√ Pameran : Pengertian, Tujuan, Jenis, Unsur dan Fungsi Terlengkap

Diposting pada
√ Pameran : Pengertian, Tujuan, Jenis, Unsur dan Fungsi Terlengkap
4.9 (98.46%) 13 votes

√ Pameran : Pengertian, Tujuan, Jenis, Unsur dan Fungsi Terlengkap Hallo para pencari ilmu,jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Pameran.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Pameran? Oke, mari simak penjelasan secara lengkapnya dibawah ini ya.

 

√ Pameran : Pengertian, Tujuan, Jenis, Unsur dan Fungsi Terlengkap
√ Pameran : Pengertian, Tujuan, Jenis, Unsur dan Fungsi Terlengkap

 

Pengertian Pameran

 

Pameran merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk dapat menyampaikan suatu ide atau gagasan melalui karya seni rupa sehingga bisa diapresiasi oleh banyak orang.

Penyelengaraan pameran ini tidak hanya dapat dilakukan oleh para seniman besar namun pada penyelenggaan pameran dalam konteks pembelajaran dapat dilakukan di sekolah ataupun luar sekolah.

Pameran secara umum artinya akhir dari berolah karya seni (rupa) yang disajikan atau ditampilkan pada masyarakat umum. Kegiatan pameran yang melibatkan banyak orang dan kerja sama yang kompak untuk dapat mencapai sukses.

Pameran digunakan untuk dapat menampilkan karya seni rupa, sedangkan untuk sebuah karya seni musik, tari, dan teater dengan menggunakan istilah pergelaran atau penyajian dan pertunjukan.

 

 

Pengertian Pameran Menurut Para Ahli

 

1. Wikipedia

Pameran ialah suatu kegiatan penyajian dari karya seni rupa agar bisa diapresiasi oleh masyarakat luas. Contohnya saja show, pekan raya, bazar, serta pasar murah, exhibition, dsb.

 

2. Adi Irwanto

Pameran ialah salah satu cara untuk dapat menyajikan hail karya seni baik itu karya seni dua dimensi atau pun tiga dimensi secara visual.

 

3. B. Myers

Pameran yaitu sebuah kegiatan menggunakan suatu ruangan untuk dapat memamerkan hasil karya seni seperti lukisan, cetakan, ukiran, foto, ataupun karya seniman lainnya.

 

4. M.Suharto

Pameran yakni suatu media pemasaran nomor dua yang paling jitu serta menarik sebab dari dekorasi produk, pintu masuk hingga ke rak display-nya, yang akan ditemui beragam jenis iklan kreatif yang menarik.

 

5. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pameran merupakan sebuah istilah yang berasal dari kata pamer yang berarti “menunjukkan“. Atau secara etimologi juga dapat diartikan menunjukkan (mendomonstrasikan) sesuatu yang bisa dimiliki orang lain dengan maksud memperlihatkan kelebihan atau keunggulan untuk bisa menyombongkan diri.

Contohnya pada sebuah pembangunan industri berteknologi canggih dilakukan bukan untuk diabaikan. Sedangkan untuk arti Pameran menurut KBBI ialah sebuah pertunjukan (hasil karya seni, barang hasil produksi, dan lain sebagainya).

 

6. Jefkins

Pameran ialah satu-satunya media periklanan yang dapat menyentuh semua panca indera yang diantaranya mata, telinga, lidah, hidung, dan kulit.

 

7. Galeri Nasional

Pameran yaitu suatu kegiatan yang dapat menyajikan karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas.

 

8. Timur Leorensi

Pameran yakni seluruh kegiatan yang dapat dimaksudkan untuk dapat menyampaikan atau mengkomunikasikan suatu produk kepada pasar sasaran, untuk bisa memberikan suatu informasi tentang keistimewaan, kegunaan dan yang paling penting tentang keberadaannya untuk dapat mengubah sikap ataupun untuk bisa mendorong orang supaya membelinya.

 

9. Evelina Lidia

Pameran yaitu sebuah event masyarakat yang dapat diselenggarakan oleh suatu organisasi independen dan terbuka untuk umum.

 

10. Freed E. Han dan Kenneth G. Mangun

Pameran merupakan salah satu sarana pemasaran yang efektif untuk suatu tujuan kampanye baik itu produk atau sosialisasi program suatu perusahaan serta suatu informasi akan keunggulan produk ke masyarakat, sekaligus sebagai upaya meningkatkan pada penetrasi pasar.

