√ 16 Pengertian Nilai Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada
√ 16 Pengertian Nilai Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap
5 (100%) 15 votes

√ 16 Pengertian Nilai Sosial Menurut Para Ahli TerlengkapHallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Nilai Sosial.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Nilai Sosial? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 16 Pengertian Nilai Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 16 Pengertian Nilai Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Nilai Sosial Menurut Para Ahli

 

1. Kimball Young

Nilai sosial merupakan asumsi yang abstrak mengenai sesuatu yang baik, benar, dan dianggap penting di kalangan masyarakat.

 

2. Robert M. Z. Lawang

Nilai sosial merupakan gambaran tentang apa yang diinginkan, apa yang pantas, yang bisa mempengaruhi tingkah laku orang yang memiliki nilai tersebut.

 

3. Claudia Wood

Nilai sosial merupakan petunjuk umum yang berlangsung sejak lama, yang mengarahkan perilaku dan kepuasan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

 

4. A. W. Green

Nilai sosial merupakan kesadaran yang berlangsung secara efektif dengan disertai emosi terhadap ide, objek, atau individu.

 

5. Pepper

Nilai sosial yaitu segala sesuatu mengenai berbagai hal yang baik atau buruk yang terjadi di masyarakat.

 

6. Hendropuspito

Nilai sosial ialah segala sesuatu yang dihargai masyarakat karena mempunyai daya guna fungsional bagi perkembangan kehidupan manusia.

 

7. Karel J. Veeger

Nilai sosial yaitu memandang nilai-nilai sebagai pengertian-pengertian (sesuatu di dalam kepala orang) tentang baik tidaknya perbuatan-perbuatan. Dengan kata lain, nilai sosial adalah hasil penilaian atau pertimbangan moral.

 

8. Alvin L. Bertrand

Nilai sosial adalah suatu kesadaran yang disertai emosi yang relative lama hilangnya terhadap suatu objek, gagasan, atau orang.

 

9. Robin Williams

Nilai sosial ialah salah satu hal yang menyangkut suatu kesejahteraan bersama melalui konsensus yang efektif di antara mereka, sehingga berbagai nilai-nilai sosial dapat dijunjung tinggi oleh banyak orang.

 

10. Koentjaraningrat

Nilai sosial yakni suatu sistem nilai budaya biasanya berfungsi sebagai pedoman tertinggi bagi kelakuan manusia.

 

11. Clyde Kluckhohn

Nilai sosial yaitu salah satu nilai bukan hanya diharapkan, tetapi harus diusahakan sebagai suatu yang pantas dan benar bagi diri sendiri dan orang lain.

 

12. Simanjuntak

Nilai sosial ialah serangkian konsep masyarakat berdasarkan sesuatu kegiatan yang dilakukan oleh setiap individu di dalam keseharinnya.

 

13. Charles F. Andrian

Nilai sosial merupakan berbagai konsep-konsep umum mengenai sesuatu yang ingin dicapai, serta memberikan petunjuk mengenai tindakan-tindakan yang harus diambil.

 

14. Anthony Giddens

Nilai ialah berbagai gagasan-gagasan yang dimiliki seseorang atau kelompok tentang apa yang akan dikehendaki, apa yang layak, dan apa yang baik dan buruk.

 

15. Horton and Hunt

Nilai yakni berbagai gagasan-gagasan yang menjelaskan tentang apakah suatu tindakan itu penting atau tidak penting.

 

16. Richard T Schaefer dan Robert P.lamm

Nilai merupakan suatu gagasan kolektif (bersama-sama) yang dapat menyangkut tentang apa yang dianggap baik, penting, diinginkan dan juga dianggap layak.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 16 Pengertian Nilai Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Jaringan Manusia & Hewan : Pengertian, Macam, Fungsi & Gambarnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Jasa : Pengertian, Ciri, Karakteristik, Jenis & Contohnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Pantun : Pengertian, Ciri, Jenis & Contohnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Norma Sosial : Pengertian, Tingkatan, Ciri, Macam dan Fungsi Terlengkap