√ Recount Text : Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, Struktur dan Jenis Terlengkap

Diposting pada

√ Recount Text : Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, Struktur dan Jenis Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Recount Text.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Recount Text? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Recount Text : Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, Struktur dan Jenis Terlengkap
√ Recount Text : Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, Struktur dan Jenis Terlengkap

 

Pengertian Recount Text

 

Recount text atau yang dikenal juga sebagai salah satu teks cerita yang tidak terduga dan menghibur merupakan salah satu jenis teks yang dibuat dengan bertujuan agar para pembaca atau pendengar dapat mengetahui kandungan dari isi wacana atau yang beisi tentang sebuah cerita pada masa lampau.

Berdasarkan sebuah cerita yang nyata, biasanya dalam salah satu jenis teks ini ceritanya ditulis atau bersumber dari sebuah pengalaman si penulis atau orang lain.

Recount text ini juga merupakan sebuah teks yang dapat menjelaskan suatu kejadian yang berurutan dan juga telah terjadi di masa lampau.

Recount text ini biasanya berfokus kepada suatu runtutan waktu dan subyek dari cerita tersebut. Salah satu contoh recount text ialah pada pengalaman pribadi.

Recount text ini biasanya juga digunakan untuk dapat menceritakan sebuah keadian di masa lampau, sehingga penulisannya menggunakan past tense.

Tidak adanya berbagai konflik di dalam sebuah recount text, isinya berupa urutan sebuah cerita yang disusun secara kronologis dalam beberapa paragraf.

 

 

Tujuan Recount Text

 

Tujuan yang komunikatif dari recount text ialah untuk dapat menceritakan sebuah pengalaman atau kejadian dan peristiwa yang terjadi pada masa lalu secara kronologis atau juga secara berurutan dengan tujuan sebagai entertain atau menghibur para pembaca atau pendengar.

 

 

Ciri – Ciri Recount Text

 

  • Menggunakan sebuah kalimat dalam bentuk Past Tense.
    Contoh : We went to Bandung last year, I was very happy.
  • Menggunakan Action Verbs.
    Contoh : went, bought, wrote, slept, dll.
  • Menggunakan Adverbs and Adverbial Phrase untuk dapat mengungkapkan waktu, tempat dan cara.
    Contoh : yesterday, at school, quickly, dll.
  • Menggunakan Conjunction dan Time Connectives untuk bisa mengurutkan peristiwa atau kejadian.
    Contoh : but, and, after that, dll.

 

 

Struktur Umum Recount Text

 

1. Orientation
Pada bagian ini, para penulis memulai cerita dengan mengenalkan latar belakang sebuah informasi yang menjawab, kapan, di mana suatu kejadian atau peristiwa itu terjadi pada masa lampau.

Pengenalan berupa untuk dapat memberikan suatu informasi tentang siapa, dimana dan kapan sebuah peristiwa atau kejadian itu terjadi di masa lampau.

 

2. Events
Setelah menceritakan suatu latar belakang atau identitas pelaku, setting tempat dan waktunya, pada bagian ini barulah para penulis mulai menceritakan sebuah jalannya cerita secara urut atau kronologis.

Rekaman peristiwa yang sudah terjadi, biasanya disampaikan dalam urutan kronologis, seperti : “In the first day… . And in the next day… And in the last day…” Pada bagian ini terdapat juga berbagai komentar pribadi tentang sebuah peristiwa atau kejadian yang diceritakan.

 

3. Reorientation
Generic structure dari recount text yang terakhir ialah reorientation, sebagai pengulangan pengenalan yang ada di orientation, pengulangan tentang rangkuman sebuah peristiwa atau kejadian yang diceritakan.

Banyak yang menjelaskan dari bagian ini dengan rangkuman yang berisi pengulangan salah satu bagian orientation. Bagian ini sebenarnya merupakan salah satu bagian conclusion (kesimpulan) atau penutup yang akan mengekspresikan pendapat pribadi penulis tentang suatu kejadian yang telah diceritakan.

Misalnya cerita tentang sebuah liburan, maka penulis akan menyimpulkan suatu kesan tentang liburannya dengan “what an exciting holiday! I will go there again someday“.

 

 

Jenis – Jenis Recount Text

 

1. Personal Recount
Personal recount yakni salah satu jenis teks yang berfungsi untuk dapat menceritakan tentang pengalaman pribadi penulis.

 

2. Factual Recount
Faktual recount ialah sebuah jenis teks yang berisi laporan suatu peristiwa yang benar-benar terjadi, misalnya laporan percobaan ilmu pengetahuan atau laporan kepolisian.

 

3. Imaginative
Imaginative yaitu salah satu jenis recout teks yang berguna untuk dapat menyajikan cerita imaginative lalu sebuah peristiwa atau kejadian yang telah terjadi yang dituliskan ke dalam bentuk teks .

 

 

Unsur Kebahasaan Recount Text

 

  • Noun : Kata benda tertentu yang sebagai kata ganti orang, seperti nama orang.
  • Past Tense : Menggunakan suatu kata kerja bentuk lampau, misalnya went, visited, worked, dll.
  • Time Connective : Kata penghubung waktu untuk dapat mengurutkan kejadian, misalnya saja after, before, then, after that, dsb.
  • Action Verbs : Kata kerja yang menunjukkan suatu peristiwa atau kegiatan, misalnya saja stayed, climbed, wrote, dsb.
  • Adverbs : Kata atau frasa keterangan untuk dapat menunjukkan waktu, tempat dan cara, misalnya saja yesterday, last year, at home, slowly, carefully, dsb.

 

 

Contoh Recount Text

 

My Day

 

I had a terrible day yesterday. First, I woke up an hour late because my alarm clock didn’t go off. Then, I was in such a hurry that I burned my hand when I was making breakfast. After breakfast, I got dressed so quickly that I forgot to wear socks.

Next, I ran out of the house trying to get the 9:30 bus, but of course I missed it. I wanted to take a taxi, but I didn’t have enough money.

Finally, I walked the three miles to my school only to discover that it was Sunday! I hope I never have a day as the one I had yesterday. (Taken from Ready to Write, 2003).

 

Our trip to the Blue Mountain

 

Orientation
On Friday we went to the Blue Mountains. We stayed at David and Della’s house. It has a big garden with lots of colourful flowers and a tennis court.

Events
On Saturday we saw the Three Sisters and went on the scenic railway. It was scary. Then, Mummy and I went shopping with Della. We went to some antique shops and I tried on some old hats.

On Sunday we went on the Scenic Skyway and it rocked. We saw cockatoos having a shower.

Reorientation
In the afternoon we went home.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Recount Text : Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, Struktur dan Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Simple Present Tense : Pengertian, Rumus, Fungsi dan Contoh Terlengkap

Baca Juga :  √ Simple Past Tense : Pengertian, Rumus, Fungsi dan Contoh Terlengkap

Baca Juga :  √ Simple Future Tense : Pengertian, Rumus, Fungsi dan Contoh Terlengkap

Baca Juga :  √ Present Perfect Tense : Pengertian, Rumus, Fungsi dan Contoh Terlengkap