√ Ekspresi : Pengertian, Manfaat, Jenis dan Acuan Terlengkap

 

Pengertian Ekspresi

 

Ekspresi merupakan sesuatu sifat dari ungkapan yang berbagai macam kombinasi dari bahasa tubuh. Ekspresi ini dapat ditemukan dalam keadaan tidur, makan, senang, sedih, jahat, cinta, nakal, dan lain-lain.

Semua keadaan tersebut tentunya sangat identik dengan diri anda dan sudah pernah anda alami. Ekspresi ini biasanya juga berkaitan dengan suatu mimik wajah, tutur bahasa, atau ungkapan lainnya yang mengisyaratkan adanya suatu respon terhadap sebuah aksi atau kejadian.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ekspresi yakni sebuah proses yang menyatakan atau mengungkapkan maksud baik itu perasaan, gagasan, dan lain sebagainya yang dapat dilakukan oleh seseorang.

Ekspresi ini dapat terjadi saat seseorang bersinggungan dengan keadaan perasaan tertentu dan juga  memberikan reaksi terhadapnya.

Terdapat beberapa faktor kausal dalam diri masing-masing individu sehingga individu tersebut akan berperilaku mengeluarkan sebuah ekspresi.

Secara Terminologinya, pengertian Ekspresi yaitu suatu proses komunikasi yang dilalui pada suatu media yang ditujukan untuk dapat membangun adanya kesamaan persepsi akan pesan yang dikomunikasikan.

Sedangkan menurut Disiplin Ilmu Arsitektur, Ekspresi ini mencakup adanya 3 komponen. Adapun jenis-jenis komponen itu yakni seperti pada pesan, media dan penerima.

 

 

Manfaat Ekpresi

 

  • Tidak bermanfaat atau bahkan juga tidak merugikan.
  • Bermanfaat bagi diri sendiri juga.
  • Bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain juga.

 

 

Jenis – Jenis Ekpresi

 

1. Ekspresi Dalam Musik
Ekspresi dalam musik ialah sebuah ungkapan pikiran dan perasaan yang mencakup nuansa tempo dinamik dan gaya dari unsur-unsur pokok music.

 

2. Ekspresi Dalam Seni
Ekspresi dalam seni atau ekspresi seni ialah sebuah genre baru yang disebabkan oleh ditempatkan dalam sebuah koridor seni dan terdapat suatu proses yang berhierarki untuk mencapainya.

 

3. Ekspresi Dalam Tari
Ekspresi dalam tari ialah salah satu unsur utama terciptanya suatu tarian yang bentuk ungkapan dalam penjiwaan atau penghayatannya atas sebuah peran atau gerakan tarian yang dapat dilakukan oleh seorang penari.

 

4. Ekpresi Dalam Puisi
Ekspresi dalam puisi ialah sesuatu hal yang dapat menggali dan menggauli puisi dalam hal tinggi rendah suara saat membaca puisi serta raut wajah dengan memperlihatkan sesuatu perasaan tertentu.

 

 

Acuan Dalam Ekspresi

 

  • Wajah ini yang dapat dilihat dari muka, yaitu salah satu bagian depan dari kepala seseorang.
  • Ekspresi wajah yakni suatu bentuk komunikasi verbal untuk dapat menunjukkan adanya keadaan suatu emosi yang terdapat dari seseorang kepada orang lain yang sedang mengamatinya.
  • Ekspresi dalam matematika dapat diartikan sebagai suatu kombinasi tertentu berupa simbol-simbol tertentu dalam ilmu matematika yang tersusun secara sistematis berdasarkan suatu kaidah tertentu yang bergantung pada tiap konteksnya.
  • Ekspresi gen juga dapat diartikan sebuah rangkaian proses penerjemahan informasi genetik menjadi sebuah protein.

 

 

Yang Dapat Mempengaruhi Ekspresi

 

Ekspresi dapat dipengaruhi oleh beberapa aspek, yakni sebagai berikut :

 

1. Fungsi
Fungsi dapat melahirkan suatu bentuk yang ekspresif misalnya saja ketika kita membuat sebuah lumbung padi dengan menitikberatkan pada pemenuhan fungsinya, maka akan muncul sebuah bentuk lumbung pada yang dapat menghindari terjadinya pembusukan pada padi, untuk dapat menghindari gangguan tikus dan lain sebagainya.

 

2. Struktur
Penonjolan struktur sebagai sebuah elemen estetis pada suatu bangunan yang dapat melahirkan bentuk yang ekspresif pula.

 

3. Budaya
Misalnya pada suatu bangunan tradisional. Ekspresi yang dapat dimunculkan merupakan sebuah hasil tampilan budaya.

 

Demikianlah penjelasan mengenai √ Ekspresi : Pengertian, Manfaat, Jenis dan Acuan Terlengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta ilmu pengeetahuan yang luas bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Musik : Pengertian, Fungsi, Unsur, Jenis & Manfaatnya Lengkap

Baca Juga :  √ Seni Teater : Pengertian, Ciri, Unsur, Fungsi , Jenis & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Seni Tari : Pengertian, Jenis, Unsur, & Fungsi Serta Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Seni Sastra : Pengertian, Unsur, Ciri & Jenis Serta Fungsinya Lengkap