Patriotisme Adalah

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Patriotisme.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Patriotisme? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Patriotisme : Pengertian, Manfaat, Ciri - Ciri, Masalah, Contoh dan Macam Terlengkap


Pengertian Patriotisme

Patriotisme ini berasal dari kata “patriot” dan juga “isme” yang memiliki arti sifat kepahlawanan atau jiwa pahlawan, atau juga “heroism” serta “patriotism” dalam bahasa Inggris. Pengorbanan tersebut dapat berupa harta benda atau juga jiwa dan raga.

Patriotisme merupakan suatu sikap yang berani, tidak mudah menyerah, rela berkorban untuk bangsa dan negara. Patritisme adalah salah satu sikap bela negara dan nasionalis.

Menurut ensiklopedia Indonesia, Patriotisme ini berasal dari bahasa Yunani yaitu Patris yang mempunyai arti yaitu Tanah Air.

Selain itu, patriotisme ini juga berasal dari kata “patriot” dan “isme” yang memiliki arti sifat kepahlawanan atau jiwa kepahlawanan atau di dalam bahasa inggris “heroism” dan “patriotism” . Pengorbanan tersebut dapat berupa sebuah harta benda ataupun jiwa raga.


Pengertian Patriotisme Menurut Para Ahli

1. Staub

Patriotisme merupakan suatu keterkaitan seseorang dengan kelompoknya baik mengenai suku, bangsa, maupun partai politik.


2. Blank dan Schmidt

Patriotisme adalah sikap cinta, loyal, dan rela berkorban jiwa, raga dan harta bebda dalam setiap kehidupan untuk mempertahankan kemerdekaan dan mau menerima kritik untuk perbaikan kesejahteraan bangsa.


3. Richard Aldington

Patriotisme merupakan sebuah rasa tanggung jawab kolektif yang hidup dan dibutuhkan pada setiap bentuk kehidupan bersama, pada tingkat lokal maupun internasional.


4. Budiyono

Patriotisme merupakan suatu upaya untuk mempertahankan kemerdekaan dengan berbagai cara, termasuk dengan mengorbankan jiwa dan raga.


5. Stanford Encyclopedia of Philosophy

Patriotisme adalah rasa cinta terhadap bangsa dan negara, rasa bangga menjadi warga negara, serta memperhatikan sisi positif yang dimiliki negaranya.


6. Kamus Umum Bahasa Indonesia

Patriotisme yakni salah satu sikap dan semangat yang sangat cinta kepada tanah air sehingga dapat berani berkorban jika diperlukan oleh negara.


7. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Patriotisme ialah sebuah sikap dan semangat yang sangat mencintai tanah air sehingga berani berkorban jika diperlukan oleh suatu negara.


8. Ensiklopedia Indonesia

Patriotisme yakni sebuah rasa kecintaan dan kesetiaan seseorang pada tanah air dan bangsanya, kekaguman pada adat kebiasaan, kebanggaan terhadap sebuah sejarah dan kebudayaannya, serta sikap pengabdian dalam kesejahteraan bersama.


Manfaat Patriotisme

Sikap patriotisme ini merupakan salah satu sifat yang sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap warga negara di Indonesia. Memiliki sifat patriotisme ini akan membawa manfaat berupa sebuah kemakmuran dan kemajuan negara Indonesia.

Karena itulah, ada baiknya jika para anak-anak diajarkan tentang sikap patriotisme sejak dini. Ajari dan latih mereka agar mereka memiliki jiwa patriotisme.

Jika hal ini dilakukan, pada negara kita akan memiliki sumber daya manusia yang sangat berkualitas dan mampu bersaing dengan negara lain.

Dengan kata lain, generasi penerus kita juga akan mampu membangun dan memajukan negara Indonesia tanpa perlu bergantung dengan bangsa lainnya.


Ciri-Ciri Patriotisme

  • Simpati Terhadap Bangsa : Patriotisme membuat seseorang mampu mencintai bangsa dan negaranya tanpa menjadikan negara tersebut sebagai tujuan yang menguntungkan diri sendiri. Patriotisme menciptakan solidaritas untuk mencapai kesejahteraan bangsa.
  • Patriotisme ini mampu melihat kekuatan dan kelemahan bangsa.
  • Dengan modal nilai-nilai dan budaya bangsa, berjuang pada saat ini untuk mencapai cita- cita bangsa.
  • Rasa Mempunyai Identitas Diri : Patriotisme adalah sikap mau melihat, menerima, serta mengembangkan watak dan kepribadian bangsa.
  • Bersifat Terbuka : Patriotisme berarti melihat bangsanya dalam konteks hidup dunia, bersedia terlibat di dalamnya dan bersedia belajar dari bangsa- bangsa lain demi kemajuan bangsa.

Ciri-Ciri Seorang Patriot

  • Cinta tanah air
  • Tidak kenal menyerah
  • Berjiwa Pembaru
  • Menempatkan persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Macam-Macam Patriotisme

1. Patriotisme Buta

Patriotisme buta ini ialah sebagai salah satu keterikatan kepada negara dengan ciri khas yang tidak mempertanyakan segala sesuatu, loyal, serta juga tidak toleran terhadap sebuah kritikan.

