Spoof Text

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Spoof Text.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Spoof Text? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Spoof Text : Pengertian, Ciri - Ciri, Struktur, Tujuan dan Contoh Terlengkap


Pengertian Spoof Text

Spoof Text merupakan salah satu teks yang menceritakan sebuah cerita yang sudah terjadi pada masa lalu dengan akhir cerita yang lucu yang tidak dapat diprediksi atau juga diperkirakan.

Jadi biasanya berisi sebuah anekdot, permainan kata yang sangat lucu atau bisa jadi gabungan kedua-duanya. Lalu apa bedanya dengan sebuah text Anecdote?

Bedanya yaitu spoof text ini biasanya menceritakan sebuah pengalaman pribadi sedangkan anecdote tidak.

“Spoof is a text which tells a factual story, happened in the past time with unpredictable and funny ending too”.

Bedanya dengan recount text yakni recount bertujuan untuk dapat menghibur pembaca sedangkan spoof text bertujuan untuk bisa menceritakan rangkaian kejadian yang diakhiri dengan twist (hal yang lucu dan tak terduga).


Ciri-Ciri Spoof Text

  • Menggunakan Past Tense.
  • Menggunakan action verb.
  • Untuk dapat menceritakan detail cerita, biasanya terdapat dialog sehingga pasti ada tanda : “…text dialog…”
  • Menggunakan adverb.
  • Menceritakan suatu kejadian yang dialami seseorang : I, we, she, he, they etc.
  • Chronologically arranged.

Struktur Umum Spoof Text

1. Orientation (Introduction)

Seperti halnya jenis pada teks Narration, dalam spoof text ini juga terdapat sebuah orientation (pengenalan) di mana karakter, setting, dan waktu cerita yang sudah ditetapkan . Biasanya dapat menjawab pertanyaan siapa? kapan? dimana ?


2. Events

Events, bagian dimana seorang penulis menceritakan peristiwa-peristiwa dalam cerita tersebut tetapi peristiwa yang diceritakan masih dalam kejadian yang wajar dan biasanya dijelaskan secara gamblang pada bagian ini.


3. Twist (Closing)

Twist yakni salah satu bagian teks yang mana menceritakan kebalikan dari kejadian-kejadian wajar di bagian Events. Twist ini juga merupakan bagian akhir dari Spoof Text yang dapat menceritakan suatu kejadian akhir yang lucu dan juga memiliki humor yang tidak disangka-sangka sebelumnya.


Tujuan Spoof Text

Untuk dapat menceritakan sebuah peristiwa dengan cara melibatkan twist (pelintiran) humor, serta untuk menghibur para pembaca atau pendengar.


Unsur Kebahasaan Spoof Text

1. Focus on Individual Participant

Biasanya hanya fokus kepada satu tokoh atau participant utama saja.


2. Use Material Process

Jenis text ini menggunakan berbagai kata-kata yang menjelaskan proses seperti seperti : run, jump, climb, walk, strike, kick, close, dll.


3. Circumstance of Time and Place

Terdapat suatu keterangan waktu dan tempat yang jelas,misalnya: on the airport, one day, in the market, at the office, dll.


4. Use Past Tense

Menggunakan past tenses karena dapat menceritakan rentetan peristiwa dimasa lalu.


Contoh Spoof Text

Private Conversation

Last week I went to the theater. I had a very good seat. The play was very interesting. However, I did not enjoy it. A young man and a young woman were sitting behind me. They were talking very loudly.

I got very angry. I could not hear the actors. I turned around. I looked at the man and the young woman angrily. They did not pay any attention. In the end, I could not bear it.

I turned around again. “I could not hear a word” I said angrily. “It’s none of your business” the young man said rudely. “This is a private conversation”.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Spoof Text : Pengertian, Ciri, Struktur, Tujuan, Unsur Kebahasaan & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :