√ 10+ Contoh Seni Rupa Murni : Pengertian, Fungsi, Jenis & Gambarnya Terlengkap

Diposting pada

√ 10+ Contoh Seni Rupa Murni : Pengertian, Fungsi, Jenis & Gambarnya Terlengkap

 

 

SeputarIlmu.Com – Hallo para pencari ilmu,jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Seni Rupa Murni. Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Seni Rupa Murni? Oke, mari simak penjelasan secara lengkapnya dibawah ini ya.

 

10+ Contoh Seni Rupa Murni : Pengertian, Fungsi, Jenis & Gambarnya

 

Pengertian Seni Rupa Murni

Fine art atau sering disebut sebagai seni rupa murni yakni salah satu seni rupa yang hanya memperhatikan unsur praktis dan mempunyai suatu tujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan estetika atau nilai keindahan saja.

Meski sering disebut juga sebagai karya seni rupa yang bebas, sebenarnya karya seni rupa murni ini mempunyai beberapa aliran atau gaya yang berkembang seperti halnya saja romantisme, surrealisme, impresionisme, ekspresionisme dan masih banyak lagi yang lainnya.

Seni rupa murni juga memiliki nilai keindahan yang tinggi dalam membuatnya. Walaupun fungsinya hanya sebagai suatu hiasan atau pajangan saja. Banyak jenis seni rupa murni yang dapat menambah sebuah keindahan saat dipajang atau juga dijadikan hiasan dinding rumah atau kantor.

Seni Rupa Murni (Fine Art) merupakan salah satu cabang seni yang dapat menghasilkan karya yang lebih menitikberatkan pada suatu keindahan untuk dapat dinikmati saja atau ekspresi jiwa. Dalam pembuatannya, seni rupa murni ini berfokus pada suatu nilai keindahan atau estetisnya saja dan tidak memperdulikan pada nilai-nilai praktis dari karya yang dibuat.

 


Fungsi Seni Rupa Murni

Seni rupa murni ini juga berfungsi untuk dapat memuaskan batin di dalam ciptaannya yang lebih utama nilai keindahan manusia yang berisi suatu nilai budaya diapresiasikan pola kelakuan dengan media titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan juga gelap terang yang dapat ditata dengan prinsip tertentu hingga menghasilkan suatu karya yang indah dan bermakna. Seni rupa murni ini biasanya mempunyai suatu keunikan atau ciri khas tersendiri.

 


Pembuatan Seni Rupa Murni

Berdasarkan pembuatan seni rupa menggunakan medianya diantaranya :

  • Media Kertas
  • Kanvas
  • Dinding, dll.

 


Jenis Seni Rupa Murni Berdasarkan Wujud dan Bentuknya

1. Seni Rupa 3 Dimensi

Seni rupa murni tiga dimensi yaitu salah satu bentuk seni rupa yang unsur pembentuknya terdiri dari tiga jenis saja. Yakni bentuk pada panjang, lebar dan juga tinggi.

Tiga unsur tersebut kemudian juga akan membentuk suatu volume dan juga isi yang bisa menjadikan seni rupa murni terbaik dan terlihat indah dari segala arah.

Seni rupa murni tiga dimensi ini memang memiliki suatu tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan yang dua dimensi di dalam pembuatannya.

 

2. Seni Rupa 2 Dimensi

Adapun jenis seni rupa murni selanjutnya yakni seni rupa murni dua dimensi. Seni rupa ini tentu saja berbeda dengan seni rupa tiga dimensi.

Perbedaannya yaitu bentuk dari seni rupa ini tersusun dari dua unsur saja, yaitu panjang dan lebar. Dikarenakan hanya tersusun dari dua unsur saja maka tentu saja jenis seni rupa ini hanya bisa dilihat dari arah tertentu.

Meskipun demikian, untuk para seniman yang sudah ahli, karya seni rupa dua dimensi ini juga bisa dijadikan sebuah media untuk dapat menaruh harta karun di dalamnya.

Hal itu lantaran para seniman tersebut dapat memberikan semua kreatifitas mereka untuk bisa diletakkan dalam sebuah media karya seni ini yang nantinya akan mendapatkan sebuah apresiasi. Di antara contoh dari suatu karya seni rupa murni dua dimensi yaitu suatu gambar grafis, poster, lukisan, dan lain sebagainya.

 


Jenis Karya Seni Rupa Murni

  • Seni Lukis merupakan suatu kegiatan pengolahan unsur-unsur seni rupa seperti garis, bidang, warna dan juga tekstur pada bidang dua dimensi, adapun seni lukis yang kita kenal saat ini yaitu yang dibuat pada kanvas, dapat juga disebut sebagai seni lukis modern.
  • Seni Grafis merupakan salah satu cabang seni yang tergolong kedalam suatu bentuk dua dimensi. Pada awalnya jenis ini merupakan sebuah keterampilan untuk dapat mencetak atau memperbanyak tulisan.

 


Contoh Seni Rupa Murni (Fine Art)

1. Seni Relief

contoh seni rupa murni relief

Relief merupakan salah satu jenis seni rupa murni yang berupa gambar atau lukisan yang dapat ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi atau trimata, yang berada di atas bidang dua dimensi atau juga dwi mata.

Biasanya relief ini terdapat pada tugu-tugu peringatan dan juga terdapat pada sebuah candi. Pada umumnya relief yang berisi dengan norma serta memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi pula.

 

2. Seni Patung

seni rupa murni patung

Patung yakni salah satu karya seni murni yang merupakan suatu ekspresi dari jiwa manusia. Biasanya orang yang membuat patung ini berbentuk visual yang membentuk tiga dimensi.

Tujuan utama dari membuat patung yaitu suatu keindahan. Pada umumnya patung ini berbentuk manusia, hewan, dan lain sebagainya.

 

3. Seni Lukisan

seni rupa murni lukisan

Lukisan ialah suatu karya seni rupa murni yang sengaja dibuat dengan cara menggoreskan cat pada kuas atau dengan peralatan lain seperti kanvas sebagai medianya.

Lukisan ini banyak dibuat oleh para pelukis-pelukis terkenal dengan suatu harga tiap lukisan bisa mencapai jutaan bahkan ratusan juta. Lukisan juga merupakan sebuah contoh seni rupa murni karena hanya sekedar hiasan dinding atau pajangan.

 

4. Seni Grafis

contoh seni rupa grafis

Seni grafis merupakan salah satu bagian dari seni rupa murni yang sekaligus seni rupa terapan. Fungsi seni grafis ini diperuntukkan sebagai suatu sarana ilustrasi maka merupakan seni rupa terapan. Namun jika digunakan sebagai suatu hiasan maka termasuk seni rupa murni.

 

5. Seni Fotografi

seni rupa murni fotografi

Seni fotografi yaitu salah satu jenis seni rupa murni yang terus berkembang karena kemajuan teknologi kamera. Fotografi ini banyak disukai oleh para kalangan sebagai salah satu media mengekspresikan diri. Objek yang difoto juga menggunakan suatu seni karena akan semakin indah jika dipadukan dengan seni fotografi ini.

 

6. Seni Kaligrafi

contoh seni rupa murni kaligrafi

Kaligrafi merupakan salah satu jenis seni rupa murni 2 dimensi yang juga hanya berfungsi sebagai penghias semata saja. Biasanya kaligrafi ini dipajang di masjid, atau juga rumah-rumah orang islam. Kaligrafi banyak ditemukan sebagai sebuah penghias dinding.

 

7. Seni Topeng

contoh seni rupa murni topeng

Topeng ialah salah satu bentuk seni rupa murni yang hanya dipajang pada dinding saja. Selain itu topeng dipakai sebagai suatu properti tari atau kebutuhan lainnya. Seni rupa jenis ini juga digunakan untuk dapat mengekspresikan suasana hati manusia dan yang menambah suatu nilai keindahan didalam rumah.

 

8. Seni Mozaik

contoh seni rupa mozaik

Mozaik adalah salah bentuk seni merangkai suatu pecahan atau potongan kecil batu, keramik atau kaca untuk dapat dijadikan sebuah karya baru yang indah dilihat. Mozaik bisa juga menjadi sebuah karya seni rupa murni karena saat dipajang di dinding akan jauh lebih indah.

 

9. Seni Ukiran

contoh seni rupa murni ukiran

Ukiran yaitu suatu jenis seni memahat batu atau kayu untuk dapat dijadikan suatu karya seni yang di inginkan dengan memperlihatkan suatu keindahannnya.

Kebanyakan karya seni ukir ini berbentuk makhluk hidup, bunga atau juga kehidupan. Ukiran dapat digunakan sebagai  sebuah hiasan di dalam rumah atau perkantoran dan tempat umum.

 

10. Seni Kerajinan Keramik

contoh seni rupa murni kerajinan keramik

Kerajinan keramik adalah salah satu kerajinan yang memperlihatkan suatu keindahan dan bahannya dari keramik. Kerajinan keramik ini juga bisa berbentuk guci, vas bunga, atau bentuk lain.

Biasanya akan di ukir dengan warna-warna yang sangat indah. Bentuk kerajinan keramik yang paling sering dijumpai di masyarakat yakni sebuah guci dan vas bunga.

 

11. Seni Film

contoh seni film

Seni film atau yang biasa kita disebut juga sebagai sinematografi merupakan salah satu karya seni rupa murni yang dihasilkan dari rekaman orang atau suatu benda (termasuk figur palsu dan fantasi) dengan kamera dan juga dengan olahan animasi.

 

 

Demikianlah penjelasan mengenai √ Seni Rupa Murni : Pengertian, Fungsi, Jenis, Contoh & Gambarnya Terlengkap Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta ilmu pengeetahuan yang luas bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Seni : Pengertian, Macam, Cabang, Fungsi, Tujuan & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Seni Rupa : Pengertian, Fungsi, Unsur, Prinsip, Jenis & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Seni Sastra : Pengertian, Unsur, Ciri, Jenis, Fungsi & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  Estetika : Pengertian Menurut Para Ahli, Unsur, Ruang Lingkup & Manfaatnya

Baca Juga :  √ Seni Rupa Terapan : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis dan Contoh Terlengkap