√ 12 Pengertian Masyarakat Multikultural Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada
√ 12 Pengertian Masyarakat Multikultural Menurut Para Ahli Terlengkap
5 (100%) 17 votes

√ 12 Pengertian Masyarakat Multikultural Menurut Para Ahli Terlengkap –  Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Masyarakat Multikultural.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Masyarakat Multikultural? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 12 Pengertian Masyarakat Multikultural Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 12 Pengertian Masyarakat Multikultural Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Masyarakat Multikultural Menurut Para Ahli

 

1. Clifford Geertz

Masyarakat Multikultural ialah suatu masyarakat yang terbagi ke dalam subsistem yang lebih kurang dapat berdiri dan masing-masing dari subsistem tersebut akan terikat oleh ikatan primordial.

 

2. J. Nasikun

Masyarakat Multikultural yaitu salah satu sifat majemuk secara struktural yang memiliki sub kebudayaan yang dapat juga bersifat deserve dan ditandai oleh kuran yang dalam berkembangnya sistem nilai yang sudah disepakati oleh seluruh anggota masyarakat dan juga suatu sistem nilai dari kesatuan sosial yang kerap dapat memunculkan konflik sosial.

 

3. J.S. Furnivall

Masyarakat Multikultural yakni suatu masyarakat yang terdiri dari dua atau juga lebih elemen yang hidup sendiri-sendiri, tanpa adanya suatu kontak satu sama lain dalam kehidupan politik.

 

4. Parekh

Masyarakat Multikultural merupakan masyarakat yang terdiri dari beragam komunitas budaya dengan segala manfaat dan sedikit perbedaan yang ada dalam konsep dunia, sistem makna, nilai, bentuk organisasi, sejarah, adat istiadat, dan kebiasaan yang ada.

 

5. Azyumardi Azra

Masyarakat Multikultural ialah sebuah anggapan atau pandangan dunia yang selanjutnya bisa diartikan ke dalam berbagai kebijakan kebudayaan yang menekankan penerimaan kepada kenyataan keagamaan, pluralitas, serta multikultural yang ada di dalam kehidupan masyarakat.

 

6. Lawrence Blum

Masyarakat Multikultural yakni salah satu apresiasi, pemahaman, serta penilaian terhadap budaya seseorang, dan penghormatan serta rasa keingintahuan mengenai budaya etnis dari orang lain.

 

7. Rifai Harahap

Masyarakat Multikultural yaitu satu kesatuan masyarakat yang bersatunya didasari dengan bentuk perbedaan untuk hidup bersama. Kehidupan bersama yan direncanakan ini diharapkan dapat menangani dampak gejala sosial, terutama masalah konflik yan sering terjadi.

 

8. Secara Umum

Masyarakat Multikultural ialah sebuah kata atau istilah yang dipakai dalam menggambarkan pandangan atau anggapan seseorang mengenai berbagai kehidupan yang ada di bumi, atau kebijakan yang menekankan penerimaan keragaman budaya, serta beragam budaya, bergam nilai (multikultural) masyarakat, sistem, budaya, adat istiadat, dan juga politik yang mereka anut.

 

9. Wikipedia

Masyarakat Multikulturalisme yaitu suatu istilah yang dipakai dalam menerangkan pandangan atau anggapan seseorang mengenai ragam kehidupan di dunia, maupun kebijakan kebudayaan yang menekankan mengenai penerimaan kepada adanya keragaman, serta beragam macam budaya atau multikultural yang terdapat di dalam kehidupan masyarakat yang berkaitan dengan nilai-nilai, sistem, budaya, kebiasaan, serta politik yang digunakan oleh mereka.

 

10. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Masyarakat Multikulturalisme ialah suatu gejala terhadap seseorang ataupun suatu masyarakat yang ditandai dengan kebiasaan yang mengenakan lebih dari satu kebudayaan.

 

11. Pierre L Van den Berghe

Masyarakat Multikultural yakni

  • Melewati masa segmentasi ke dalam kelompok subkultur yang berbeda antara satu dengan lainnya.
  • Mempunyai kerangka struktur sosial yang terbagi menjadi lembaga nonkomplementer.
  • Kurang menekankan konsensus diantara anggotanya mengenai berbagai nilai dasar.
  • Relatif sering mengalami perseelisihan atau pertentangan antara satu kelompok dengan kelompok yang lain.
  • Secara relatif, pertumbuhan integrasi sosial secara paksaan (pemaksaan) serta yang berkaitan akan saling bergantung dalam bidang ekonomi.
  • Terdapat mayoritas politik oleh satu kelompok atas yang kelompok yang lain.

 

12. Suparlan

Masyarakat Multikultural ialah sebuah ideologi yang mengakui dan mengagungkan perbedaan dalam kesetaraan baik individu dan budaya.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 12 Pengertian Masyarakat Multikultural Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Pantun : Pengertian, Ciri, Jenis & Contohnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Kebijakan Publik : Pengertian, Macam, Ciri, Tujuan, Proses, Tahapan & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Mamalia : Pengertian, Ciri, Manfaat, Klasifikasi & Contohnya Lengkap
Baca Juga :  √ Masyarakat Multikultural : Pengertian, Ciri, Dampak, Sifat, Faktor dan Jenis Terlengkap