 

 

Tujuan Pameran Seni Rupa

 

  • Tujuan Sosial ialah suatu karya seni yang dipamerkan digunakan untuk sebuah kepentingan sosial.
  • Tujuan Komersial ialah sebuah pameran bertujuan untuk dapat menghasilkan keuntungan bagi seniman atau penyelenggara seniman, diharapkan karya yang dipamerkan itu terjual.
  • Tujuan Kemanusiaan ialah sesuatu hal demi kepentingan pelestarian, pembinaan sebuah nilai-nilai serta pengembangan hasil karya seni budaya yang masyarakat miliki juga. Penjualan karya dengan sebuah tujuan ini akan disumbangkan ke panti asuhan, korban bencana, maupun masyarakat yang kurang mampu.

 

 

Fungsi Pameran Seni Rupa

 

  • Fungsi Edukasi ialah sebuah pameran bermanfaat untuk dapat melatih siswa-siswi untuk memahami maknanya keahlian rohani yang berguna untuk bisa menyejajarkan kegiatan dari ingatan dan pandangan manusia.

 

  • Fungsi Apresiasi yaitu salah satu bentuk pameran bermanfaat untuk mengutarakan inspirasi pencipta yang akhirnya para pengunjung akan membagikan sebuah apresiasi kepada karya seni yang mereka buat.

 

  • Fungsi Prestasi yakni salah satu bentuk dari pameran yang bisa menjadi arena festival bagi para pencipta seni, karena menggunakan sebuah karya seni akan tahu sejajar apa ketekunan dan inspirasi pencipta seni dalam menciptakan karya.

 

  • Fungsi Rekreasi merupakan sebuah pameran dapat bermanfaat sebagai area untuk dapat mengambil napas dan menghilangkan stress atas kegiatan sehari-hari baik sekolah maupun di kantor yang banyak menghabiskan energi dan juga pikiran.

 

 

Fungsi Khusus Pameran

 

  1. Meningkatkan suatu Apresiasi Seni.
  2. Berkarya visual lewat sebuah karya seni.
  3. Membangkitkan suatu motivasi bekarya seni.
  4. Belajar untuk berorganisasi.
  5. Penyegaran suatu kejenuhan belajar di kelas.

 

 

Manfaat Pameran

 

  1. Membuka sebuah wawasan masyarakat menjadi lebih luas terhadap suatu kualitas sebuah karya seni dan produk-produk lain sehingga dapat mengulas lebih obyektif.
  2. Menjadi tempat bagi masyarakat untuk dapat refreshing terutama dengan berbagai display karya seni hingga produk-produk lain yang terbaru.
  3. Untuk para panitia penyelenggara, pameran yang dapat memberikan manfat melatih kekompakan dalam merencanakan, mewujudkan hingga menyelenggarakan suatu acara dengan baik.
  4. Pameran juga bisa menjadi ajang untuk dapat memperkenalkan suatu karya seni hingga produk untuk dapat dinikmati hingga dibeli masyarakat.
  5. Melatih suatu kerja sama antar panitia penyelenggara dalam melaksanakan suatu kegiatan yang sifatnya cukup besar dan membutuhkan kerja keras dalam menyukseskannya.

 

 

Jenis – Jenis Pameran

 

1. Jenis Pameran Berdasarkan Penyelenggaraannya

 

  • Pameran Periodik yaitu salah satu jenis dari pameran yang diselenggarakan secara teratur dalam waktu tertentu, misalnya sebulan sekali atau setahun sekali.
  • Pameran Insidental yaitu salah satu jenis daripameran yang diselenggarakan jika diperlukan, sehingga waktunya tidak bisa ditentukan.
  • Pameran Permanen yaitu salah satu jenis daripameran yang diadakan dengan tempat yang tetap dan dibuka dengan waktu yang telah ditentukan. Contohnya yaitu sebuah pameran di museum.
  • Pameran Rutin ialah sebuah pameran seni rupa yang dapat dilaksanakan pada tahap tertentu menurut konsisten dan berkepanjangan.

 

2. Jenis Pameran Berdasarkan Jumlah Pesertanya

 

  • Pameran Tunggal ialah salah satu jenis dari pameran seni rupa yang hanya dilaksanakan secara personal.
  • Pameran Kelompok ialah salah satu jenis dari pameran seni rupa yang dilaksanakan untuk beberapa budayawan.
  • Pemeran Retrospeksi ialah salah satu jenis dari pameran yang dapat menampilkan perjalanan seniman dalam berkarya biasanya dilakukan oleh perorangan.

 

3. Jenis Pameran Berdasarkan Studi

 

  • Pameran Seniman yaitu salah satu jenis dari pameran yang diselenggarakan oleh para seniman atau sekelompok seniman.
  • Pameran Kelas adalah salah satu jenis dari pameran yang dapat dilaksanakan setelah siswa selesai berkarya yang dihasilkan dari sekolah atau pada suatu mata pelajaran tertentu.
  • Pameran Sekolah yakni sebagai salah satu jenis dari pameran yang dapat diselenggarakan secara periodik yang biasanya digelar di kelas, aula sekolah, atau juga ruang kesenian.
  • Pameran Keliling ialah suatu pameran yang diselenggarakan jika diperlukan (pameran insidental) yang biasanya bertempat di luar sekolah atau juga tempat umum.

 

4. Jenis Pameran Berdasarkan Ragam Jenis Karya yang Digelar

 

  • Pameran Homogen yaitu salah satu jenis dari pameran seni rupa yang dapat memamerkan satu jenis karya seni rupa yang seragam.
  • Pameran Heterogen yaitu salah satu jenis dari pameran seni rupa yang memamerkan berbagai jenis karya seni rupa.

 

5. Jenis Pameran Berdasarkan Tempat Berlangsungnya

 

  • Pamaran Terbuka ialah salah satu jenis dari pameran seni rupa yang aktif di luar ruangan secara tarbuka.
  • Pameran Tertutup ialah salah satu jenis dari pameran seni rupa yang aktif di dalam ruangan suatu gedung.
  • Pameran Bergerak ialah suatu pameran seni rupa yang dapat dilaksanakan memakai media yang bergerak, misalnya kendaraan.

 

6. Jenis Pameran Berdasarkan Tujuannya

 

  • Pameran Konvensi yaitu bertujuan untuk dapat memasukan keahlian, memperkenalkan suatu masalah, menambah ilmu pengetahuan dan terkadang secara keseluruhan. Contohnya saja yaitu partai politik, ahli bedah jantung umumnya dalam hal kedokteran dll.
  • Pamerang Dagang yakni tujuan utamanya ialah sebagai bisnis ke bisnis. Maksud dari ini ialah untuk dapat menyatukan mereka yang memiliki minat dalam memamerkan dengan pemerhati yang terdiri dari para pengunjung sebelumnya yang telah diseleksi terlebih dahulu.
  • Pameran Konsumen adalah salah satu jenis dari pameran yang lebih ditujukan bertujuan untuk masyarakat umum.

 

7. Jenis Pameran Berdasarkan Ciri Tampilannya

 

  • Pameran Umum dalam Ruangan (Public Indoor Exhibition) adalah salah satu jenis dari pameran yang biasa digelar di gedung-gedung khusus dengan tema bersifat umum contohnya saja yaitu pameran fashion, alat-alat reparasi, makanan, lokasi liburan atau wisata, dan perlengkapan berkebun dll.

 

  • Pameran Dagang atau Bisnis dalam Ruangan (Indoor Trade Exhibition) ialah suatu jenis pameran dalam ruangan yang fokus baik itu dengan sebuah kapasitas pengunjung yang diundang.

 

  • Gabungan Pameran Dagang dan Umum dalam Ruangan (Join Trade and Public Exhibition) yaitu suatu kegiatan pameran yang gelar untuk para pengunjung dari kalangan dunia usaha seperti pameran mobil.

 

  • Pameran Tertutup dalam Ruangan (Private Indoor Exhibition) yakni yang terdapat dalam ruangan yang lazimnya dapat diselenggarakan dengan satu sponsol saja yang umumnya diselenggarakan di hotel, perpustakaan, aula setempat, pusat pemukiman dan juga sebuah gedung milik perusahaan.

 

  • Pameran Bongkar Pasang (Portable Exhibitions) artinya yang mudah untuk dapat dibongkar pasang dan diangkut ke tempat dengan menggunakan suatu kendaraan yang dapat delenggarakan di tempat misalnya lobby hotel, perpustakaan, kompleks pertokoan dengan juga menyertakan sales girl promotion.

 

  • Pameran di Luar Ruangan (Outdoor Exhibition) adalah salah satu jenis dari pameran yang diselenggarakan di luar ruangan dengan produk atau karya tertentu misalnya saja pada mesin-mesin dan alat penerbangan mulai dari pesawat terbang dan perlengkapannya, alat-alat pertanian, dan agrikultural. Tidak hanya itu, terdapat suatu stand-stand pameran yang disedikana seperti pertunjukan olahraga dan pameran bunga.

 

  • Pameran Berpindah-Pindah (Travelling Exhibitions) merupakan suatu pameran yang dapat bergerak, berpindah-pindah atau berkeliling sehingga mudah untuk dapat dijumpai yang diangkut dengan mobil, bus, kereta api, kapal laut, karavan dan pesawat udara.

 

  • Pameran Konferensi yakni salah satu jenis dari pameran yang diselenggarakan pada konferensi tahunan secara bersamaan dan dapat dikunjungi sesudah sebuah konferensi.

 

  • Pameran Jendela (Window Exhibition) merupakan salah satu jenis pameran portabel, di mana jendela sebuah toko ini juga sengaja dibuat sedemikian rupa sehingga lebih menarik perhatian dan mengundang orang untuk datang.