Patriotisme buta ini juga mempunyai ciri khas menuntut tidak adanya evaluasi positif dan juga tidak toleran terhadap suatu kritikan. Patriotisme buta ini merupakan sebuah pemicu awal totaliterisme atau juga chauvinisme.

Sejarah sudah mencatat akibat buruk yang dapat dihasilkan oleh patriotisme buta, contohnya saja seperti Hitler-Jerman atau juga Mussolini-Italia. Pembantaian orang yang tak berdosa itu menjadi hal yang sangat legal atas nama patriotisme.


2. Patriotisme Konstruktif

Patriotisme konstruktif ialah sebagai sebuah keterikatan pada suatu bangsa dan juga negara dengan ciri khas mendukung adanya suatu kritik dan juga pertanyaan dari para anggotanya terhadap berbagai kegiatan yang akan dilakukan, sehingga dapat diperoleh suatu perubahan positif supaya mencapai kesejahteraan bersama.

Patriotisme konstruktif ini juga menuntut adanya sebuah kesetiaan dan juga kecintaan anggota (rakyat) kelompoknya (bangsanya), tanpa meninggalkan berbagai nilai-nilai kemanusiaan.

Kritik serta evaluasi terhadap berbagai kelompok yang dicintai justru merupakan salah satu bentuk kesetiaannya.

Kritik dan juga evaluasi ini bertujuan untuk dapat saling menjaga agar kelompoknya tetap pada jalur yang benar atau juga positif.


Masalah Patriotisme

  • Malas belajar dan memilih untuk bolos sekolah, pergi ke warnet, bermain sepak bola, dan lain sebagainya.
  • Tidak mencintai produk dalam negeri, merasa lebih bangga saat mengunakan barang bermerek dari luar negeri, dan masih banyak lagi.
  • Melakukan coret-coret di dinding, tembok, atau lingkungan sekitar yang justru merusak keindahan lingkungan.
  • Melanggar peraturan sekolah, seperti menyontek saat ujian semester, tidak mau memakai atribut sekolah, dsb.
  • Membuang sampah sembarangan (tidak pada tempatnya), seperti di jalanan, tempat umum, dll.
  • Tawuran atau melakukan perkelahian antar pelajar yang terkadang sampai berakhir dengan kericuhan (aksi anarkis).

Contoh Patriotisme

  • Mengikuti upacara hari besar kenegaraan.
  • Mengikuti kegiatan bakti sosial.
  • Mengikuti kegiatan seperti pramuka, PMR, dll.
  • Mengikuti apresiasi seni budaya.
  • Menghormati Guru/Orang tua/Orang sekitar.
  • Rajin belajar.
  • Membawa pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mencintai dan menggunakan produk dalam negeri
  • Tidak merusak lingkungan hidup
  • Ikut serta memelihara fasilitas umum
  • Ikut serta dalam pembangunan bangsa
  • Mentaati peraturan yang ada
  • Melestarikan budaya bangsa.

Sikap Patriotisme

1. Sikap Rela Berkorban Mempertahankan Negara

Sikap ini diwujudkan dalam bentuk ketersediaan berjuang untuk mengatasi ancaman bangsa lain yang akan menjajah, ancaman dari dalam negeri.

Kegiatan yang dapat merugikan negara dan bencana alam yang dapat menyebabkan kerusakan dan juga kehancauran negara.


2. Sikap Untuk Mengisi Kelangsungan Hidup Negara

Sikap ini diwujudkan dengan ketersediaan bekerja sesuai dengan bidangnya, sehingga bisa meningatkan harkat, martabat dan tujuan bangsa.


Tujuan Patriotisme

  • Patriotisme menjamin kemauan dan kekuatan mempertahankan masyarakat nasional melawan musuh dari luar sehingga melahirkan semangat rela berkorban. Singkatnya adalah untuk menjaga keutuhan negara dari ancaman musuh.
  • Menghilangkan Ekstremisme (tuntutan berlebihan) dari setiap hak dan kewajiban warga negara (individu dan kelompok). Artinya bahwa apa yang diperjuangan adalah untuk kepentingan bersama atau kepentingan negara buka semata-mata untuk kepentingan individu atau kelompok.
  • Menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air. Patroitisme bertujuan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan rela berkorban untuk kepentingan negara. Dengan sikap cinta tanah aair maka sebuah negara akan mampu meghadapi ancaman yang akan memecaahbelah negara.
  • Menciptakan hubungan yang rukun dan harmonis, dan mempererat tali persaudaraan yang utuh. Seperti yang sudah dijelaskanbahwa patriotisme merupakan rasa cinta tanah air dan rela berkorman. Dengan demkian akan menghargai setiap perbedaan yang ada disekitarnya. Sehingga akan tercipta kehidupan yang rukun dan harmonis serta dapat mempererat persaudaraan.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Patriotisme : Pengertian, Ciri, Tujuan, Macam, Sikap, Masalah, Manfaat & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :