√ 29 Pengertian Nasionalisme Menurut Para Ahli

Diposting pada
√ 29 Pengertian Nasionalisme Menurut Para Ahli
5 (100%) 11 votes

√ 29 Pengertian Nasionalisme Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Nasionalisme.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Nasionalisme? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 29 Pengertian Nasionalisme Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Nasionalisme Menurut Para Ahli

 

1. Ernest Renan

Nasionalisme yakni suatu keinginan untuk bersatu dan bernegara. Dalam hal ini nasionalisme merupakan sebuah keinginan besar untuk dapat mewujudkan persatuan dalam bernegara.

 

2. Otto Bauar

Nasionalisme merupakan kehendak untuk bersatu dan bernegara.

 

3. L. Stoddard

Nasionalisme ialah suatu kepercayaan yang dimiliki oleh sebagian besar masyarakat di mana mereka menyatakan rasa kebangsaan sebagai perasaan memiliki secara bersama di dalam suatu bangsa.

 

4. Hans Kohn

Nasionalisme yaitu formalisasi (bentuk) dan rasionalisasi dari kesadaran nasional berbangsa dan bernegara sendiri.

 

5. Sydner

Nasionalisme sebagai suatu emosi yang kuat yang mana emosi ini telah mendominasi pikiran dan mempengaruhi tindakan mayoritas rakyat setelah revolusi Prancis.

Emosi ini muncul sebagai tanggapan terhadap kondisi politik, ekonomi, dan sosial tertentu.

 

6. Smith

Nasionalisme yaitu suatu gerakan ideologis yang digunakan untuk meraih dan memelihara otonomi, kohesi, dan individualitas.

Gerakan ini dilakukan oleh satu kelompok sosial tertentu yang diakui oleh beberapa anggotanya guna membentuk atau menentukan satu bangsa atau yang berupa potensi saja.

 

7. Abbe Baurel

Nasionalisme yakni rasa cinta kepada daerah dan bahasa oleh perseorangan atau sekelompok orang.

 

8. Carlton Hayes

  • Nasionalisme berarti suatu sentimen yang menunjukkan keadaan pikiran di antara suatu nasionalitas.
  • Nasionalisme merupakan suatu teori, prinsip atau implikasi ideal dalam proses sejarah yang aktual.
  • Nasionalisme berarti menaruh kepedulian terhadap kegiatan-kegiatan politik seperti kegiatan partai politik tertentu, penggabungan proses historis dan satu teori politik.
  • Nasionalisme sebagai proses sejarah yang aktual yaitu terjadinya proses sejarah terbentuknya nasionalitas sebagai unit-unit politik, pembentukan suku, dan imperium kelembagaan negara nasional modern.

 

9. Hitler

Nasionalisme sebagai suatu sikap dan semangat rela berkorban untuk melawan bangsa lain demi bangsa sendiri.

 

10. Benedict Anderson

Nasionalisme adalah sebagai suatu komunitas politik yang dibayangkan dan juga diimajinasikan sebagai sesuatu yang terbatas dan juga berdaulat.

 

11. Boyd Shafer

  • Nasionalisme adalah rasa cinta tanah air, ras, bahasa, atau budaya yang sama. Oleh karena itu nasionalisme disini memiliki makna yang sama dengan patriotisme.
  • Nasionalisme merupakan suatu doktrin yang mana menyatakan bahwa bangsanya sendirilah yang paling dominan dan tinggi diantara bangsa-bangsa yang lain. Doktrin ini disertai dengan tindakan yang agresif.
  • Nasionalisme adalah dogma yang mengajarkan kepada suatu individu bahwa mereka hanya hidup untuk bangsa dan bangsa juga hidup demi bangsa itu sendiri.
  • Nasionalisme berarti suatu kebaktian mistis terhadap organisasi sosial yang kabur, atau bahkan sesuatu yang dikodrati sebagai bangsa atau volk yang kesatuannya lebih unggul daripada bagian-bagiannya.
    Nasionalisme merupakan suatu keinginan akan kemerdekaan politik, keselamatan dan prestise.

 

12. John Hutchinson

Nasionalisme sebagai fenomena budaya daripada fenomena politik.

 

13. Green Field dan Chirrot

Nasionalisme merupakan seperangkat gagasan dan sentimen yang membentuk kerangka konseptual tentang identitas nasional yang sering hadir bersama dengan berbagai identitas lainnya seperti agama, suku, okupasi, kelas, gender, dan lain-lain.

 

14. Kedourie

Nasionalisme adalah suatu doktrin yang berpotensi untuk memberikan satu kriteria dalam menentukan unit penduduk yang ingin menikmati suatu pemerintahan eksklusif bagi dirinya, untuk melegitimasi pelaksanaan kekuasaan dalam negara dan untuk memberikan hak mengorganisasikan suatu masyarakat negara.

 

15. Abdurrachman Surjomiharjo

Nasionalisme sebagai suatu paham kebangsaaan dimana terdapat kesadaran tentang perbedaan asasi antara yang dijajah dan yang menjajah.

 

16. Moerdiono

Nasionalisme merupakan suatu tekad untuk hidup suatu bangsa yang sama di bawah negara yang sama. Hal ini terlepas dari perbedaan ras, etnis, agama, ataupun golongan tertentu saja.

 

17. Sastroadmojo

Nasionalisme merupakan hal yang sangat mendasar karena berkaitan dengan perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

 

18. Suprayogi

Nasionalime bangsa Indonesia memiliki sikap yang positif yaitu mendorong terwujudnya negara Republik Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

 

19. Arti Luas

Nasionalisme yaitu seseorang yang mempunyai perasaan bangga atau cinta kepada bangsa dan tanah airnya dengan tidak memandang rendah derajat bangsa lain.

 

20. Arti Sempit

Nasionalisme yakni sesorang yang mempunyai perasaan bangga atau cinta kepada bangsa dan tanah airnya secara berlebih-lebihan sehingga memandang rendah derajat bangsa lain.

 

21. Dr. Hertz

Nasionalisme adalah hasrat untuk mencapai kesatuan, hasrat untuk merdeka, hasrat untuk mencapai keaslian dan hasrat untuk memiliki cita-cita bersama.

 

22. Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI )

Nasionalisme adalah paham (ajaran) untuk mencintai bangsa dan negara sendiri, sifat kenasionalan, makin menjiwai bangsa Indonesia, 2 kesadaran keanggotaan dalam suatu bangsa yang secara potensial atau aktual bersama-sama mencapai, mempertahankan, dan mengabadikan identitas, integritas, kemakmuran, dan kekuatan bangsa itu.

 

23. Wikipedia

Nasionalisme merupakan salah satu paham yang dapat menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara (dalam bahasa Inggris nation) dengan bisa mewujudkan satu konsep identitas bersama.

Untuk sekelompok manusia yang mempunyai sebuah tujuan atau cita-cita yang sama dalam mewujudkan kepentingan nasional dan nasionalisme juga rasa ingin untuk bisa mempertahankan negaranya, baik dari internal maupun eksternal.

 

24. Slamet Mulyana

Nasionalisme adalah manifestasi kesadaran berbangsa dan bernegara atau semangat bernegara.

 

25. Sartono Kartodirdjo

Nasionalisme sebagai fenomena historis timbul sebagai jawaban terhadap kondisi-kondisi historis, politis, ekonomi, dan sosial tertentu.

 

26. Ir. Soerkano

Nasionalisme yakni pilar kekuatan bangsa-bangsa yang terjajah untuk memperoleh kemerdekaan.

 

27. Prof. Dr. M. Dimyani Hartono. SH

Nasionalisme yakni rasa kecintaan terhadap negaranya yang tidak dapat dilepaskan dari rasa patriotisme.

 

28. Ernest Gellenervia

Nasionalisme yaitu keseimbangan antara rasa nasional terhadap bangsa dengan kekuatan berpolitik.

 

29. Adolf Henken

Nasionalisme sebagai pandangan yang berpusat pada bangsanya.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 29 Pengertian Nasionalisme Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Tajuk Rencana : Pengertian, Ciri - Ciri, Syarat, Struktur, dan Tujuan Terlengkap

Baca Juga :  Pengertian, Tujuan, dan Jenis-Jenis Belajar Beserta 4 Cirinya Menurut Para Ahli Terlengkap

Baca Juga :  √ Makalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Susunan, dan Manfaatnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Benzena : Pengertian, Sifat, Manfaat, Tatanama dan Klasifikasi Terlengkap