 

8. Jenis Pameran Sebagai Sarana Komunikasi

 

  • Pameran umum (public exhibition)
  • Pameran dagang (trade exhibition)
  • Pameran luar ruangan (outdoor exhibition)
  • Pameran terbatas (private exhibition)
  • Pameran keliling (mobile show)
  • Pameran kecil (small exhibition)
  • Pameran dagang luar negeri (overseas trade fairs)
  • Acara pekan belanja atau pekan promosi (shopping weeks)
  • Pameran jinjing (portable exhibition)
  • Pameran terbatas (private exhibition)
  • Ajang pamer khusus (special exhibition)

 

 

Unsur – Unsur Pameran

 

  1. Karya-karya seni rupa yang akan juga dipamerkan.
  2. Panel atau sketsel, standart display atau box, untuk dapat memajang karya seni yang akan dipamerkan.
  3. Dekorasi, yaitu suatu perlengkapan untuk dapat menyajikan karya seni agar lebih indah.
  4. Sound system, yaitu suatu sarana audio yang diperlukan untuk dapat menciptakan suasana nyaman bagi pengunjung pameran.
  5. Label karya, digunakan untuk dapat menulis identitas (judul, pencipta, teknik, dan tahun penciptaan) dan ditempel di dekat karya seni yang akan dipamerkan.
  6. Katalog, yaitu sebuah lembaran petunjuk yang berisi penyelenggaraan pameran.
  7. Buku tamu, yang diisi oleh para pengunjung pameran
  8. Buku pesan atau kesan, digunakan untuk dapat mengetahui tanggapan pengunjung terhadap suatu karya yang dipamerkan.

 

 

Kelengkapan Pameran

 

  • Materi pameran yaitu suatu barang barang hasil karya seni yang dapat dipamerkan meliputi karya seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi.
  • Meja dengan berisi alas meja (taplak) untuk dapat menempatkan barang-barang kerajinan tangan atau seni kriya.
  • Panil atau skutsel untuk dapat memasang gambar atau juga lukisan.
  • Ruang pamer dengan ukuran yang cukup luas.
  • Katalog yaitu sebuah buku kecil yang memuat beberapa karya seni yang dapat dipamerkan yang dilengkapi judul karya, media, nama perupa, dan harga (bila dijual).
  • Kotak atau box untuk dapat menempatkan karya seni patung.
  • Tanaman hias atau pot bunga untuk sebuah dekorasi (tata ruang) agar terkesan alami dan segar.
  • Publikasi sebagai salah satu alat dan sarana informasi pada masyarakat luas.
  • Kelengkapan lain seperti pada buku tamu, buku pengunjung untuk dapat mengetahui kritik atau penilaian dari pengunjung terhadap pameran.

 

 

Prinsip – Prinsip Pameran

 

1. Prinsip Interaksi
Prinsip interaksi ialah salah satu prinsip yang harus berorientasi pada kepentingan penyelenggaraan dan pengunjung dalam penyelenggaraan sebuah pameran.

 

2. Prinsip Inisiatif
Prinsip inisiatif yaitu sebuah penyelenggaraan pameran yang mengambil suatu inisiatif serta menentukan langkah-lagkah yang sistematis dan juga terencana ke arah pendekatan khalayak ramai pada pameran yang sedang diselenggarakan.

 

3. Prinsip Repetisi
Prinsip repetisi yakni sebuah prinsip penyelenggaraan pameran yang dapat dilakukan secara berulang-ulang.

 

4. Prinsip lntegritas
Prinsip integritas merupakan salah satu dari prinsip yang dalam penyelenggaraan dapat menampilkan banyak koleksi pameran, contohnya saja pada pameran seni lukis, yang di dalamnya terdiri dari bermacam-macam aliran.

 

5. Prinsip Efisiensi
Prinsip eflsiensi yaitu suatu prinsip penyelenggaraan pameran dengan melakukan penulisan secara sistematis supaya tidak merepotkan penyelenggara dan pengunjung.

Prinsip efisiensi ini dapat didukung oleh lingkungan yang indah dan menarik, cara penataan warna suara maupun komposisi materi pada pameran hingga tercipta suasana yang sangat menyenangkan.

 

Demikianlah penjelasan mengenai √ Pameran : Pengertian, Tujuan, Jenis, Unsur dan Fungsi Terlengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta ilmu pengeetahuan yang luas bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Estetika : Pengertian Menurut Para Ahli, Unsur, dan Manfaat Terlengkap

Baca Juga :  √ Pengertian Tipografi, Fungsi, Elemen, dan Klasifikasi Terlengkap

Baca Juga :  √ Seni Rupa Murni : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Terlengkap

Baca Juga :  √ Musik : Pengertian, Fungsi, Unsur, Jenis & Manfaatnya Lengkap