Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Kebugaran Jasmani.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Kebugaran Jasmani? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 20 Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

1. Agus Mukhlolid, M.Pd

Kebugaran Jasmani ialah suatu kemampuan dan kesanggupan untuk melakukan aktivitas atau kerja, mempertinggi daya kerja dengan tanpa mengalami kelelahan yang sangat berlebihan.


2. Mochamad Sajoto dan Judith Rink

Kebugaran Jasmani yaitu sebuah kemampuan seseorang untuk bisa menyelesaikan pekerjaan sehari-hari dengan tidak mengalami kelelahan yang sangat berlebihan dengan pengeluaran energi yang cukup besar untuk dapat memenuhi suatu kebutuhan geraknya dan menikmati waktu luang dan untuk bisa memenuhi keperluan darurat jika diperlukan sewaktu-waktu.


3. Rusli Lutan

Kebugaran Jasmani merupakan salah satu kemampuan seseorang dalam melakukan segala macam pekerjaan fisik yang membutuhkan fleksibilitas, daya tahan dan juga kekuatan.


4. Suratman

Kebugaran Jasmani yaitu suatu aspek fisik dari kesegaran yang menyeluruh atau total fitness yang memberi kemampuan pada seseorang untuk dapat menjalankan kehidupan yang produktif dan dapat menyesuaikan pada tiap pembebanan atau stres fisik yang wajar.


5. Djoko Pekik

Kebugaran Jasmani yakni salah satu kemampuan setiap orang untuk melakukan kerja sehari-hari dengan efisien tanpa timbul kelelahan yang berarti sehingga masih bisa menikmati waktu luangnya.


6. Muhajir

Kebugaran Jasmani merupakan sebuah kesanggupan tubuh beradaptasi dengan pekerjaan yang dapat dilakukan tanpa rasa lelah yang berarti.


7. Sadoso Sumosardjuno

Kesegaran Jasmani yaitu berbagai kemampuan seseorang untuk dapat menunaikan tugasnya sehari-hari secara mudah, tanpa merasa lelah yang sangat berarti, serta masih mempunyai cadangan tenaga (sisa) untuk bisa menikmati waktu senggangnya dan untuk berbagai keadaan-keadaan mendadak.


8. Pangrazi

Kesegaran Jasmani ialah salah satu bagian dari pendidikan secara umum yang memberi sumbangan terhadap pemberian pengalaman gerak untuk perkembangan serta pertumbuhan anak yang secara menyeluruh.


9. Giri Widjojo dan Sumosardjuno

Kesegaran jasmani adalah salah satu kemampuan tubuh untuk bisa menyesuaikan fungsi alat-alat tubuh dalam batas fisiologi pada keadaan lingkungan atau kerja fisik secara efisien tanpa merasa lelah yang sangat berarti.


10. Lutan

Kesegaran Jasmani ialah suatu proses dari berbagai aktivitas jasmani yang disusun dan dirancang secara sistematis, untuk dapat merangsang perkembangan dan pertumbuhan, meningkatkan keterampilan dan kemampuan jasmani, kecerdasan pembentukan watak, serta sikap dan juga nilai yang positif bagi setiap warga negara, dalam rangka mencapai suatu tujuan pendidikan.


11. T. Cholik Muthohi

Kebugaran Jasmani yakni sebuah kondisi yang menggambarkan kemampuan seseorang untuk dapat melakukan tugas dengan produktif tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.


12. Bucher

Kebugaran Jasmani ini tidak hanya difokuskan pada keberhasilan kemampuan jasmaniah yang bertambah dari keterlibatannya dalam berbagai aktivitas tetapi juga dalam mengembangkan sikap serta pengetahuan yang mendukung terhadap belajar pada sepanjang hayat dan saat keikutsertaan.


13. Balitbang Kurikulum Depdiknas

Kebugaran Jasmani yakni suatu proses pendidikan yang melewati penyediaan pengalaman belajar kepada siswa yang berupa berbagai aktivitas jasmani, berolahraga dan bermain, yang dapat direncanakan secara sistematis serta guna merangsang pertumbuhannya.


14. Sukintaka

Kebugaran Jasmani yaitu salah satu bagian integral dari pendidikan total yang mencoba mencapai suatu tujuan guna mengembangkan kebugaran jasmani, sosial, emosional dan juga mental untuk semua masyarakat, melalui wahana aktivitas pendidikan jasmani.


15. Judith Rink

Kebugaran Jasmani ialah salah satu kemampuan seseorang saat melakukan rutinitas sehari-hari dengan energi yang besar, tetapi tidak merasa kelelahan yang sangat berlebihan, dan bisa menikmati rutinitas tersebut.


16. Sutarman

Kebugaran Jasmani adalah sebuah aspek fisik dan kebugaran menyeluruh yang dapat membuat orang mampu menjalani hidup secara produktif serta mampu untuk bisa menanggung segala beban fisik dengan layak.


17. Sudarno

Kebugaran Jasmani ialah kesanggupan tubuh untuk dapat melakukan berbagai aktivitas dengan baik tanpa mengalami kelelahan berarti. Selain itu, tubuh ini masih memiliki cadangan energi yang bisa digunakan sewaktu-waktu.


18. Prof. Soedjatmo Soemowardoyo

Kesegaran Jasmani merupakan segala kemampuan tubuh dalam menyesuikan diri dengan lingkungan dan mampu melakukan pekerjaan fisik secara efisien tanpa rasa lelah yang sangat berlebihan.


19. Kockey

Kebugaran Jasmani yakni sesuatu kemampuan untuk dapat menyelesaikan tugas sehari-hari dengan mudah, tanpa kelelahan yang sangat berarti dan masih dapat menikmati waktu senggangnya serta dalam suatu keadaan darurat masih mampu melakukan pekerjaan yang tidak terduga.


20. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Kebugaran Jasmani ini terdiri dari dua kata, yakni kebugaran dan jasmani. Kebugaran ini berarti hal yang sehat dan segar (tentang badan) atau kesegaran. Sedangkan definisi dari jasmani ialah tubuh atau badan.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 20 Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :