√ 22 Pengertian Norma Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 22 Pengertian Norma Menurut Para Ahli TerlengkapHallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Norma.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Norma? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 22 Pengertian Norma Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 22 Pengertian Norma Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Norma Menurut Para Ahli

 

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Norma merupakan

  • Salah satu aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok di masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan kendalian tingkah laku, yang sesuai dan berterima.
  • Suatu aturan, ukuran, atau kaidah yang dipakai sebagai tolok ukur untuk menilai atau memperbandingkan sesuatu.

 

2. J Macionis

Norma yaitu suatu aturan dan kumpulan harapan masyarakat agar dapat memandu tindakan atau perilaku para anggotanya.

 

3. Richard T. Schaefer & Robert P. Lamm

Norma adalah standar perilaku yang sudah mapan dan dipelihara oleh masyarakat.

 

4. Craig Calhoun

Norma ialah pedoman atau aturan yang menyatakan mengenai bagaimana seseorang supaya bertindak dalam situasi-situasi tertentu.

 

5. Broom dan Selznic

Norma ialah salah satu rancangan yang sudah ideal mengenai suatu perilaku manusia yang mana akan memberikan batasan untuk semua anggota-anggota masyarakat guna mendapatkan tujuan hidupnya.

 

6. Robert M. Lawang

Norma yaitu suatu acuan dalam bertingkah laku sehingga memberikan kemungkinan bagi seseorang untuk menentukan apakah tindakan yang dilakukannya itu dinilai orang lain, di mana juga merupakan ciri bagi orang lain tersebut untuk menolak atau bahkan mendukung tingkah lakunya.

 

7. Bagja Waluyo

Norma merupakan suatu wujud atau bentuk nyata dari nilai yang juga sebuah acuan atau pedoman berisikan tentang keharusan dari berperilaku bagi setiap manusia.

 

8. Ahcmad C Zubair

Norma yakni ukuran, garis pengarah, aturan atau kaidah bagi pertimbangan dan penilaian.

 

9. Utrecht

Norma yaitu segala himpunan petunjuk hidup yang mengatur tentang berbagai tata tertib di dalam suatu masyarakat atau bangsa, di mana peraturan tersebut diwajibkan untuk dipatuhi dan ditaati oleh setiap masyarakat.

 

10. Soerjono Soekanto

Norma ialah sebuah perangkat yang dapat dibuat untuk bisa mengatur hubungan di dalam suatu masyarakat agar dapat berjalan sebagaimana yang sudah diharapkan.

 

11. Ridwan Halim

Norma yaitu segala peraturan yang pada intinya merupakan suatu aturan yang berlaku, baik tertulis maupun tidak, yang berlaku sebagai acuan atau pedoman yang memang harus dipatuhi dan ditaati oleh setiap individu di dalam suatu masyarakat.

 

12. Isworo Hadi Wiyono

Norma ialah salah satu peraturan atau petunjuk hidup guna dapat memberikan panduan dalam bertindak yang mana itu boleh untuk dapat dan harus dilakukan serta tindakan atau perbuatan yang mana harus dihindari bahkan dilarang.

 

13. Antony Gidden

Norma merupakan suatu aturan atau prinsip yang konkret yang mana seharusnya dapat untuk dijaga serta juga dapat diperhatikan oleh semua masyarakat.

 

14. Ariefa Efianingrum

Norma adalah suatu aturan atau juga patokan (baik tertulis atau tidak tertulis) yang mempunyai sebuah fungsi sebagai pedoman dalam bertindak atau juga sebagai tolok ukur benar atau salahnya suatu perbuatan tersebut.

 

15. Hamid Syahrul Aminuddin

Norma ialah suatu pola perilaku yang diterima pada sebuah lingkungan sosial tertentu.

 

16. Ferdy Roring

Norma yaitu sebuah konvensi sosial yang mengatur suatu kehidupan manusia.

 

17. Bellebaum

Norma merupakan alat agar dapat mengatur orang-orang agar melakukan perbuatan yang diletakkan atas dasar keyakinan serta pada beberapa sikap tertentu.

 

18. A. Nurdiaman

Norma ialah sebuah bentuk tatanan atau susunan hidup yang berisi tentang aturan-aturan dalam bergaul di tengah masyarakat.

 

19. Hans Kelsen

Norma merupakan suatu perintah yang secara tidak personal serta anonim.

 

20. Aulia, Tia Oktaviani Sumarna, dan Arya Hadi Dharmawan

Norma yaitu sebuah standar-standar tingkah laku yang terdapat di dalam sebuah masyarakat.

 

21. Achmad D. Marimba

Norma yakni sesuatu hal yang berlaku secara alamiah dalam suatu masyarakat, bisa berubah menurut hasil kesepakatan dan persetujuan dari suatu masyarakat pada dimensi ruang dan waktu tertentu saja.

 

22. Marvin E. Shaw

Norma merupakan peraturan tentang segala tingkah laku manusia yang ditegakkan oleh anggota masyarakat dan mematenkannya dalam sebuah keselarasan tingkah laku yang semestinya.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 22 Pengertian Norma Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Prinsip Ekonomi : Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Bela Negara : Pengertian, Unsur, Tujuan, Fungsi dan Contoh Terlengkap

Baca Juga :  √ Diagnosa : Pengertian, Ciri, Syarat, Jenis dan Tahapan Terlengkap

Baca Juga :  √ Hukum Pidana : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Asas, Sumber & Contohnya Lengkap