√ Norma Sosial : Pengertian, Tingkatan, Ciri, Macam dan Fungsi Terlengkap

Diposting pada

√ Norma Sosial : Pengertian, Tingkatan, Ciri, Macam dan Fungsi Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Norma Sosial.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Norma Sosial? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Norma Sosial : Pengertian, Tingkatan, Ciri, Macam dan Fungsi Terlengkap
√ Norma Sosial : Pengertian, Tingkatan, Ciri, Macam dan Fungsi Terlengkap

 

Pengertian Norma Sosial

 

Norma sosial merupakan seperangkat aturan yang disertai berbagai sanksi-sanksi baik tertulis maupun tidak yang berfungsi untuk dapat memandu kehidupan sosial semua anggota masyarakat. Secara sederhana ini juga bisa mengatakan bahwa norma adalah apa yang dapat membuat suatu tindakan sosial disebut normal.

Norma akan berkembang seiring dengan kesepakatan-kesepakatan sosial masyarakat di sekitarnya, sering juga disebut dengan peraturan sosial. Norma juga menyangkut berbagai perilaku-perilaku yang pantas dilakukan dalam menjalani hubungan sosialnya.

 

 

Ciri – Ciri Norma Sosial

 

1. Norma Sosial Pada Dasarnya Tidak Tertulis

Dalam masyarakat, Norma sosial tidak tertulis maksunya hanya diingat dan diserap serta di implementasikan dalam interkasi antara anggota kelompok penduduk.

 

2. Hasil Kesepatakan Bersama

Norma sosial adalah peraturan sosial yang difungsikan untuk mengarahkan perilaku semua anggota masyarakat. Norma sosial ini juga dapat dibentuk dan disepakati bersama seluruh warga masyarakat.

 

3. Mendapatkan Perubahan

Sebagai aturan yang lahir dari proses interkasi sosial di masyarakat, arquetipo mengalami perubahan sesuai arah keinginan dan kebutuhan yang anggota masyarakat itu sendiri.

 

4. Ditaati Bersama

Norma sosial juga di daulat sebagai seperangkat aturan sosial untuk mengarahkan dan menertipkan perilaku anggota masyarakat utk dari keinginan bersama. Dengan sebab itu, norma didukung dan ditaati bersama.

Pelanggar norma mendapatkan saksi yaitu Direttiva sosial bersifat memaksa individu agar berperilaku untuk pantas dengan kehendak bersama. Hingga pelanggaran juga dapat diberikansanksi dengan suatu tindakan atau daya ikat arquetipo.

 

 

Fungsi Norma Sosial

 

  • Norma sosial berfungsi sebagai suatu penentu untuk menilai perilaku atau pola tingkah laku seseorang didalam hubungannya dengan lingkungan masyarakat yang bersangkutan.
  • Norma sosial mendorong individu, kelompok, maupun masyarakat untuk mencapai suatu nilai sosial bersama karena norma sosial sendiri merupakan suatu kumpulan aturan atau sanksi.
  • Norma sosial berfungsi sebagai suatu patokan dasar yang dipahami dan ditaati oleh para anggota masyarakat mengenai pola tingkah laku atau perilaku yang baik dan benar.
  • Norma sosial tumbuh dan berkembang dalam masyarakat sebagai suatu unsur yang mengikat dan berfungsi untuk mengendalikan perilaku para anggota masyarakat.

 

 

Tingkatan Norma Sosial

 

1. Cara (Usage)

Cara adalah sebuah bentuk perbuatan tertentu yang dilakukan individu dalam salahsatu masyarakat tetapi tidak terus-menerus. Contoh: cara makan yang wajar dan benar apabila tidak mengeluarkan suara seperti hewan.

 

2. Kebiasaan (Folkways)

Kebiasaan merupakan suatu ukuran perbuatan berulang-ulang dengan motif yang sama yang dilakuin secara sadar dan punya tujuan-tujuan jelas yang dianggap baik serta benar.

Contoh: Memberi hadiah kepada orang-orang yang berprestasi dalam salahsatu kegiatan atau kedudukan, menggunakan baju yang bagus di waktu pesta.

 

3. Tata Kelakuan (Mores)

Tata kelakuan yakni sekumpulan dari perbuatan yang dapat mencerminkan berbagai sifat-sifat hidup dari sekelompok manusia yang dapat dilakukan guna dalam melaksanakan sebuah pengawasan oleh sekelompok masyarakat bersama anggota-anggotanya.

Dalam tata kelakuan terdapat unsur memaksa atau melarang suatu perbuatan. Contoh : Melarang pembunuhan, pemerkosaan, serta menikahi saudara kandung.

 

4. Adat Istiadat (Custom)

Adat istiadat ialah suatu kumpulan tata kelakuan yang paling tinggi kedudukannya karena ini dapat bersifat kekal lalu terintegrasi sangat kuat bersama masyarakat yang memilikinya.

 

 

Macam – Macam Norma Sosial

 

1. Norma Agama

Norma agama yaitu salah satu norma yang berasal dari Tuhan yang juga dituangkan ke dalam ajaran agama atau suatu kepercayaan tertentu.

Inti dari norma ini yaitu agar manusia dapat dan harus bertakwa dan beriman, menjauhi segala larangan-Nya, dan menjalankan segala perintah-Nya.

 

2. Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan adalah salah satu norma yang bertujuan agar manusia juga mempunyai hati yang bersih. Norma ini tumbuh dan juga berkembang dari budi pekerti manusia sendiri.

Sanksi terhadap suatu pelanggaran norma ini berupa celaan dari masyarakat ataupun perasaan dari diri sendiri.

 

3. Norma Kesopanan

Norma kesopanan adalah sebuah petunjuk hidup yang berasal dari suatu pergaulan segolongan manusia dalam suatu masyarakat dan dapat mengatur bagaimana seseorang yang harus bertingkah laku dalam kehidupan masyarakatnya.

 

4. Norma Kelaziman

Norma kelaziman ialah segala tindakan tertentu yang dapat dianggap baik, patut, sopan, atau juga seolah-olah sudah ada dalam suatu kebiasaan sekelompok manusia atau masyarakat.

Contohnya saja pada masyarakat Indonesia makan dengan menggunakan sendok, atau masyarakat Jepang makan dengan menggunakan sumpit.

 

5. Norma Hukum (Laws)

Norma hukum merupakan salah satu jenis norma yang sanksinya sangat jelas dan juga tegas. Norma hukum dapat juga dibedakan ke dalam dua jenis, yaitu norma tertulis (hukum pidana dan perdata) dan norma tidak tertulis (hukum adat).

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Norma Sosial : Pengertian, Tingkatan, Ciri, Macam dan Fungsi Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ 16 Pengertian Nilai Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap

Baca Juga :  √ Satelit : Pengertian, Macam, Fungsi, Cara Kerja & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Jaringan Epidermis : Pengertian, Fungsi, Ciri dan Bentuknya Terlengkap

Baca Juga :  √ 22 Pengertian Norma Menurut Para Ahli Terlengkap